in

Rekomendasi Ide Usaha yang Menguntungkan bagi Pemula

pexels.com

Usaha yang Menguntungkan – Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan penghasilan sendiri? Tentu, setiap orang punya tujuan untuk selalu berkembang. Sebagian orang berpikir untuk mencapai kesuksesan dapat dilakukan dengan cara membuka peluang usaha untuk dirinya sendiri.

Namun, sebagian orang juga berpikir bahwa bekerja di suatu perusahaan ternama adalah peluang untuk meraih kesuksesan. Jadi, cara untuk menjadi sukses terdiri dari berbagai macam pilihan, tetapi hanya Anda yang menentukan.

Usaha merupakan upaya manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sedangkan bisnis adalah suatu perencanaan yang dibuat oleh suatu organisasi atau perorangan, dengan kegiatan menjual barang atau jasa yang bertujuan mendapatkan suatu keuntungan.

Sebelum kita membahas ide usaha yang mudah untuk Anda, alangkah baiknya Anda mengetahui tips dalam menjalankan bisnis atau usaha agar bisa mencapai keberhasilan dan keuntungan ketika usaha sudah dijalankan.

Tips Sukses Menjalankan Usaha yang Menguntungkan bagi Pemula

Usaha yang Menguntungkan
pixabay.com

1. Mulailah Usaha dari yang Anda Sukai

Anda dapat memulai bisnis sesuai dengan bidang yang disukai, sehingga Anda sudah memahami alur usaha tersebut. Dengan begitu, ketika Anda sedang mengalami kendala atau masalah, maka akan mudah untuk mengatasi kesulitan tersebut. Selain itu, bisa saja beberapa kendala tersebut dapat diselesaikan sendiri.

2. Melakukan Analisa Pasar

Menganalisa pasar adalah bagian paling penting dalam memulai suatu usaha. Dalam melakukan analisa pasar ini, Anda harus mengetahui peluang usaha yang menguntungkan terlebih dahulu. Untuk mengetahui hal itu, Anda dapat melakukan survei atau penelitian kecil-kecilan, sehingga risiko mengalami kerugian dapat berkurang.

3. Belajar dan Sharing dengan Orang yang Tepat

Untuk mencapai kesuksesan, maka Anda perlu belajar dari seseorang yang sudah berpengalaman dalam membangun usaha dan bisnisnya. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan seminar dari penguasa yang sudah sukses. Selain itu, Anda juga bisa berbagai cerita dengan pengusaha yang dekat dengan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan masukan dan arahan dalam membangun usaha yang menguntungkan.

4. Fokus dan Disiplin

Dalam membangun usaha yang berhasil dan mendapatkan banyak keuntungan, maka Anda harus fokus dan disiplin. Kedua hal itu akan memudahkan Anda dalam membuat perencanaan bisnis yang matang.

5. Mengelola Keuangan dengan Baik

Usaha yang berhasil dan menguntungkan tidak pernah lepas dari yang namanya pengelolaan keuangan yang baik. Dalam hal ini, pengelolaan uang yang baik dapat diartikan sebagai pengeluaran dan pemasukan harus lebih besar pemasukan daripada pengeluaran.

6. Mencatat Setiap Kegiatan

Setiap pengalaman dalam hidup kita merupakan suatu hal yang sangat berharga dan bermanfaat di kemudian hari. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencatat setiap kegiatan yang pernah dilakukan terutama yang berkaitan dengan usaha yang sedang dibangun.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pemahaman baru terhadap hal-hal yang perlu diperbaiki dan hal-hal yang perlu dipertahankan. Bahkan, mencatat setiap kegiatan ini bisa memajukan usaha menjadi lebih baik dan lebih menguntungkan.

Itulah beberapa tips sukses dalam menjalankan usaha yang menguntungkan, Grameds. Semua tips itu akan sia-sia apabila tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh. Maka dari itu, jika ingin menjalankan usaha sangat diperlukan keseriusan yang dibarengi dengan konsistensi.

Ide Usaha yang Menguntungkan

Banyak orang yang ingin membangun usaha, tetapi mungkin saja bingung menentukan usaha yang tepat. Di bawah ini akan diberikan beberapa ide usaha yang menguntungkan yang bisa Anda jalani.

1. Warung makan

Membuka warung makan seperti warteg cocok sekali untuk kamu yang suka masak dan memiliki cita rasa yang lezat dalam membuat masakan. Selain itu, usaha ini banyak sekali peminatnya, karena banyak kaum muda yang sudah berkeluarga, dan biasanya ingin mendapatkan makanan yang praktis.

2. Counter Pulsa

Usaha counter pulsa termasuk ke dalam jenis ide usaha yang menguntungkan karena saat ini hampir semua orang memerlukan pulsa untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu, usaha satu ini juga cocok sekali buat kamu yang ingin mencoba langkah awal memulai untuk bisnis yang mudah dan simple. Bahkan, kamu tidak perlu sewa tempat dan bisa dilakukan di rumah yang kemudian dijual ke teman-teman.

3. Gerai Kopi

Usaha yang Menguntungkan
pixabay.com

Bisnis gerai kopi sudah tidak asing lagi kita temukan, hampir di setiap sudut kota, kita dapat menemukan yang namanya kedai kopi. Meskipun banyak sekali saingan, tetapi hal itu juga menandakan bahwa kopi diminati oleh banyak orang.

Tentu saja kita juga dapat menyesuaikan harga kopi yang kita jual serta menentukan dari target pembeli dan lokasi yang strategis. Namun, usaha gerai kopi ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga perlu dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga agar dapat tumbuh dengan baik.

Meskipun begitu, kamu bisa juga membuka usaha gerai kopi di rumah, sehingga tidak membutuhkan biaya pengeluaran untuk sewa tempat. Kemudian, kamu bisa juga menjual kopinya melalui berbagai macam media sosial, sehingga semakin lama akan banyak orang yang mengenal kopi kamu.

4. Berjualan Camilan

Siapa yang tidak gemar dengan camilan? Sepertinya, hampir setiap orang suka ngemil, Grameds, atau mungkin kamu termasuk orang yang suka ngemil? Camilan itu sendiri sangat pas untuk menemani nonton tv atau bisa menjadi teman saat kamu wfh.

Kamu dapat menjalankan bisnis menjual camilan dengan cara membeli camilan dalam ukuran yang cukup besar, kemudian buatlah kemasan kecilnya atau sesuaikan dengan kemasan yang akan dijual. Dengan begitu, selain harganya bisa lebih murah, bisa mendatangkan banyak pembeli juga.

5. Laundry Kiloan

Usaha yang Menguntungkan
pixabay.com

Nah, Grameds, untuk bisnis yang laundry kiloan, kamu akan mengeluarkan modal yang gak sedikit. Hal ini dikarenakan, kamu harus membeli berbagai macam peralatan laundry terlebih dahulu, seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika, dan pengharum baju.

Jika ingin membangun bisnis ini, sebaiknya target pasar yang dipilih adalah anak-anak muda yang merantau dan para pekerja yang sibuk dan tidak sempat untuk mencuci sendiri. Dengan begitu, target pasar bisa merasakan baju yang bersih sekaligus wangi dan kamu pun mendapatkan keuntungan.

6. Pangkas Rambut

Ide usaha yang menguntungkan selanjutnya adalah pangkas rambut. Jika kamu ingin memulai bisnis ini, sebaiknya kamu harus memiliki keahlian untuk memangkas rambut terlebih dahulu agar rambut pelanggan tidak salah potong. Jika usaha ini terus mengalami pertumbuhan, maka kamu bisa merekrut karyawan baru yang sudah memiliki keahlian dalam memangkas rambut.

7. Jasa Titip Beli Barang Branded

Jasa titip atau yang biasa kita singkat “jastip” ini tidak memerlukan modal yang banyak. Kamu hanya butuh kamera di handphone untuk memfoto suatu barang atau produk yang ada di mall. Kemudian, kamu bisa langsung unggah gambar tersebut di sosial media kamu dengan hastag jastip.

8. Jasa Cuci Motor dan Mobil

Usaha yang Menguntungkan
pixabay.com

Menyediakan jasa cuci motor atau mobil banyak dibutuhkan oleh para pengendara, sehingga bisnis ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang menguntungkan. Namun, biasanya bisnis ini lebih sering ramai pelanggan pada saat memasuki musim hujan.

9. Aksesoris Kekinian

Di zaman yang serba modern ini dan banyaknya tren dalam berpenampilan, maka banyak orang yang menggunakan aksesoris untuk membuat tampilan semakin keren. Terlebih lagi, aksesoris ini bisa dijadikan sebagai pelengkap fashion.

Maka dari itu, membuat ide usaha menjual aksesoris kekinian ini sangatlah pas. Apalagi kalau kamu memiliki kemampuan dalam membuat aksesoris dari handmade atau buatan tangan, maka harga jual aksesoris tersebut semakin mahal. Dengan begitu, kreatifitas yang kamu miliki juga akan semakin berkembang.

10. Dropshipper

Bisnis untuk yang menguntungkan untuk pemula yang terakhir adalah dropshipper. Ide usaha ini sangat cocok bagi pemula karena tidak memerlukan biaya. Dengan kata lain, kamu hanya menjual produk yang sudah disiapkan oleh penyedia dropshipper. Biasanya ide usaha ini dijalankan melalui media sosial.

Kesalahan Pengusaha Pemula

Dalam membangun usaha, biasanya tidak bisa lepas dari yang namanya kesalahan. Bahkan, dari kesalahan itu bisa membuat suatu bisnis mengalami kerugian atau bahkan bangkrut. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa kesalahan dalam membangun usaha yang perlu dihindari.
Ada beberapa kesalahan yang dapat dihindari oleh bisnis pemula

1. Kurangnya persiapan

Perlu kamu ketahui bahwa dengan kurangnya persiapan bisa menghambat kamu dalam membuka usaha. Tanpa adanya persiapan yang matang, suatu usaha akan sulit untuk dijalankan, sehingga bisa mengalami kerugian yang cukup besar.

Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat diperlukan sebelum kamu mengawali sebuah bisnis.

Dengan adanya persiapan, maka kamu bisa lebih fokus dan bekerja keras, serta dapat meningkatkan konsentrasi. Bahkan, dengan adanya persiapan bisa meningkatkan komitmen untuk membangun usaha.

2. Tidak dapat mengelola keuangan

Beberapa orang gagal dalam memulai usaha, karena tidak bisa mengelola keuangan dengan benar. Untuk mengatasinya, kamu perlu memperkirakan pengeluaran yang diperlukan serta uang cadangan yang suatu saat dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga perlu beberapa persenan pemasukan, sehingga mengetahui apakah suatu bisnis sedang mengalami kerugian atau keuntungan. Selain itu, dengan pengelolaan uang yang baik, kamu tidak akan kesulitan lagi masalah modal ataupun masalah kurangnya biaya, karena anda dapat mengaturnya dengan baik.

3. Tidak memiliki rencana usaha yang utuh

Suatu usaha yang sedang dibangun bisa saja gagal karena tidak memiliki rencana usaha yang utuh. Tanpa adanya rencana ini, maka akan kesulitan dalam menentukan target pembeli, lokasi, dan menentukan produk yang akan dijual. Oleh sebab itu, sebelum membangun usaha pastikan semua pengambilan keputusan ini harus penuh dengan kematangan dan jangan mengikuti kata orang lain.

Jika, orang lain memberi saran kepada, sebaiknya pikirkan berulang kali agar anda tidak salah mengambil keputusan. Sebab, rencana yang tidak utuh bisa membuat usaha sulit berkembang. Maka dari itu, bijaklah dalam membuat rencana agar tidak sekedar menjadi ekspektasi semata.

4. Hanya berfokus terhadap pengembangan produk bukan terhadap penjualan

Sebagai pengusaha pemula mungkin memang Anda melakukan dan menyiapkan segala hal sepenuhnya sendiri, mulai dari memproduksi sampai pemasaran setiap harinya. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau Anda hanya berfokus pada pengembangan produk saja, sehingga lupa pada target penjualan.

Tanpa adanya target penjualan, maka usaha yang sedang dijalankan bisa saja mengalami kerugian. Oleh sebab itu, sebisa mungkin ketika membangun suatu usaha perlu diperhatikan target penjualan.

5. Tidak memiliki website dan media sosial

Di era teknologi yang serba digital saat ini, hampir setiap penjual mempunyai website atau media sosial. Kedua hal itu dalam dunia bisnis sangatlah penting karena dapat memudahkan pembeli dalam mendapatkan apa yang ingin dibeli.

Oleh sebab itu, tanpa memiliki website dan media sosial, maka pembeli akan sulit mengenal produk yang sedang Anda jual. Jadi, sebaiknya sebelum memulai usaha buatlah media sosial terlebih dahulu karena membuat website yang bagus tidak murah. j

6. Takut gagal

Bagi setiap orang pastinya takut akan kegagalan dan bagi sebagian orang beranggapan bahwa gagal adalah suatu penghalang. Namun, apabila Anda mempunyai keinginan untuk menjadi sukses, maka hilangkan rasa kecemasan dan ketakutan yang ada di dalam diri.

Dengan begitu, maka keberanian akan muncul, sehingga membangun usaha dapat dijalankan dengan penuh keyakinan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu juga perlu mencatat hal-hal apa saja yang dapat membuat kegagalan dalam berbisnis.

7. Terlalu menghambur-hamburkan uang

Jika Anda memang mendambakan suatu kesuksesan, sebaiknya anda menyimpan uang Anda untuk pengeluaran yang sewaktu-waktu diperlukan. Namun, jika Anda terlalu banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, maka Anda akan kehilangan kesuksesan sendiri.

Padahal hal seperti merupakan salah satu penyebab dari usaha yang sulit berkembang atau bahkan mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, sebaiknya pengeluaran uang harus dikelola dengan baik dan jangan dihambur-hamburkan.

Rekomendasi Buku Tentang Rezeki dan Sukses dalam Mendapatkan Penghasilan

1. Rahasia Magnet Rezeki

Usaha yang Menguntungkan

Grameds, segala kesuksesan serta keberuntungan tentu saja berawal dari sudut pandang yang baik, sehingga menjadi suatu energi yang positif dan energi positif hanya ada dalam dirimu sendiri. Selain itu, energi yang positif itu bisa mendatangkan rezeki yang baik untuk diri sendiri dan orang-orang tercinta.
Kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang cara mendapatkan rezeki dalam kehidupan yang penuh teka-teki ini melalui buku Rahasia Magnet Rezeki karya dari H. Nasrullah, S. Si, Nasrullah. Kamu bisa mendapatkan buku ini hanya dengan meng-klik gambar bukunya saja.

2. Rahasia Sukses Menjual Ala Napoleon Hill

Usaha yang Menguntungkan

Jika kamu ingin memulai ide usaha seperti di atas, kamu dapat mempelajari tentang cara menjual yang baik agar mendapatkan keuntungan. Kamu bisa mempelajari hal itu melalui Buku “Rahasia Sukses Menjual Ala Napoleon Hill” karya dari Napoleon Hill, buku ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

3. Rahasia Sukses Bisnis Ayam Goreng Omzet Triliunan

Usaha yang Menguntungkan

Grameds, siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang menyukai makanan itu. Saat ini, bisnis ayam goreng sangatlah beragam, ada yang dihidangkan dengan sambal, ada yang dihidangkan sayur, dan sebagainya. Maka dari itu, tak salah kalau bisnis ini banyak peminatnya.

Untuk kamu yang ingin membangun bisnis ayam goreng, maka bisa membaca buku Rahasia Sukses Bisnis Ayam Goreng Omzet Triliun karya Nurul Atik. Buku ini membahas mengenai bisnis kecil yang ditekuni sampai bisa menjadi besar dan mempunyai 600-an karyawan di beberapa cabang. Kamu bisa dapatkan buku ini melalui link di atas.

4. Investasi Saham Ala Swing

Usaha yang Menguntungkan

Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan melalui investasi saham. Bagi pemula, kamu dapat mempelajari tentang investasi saham melalui buku Investasi Saham Ala Swing Trader Dunia karya dari Ryan Filbert Wijaya, Ryan Filbert Wijaya, S.Sn, ME.

Buku ini menjelaskan secara detail mengenai investasi saham bagi pemula bisnis, meliputi cara mengelola dana investasi, membeli saham dengan harga murah, dan menjual saham dengan harga mahal. Dalam buku ini juga terdapat banyak pengalaman para investor handal.

Itulah beberapa ide usaha yang menguntungkan yang cocok untuk dijadikan sebagai bisnis usaha. Ketika membangun bisnis, sebaiknya jangan pernah takut akan gagal dan kamu juga harus menjadikan suatu kegagalan sebagai pelajaran agar di kemudian tidak mengalami kegagalan yang sama. Dengan begitu, usaha yang sedang kamu rintis dapat berkembang dengan optimal.

Jika kamu ingin mempelajari dan mengetahui lebih dalam mengenai bisnis dan usaha apa yang tepat kira-kira dengan potensi dirimu, kamu bisa membaca atau mencari tahu melalui referensi-referensi melalui buku yang bisa kamu dapatkan di www.gramedia.com. Sebagai #sahabattanpabatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Nenty Liani

BACA JUGA:

  1. Ragam Ide dan Peluang Usaha Terbaru 2022 di Era Digital
  2. 15 Ide Usaha Sampingan
  3. 15 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan
  4. 20 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend Tahun 2022
  5. 10 Peluang Bisnis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda
  6. Ide Usaha Rumahan Modal Kecil dan Besar
  7. 14 Ide Bisnis Online 2022 Terbaru
  8. 10 Ide Usaha Makanan di Tahun 2022


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda