in

Review Macbook Air M2: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Macbook Air M2: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya- Di era teknologi 4.0 saat ini penggunaan teknologi semakin dibutuhkan masyarakat sebagai alat penunjang aktivitas mereka. Karena hal itu tidak heran semakin banyak juga perusahaan teknologi yang mengembangkan produk mereka lebih baik agar dapat bersaing di pasaran dan menjadi solusi atas kebutuhan manusia yang pada era sekarang sangat bergantung pada produk teknologi yang perusahaan tersebut kembangkan.

Persaingan spesifikasi, tampilan, serta harga yang terjangkau masih menjadi pokok utama dalam industri teknologi yang semakin gencar setiap tahunnya. Setiap perusahaan bisa setiap tahun meluncurkan produk baru mereka untuk dipasarkan. Untuk itu perlu sekali sebagai konsumen kita cermat dalam memilih produk agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Tidak terkecuali untuk produk laptop yang menjadi penunjang aktivitas perkuliahan atau kantor. Dari sekian banyak persaingan produk laptop tersebut pastinya dicari produk paling nyaman dan tahan lama digunakan untuk aktivitas yang memerlukan spesifikasi laptop yang canggih munculah produk dari brand Apple. Produk laptop mereka bernama Macbook Air M2 menjadi salah satu produk andalan mereka yang dapat kita beli. Namun sebelum membeli produk tersebut kita juga harus mampu mengetahui bagaimana spesifikasi serta keunggulan dan kelebihan dari laptop tersebut dan tidak lupa melihat harganya untuk menyesuaikan dengan budget yang kita punya.

Untuk itu pada pembahasan kali ini mari kita lihat bagaimana review mengenai produk laptop Macbook Air M2 tersebut agar kita tidak salah dalam membeli.

Selanjutnya pembahasan mengenai review produk tersebut dapat disimak di bawah ini!

Apa itu Macbook Air M2?

Apple MacBook adalah salah satu seri laptop paling populer, yang sering menjadi pilihan  pengguna modern. Selain  desainnya yang minimalis dan elegan, laptop ini juga digandrungi para pekerja kreatif berkat  retina display-nya yang mampu menampilkan detail warna True Tone beresolusi tinggi. Tertarik untuk membeli laptop andalan Apple ini? Anda dapat memilih dari tiga seri yang tersedia yaitu MacBook Air, MacBook dan MacBook Pro.

Pada pembahasan kali ini kita akan fokus pada satu produk terbaru dari Apple yaitu Macbook Air M2.

MacBook Air M2 resmi dijual di Apple Store dan diterima oleh pengguna yang membeli melalui Apple Online Store.

Produk Apple yang telah resmi diluncurkan, yaitu Macbook Air M2 versi terbaru dan lebih baik dari versi sebelumnya.  MacBook ini hadir dengan kecepatan maksimum dan pilihan warna  yang lebih serbaguna. Selain kinerja yang lebih cepat, banyak keunggulan lain dari MacBook Air M2 meningkatkan kemampuan MacBook untuk mendukung fungsi yang kompleks sekalipun. Dengan demikian setiap pengguna  mendapatkan pengalaman kerja yang lancar dan tanpa kerumitan dengan tugas tersebut.

Namun pada seri MacBook “entry-level”, yang resmi dirilis pada Juli 2022, termasuk MacBook Air M2, yang memiliki ukuran 13 inci. Perangkat ini merupakan seri MacBook termurah setelah MacBook Air M1. Ini adalah seri kedua karena Apple memutuskan untuk mengubah dari prosesor x86 ke Apple Silicon.

MacBook Air M2 disini merupakan penerus dari MacBook Air M1, yang pertama kali hadir pada tahun 2020. Seperti namanya, perangkat ini menggunakan prosesor Apple M2 yang memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan Apple M1.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Selain desain baru yang menarik dan  teknologi MagSafe 3 Connector, sayangnya, pengguna MacBook Air M2 telah mengajukan beberapa keluhan. Beberapa di antaranya adalah SSD 256GB MacBook Air M2, yang lebih lambat dan berputar di sekitar sasis baru yang digunakannya.

Ingin tahu spesifikasi apa saja yang ditawarkan, harga, dan kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Macbook Air M2 tersebut? Simak review berikut di bawah ini!

Spesifikasi Macbook Air M2

Sebagai informasi tambahan, daya tarik utama dari seri Apple MacBook Air adalah bodinya yang ramping dan elegan. MacBook Air selalu berhasil menjadi salah satu laptop paling portabel yang ringan, tipis, namun bertenaga.

Layarnya selalu menjadi fitur yang sangat dinanti, karena kualitasnya sulit ditemukan di laptop lain di kelasnya, menawarkan kecerahan tinggi dan tampilan warna yang sangat baik, sehingga cocok untuk kebutuhan grafis.

Meskipun masih memiliki banyak kesamaan dengan MacBook Air M1, Anda akan menemukan peningkatan pada fitur MacBook Air M2 ini.

Sebagai produk penerus dari MacBook Air M1, laptop terbaru ini memiliki perangkat keras yang terlihat berdasarkan chip Apple M2 terbaru. Chipset tersebut dikatakan 40 persen lebih cepat dari M1.

Chipset M2 juga didesain dengan fabrikasi 5 nm gen 2 dan memiliki prosesor octa-core dan berbasis pada graphics processing unit (GPU) dengan core lebih banyak, hingga 10 core. Chipset tersebut juga dipasangkan dengan RAM LPDDR5 24GB. Apple sendiri mengklaim bahwa chip M2 dilengkapi dengan mesin pengolah media baru dan ProRes untuk mendukung proses pengeditan video.

Beralih ke desain dan tampilan perangkat, MacBook Air M2 2022 memiliki desain dan pilihan warna baru. Notebook ini juga didesain lebih tipis dari “saudaranya” MacBook Pro 2022, yang “hanya” setebal 11,3 mm dan berat sekitar 1,2 kg. Perangkat ini memiliki layar panel Liquid Retina dengan diagonal 13,6 inch.

Tampilan perangkat juga mendukung tingkat kecerahan maksimum 500 nits dan gamut warna lebar (P3). Laptop dengan layar yang cukup lebar juga memiliki “bagian depan” yang lebar. Bagian depan tersebut digunakan sebagai kamera beresolusi HD (1080 piksel) atau wadah FaceTime. Dari segi daya tahan, MacBook Air 2022 mendukung teknologi pengisian cepat yang dapat mengisi daya hingga setengah (50 persen) dalam waktu 30 menit. Pengisian daya dimungkinkan dengan adaptor USB-C 67 watt.

Fitur pendukung lainnya termasuk dua port Thunderbolt, jack audio 3,5mm, dukungan pengisi daya magnet MagSafe, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 6 802.11, Touch ID (Sensor sidik jari) sebagai sistem keamanan perangkat, Magic Keyboard backlit dan Force Touch Trackpad. Sedangkan untuk fitur pendukung audio lainnya, seperti audio empat speaker yang dilengkapi dengan tiga mikrofon algoritma beamforming.

Istilah beamforming menjadi istilah pertama yang diperkenalkan Apple dalam model HomePod pertama. Teknologi ini dapat mengubah suara sesuai dengan lingkungan pengguna. Panggilan suara untuk mencari tahu apa itemnya untuk menyerap/memantulkan suara. Pilihan warna yang tersedia adalah Midnight, Starlight, Space Grey dan Silver.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada spesifikasi di bawah ini:

  • Layar: 13,6 inci (diagonal), backlight LED, IPS; 2560 x 1664
  • Processor: Chip Apple M2
  • Graphic Card: GPU 8-core/10-core
  • RAM: 8 GB, bisa di-upgrade ke 16GB atau 24 GB
  • Storage: SSD 256 GB/512 GB, bisa di-upgrade hingga 2TB
  • Optical Drive: –
  • Konektivitas: Wi-Fi 6 802.11ax + Bluetooth 5.0
  • Port: MagSafe 3 x1, USB-C Thunderbolt 3/USB 4 x2, 3.5 mm jack audio x1
  • Baterai: Hingga 18 jam

Harga Macbook Air M2

Harga MacBook Air M2 di Indonesia

Memantau langsung dari iBox dan Digimap, MacBook Air M2 dijual di Indonesia seharga mulai dari Rp 21 juta. Berikut informasi harga MacBook Air M2 di Indonesia:

  •  MacBook Air M2 256GB – Rp. 21.000.000
  •  MacBook Air M2 512GB – Rp. 26.000..000

Selain  pembayaran tunai, MacBook Air M2 dapat dibeli melalui iBox atau Digimap melalui berbagai mitra bank.

Itulah rincian harga dari MacBook Air M2 256GB dan MacBook Air M2 512GB.

Kelebihan Macbook Air M2

Tidak hanya sekedar memberikan rasa bangga saat memilikinya, beberapa kelebihan dari produk MacBook Air M2 juga hadir untuk menjadikannya salah satu laptop terbaik yang dapat meningkatkan produktivitas dan pengalaman hiburan. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

1. Body Lebih Besar, Tapi Tetap Elegan

Keunggulan MacBook Air M2 pertama ada di bodinya. Laptop flagship terbaru Apple ini berukuran lebih besar dari generasi sebelumnya. Itu karena MacBook Air M2 memiliki layar yang lebih besar yakni berukuran 1,13 x 30,41 cm, tebal 21,5 cm, dan bobot 1,2 kg. Bezel tipis di sisi layar membuat Apple akhirnya menghadirkan layar The Notch ke Macbook Air.

Dimana The Notch berada di tengah atas layar untuk menampung webcam. Selain itu, MacBook ini juga memiliki layar Magic Keyboard berukuran penuh dan trackpad yang luas. Selain itu ada beberapa pilihan warna cantik seperti Midnight, Starlight, Space Grey dan Silver.

2. Layar lebih besar dan gambar lebih tajam

Keunggulan MacBook Air M2 selanjutnya adalah layar yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. MacBook ini didukung oleh Liquid Retina Display 13,6 inci, dan layar MacBook dengan bezel tipis yang tajam dan lebar. Resolusinya juga lebih tinggi dari MacBook Air M1.

Gambar menjadi lebih cerah dan lebih realistis berkat resolusi bawaan 2560 x 1664 piksel dan kecerahan 500 nits serta dukungan untuk satu miliar warna. MacBook ini memiliki kecepatan refresh 60Hz dan dilengkapi dengan teknologi audio sejati.

3. Daya Super Cepat

Kemudian keunggulan MacBook Air M2 adalah di samping cara super cepat yang mendukung semua fungsi kompleks. MacBook ini memiliki chipset M2 dengan kinerja yang lebih andal yang berasal dari pembelajaran mesin generasi berikutnya. Menggunakan chipset M2 membuat MacBook Air M2 40% lebih cepat dari pendahulunya.

Dikombinasikan dengan pemisahan CPU 8-inti untuk kinerja dan efisiensi yang lebih baik, hingga GPU 10-inti dan mesin saraf 16-inti untuk tugas-tugas yang lebih sederhana. Dengan RAM 8GB, SSD 256GB, dan penyimpanan SSD 512GB yang dapat diperluas hingga 1TB, kinerja MacBook lebih bertenaga.

Selain itu, MacBook ini memiliki bandwidth memori 100 Gb/dtk untuk membantu memproses data secepat kilat. Sistem operasi yang digunakan pada MacBook ini adalah MacOS Monterey.

4. High Quality Camera FaceTime

Sektor kamera menjadi keunggulan MacBook Air M2 berikutnya, yang tak kalah menarik. MacBook ini memiliki kamera FaceTime HD 1080p dengan resolusi ganda dan maksimal dalam pencahayaan yang rendah. Dimana dapat memudahkan pengguna untuk mengadakan rapat virtual  dalam gelap.

5. Clear Audio System

Sistem suara yang dihadirkan sebagai empat speaker suara surround adalah keunggulan MacBook Air M2 berikutnya. Speaker ini memungkinkan pengguna untuk mengalami pengalaman mendengarkan yang mendalam. Selain itu, ia memiliki 3 mikrofon yang dapat menyaring kebisingan di sekitar pengguna. Sound system MacBook ini juga  dilengkapi dengan Dolby Atmos untuk membuat suara  lebih jernih.

6. Keyboard dan trackpad yang lebih nyaman

MacBook Air M2 memiliki fitur Magic Keyboard dengan 78 tombol (AS) atau 79 tombol (ISO) dengan 12 tombol fungsi  tinggi penuh dan tombol panah dalam susunan T terbalik. MacBook ini juga memiliki saklar dengan sensor Touch ID bawaan dan dilengkapi dengan  sensor cahaya sekitar.

Untuk sentuhan, MacBook ini dilengkapi dengan  Force Touch, yang memungkinkan kontrol kursor dan deteksi tekanan yang tepat, memungkinkan klik, akselerasi, gambar peka tekanan, dan gerakan Multi-Touch.

7. Masa pakai baterai yang lama dan dukungan port MagSafe

MacBook Air M2 terbaik memiliki masa pakai baterai yang  lama. Laptop terbaru Apple ini menggunakan baterai lithium polymer 52,6 watt-hour. Baterainya diklaim mampu bertahan hingga 18 jam saat menggunakan Apple TV dan memutar video. Baterai bertahan hingga 15 jam dengan penggunaan terus menerus saat terhubung ke jaringan nirkabel.

MacBook ini juga mendukung pengisian  cepat dengan adaptor USB-C 67 watt. Pengguna hanya perlu mengisi daya selama 30 menit untuk mendapatkan baterai 50 persen. Selain itu, ia memiliki port pengisian daya MagSafe untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pengguna.

Kekurangan Macbook Air M2

1. Performa SSD Lambat

Bagi yang belum tahu, ternyata SSD pada Macbook Pro dan Macbook Air M2 menggunakan kapasitas data 256GB, yang lebih lambat dari generasi Macbook Pro dan Macbook Air M1.

Ini karena Apple menggunakan sistem chip NAND tunggal 256GB di M2. Di M1, Apple menggunakan dua chip NAND untuk mendapatkan 256GB (128GB x 2) secara paralel.

Dengan sistem NAND chip tunggal, biaya produksi Apple memang lebih rendah. Namun, ini memperlambat kecepatan baca dan tulis SSD.

2. Warna Midnight Blue dan Sidik Jari

Salah satu warna favorit MacBook Air M2 adalah Biru Malam. Sekilas warna ini mengingatkan saya pada era MacBook Black tahun 2006.

Namun ternyata beberapa YouTuber yang membagikan review videonya merasa warna ini paling banyak meninggalkan sidik jari saat digunakan.

Sidik jari tampaknya akan terlihat di tempat Anda biasanya memegang MacBook Air M2 Midnight Blue. Ini tidak ditemukan pada MacBook Air M2 dalam warna lain seperti Space Grey atau Starlight.

3. Performa tanpa kipas dan menyesakkan?

Mulai tahun 2020, Apple menggunakan model MacBook Air tanpa kipas pendingin. Sistem pendingin yang digunakan adalah untuk mensirkulasikan panas dari prosesor ke dalam laptop sehingga lebih cepat diserap ke suhu ruangan.

Tanpa kipas pendingin, sebenarnya menyebabkan tekanan kinerja, yaitu. mengurangi kinerja CPU saat digunakan dalam jangka waktu yang lama karena beban kerja yang berat dan panas.

4. Fungsi pengisian daya 67W didukung, tetapi charger dijual terpisah

MacBook Air M2, seperti yang dijelaskan sebelumnya, memiliki port pengisian daya MagSafe dan dua port USB-C, yang tidak hanya berfungsi sebagai DisplayPort, tetapi juga untuk pengisian daya. Apple juga menyediakan adaptor di dalam kotak. Namun, daya yang didukung adalah 35 W.

Sebenarnya MacBook Air M2 memiliki dukungan untuk pengisian daya 67W, tetapi fungsi ini tidak dapat digunakan secara langsung karena mengharuskan pengguna untuk membeli adaptor 67W secara terpisah.

Sekian review singkat mengenai Macbook Air M2 yang merupakan produk keluaran terbaru dari Apple berupa spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangannya yang bisa menjadi acuan untuk kalian sobat grameds yang ingin membeli produk tersebut agar tidak salah membeli dan sesuai dengan yang diinginkan.

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

Cara Memeriksa MacBook Second Sebelum Membeli Laptop Bekas

Yuk, Intip Peluang Bisnis Jual Beli Laptop Bekas dan Tips Memulainya!

6 Cara Mengatasi Lupa Password Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Cepat dan Mudah

11 Rekomendasi Merek Laptop Terbaik



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Primandha

Dunia menulis selalu menarik bagi saya apalagi tentang review. Dengan melakukan review pada suatu produk, saya akan tahu banyak informasi terkait produk itu. Sebelum mereview, saya akan melakukan riset terlebih dahulu agar menghasilkan tulisan yang menarik sekaligus mudah dipahami.