in , ,

Ragam Ide dan Peluang Usaha Terbaru 2022 di Era Digital

Sumber: Pexels

Ide dan peluang usaha terbaru 2022 – Dengan maraknya teknologi digital saat ini, gadget atau gawai serta sosial media menjadi tempat pusat bereksistensi. Oleh sebab itu, tak heran jika banyaknya kaum muda terkenal hanya dengan mengunggah foto diri dengan bergaya melalui aplikasi sosial media.

Beberapa orang beranggapan bahwa sosial media sebagai hal yang negatif, tetapi sebagian orang menganggap bahwa sosial media ini adalah hal yang positif dan menguntungkan. Baik buruknya media sosial ini tergantung kita menggunakannya, apakah lebih memilih untuk melakukan hal-hal negatif atau hal-hal positif.

Jika kamu ingin menggunakan sosial media ini dengan hal yang lebih bermanfaat, kamu bisa memasarkan produk yang kamu jual melalui sosial media. Terlebih lagi di era digital saat ini banyak orang berlomba-lomba memiliki penghasilan sampingan atau usaha online. Namun, untuk melakukan itu semua dibutuhkan semangat khusus dan tidak mudah putus asa.

Grameds gak perlu khawatir, mimin punya solusi untuk kamu yang ingin menjadikan media sosial sebagai media pencari uang. Dalam artikel ini akan dijelaskan, beberapa ide dan peluang usaha di era digital 2022.

Apa Saja Ide dan Peluang Usaha di Era Digital 2022?

Bagi sebagian orang, pertanyaan tentang ide dan peluang usaha di era digital 2022 masih membingungkan karena belum pernah membangun suatu usaha. Berikut ini, ide dan peluang usaha di era digital 2022.

1. Bisnis Dessert Box

Bisnis yang satu ini sedang marak sekali jadi perbincangan para kaum milenial. Bagi kamu yang suka membuat olahan cake atau olahan dessert lainnya, maka kamu bisa coba membuka usaha dessert box. Bisnis ini dapat kamu promosikan dan dapat dijual secara online, baik itu hanya melalui media sosial atau melalui e-commerce.

2. Bisnis Online Perlengkapan Bayi

Mengenai bisnis perlengkapan bayi bisa dibilang termasuk peluang bisnis yang sangat ramai diperbincangkan karena hampir setiap tahunnya akan ada banyak pasangan suami istri yang memiliki anak.

Oleh karena itu, perlengkapan bayi akan selalu dibutuhkan. Bukan hanya di kalangan orang tua saja, tetapi perlengkapan bayi ini juga tertuju pada kebiasaan orang indonesia yang suka memberikan hadiah berupa perlengkapan bayi kepada teman, saudara atau kerabat dekat yang baru saja melahirkan. jenisnya pun berbagai macam.

Perlengkapan bayi yang bisa dijual pun sangat beragam, seperti tempat makan bayi, botol susu bayi, baju bayi dan lain sebagainya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat bisnis perlengkapan bayi?

https://www.gramedia.com/products/transformasi-ekonomi-berbasis-digital-di-indonesia-lahirnya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/transformasi-ekonomi-berbasis-digital-di-indonesia-lahirnya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Bisnis Penjualan Followers Media Sosial

Saat ini, banyak orang yang menginginkan followers yang banyak. Di era yang serba digital saat ini, banyak sekali jenis bisnis baru bermunculan, salah satunya bisnis menjual followers media sosial.

Bisnis ini banyak diminati orang-orang yang ingin terkenal di media sosial. Selain itu, bisnis ini sering kali dipromosikan oleh influencer atau artis media sosial dan dapat kita temukan di media sosial kita sendiri.

4. Bisnis Penjualan Desain Kaos

Grameds, bisnis satu ini cocok sekali buat kamu yang hobi bergaya dalam berpenampilan atau berpakaian, kamu bisa memulai dengan membuat desain baju hasil buatanmu sendiri. Dengan mendesain baju sendiri, maka kan ada rasa puas setelah menyelesaikannya. Selain itu, membuat desain kaos bisa jadikan sebagai bisnis di era digital saat ini.

5. Katering Makanan Sehat

Bagi kamu penggemar makanan kuliner, maka bisa membuat bisnis katering makanan sehat. Terlebih lagi, saat ini, banyak orang yang sangat sibuk dengan pekerjaannya, sehingga tidak sempat untuk membuat makanan sehat. Dari peluang itulah, bisnis katering makanan sehat bisa dibuat. Dalam membuat bisnis, sebaiknya buatlah menu masakan yang kekinian tetapi tetap dengan rasa yang nikmat.

6. NFT

Di era tahun 2022 ini siapa yang tidak kenal dengan bisnis NFT? Sudah pasti menggiurkan ya sobat grameds. Sebenarnya bisnis NFT ini sudah ada sejak tahun 2014, tetapi kini, bisnis NFT semakin terkenal karena dianggap sebagai metode bisnis yang praktis untuk menjual dan membeli karya seni digital. Contohnya seperti lukisan, seni musik, item dalam game online, hingga video pendek.

Lalu bagaimana untuk menjual NFT? Jika sebelumnya Anda mengenal marketplace atau toko online yang umumnya yang menjual banyak produk, maka tak kalah dengan NFT yang juga mempunyai marketplace khusus untuk menjual NFT.

Marketplace NFT dianggap sebagai pasar digital yang menawarkan berbagai bentuk NFT, mulai dari seni lukis sampai gim-gim khusus. NFT menggunakan aset kripto sebagai pembayarannya atau uangnya.

Untuk aset kripto yang nantinya akan kamu gunakan untuk membeli NFT biasanya tergantung kepada platform yang kamu pilih. Selain itu, untuk memudahkan kamu bertransaksi pada saat melakukan jual beli NFT, kamu juga harus memindahkannya ke dalam dompet digital yaitu metamask.

Marketplace yang paling baik kamu gunakan dalam proses jual beli NFT ini yaitu Opensea.
Opensea memiliki beragam fitur dan opsi proses jual beli NFT dengan mudah dan terpercaya.

https://www.gramedia.com/products/digital-ekosistem-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/digital-ekosistem-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

7. Menjadi Blogger

Ide dan peluang usaha di era digital 2022, selanjutnya adalah menjadi blogger. Untuk melakukan hal ini, maka kamu perlu membuat blogg terlebih dahulu. Kemudian, buatlah isi blogg semenarik mungkin agar banyak orang yang melihat blogg kamu. Semakin banyak pengunjung di suatu blogg, maka akan ada iklan yang masuk, sehingga bisa menambah penghasilan.

8. Menjadi Youtuber

Siapa sih yang tidak tahu seorang youtuber? Pasti sobat grameds sudah tidak asing lagi bukan. Saat ini, hampir semua orang akan melihat Youtube untuk mengisi hari-harinya. Dalam Youtube, kita akan menemukan berbagai macam konten kreatif.

Jika semakin banyak menonton video yang telah kamu buat, maka bisa ada iklan yang masuk, sehingga pemasukan akan bertambah. Oleh sebab itu, menjadi youtuber bisa dijadikan sebagai ide dan peluang usaha di era digital 2022. Untuk menjadi youtuber harus penuh semangat dan tidak mudah putus asa.

9. Penulis Konten Digital

Kamu memiliki keahlian dalam menulis? Sobat Grameds, yang ingin menjadi penulis konten digital cocok banget buat kamu yang suka menulis. Semakin menarik suatu tulisan, maka bisa menghasilkan konten digital yang semakin menarik juga.

Bahkan, menjadi penulis konten digital bisa menghasilkan uang yang cukup banyak apabila tulisan yang kamu buat ada yang tertarik untuk membelinya. Konten digital ini bisa dilakukan untuk media sosial, blogger, dan sebagainya.

10. Affiliate Marketing

Menekuni affiliate marketing adalah hal yang baik agar Anda dapat meraih kesuksesan. Afiliasi adalah sebuah kegiatan pemasaran produk milik orang lain dengan imbalan/komisi yang telah disepakati.

Ada tiga langkah yang Anda harus lakukan ketika menjadi seorang afiliasi, pertama, harus mendaftar pada sebuah program afiliasi. Kemudian mendapatkan kode referal atau suatu tautan khusus. Langkah kedua, Anda memasarkan produk melalui website atau sosial media anda. Langkah ketiga, pada saat ada pembeli, maka kamu akan memberikan kode atau tautan yang anda berikan, Jika sudah mendapatkan pembeli, maka kamu akan mendapatkan hasil.

https://www.gramedia.com/products/digital-painting-dan-desain-karakter-dengan-adobe-photoshop?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/digital-painting-dan-desain-karakter-dengan-adobe-photoshop?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

11. Reseller

Masih dalam rangka berjualan, menjadi seorang reseller dapat dijadikan sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi, jika ingin menjadi reseller, kamu akan menjual produk yang sudah cukup dikenal oleh banyak orang, sehingga tidak sulit mencari pelanggan. Bisnis ini biasanya dilakukan dengan cara bagi hasil oleh pemilik produk.

12. Menjadi Podcaster

Saat ini, bukan hanya menjadi youtuber bisa dibilang cukup menghasilkan, tetapi menjadi seorang podcaster bisa menghasilkan uang yang cukup banyak. Untuk menjadi seorang podcaster, maka kamu perlu memiliki beberapa alat perekam suara dan kamera. Untuk membuatnya sendiri bisa dilakukan di mana saja, tetapi sangat dianjurkan di ruangan khusus yang sudah kamu miliki.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang podcaster, maka dibutuhkan kemampuan untuk berbicara dengan orang lain. Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang podcaster harus mengetahui banyak hal, sehingga wawasan pun juga bertambah. Saat ini, sudah banyak media online khusus podcaster, seperti spotify, noice, dan lain-lain.

13. Pembuatan Website

Di era digital saat ini, banyak sekali para pebisnis online yang memerlukan website atau situs jual barang untuk lebih mudah mendapatkan customer atau pelanggan. Oleh sebab itu, jasa pembuatan website semakin banyak dicari. Jika kamu memiliki kemampuan dalam membuat dan mendesain suatu website, maka bisa membangung jasa pembuatan website ini. Selain itu, bayaran untuk membuat website cukup banyak, sehingga bisa menguntungkan.

14. Copywriter

ide dan peluang usaha terbaru 2022
Sumber: Pixabay

Menjadi copywriter merupakan salah satu ide dan peluang usaha di era digital 2022. Untuk mendalami usaha ini Anda memerlukan ketekunan untuk belajar menjadi seorang copywriter.

Terlebih lagi untuk menjadi copywriter tidaklah mudah, karena tugas anda adalah memancing penjualan lewat tulisan agar produk yang dipromosikan melalui tulisan laku terjual. Selain itu, anda perlu belajar teknik penulisan copywriting. Anda dapat menuangkan ide tulisan anda melalui media pemasaran, seperti teks di landing page, artikel blog, email newsletter, postingan media sosial, serta iklan berbayar di Google.

Menarik bukan? jika kamu ingin mencoba, kamu dapat memperhatikan beberapa langkah untuk menjadi copywriter.

  1. Pelajari produk atau layanan anda
  2. Pahami kebutuhan audiens
  3. Tentukan Headline yang memikat
  4. Dukung Headline dengan lead yang menarik
  5. Tulis copy yang berkualitas
  6. Akhiri dengan persuasi

15. Menjadi Penerjemah

JIka kamu mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing, maka bisa menjadi penerjemah. Dalam hal ini penerjemah bukan hanya buku saja, tetapi bisa juga melalui video youtube. Dengan kemampuan berbahasa asing ini bisa dijadikan sebagai cara untuk mengembangkan karir.

Ada beberapa langkah yang harus kamu ketahui menjadi seorang penerjemah, yaitu:.

Pemilihan Bahasa

Pertama kamu harus memilih bahasa, tentu saja bahasa yang kamu kuasai ya sobat. Alangkah baiknya, selain pilih bahasa yang dikuasai, tetapi kamu juga harus bisa menerjemahkan bahasa yang mudah dipahami, sehingga bisa menghasilkan terjemahan yang berkualitas.

Membedakan antara Penerjemah dan Interpreter

Membedakan antara penerjemah dan interpreter merupakan salah satu pengertian dasar. Namun, masih banyak orang yang mengira bahwa penerjemah dan interpreter itu memiliki istilah yang sama. padahal penerjemah dan interpreter tentu saja adalah kedua profesi yang berbeda.

Translator atau penerjemah dimana seseorang menerjemahkan suatu teks dari suatu media seperti buku, subtitle film, berita, artikel dan lain-lain. Menerjemahkan dari bahasa sumber ke bahasa sasaran dalam waktu yang relatif tidak singkat.

Sedangkan interpreter atau dalam bahasa indonesia dikenal sebagai juru bahasa adalah seseorang yang mengalihkan bahasa lisan dari bahasa satu ke bahasa yang lain secara singkat, seperti penerjemah bahasa tubuh.

Bangun Platform Kamu

Selain terdengar dari mulut ke mulut, kamu harus membangun sebuah platform seperti website atau melalui media sosial untuk menampilkan atau membagikan hasil karyamu. Dengan adanya platform yang kamu buat ini, maka orang akan tahu bahwa kamu benar-benar serius sebagai penerjemah profesional.

Promosikan Kemampuanmu

Setelah mempunyai platform, kamu bisa dengan mudah mempromosikan agar semakin banyak orang yang tahu. Mulailah promosikan usahamu ini dengan orang-orang terdekatmu, seperti keluarga, saudara serta teman-teman terdekat.

Masuk Agensi Penerjemah

Jika kamu memiliki pengalaman bekerja sebagai penerjemah di suatu agensi, maka kamu mempunyai kesempatan pelanggan pribadi dan kamu juga bisa menjadi freelance penerjemah pada hal yang kamu sukai.

Bertanya

Dalam tahap ini kamu harus bisa bernegosiasi dengan pelanggan mengenai harga standar sebuah karya terjemah, mengatasi keluhan pelanggan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kamu perlu banyak bertanya mengenai pertanyaan-pertanyaan seperti permasalahan terkait penerjemah kepada seseorang yang sudah berpengalaman atau kamu juga bisa bergabung dengan para komunitas penerjemah lainnya melalui media sosialmu.

16. Laundry Sepatu Online

Beberapa orang malas untuk membersihkan sepatunya karena kesibukan yang dimilikinya. Oleh karena itu, kamu bisa membuat laundry sepatu online yang bisa dipromosikan melalui media sosial. Selain itu, pastikan pelayanan yang akan diberikan harus unik dan berbeda dengan kompetitor.

Cara kerja dari laundry sepatu online cukup mudah, tetapi kamu harus punya teknik atau cara mencuci untuk menghilangkan noda membandel di sepatu. Selain itu, kamu harus memilih detergen yang pas untuk membersihkan sepatu, sehingga sepatu customer bisa kembali bersih dan terlihat seperti baru lagi.

https://www.gramedia.com/products/conf-digital-photo-effect+?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-digital-photo-effect+?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

17. Media Sosial Influencer

ide dan peluang usaha terbaru 2022
Sumber: Pixabay

Siapa yang tidak kenal media sosial? Bahkan, melalui media sosial, seseorang bisa terkenal dan menjadi seorang influencer. Jika sudah menjadi influencer, maka bisa mendapatkan penghasilan melalui media sosial karena akan ada banyak umkm yang ingin iklan di media sosial kamu. Bisnis ini juga dilakukan dengan persetujuan dan perjanjian dari kedua belah pihak mengenai tarif serta pembayarannya.

https://www.gramedia.com/products/freelancers-media-dalam-era-digital?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/freelancers-media-dalam-era-digital?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

18. Menjadi Freelancer

JIka Grameds ingin bekerja tanpa terikat dengan suatu perusahaan, maka bisa menjadi freelancer. Pekerjaan ini sangatlah fleksibel karena waktu yang pengerjaan tugas bisa ditentukan sendiri dengan pihak pengguna freelancer. Bagi freelancer, biasanya bisa bekerja lebih dari satu pekerjaan.

19. Bisnis Online Dropshipper

Banyak sekali orang yang sukses menjalankan bisnis dropshipper. Dengan cara kerja yang terbilang mudah dan menguntungkan di mana kamu hanya perlu menjual barang milik toko online lain.

Jika ada pelanggan yang ingin membeli produk yang Anda tawarkan, maka toko online atau agen tersebut yang akan mengirim barang pesanan tersebut ke pembeli dengan mengatasnamakan kamu atau toko online dropshipper. Alangkah baiknya, saat kamu menjalani bisnis ini, kamu dapat mengoptimalkan bisnis digital ini dengan memanfaatkan media sosial melalui strategi marketing.

20. Design Grafis

Jenis usaha lainnya yang sering dibutuhkan di era digital 2022 yaitu desain grafis. Jika Anda mahir dalam mendesain sesuatu, seperti, logo. brosur, atau konten digital lainnya, maka jasa desain grafis ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

Anda dapat menawarkan jasa ini ke teman-teman terdekat Anda atau perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis yang sesuai kebutuhan pelanggan, dengan tawaran harga yang dapat disesuaikan. Dalam hal ini, biasanya harga ditentukan melalui gambar yang akan dibuat, lamanya pengerjaan, dan berapa banyak gambar yang dibuat.

21. Admin Media Sosial

Di era digital, perkembangan media sosial tidak akan berhenti terutama bagi media sosial perusahaan atau UMKM. Oleh karena itu, akan selalu ada admin media sosial yang bisa dijadikan sebagai profesi. Untuk menjadi admin media sosial harus memiliki kemampuan untuk mengelola media sosia dan mampu berkomunikasi dengan followers.

Kesimpulan

Era digital memang selalu jadi sorotan masyarakat, setiap orang yang memiliki gawai dan berlomba-lomba untuk selalu update informasi terbaru melalui internet. Jika ingin membangun usaha atau menyediakan jasa di era digital, maka harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan informasi dan teknologi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak kalah saing dengan kompetitor atau penyedia jasa lainnya.

Untuk kamu yang ingin mencari buku tentang era digital, maka bisa mencarinya di Gramedia.com. Tak hanya itu, gramedia juga selalu ingin kamu berkembang dan selalu berkarya. sebagai #sahabattanpabatas dan #LebihDenganMembaca

Penulis: NtyLiani

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi