in

Merk Sepatu Safety Terbaik dan Tips Memilihnya

Sumber: Pixabay

Sepatu safety dan merknya – Apakah Grameds seorang pekerja keras? Ya, setiap pekerjaan yang keras pun telah memiliki risiko masing-masing, ada yang memiliki risiko tinggi ada pula yang biasa saja.

Biasanya, untuk pekerjaan yang berisiko tinggi pasti harus dilengkapi dengan alat safety agar para pekerja dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Terlebih lagi bagi Anda yang bekerja di luar ruangan, maka sepatu adalah salah satu benda yang tak hanya digunakan sebagai alas kaki, tapi juga memiliki fungsi sebagai pelindung seluruh alas kaki.

Pastikan untuk selalu menggunakan alat safety yang telah disediakan oleh perusahaan. Salah satu alat safety yang paling penting adalah sepatu safety. Biasanya perusahaan akan menyediakan merk sepatu safety terbaik untuk para karyawannya.

Sepatu safety memang sangat kuat dan tahan lama pada saat digunakan untuk bekerja utamanya pekerjaan berat. Meskipun jika melihat dari model sepatu safety terbaik ini memang memiliki bobot yang cukup berat saat digunakan. Selain itu, pada saat menggunakan sepatu yang satu ini sebaiknya menggunakan kaus kaki agar kaki tidak sakit dan berkeringat.

Mengenai perbincangan tentang sepatu safety, tentu belum semua orang paham bagaimana bentuk, manfaat, merk terbaik, jenisnya dan masih banyak lagi tentang sepatu yang satu ini.

Beberapa mungkin berpikir bahwa sepatu safety adalah sepatu yang terbuat dari bahan higenis. Ada pula orang yang berpikir sepatu higienis adalah sebuah sepatu boot karet yang bisa menjaga kaki dari air.

Nah, bagi Grameds yang penasaran bagaimana sebenarnya bentuk dari sepatu safety ini, langsung saja yuk! simak artikel berikut ini!

Tips Memilih Sepatu Safety Terbaik

Sepatu safety
Sumber: Pixabay

Ketika memilih sepatu safety memang diperlukan beberapa tips sehingga nantinya tidak salah dalam memilih sepatu ini. Mengapa demikian? Karena ditakutkan apabila ada yang menjual merk sepatu ini namun bahan yang digunakan tidak sesuai. Maka dari itu, berikut ini adalah paparan lengkap mengenai tips memilih sepatu safety.

1. Bahan atau Material

Pada saat memilih sepatu safety sebaiknya memperhatikan bahan atau material yang digunakan oleh sepatu tersebut. Alasan mengapa harus memperhatikan bahan atau material yang digunakan karena bahan tersebut menjadi penentu baik tidaknya kualitas sepatu.

Salah satu ciri-ciri bahan atau material yang digunakan yaitu tahan saat digunakan di tempat becek. Selain itu, sepatu safety ini harus juga tahan apabila digunakan di tempat yang berlumpur pada saat bekerja.

Oleh karena itu, pemilihan bahan material yang digunakan sebaiknya yang terbuat dari bahan nitrile atau karet. Karena bahan ini sangat tahan ketika berjalan di tempat becek maupun tempat berlumpur.

https://www.gramedia.com/products/conf-risk-based-behavioral-safety?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-risk-based-behavioral-safety?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

2. Ukuran Sepatu

Ukuran sepatu merupakan hal yang paling utama harus diperhatikan dalam membeli sepatu utamanya sepatu safety. Sepatu yang memiliki ukuran tidak sesuai dengan ukuran kaki tentu tidak memberikan kenyamanan pada saat digunakan.

Oleh karena itu, prioritaskan kenyamanan kaki pada saat menggunakan sepatu dengan memilih ukuran yang sesuai. Sangat disarankan agar memilih ukuran sepatu yang sedikit longgar sehingga tidak sesak apabila menggunakan kaus kaki.

Adapun pemilihan kaus kaki yang disarankan adalah kaus kaki yang memiliki bahan yang tidak terlalu tebal. Tujuannya agar pada saat menggunakan sepatu, kaki tidak terasa sesak apalagi ingin akan digunakan untuk bekerja.

3. Masa Berlaku Sepatu

Sepatu juga memiliki masa berlaku untuk digunakan utamanya sepatu merk safety menerapkan masa berlaku tersebut. Apabila masa berlaku dari sepatu sudah berakhir sebaiknya tidak menggunakan lagi sepatu tersebut.

Oleh karena itu, pada saat membeli sepatu sebaiknya memperhatikan tanggal produksi dari sepatu tersebut. Tanggal produksi dari sepatu ini biasanya terdapat pada bagian kotak ataupun di dalam sepatu pada saat membeli.

Tanggal produksi tersebut dapat dijadikan sebagai tanggal penentu untuk masa berlakunya sepatu sehingga tidak bisa digunakan. Jika masa pakai sepatu berakhir sebaiknya mengganti dengan sepatu yang baru agar lebih nyaman digunakan.

4. Waterproof

Memilih sepatu safety yang memiliki fitur waterproof ditujukan untuk para pekerja yang bekerja di luar ruangan. Apalagi jika pekerja tersebut bekerja di tempat yang sangat rawan akan risiko cedera sehingga penggunaan fitur ini sangat dianjurkan.

Fitur waterproof merupakan salah satu fitur anti air sehingga air tidak dapat masuk ke dalam sepatu. Memang pemilihan sepatu dengan fitur waterproof harus dipertimbangkan demi keselamatan dan keamanan kaki. Sepatu safety yang memiliki fitur ini bukan hanya melindungi agar kaki terbebas dari air namun juga sengatan listrik. Maka dari itu, pada saat membeli sepatu safety sebaiknya memiliki beberapa pertimbangan agar kaki terlindungi.

5. Fitur Sepatu yang Dipilih

Sepatu safety
Sumber: Pixabay

Dalam perancangan sepatu merk safety memang tidak memiliki fitur yang sama sehingga memiliki desain yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya memilih fitur sepatu safety yang memang sangat sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dijalankan. Sehingga saat menggunakan sepatu, kaki akan terasa nyaman dan aman saat bekerja seharian.

Misalnya, jika Kamu memiliki pekerjaan di luar ruangan ataupun di dalam ruangan namun terdapat beberapa alat-alat berat. Sebaiknya memilih sepatu safety yang memiliki besi dan terdapat pada area depan sepatu untuk keamanan kaki. Tujuan dari pemilihan ini agar jari kaki dapat terlindungi dan aman dari area yang rawan atau membahayakan pada saat bekerja.

6. Sirkulasi Udara Sepatu

Memang saat menggunakan sepatu dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kaki sesak dan berkeringat. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya memilih sepatu yang sudah dirancang dengan sirkulasi udara yang baik. Dengan tujuan agar dapat mencegah terjadinya kondisi lembap yang terjadi di dalam sepatu pada saat digunakan sepanjang hari.

Apabila memilih sepatu yang rawan akan kelembapan tentu membuat kondisi kaki mudah terpapar infeksi. Infeksi yang dimaksud adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh penyakit kulit yang terjadi pada area kulit kaki. Maka dari itu, dengan menggunakan sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang bagus tentu dapat mempercepat pengeringan sepatu.

https://www.gramedia.com/products/conf-simple-tips-fun-di-kantor?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-simple-tips-fun-di-kantor?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

7. Bobot Sepatu

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa sepatu safety memiliki bobot yang sedikit berat dibanding sepatu biasanya. Oleh karena itu, sangat disarankan agar memilih sepatu safety yang memiliki bobot tidak terlalu berat. Hal ini bertujuan agar dapat menghindari perasaan tidak nyaman pada saat menggunakan sepatu tersebut dalam jangka waktu lama.

Bukan hanya kenyamanan saat menggunakan sepatu ini, akan tetapi harus pula memperhatikan beban bagi kaki. Kaki yang membawa beban terlalu berat dapat mengakibatkan cedera sehingga sulit untuk bekerja. Maka dari itu, pada saat membeli sepatu sebaiknya untuk mempertimbangkan berat yang dimiliki dari sepatu tersebut.

8. Tinggi Sepatu Memiliki Sirkulasi Udara

Rancangan sepatu safety dari segi tinggi memang berbeda-beda sehingga seseorang harus memilih berdasarkan kebutuhan. Memang dalam suatu pekerjaan baik itu indoor maupun outdoor tentu harus menggunakan sepatu yang memiliki tinggi berbeda.

Untuk para pekerja yang bekerja di dalam ruangan sebaiknya memilih sepatu dengan ukuran 10-15 centimeter. Adapun bagi pekerja yang bekerja di luar ruangan sebaiknya memilih tinggi sepatu yang lebih tinggi. Pemilihan sepatu yang lebih tinggi ini karena bekerja di luar ruangan tentu akan melewati tempat berlumpur dan sejenisnya. Apalagi jika pekerja sangat senang memakai celana pendek sehingga tinggi sepatu yang dipilih sekitar 15 hingga 25 centimeter.

Merk Sepatu Safety yang Bagus untuk Bekerja

Setelah mengetahui beberapa tips dalam memilih sepatu safety tentu harus diperhatikan demi kenyamanan dan keselamatan kaki. Oleh karena itu, ada beberapa rekomendasi sepatu safety yang bagus bisa dijadikan sebagai pilihan. Berikut adalah paparan lengkap mengenai rekomendasi jenis sepatu safety yang baik untuk digunakan pada saat bekerja.

1. Sepatu Safety King

Sepatu safety
Sumber: m.indotrading.com

Sudah dikenal banyak orang dan mendapat peminat yang banyak pula, merk sepatu safety terbaik yang satu ini tersedia dalam varian untuk pria dan wanita. Produk sepatu yang satu ini terbuat dari bahan yang berkualitas. Tak heran, siapapun yang menggunakan sepatu ini bisa bekerja dengan nyaman.

Namun, walau terbuat dari bahan berkualitas, sepatu ini tetap dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Tak ketinggalan juga, sepatu safety king ini juga telah menghadirkan berbagai varian model sepatu sehingga bagi Anda yang sedang mencari sepatu safety, sepatu yang satu ini perlu Anda jadikan pertimbangan.

2. Sepatu Safety Vausky

Sepatu safety
Sumber: Bukalapak.com

Tak hanya di luar ruangan saja, sepatu ini juga banyak digunakan di dalam ruangan saat bekerja. Merk sepatu safety terbaik tersebut adalah Sepatu Safety Vausky. Sepatu ini memiliki desain yang sangat fashionable sehingga sangat cocok digunakan saat beraktivitas diluar jam pekerjaan.

Desain sepatu safety yang satu ini sangat mirip seperti desain sepatu sneakers. Tak heran, sepatu safety yang satu ini cocok digunakan untuk bepergian. Perlu diketahui, kualitas dari sepatu safety Vausky ini hampir sama dengan kualitas dari sepatu safety King, yaitu sangat nyaman saat dipakai. Terbuat dari bahan material sintetis dan karet, sepatu ini tahan terhadap air dan juga suhu panas.

3. Sepatu Safety Krushers

Sepatu safety
Sumber: Tokopedia.com

Cocok untuk digunakan saat bekerja di rumah, sepatu ini sangatlah bagus dan berkualitas. Selain itu merk sepatu safety terbaik yang satu ini juga dilengkapi dengan besi pada ujung sepatunya. Hal ini bertujuan untuk melindungi jari-jari penggunanya. Sangat keren, bukan?

Perlu Anda ketahui, jenis sepatu safety yang satu ini tak hanya cocok digunakan bekerja saja melainkan cocok juga untuk dipakai untuk beraktivitas di luar pekerjaan. Hal ini didukung dari tampilan sepatu tersebut yang tampak kasual.

Karena cocok digunakan untuk aktivitas sehari hari, tahukah Anda sepatu safety tak hanya digunakan oleh pekerja saja, namun masyarakat lainnya pun turut membeli dan menggunakan jenis sepatu safety yang satu ini.

4. Sepatu Safety Krisbow

Sepatu safety
Sumber: Blibli.com

Cocok untuk para pekerja industri, sepatu ini sudah terkenal oleh banyak pekerja di mana sepatu ini memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan kaki yang tinggi saat digunakan. Brand krisbow ini sudah mengeluarkan berbagai varian sepatu safety sehingga sobat bisa bebas memilihnya.

Dengan begitu kenyaman dan keamanan kaki sobat sudah terjaga. Perlu diketahui merk sepatu safety terbaik satu ini dibanderol dengan harga yang cukup murah. Jadi, tak hanya nyaman untuk di kaki saja, nyman pula untuk kantong sobat.

5. Sepatu Safety Nike

Sepatu safety
Sumber: Shopee.co.id

Bukan hanya jenis sepatu safety Vansky yang memiliki rancangan desain sepatu sneakers, namun sepatu safety Nike pun sama. Sepatu safety Nike termasuk dalam kategori toed shoes karena memiliki pelindung yang terdapat pada bagian ujung sepatu. Tujuan adanya pelindung ini agar jari kaki tetap aman meskipun menggunakan sepatu jangka panjang.

Adapun bahan atau material yang digunakan sepatu ini adalah terbuat dari bahan kulit namun sudah dilengkapi dengan sol. Sol yang terdapat pada sepatu ini terbuat dari bahan karet sehingga membuat sepatu ini tahan terhadap air. Harga yang ditawarkan dari sepatu safety murah Nike hanya berkisar Rp150.000 hingga Rp550.000 saja, memang sangat murah.

https://www.gramedia.com/products/safety-by-design-seri-aspek-geoteknis-dan-perencanaan-sistem-penyanggah-lubang-bukaan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/safety-by-design-seri-aspek-geoteknis-dan-perencanaan-sistem-penyanggah-lubang-bukaan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

6. Sepatu Safety Red Wings

Sepatu safety
Sumber: Indotrading.com

Selanjutnya ada merk sepatu safety dari Sepatu Safety Red Wings. Sepatu safety ini berasal dari Jerman, yang awalnya digunakan oleh tentara wanita. Hingga seiring waktu, red wings mulai memproduksi sepatu safety yang cocok untuk digunakan bekerja di luar ruangan.

Untuk bahan atau materialnya, sepatu ini terbuat dari bahan material yang nyaman dan aman saat digunakan. Untuk desainnya, pada ujung sepatu ini dilengkapi dengan besi atau steel toe untuk menjaga keselamatan kaki. Perlu diketahui, jenis sepatu safety yang satu ini sangat cocok digunakan untuk pekerjaan di bagian tambang dan pengeboran minyak.

7. Sepatu Safety Cheetah

Sepatu safety
Sumber: Tokopedia.com

Sudah menjadi salah satu merk sepatu safety terbaik, sepatu jenis Cheetah adalah sepatu yang cocok digunakan untuk bekerja di luar ruangan atau yang biasa disebut dengan kerja lapangan. Sepatu ini tahan terhadap genangan air, lumpur yang rentan ditemukan saat bekerja di luar ruangan. Untuk harganya, sepatu ini dibanderol dengan harga yang terbilang murah dibandingkan dengan sepatu safety lainnya.

Untuk modelnya, Cheetah sudah menghadirkan banyak sekali contoh desain produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Perlu diketahui, walaupun sepatu safety Cheetah termasuk ke dalam sepatu safety yang murah, namun untuk kualitasnya, sepatu ini sangatlah baik untuk melindungi kaki sedang bekerja.

8. Sepatu Safety Pria Jhon Wick

Sepatu safety
Sumber: Lazada.co.id

Dilengkapi dengan sol anti slip, merk sepatu safety yang satu ini memiliki jenis yaitu boots yang terbuat dari bahan kulit sintetis premium yang fleksibel. Sesuai dengan namanya, ini adalah jenis sepatu safety keluaran Jhon Wick yang aman untuk digunakan saat kerja lapangan atau outdoor.

Untuk ukuran yang tersedia, sepatu ini cocok untuk kaki dengan ukuran 39-44. Jangan lupa untuk menyesuaikan panjang telapak kaki Anda sebelum membeli. Dari tampilannya, sepatu Safety Boots Pria Jhon Wick ini sangatlah gagah. Tak heran, sepatu ini sangat fleksibel bagi Anda yang bekerja di lapangan bahkan perairan.

9. Sepatu Safety Delta Cordura

Sepatu safety
Sumber: Lazada.co.id

Bingung sepatu safety apa yang cocok digunakan untuk touring? Anda bisa memilih merk sepatu safety terbaik dari sepatu boots Delta Cordura. Sepatu ini adalah salah satu sepatu yang dapat menahan beban hingga 200 joule. Dengan begitu kaki Anda bisa lebih terjaga.

Sepatu ini terbuat dari bahan kulit sintetis premium yang sangat fleksibel dan juga ringan. Gimana? Apakah Anda terbayang menggunakan sepatu safety yang satu ini? Untuk ukurannya, sepatu ini cocok untuk ukuran 39-44. Jadi, selalu pastikan untuk menyesuaikannya dengan ukuran kaki Anda.

Anda dijamin nyaman menggunakan sepatu ini. Untuk bagian solnya, sepatu ini didesain dengan grip tahan lama. Dan untuk jahitannya, sepatu ini menggunakan benang nilon sehingga dipastikan awet saat digunakan.

https://www.gramedia.com/products/manajemen-patient-safety-konsep-aplikasi-safety-dalam-kese?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/manajemen-patient-safety-konsep-aplikasi-safety-dalam-kese?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah artikel lengkap mengenai tips memilih sepatu safety dan merknya yang recomended agar dapat kamu gunakan dengan nyaman dan aman saat bekerja. Grameds bisa menemukan produk rekomendasi lainnya di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik untuk Grameds.

Penulis: Mochamad Aris Yusuf

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi