in

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Cepat dan Mudah

Cara Melihat Spesifikasi Laptop – Laptop, komputer jinjing, atau komputer pangku adalah komputer pribadi yang berukuran relatif kecil dan ringan. Beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung dari ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri.

Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan kurang lebih 2 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis. Habisnya baterai bergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.

Acer Aspire 8920.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien.

Komputer jinjing biasanya harganya lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian, harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen. Namun, saat ini dengan berbagai desain yang menarik dan kekinian, laptop menjadi lebih ringan dan tipis termasuk dari sisi teknologinya yang kian canggih.

Saat ini, laptop menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang untuk beraktivitas. Pemilihan laptop pun harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk pekerjaan ringan seperti belajar atau mengetik tentu saja membutuhkan spesifikasi lebih rendah daripada aktivitas berat sekelas gaming, programming, analisa data, atau desain.

Agar mengetahui sesuai tidaknya laptop dengan kebutuhan tiap orang, kamu bisa mengecek spesifikasi laptop yang meliputi kecepatan prosesor, model, hingga keterangan pabrikan. Nah, berikut telah dirangkum cara mengecek spesifikasi laptop dan kapasitasnya secara mudah dan cepat.

Jenis-Jenis Laptop

1. Notebook

Komputer jinjing (laptop) ini umumnya berukuran 10 inci.

2. Netbook

Netbook merujuk kepada jenis komputer jinjing yang memiliki spesifikasi tertentu. Sebuah netbook umumnya menggunakan prosesor intel atom. Jenis komputer jinjing ini berukuran kecil, biasanya dengan layar di bawah 12 inci dan berat kurang lebih 1 kg.

Netbook mulai populer ketika Asus mengeluarkan produk bernama Eee PC. Ketika itu, komputer dengan harga murah ini menggunakan harddisk layaknya sebuah media penyimpan portabel USB Flash Disk (UFD), dengan kapasitas rendah 4GB.

3. Mainstream

Laptop ini memiliki ciri, yaitu prosesor yang digunakan, misalnya Intel Core i5, i3, dan Core 2 Duo, memori minimal 2 GB, memiliki Drive untuk membaca dan menulis DVD, keyboard berukuran penuh atau setidaknya 80% dari lebarnya sendiri.

4. Tablet PC

Perangkat ini memiliki layar sentuh sehingga mudah diputar, dan mudah dibawa ke mana saja. Mulai 2010, perangkat ini menjadi tren baru. Tren ini dikomandani oleh Apple Inc. yang menghadirkan iPad ke pasaran. Namun, ada perbedaan antara Tablet PC dan iPad, yaitu:

  • Tablet PC menggunakan stylus yang digunakan, sedangkan iPad menggunakan jari-jemari.
  • Tablet PC dimaksudkan sebagai laptop yang berbeda, sedangkan iPad dimaksudkan sebagai gadget.

Kenapa Harus Melihat Spesifikasi Laptop?

Spesifikasi laptop atau komputer adalah deskripsi teknis tentang komponen dan kemampuan komputer, mulai dari kecepatan prosesor, model, hingga keterangan pabrikan. Kecepatan prosesor biasanya ditunjukkan dalam gigahertz (GHz). Semakin tinggi angkanya, semakin cepat komputer dalam bekerja.

Sementara itu, Random Access Memory (RAM) biasanya ditunjukkan dalam gigabytes (GB). Semakin tinggi nilai RAM di komputer, semakin banyak yang dapat dilakukan secara bersamaan.

Sepertinya memang repot untuk tahu spesifikasi laptop. Memang, lantas apa saja gunanya? Nah, daripada kebingungan, akan kami paparkan beberapa manfaat dari mengetahui spesifikasi laptop kamu. Yuk, disimak baik-baik penjelasan berikut!

1. Tidak Salah Membeli Laptop

Kalau misalnya kamu membeli laptop secara online, ada kemungkinan laptop yang terbeli bukanlah yang kamu inginkan. Mengapa? Meskipun memiliki nama model yang sama persis, kemungkinan besaran RAM, kapasitas memori internal, atau jenis CPU-nya berbeda.

Saat uang masih tertahan di rekening bersama, kamu bisa melakukan pengecekan spesifikasi laptop saat baru sampai ke rumah. Dengan begini, kamu bisa mencocokkan kalau spesifikasi di deskripsi penjual sesuai dengan spek aslinya.

2. Mengetahui Game atau Aplikasi yang Bisa Dijalankan

Kalau kalian seorang gamer, pasti sudah tahu manfaat yang satu ini? Ya, seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan sekilas bahwa tidak semua game bisa dijalankan pada PC atau laptop. Pasalnya, beberapa game yang di-port dari konsol PS4 atau Xbox dijamin membutuhkan spesifikasi gahar. Contohnya saja seperti Red Dead Redemption 2, Horizon Zero Dawn, dan sejenisnya.

Apa jadinya kalau kalian membeli game-game tersebut tanpa tahu spesifikasi laptop? Bisa jadi, game-game tersebut harus diturunkan resolusinya hingga terendah dan pengaturan grafisnya pun diatur ke lowest. Belum lagi kalau ternyata saat grafis mentok kiri, frame rate yang didapatkan hanya berkisar di 20-30 FPS. Alih-alih mau happy saat main game terbaru, yang ada malah ingin gigit jari sampai putus.

3. Mengetahui Patokan Saat Mau Ganti Laptop

Kamu sudah bertahun-tahun menabung untuk ganti laptop dan sekarang uangnya sudah terkumpul untuk membeli laptop incaran. Hal ini patut disyukuri tentunya, yakni dengan memastikan laptop yang kamu beli memiliki spesifikasi jauh di atas laptop yang sekarang kalian miliki.

Jika tidak tahu apa-apa mengenai spek laptop yang lama, bisa jadi saat beli laptop baru kamu akan bertanya-tanya,  “Kok performanya sama saja seperti yang dulu?”. Kalau sudah begini, kamu pun harus repot melakukan return (jika memang bisa). Daripada uangnya sayang, lebih baik ketahui spek laptop yang lama supaya bisa beli laptop baru dengan peningkatan performa yang worth the wait.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Nah, sekarang kamu sudah tahu manfaat mengetahui spesifikasi laptop? Jika kalian bertanya-tanya mengenai cara yang paling mudah, jangan khawatir! Kami akan menyediakan beberapa cara yang bisa kalian pilih, sesuaikan dengan preferensi masing-masing, ya!

Cara mengetahui spesifikasi laptop tidaklah sulit. Kamu bisa melakukannya tanpa harus menggunakan internet atau menginstal aplikasi apa pun, karena semua informasi bisa dilihat hanya mengandalkan peranti lunak di sistem operasi kamu.

1. Melalui Kemasan Kardus

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek spesifikasi laptop atau PC secara lengkap adalah melihat isi kemasan kardus PC seperti prosesor, RAM, dan lainnya. Namun, informasi yang diberikan dalam kemasan kardus bersifat umum, misalnya informasi merek prosesor yang diberikan kurang spesifik. Inilah yang membuat kalian tidak mengetahui secara jelas mengenai kinerja yang diberikan oleh prosesor itu.

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah melihat spesifikasi isi dari PC di internet. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus melihat isi kardus atau bertanya kepada teman yang tahu mengenai spek PC.

Kamu hanya perlu mengetikkan merek dan tipe proses atau sejenisnya yang ingin dicari dalam kolom pencarian Google. Setelah menekan tombol Enter, akan muncul berbagai spesifikasi dari berbagai sumber dan kamu tinggal klik sumber paling kredibel yang ingin diketahui. Situs resmi dari produsen RAM dan prosesor juga menyediakan informasi yang resmi untuk diketahui oleh para konsumennya.

2. Melalui Properties

Untuk cara yang satu ini, kamu tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga apa saja. Tinggal ikuti langkah-langkah di bawah dan kamu pun sudah bisa melihat beberapa informasi dari spesifikasi laptop.

Sebelumnya, perlu diketahui jika tutorial ini berjalan di sistem operasi Windows 10, jadi bagi kamu yang mempunyai versi berbeda mungkin navigasinya pun tidak persis sama. Namun, kurang lebih langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

  • Buka Windows Explorer atau dengan menekan kombinasi tombol Windows + E di keyboard.
  • Saat Windows Explorer muncul, klik kanan di tulisan This PC dan klik menu Properties.

  • Selanjutnya, akan muncul sebuah jendela yang menampilkan versi sistem operasi yang kamu gunakan, CPU yang terpasang di laptop (lengkap dengan besaran clock speed-nya), ukuran RAM, serta versi bit laptop (64 bit atau 32 bit).

  • Untuk mengetahui VGA yang dimiliki laptop kamu, pilihlah menu Device Manager dari tampilan layar yang tadi.

  • Lalu, carilah tulisan Display Adapter dan klik pada menu tersebut. Kemudian akan muncul informasi VGA yang terdapat pada laptop. Kalau kamu memiliki VGA yang terintegrasi dengan CPU dan VGA tambahan sekaligus, kamu akan melihat keduanya di sini.

Tidak sulit, bukan? Ini adalah cara yang paling simpel kalau kamu hanya ingin melihat spesifikasi laptop secara mendasar. Masih ingin lihat spesifikasi yang lebih terperinci lagi? Ikuti cara selanjutnya.

3. Melalui DxDiag

Seluruh versi Microsoft Windows sudah tersedia alat diagnosa untuk menampilkan keseluruhan spesifikasi laptop/PC secara terperinci, namanya DxDiag alias DirectX Diagnostic Tool. Dikarenakan ini adalah fitur bawaan OS, kamu pun tidak perlu melakukan instalasi apa pun lagi. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • DxDiag tidak tampil sebagai shortcut di desktop, pun tidak muncul pada daftar aplikasi saat logo Window diklik. Untuk memunculkannya, pertama-tama klik pada simbol kaca pembesar atau magnifying glass di sebelah logo Windows.

  • Selanjutnya, sebuah jendela antarmuka akan muncul. Di sini kamu bisa mengetikkan apa saja, seperti nama file atau aplikasi yang ingin dibuka. Untuk sekarang, ketikkan kata kunci “dxdiag” seperti gambar di bawah, lalu tekan Enter di keyboard atau klik Open seperti di bawah.

  • Lalu akan muncul sebuah jendela yang menampilkan berbagai informasi lengkap mengenai laptopmu. Inilah yang dinamakan DxDiag. Di sini kamu bisa melihat versi sistem operasi beserta versi bit yang digunakan, ukuran RAM, model sistem, BIOS, prosesor, versi DirectX, dan lain-lain.
  • Untuk melihat informasi lainnya seperti GPU on-board dan tambahan, bisa memilih menu Display dan juga Render.
  • Kalian juga bisa melihat informasi seputar driver audio yang digunakan pada tab Sound, serta mengetahui peripheral apa yang “menyangkut” atau terpasang di laptop pada tab Input.
  • Untuk menyimpan semua informasi ini dalam bentuk file .TXT, tinggal klik Save all information dan pilih folder untuk lokasi file tersebut.

Selesai! Walau tanpa aplikasi tambahan, rupanya DxDiag ini cukup ampuh dalam menawarkan informasi spesifikasi dari laptop kamu secara lengkap dan terperinci, bahkan dengan menyimpan semua informasi dalam bentuk teks, kamu bisa langsung menyalinnya di aplikasi catatan smartphone atau Line KEEP supaya bisa dibaca tanpa harus menyalakan laptop.

4. Melalui Command Prompt

Berikut langkah-langkah yang dilakukan.

  • Kamu bisa mengetikkan “command prompt” search bar yang berada di menu start windows.
  • Selanjutnya, klik “command prompt” dan pilih “open”.
  • Ketikan “systeminfo” dan tekan enter di command prompt. Spesifikasi laptopmu pun akan muncul di dalamnya, seperti memory, sistem, RAM, dan model komputer.

5. Melalui PowerShell

Berikut langkah-langkah yang dilakukan.

  • Kamu bisa mengetikkan “Windows Power Shell” search bar yang berada di menu start windows, kemudian pilih “open.”
  • Setelah itu, ketikkan “Get-ComputerInfo” dan tekan Enter.
  • Kamu pun bisa melihat spesifikasi laptopmu secara detail.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop macOS (MacBook)

Bagi kalian yang menggunakan laptop keluaran Apple dengan sistem operasi macOS seperti MacBook, kalian tetap bisa mengecek spesifikasi laptop dengan mudah. Cara cek spek MacBook ini berguna untuk mengecek apakah aksesoris atau aplikasi yang ingin diinstal kompatibel dengan Mac kalian.

Atau mungkin kalian hanya ingin tahu tipe prosesor apa yang digunakan dan berapa kapasitas RAM MacBook Anda. Cara cek spek MacBook ini juga bisa memberitahu kalian model laptop Apple yang sedang digunakan. Informasi ini juga penting untuk kalian yang berniat menjual MacBook.

Berikut ini langkah-langkah cara cek spek MacBook:

  • Klik logo Apple di sudut kiri atas layar MacBook kalian.
  • Setelah muncul menu drop-down, pilih opsi About This Mac.
  • Akan muncul jendela aplikasi yang menampilkan kecepatan prosesor, memori, dan grafis
  • Untuk info tentang RAM klik tab Memory.
  • Jika ingin cek baterai MacBook klik About This Mac > System Report.
  • Klik tab Hardware lalu pilih opsi Power.
  • Kalian di sini akan melihat informasi detail tentang baterai MacBook.

Bagaimana? Bukankah cara mengecek spesifikasi laptop sangat mudah? Untuk kalian pengguna MacBook atau laptop seri lain dengan macOS tentu akan sangat mudah untuk melihat spesifikasinya. Untuk pengguna Windows, kalian bisa melihat spek laptop lebih fleksibel karena ada banyak caranya.

Tips dan Cara Merawat Laptop

1. Gunakan Stabilizer listik

Untuk kalian yang bekerja menggunakan laptop, tetapi dengan melepas baterai ada baiknya tambahkan stabilizer. Stabilizer berfungsi untuk menjaga arus agar tetap stabil, sehingga kenyamanan kalian bekerja dengan laptop terus terjaga.

2. Gunakan Tas yang Tepat

Untuk para pelajar dan mahasiswa yang sering menbawa laptop di dalam tas, utamakan tas yang tepat digunakan. Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop agar laptop tetap terlindungi.

3. Hindari Makan dan Minum di Dekat Laptop

Buat kalian yang suka ngemil, perhatikan hal ini. Hindarilah makan dan minum dekat laptop karena cairan dan makanan yang tidak sengaja tumpah akan masuk ke keyboard dan komponen.

4. Jangan Terlalu Lama Menyalakan Laptop

Menyalakan laptop terlalu lama secara nonstop tentu bukannlah hal yang baik. Hal itu dapat membuat laptop overheat dan mengakibatkan daya tahan laptop semakin berkurang. Ada baiknya gunakan cool pads untuk membuat suhu laptop tetap stabil.

5. Jangan Paksa Laptop Menjalankan Aplikasi atau Game yang Berat

Jangan menjalankan aplikasi atau game berat di laptop, kecuali laptop memiliki spesifikasi yang memenuhi. Aplikasi dan game berat dibuat untuk komputer. Jika kita memaksa untuk menggunakannya, nantinya kerja processor dan RAM VGA akan sangat berat dan membuat laptop cepat panas.

6. Bersihkan Optical Drive Laptop

Harus kita ketahui tempat bersarangnya debu di laptop adalah Optical Drive/DVD ROM. Jangan lupa untuk membersihkan debu-debu yang menempel di dalamnya secara rutin.

7. Matikan Laptop Sesuai dengan Ketentuan

Jangan matikan laptop dengan cara menekan tombol power. Usahakan matikan sesuai dengan ketentuannya.

8. Jangan Gunakan Laptop Sampai Baterai Kosong Hingga 0%

Hal tersebut akan memperpendek umur baterai laptop. Jadi, jika laptop hampir benar-benar low usahakan lekas charger kembali.

Kesimpulan

Sekarang setelah kamu tahu metode praktis di atas untuk melihat spesifikasi laptop, sudah tidak perlu bingung lagi, bukan? Nyatanya, melihat spesifikasi laptop itu sangat penting. Kalau kamu tidak tahu spek laptop sendiri, itu menunjukkan kalau kamu tidak begitu peduli dengan laptop yang kamu pakai. Jangan sampai saat teman bertanya spek laptop milikmu, kamu hanya bisa terbengong-bengong. Apakah kamu memiliki cara lain yang lebih praktis? Kalau iya, share di kolom komentar!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien