in

10+ Pulau Terluas di Dunia, Salah Satunya ada di Indonesia

10+ Pulau di Dunia dengan Luas Terbesar – Ada banyak jumlah pulau yang ada di dunia ini. Setiap belahan dunia memiliki beragam pulau dengan ciri khas masing-masing. Beberapa pulau memiliki luas tanah yang begitu besar dan luas. Sehingga pulau tersebut bisa menampung banyak penduduk dan juga ekosistem lain yang hidup di sana.

Pulau merupakan daratan atau tanah yang dikelilingi oleh air dan luas pulau lebih kecil daripada luas benua dan lebih besar dari terumbu karang. Jika pulau terkumpul menjadi satu dapat dinamakan menjadi kepulauan. Dataran pulau terbentuk secara alami. Pulau tidak hanya dikelilingi oleh laut, namun bisa saja dikelilingi oleh sungai atau pun danau.

Walaupun pulau ini jumlahnya sangat banyak di dunia, namun beberapa negara juga tidak memiliki pulau. Beberapa negara daerahnya hanya daratan yang luas yang ada di sebuah benua. Tetapi tidak dapat dipungkiri jika sebuah negara juga ada yang memiliki pulau yang luasnya sangat besar. Negara yang memiliki pulau-pulau besar biasanya disebut sebagai negara kepulauan, contohnya Indonesia.

beli sekarang

Di ebook ini, yang merupakan petilan dari buku Wisata Bahari Indonesia (2012), tersaji panduan beragam kegiatan yang asyik dilakukan di sana. Artikel utama, yang menyuguhkan kisah perjalanan ke beberapa tempat di kepulauan itu, dilengkapi dengan tip transportasi, akomodasi, kuliner, dan berbelanja. Selain itu, ebook ini kami lengkapi dengan direktori 50 destinasi wisata bahari Nusantara.

Lalu, pulau mana saja yang termasuk pulau terbesar di dunia? Jika ingin tahu pembahasan lebih lanjut, yuk Grameds simak ulasan berikut!

1. Pulau Greenland

pulau greenland
pinterest.com

Pulau Greenland atau jika diterjemahkan dapat dibaca menjadi “tanah hijau” merupakan sebuah negara otonom dalam Realm Denmark. Pulau ini terletak di antara Laut Kutub Utara dan Atlantik serta di sebelah timur Kepulauan Artkik Kanada.

Greenland salah satu pulau terbesar di dunia yang memiliki luas 2.175.600 km persegi. Secara letak geografis, Pulau Greenland merupakan bagian dari Amerika Utara. Pulau ini 80% daratannya tertutup oleh es dan salju, bahkan rata-rata ketebalan salju di pulau tersebut sekitar 1,5 km serta memiliki ketebalan maksimal hingga 3 km.

Greenland juga disebut sebagai pulau dengan lapisan es terbesar kedua di dunia, yang pertama masih diduduki oleh Pulau Antartika. Lebih dari 3 per 4 dari daerah di pulau ini tertutup oleh lapisan es yang permanen selain Pulau Antartika.

Tidak semua tempat di pulau ini dapat ditinggali manusia. Daerah yang dapat ditinggali manusia di pulau ini hanya daerah pesisir selatan dan barat. Sehingga di pulau ini hanya terdapat sekitar 50.000 penduduk saja yang mendiami pulau sebesar ini. Karena pulau ini hanya berisi es dan juga dikelilingi air maka sumber pendapatan utama dari masyarakat Greenland dengan menangkap ikan yang ada di pesisir.

2. Pulau Papua

pulau papua
berbagaireviews.com

Pulau terbesar di dunia selanjutnya adalah Pulau Papua. Pulau Papua ini terbagi atas dua wilayah negara, yaitu Indonesia dan Papua New Guinea. Pulau yang ada di wilayah Pasifik Barat Daya ini merupakan pulau kedua terbesar di dunia setelah Pulau Greenland. Pulau Papua ini memiliki luas sebesar 785.753 km persegi. Pulau ini datarannya didominasi oleh pegunungan tinggi. Salah satu dataran tertinggi adalah Gunung Jayawijaya.

Sebelum pulau ini terbagi menjadi dua wilayah negara, pulau ini telah ditinggali manusia sudah 40.000 tahun yang lalu. Pulau ini juga terkenal dengan kekayaan alamnya terutama pada bagian tambang, di mana Pulau Papua memiliki emas dan tembaga yang besar.

Pulau Papua mirip seperti Benua Australia. Hal tersebut berpengaruh dengan adanya flora fauna yang mirip antara Pulau Papua dengan Benua Australia. Meski keduanya berdekatan, namun kedua pulau ini terletak pada benua yang berbeda.

banner-promo-gramedia

3. Pulau Kalimantan

pulau kalimantan
Wikipedia

Pulau Kalimantan termasuk pulau terbesar di dunia dan pulau terbesar di Asia. Pulau ini memiliki luas sebesar 743.330 km persegi. Pulau Kalimantan ini diduduki oleh tiga wilayah negara yaitu, Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Karena diduduki oleh tiga negara maka Pulau ini disebut Borneo jika menyebut pulau ini secara keseluruhan, sedangkan nama Kalimantan hanya untuk wilayah Indonesia saja.

Borneo ini seperti halnya dengan Amazon, yaitu memiliki hutan hujan tertua di dunia. Hutan hujan yang ada di Borneo berusia lebih dari 130 juta tahun lamanya. Hutan hujan di Borneo menjadi tempat tinggal bagi 15.000 spesies tumbuhan, 221 spesies mamalia, dan 420 spesies burung. Bahkan Gunung Kimabalu yang merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Asia Tenggara terletak di Pulau Kalimantan.

4. Pulau Madagaskar

pulau madagaskar
Wikipedia

Pulau Madagaskar memiliki nama resmi yaitu Republik Madagaskar yang ada di Kepulauan Samudera Hindia, pantai lepas Afrika Tenggara. Pulau ini termasuk pulau terbesar di dunia yang memiliki luas sebesar 587.041 km persegi. Pulau Madagaskar dahulu kala menyatu dengan semenanjung India, namun sudah berpisah selama 88 juta tahun yang lalu.

Oleh karena itu Madagaskar memiliki keanekaragaman hayati, di mana terdapat 14.000 spesies tanaman yang 90% tidak terdapat di belahan bumi lain, 250.000 spesies hewan yang 70% tidak terdapat di belahan bumi lain, serta memiliki terumbu karang Toliara di Southwestern Madagascar sebagai terumbu karang terbesar ketiga di dunia.

Namun, ekosistem yang beragam serta satwa liar yang ada di Pulau Madagaskar perlahan berkurang karena terancam oleh bertambahnya populasi manusia yang berkembang dan tinggal di Pulau Madagaskar.

5. Pulau Baffin

pulau baffin
Wikipedia

Pulau Baffin terletak di Nunavut, Kanada. Pulau ini diberi nama Baffin karena penjelajah Inggris yang menemukan pulai ini bernama William Baffin. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Kanada dan juga pulau terbesar ke lima di dunia. Pulau Baffin memiliki luas wilayah sebesar 507.451 km persegi. Pulau ini hanya memiliki 11.000 jiwa populasi manusia.

Jika kamu pergi ke Pulau Baffin maka kamu akan ditawarkan keindahan pemandangan yang menakjubkan dari Cahaya Utara, karena Pulau Baffin sebagian besar wilayahnya berada di Utara Lingkar Arktik. Ada beberapa mamalia besar di Lingkar Arktik seperti beruang kutub, serigala arktik dan juga lemming.

Pulau Baffin memiliki dua taman nasional yaitu, Sirmilik dan Auyuittuq. Taman nasional ini terdapat gletser yang spektakuler, ladang Fjords dan salju yang megah, kamu bisa menyaksikannya di kedua taman nasional tersebut.

6. Pulau Sumatra

pulau sumatra
WordPress.com

Sumatra merupakan pulau yang berada di bagian barat Indonesia, dan merupakan bagian dari Kepulauan Sunda. Pulau Sumatra termasuk pulau terbesar keenam di dunia dan pulau ketiga terbesar di Indonesia yang memiliki luas sebesar 473.481 km persegi. Selain itu, pulau ini juga dikenal dengan nama lain sebagai Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa yang merupakan bahasa Sanskerta yang artinya pulau emas.

Pulau Sumatra ini asalnya memiliki nama dari asal Kerajaan Samudera yang terletak di pesisir timur Aceh. Awalnya Ibnu Batutah seorang petualang asal Maroko melakukan kunjungan ke negeri ini pada tahun 1345, lalu ia melafalkan kata Samudera menjadi Samatrah yang kemudian lambat laun berubah menjadi Sumatra. Nama Sumatra juga tercantum pada abad ke-16 oleh buatan Portugis.

7. Pulau Honshu

pulau honshu
Wikipedia

Pulau Honshu adalah pulau yang ada di negara Jepang. Honshu secara harfiah memiliki arti provinsi utama. Pulau ini juga merupakan pulau terbesar dan terpadat di negara Jepang. Pulau Honshu selain terbesar di Jepang juga menjadi pulau terbesar ketujuh di dunia. Pulau ini memiliki panjang 800 mil, lebar 150 mil serta luasnya 227.414 km persegi.

Pulau ini merupakan pulau yang memisahkan laut Jepang yang terletak di sebelah utara dan barat dari Samudera Pasifik bagian utara sampai ke timur dan selatan. Wilayah Pulau Honshu adalah 60% dari seluruh wilayah di negara Jepang. Di pulau ini terdapat kota-kota penting seperti Tokyo, Kyoto, Hiroshima, Yokohama, dan Osaka. Bahkan gunung dan danau terbesar di Jepang juga ada di pulau ini, yaitu Gunung Fuji dan Danau Biwa.

8. Pulau Britania Raya

pulau britania raya
Wikipedia

Pulau Britania Raya termasuk pulau yang terbesar di Benua Eropa, bahkan pulau ini juga termasuk pulau terbesar kedelapan di dunia. Pulau Britania Raya memiliki luas sebesar 219.000 km persegi. Pulau ini menjadi pulau dengan penduduk terpadat setelah Pulau Jawa di Indonesia dan Pulau Honshu di Jepang.

Britania Raya telah menjadi tempat tinggal manusia dari 500.000 tahun yang lalu. Pulau ini juga menjadi pulau terbesar di gugusan Kepulauan Inggris Archipelago yang juga mencakup Pulau Irlandia yang ada di sebelah barat serta 1.000 pulau kecil yang mengelilinginya.

9. Pulau Victoria

pulau victoria
Google Maps

Pulau Victoria merupakan pulau yang terletak di Kepulauan Arktik Kanada dan juga berada di batas antara Nuvavut dan Northwest Territories of Canada. Pulau Victoria termasuk ke dalam pulau terbesar kesembilan di dunia. Pulau ini memiliki luas sebesar 217.291 km persegi. Selain itu, pulau ini juga menjadi pulau terbesar kedua di Kanada.

Sebelumnya, pulau ini ditemukan oleh penjelajah bernama Arktik Thomas Simpson pada tahun 1838. Pulau ini pada bagian baratnya memiliki kawah dari dampak Tunnunik yang memiliki luas 15 mil. Kawah tersebut terbentuk karena meteor yang jatuh antara 130 sampai 350 juta tahun yang lalu.

10. Pulau Ellesmere

pulau ellesmere
Google Maps

Pulau Ellesmere juga salah satu pulau yang ada di Kanada, lebih tepatnya di wilayah Qikiqtaaluk di kawasan Nunavut, Kanada. Pulau ini termasuk ke dalam pulau terbesar di dunia pada urutan ke-10 dan pulau terbesar ketiga di Kanada dengan panjang 830 km serta luasnya 196.235 km persegi.

Pulau ini dikelilingi oleh pegunungan sehingga disebut dengan Cordillera Arktik. Artinya daratan yang terdapat pada pulau ini sebagian besar merupakan daerah pegunungan.

Selain itu, pulau ini juga memiliki keunikannya tersendiri yaitu memiliki pohon Dedalu Arktik yang merupakan tumbuhan berkayu yang hanya tumbuh di pulau ini. Lalu, penduduk manusia pertama yang ada di Pulau Ellesmere ini merupakan suku kecil yang mata pencahariannya berburu karibu, peary, muskox, dan mamalia laut dari tahun 2000 sampai 1000 SM.

11. Pulau Sulawesi

pulau sulawesi
Wikipedia

Pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia dan pulau terbesar keempat di Indonesia setelah pulau Papua, Kalimantan, dan Sumatra. Pulau ini memiliki luas sebesar 174.600 km persegi. Pulau ini juga memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu berbentuk seperti bunga mawar, laba-laba, bahkan huruf K berukuran besar.

banner-promo-gramedia

Pulau Sulawesi dalam bahasa Inggris disebut sebagai Celebes. Sedangkan secara etimologi, Pulau Sulawesi terdiri dari kata Sula dan Wesi. Sula artinya nusa atau pulau, dan wesi artinya besi. Dinamakan Pulau Sulawesi karena pulau ini dahulu dijadikan sebagai tempat perdagangan dan pertambangan biji besi dan sejenisnya.

beli sekarang

Sembilan kawasan taman nasional di Pulau Sulawesi merupakan laboratorium alam raksasa yang telah mendunia sebagai tempat hidup sumber daya alam serta keanekaragaman habitat flora dan fauna yang terkandung di dalamnya. Fenomena alam laut, lembah, pegunungan, rawa, savana, menjadikan taman nasional di Sulawesi sebagai aset penting bagi Indonesia.

12. Pulau Selatan

pulau selatan
Google Maps

Pulau Selatan ini berada di wilayah Selandia Baru. Pulau ini termasuk pulau terbesar ke-12 di dunia yang memiliki luas sebesar 150.737 km persegi yang terbagi 23 teritorial dan 19 distrik. Pulau ini memiliki nama Maori yaitu Te Wai Pounamu yang artinya “air batu hijau”, batu hijau di sini berarti Jade.

Secara geografis, batas pulau ini berada di sebelah barat dengan Laut Tasman, sebelah utara Selat Cook, serta sebelah timur dan selatan Samudera Pasifik. Bahkan Gunung Cook yang ada di wilayah ini termasuk salah satu gunung tertinggi yang memiliki ketinggian 3.754 di atas permukaan laut.

13. Pulau Jawa

pulau jawa
Kompasiana

Pulau Jawa merupakan pulau yang ada di Indonesia. Pulau ini termasuk dalam pulau terbesar ke-13 di dunia yang memiliki luas sekitar 126.700 km persegi. Secara geografis, pulau ini berbatas dengan Pulau Sumatra di sebelah barat, Pulau Bali di sebelah timur, Pulau Kalimantan di sebelah utara, dan Pulau Natal di sebelah selatan. Adapun lautan yang mengelilingi pulau ini meliputi, Laut Jawa, Selat Sunda, Samudera Hindia, Selat Bali, dan juga Selat Madura.

Karena salah satu pulau terbesar, dan juga termasuk pulau besar di Indonesia, Pulau Jawa menjadi pusat perekonomian dan pemerintahan negara Indonesia. Pulau Jawa memiliki penduduk yang tinggal sekitar 160 juta jiwa. Dalam 1 km persegi, pulau ini dihuni penduduk sebanyak 1.300 jiwa. Bahkan pulau ini disebut sebagai pulau terpadat di dunia setelah Pulau Honshu yang ada di Jepang.

Nama Pulau Jawa memiliki asal-usulnya sendiri. Pulau Jawa berasal dari kata Yavadwipa dalam bahasa Sanskerta yang artinya penghasil biji-bijian (beras). Namun, beberapa etimologi yang lain juga mengatakan bahwa kata “Jawa” dalam Pulau Jawa artinya “dawa”, yaitu pulau yang jauh atau pulau yang panjang.

14. Pulau Utara

pulau utara
Google Maps

Pulau Utara in juga terletak di negara Selandia Baru seperti Pulau Selatan. Dalam bahasa Inggris, pulau ini disebut dengan North Island. Pulau ini terletak di sebelah utara dari Pulau Selatan seperti pada namanya. Pulau ini juga memiliki julukan sebagai New Munster yang merupakan tempat untuk kota-kota penting seperti Auckland dan Wellington. Bahkan sekitar 76% dari penduduk negara Selandia Baru tinggal di Pulau Utara.

Pulau ini memiliki mitos yang cukup terkenal. Mitos ini menceritakan terbentuknya  pulau ini dalam mitologi Maui. Mitos tersebut mengatakan bahwa Pulau Utara dan Selatan terbentuk pada zaman Maui, yaitu Maui yang dikenal sebagai manusia setengah dewa. Diceritakan bahwa Maui dan saudaranya sedang memancing ikan dari kano yang mereka tumpangi (Pulau Selatan). Pada saat memancing, Maui mendapatkan ikan besar dan berusaha menariknya dari laut, namun ia tidak melihat saudaranya yang sedang bertarung dengan ikan yang kemudian mencincangnya.

Ikan yang tadinya mencincang saudara Maui tersebut berubah menjadi Pulau Utara. Pegunungan serta lembah Pulau Utara terbentuk karena tekanan saudara Maui terhadap ikan yang melawannya itu.

15. Pulau Newfoundland

pulau newfoundland
Google Maps

Pulau Newfoundland merupakan pulau yang ada di negara Kanada. Lebih tepatnya lokasi pulau ini berada di Samudera Atlantik bagian timur. Pulau ini termasuk pulau terbesar di Kanada dan pulau terbesar ke-15 di dunia yang memiliki luas sekitar 108.860 km persegi.

Pulau ini memiliki ibu kota yang bernama St. Jhon’s yang memiliki penduduk sekitar 500 ribu jiwa. Pulau ini dihuni oleh beberapa suku di dunia. Suku terbesar yang menghuni pulau ini meliputi, Irlandia, Inggris, dan Perancis.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

banner-promo-gramedia

Grameds, seperti itulah paparan mengenai pulau terbesar yang ada di dunia. Tidak menyangka bahwa Indonesia juga masuk ke dalam 15 pulau terbesar di dunia. Lalu, apakah kalian berniat untuk mengunjungi pulau terbesar selain di Indonesia?

Bagi kalian yang ingin banyak mengetahui tentang pulau-pulau di dunia atau pun hal lain yang tidak berkaitan, kalian bisa membaca dan membeli buku yang disediakan oleh Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku berkualitas yang berguna untukmu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang  juga!

beli sekarang

Ebook ini merupakan kisah inspiratif yang bisa dijadikan pelajaran berharga, masukan dan nasihat bagi para pemangku kepentingan di negeri ini. Tidak hanya bertutur mengenai kondisi permasalahan pendidikan di pelosok negeri, tapi juga kearifan lokal serta potensi alam yang sangat kaya akan rempahnya Pulau Halmahera hingga dijuluki Pulau Rempah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq