in

Apa Itu Repeat Order? Pengertian dan Beberapa Tipsnya

Apa itu repeat order – Ketika menjalankan sebuah bisnis baik itu secara online maupun offline, tentu saja pelaku bisnis ingin mendapatkan pelanggan setia. Sebab, pelanggan setia akan melakukan repeat order berulang kali, sehingga produsen atau pebisnis tidak perlu mencari pelanggan baru untuk dapat memasarkan produknya.

Apa itu repeat order? Repeat order adalah pembelian berulang oleh konsumen yang sama. Repeat order tidak hanya membuat pebisnis lebih mudah untuk menjual produknya saja, tetapi repeat order juga menjadi bentuk bahwa ia berhasil meyakinkan serta membukti kepada konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual merupakan produk terbaik, sehingga membuat konsumen tersebut membeli kembali produk atau jasa yang dijual.

Apa Itu Repeat Order? 

Sumber: Amina Filkins/Pexels

Repeat order adalah pemesanan kembali barang atau jasa yang sama dari pelanggan yang pernah melakukan pemesanan sebelumnya. Ini biasanya terjadi setelah pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang sebelumnya diterima. Repeat order dapat menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Repeat order biasanya digemari oleh para pebisnis dikarenakan beberapa alasan seperti berikut ini:

  1. Pemasaran yang lebih efisien: Repeat order dapat mengurangi biaya pemasaran karena pelanggan yang sudah pernah membeli sebelumnya lebih mungkin untuk membeli lagi tanpa harus melalui proses pemasaran yang mahal.
  2. Tingkat kepercayaan yang lebih tinggi: Pelanggan yang melakukan repeat order menunjukkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
  3. Pendapatan yang stabil: Repeat order dapat menciptakan pendapatan yang stabil karena pelanggan yang setia lebih mungkin untuk terus membeli dari perusahaan.
  4. Pelanggan yang lebih loyal: Pelanggan yang melakukan repeat order lebih mungkin untuk menjadi pelanggan yang setia dan loyal, yang dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas perusahaan.
  5. Biaya operasional yang lebih rendah: Repeat order dapat menurunkan biaya operasional karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencari pelanggan baru setiap saat.

Manfaat dari Repeat Order

Sumber: Kampus Production/Pexels

Pebisnis tentu akan berusaha membuat produk yang dijual menjadi produk terbaik yang sampai ke tangan pelanggan. Sebab, produk yang baik akan membuat konsumen melakukan repeat order. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa repeat order adalah hal yang disukai oleh para pebisnis, hal ini karena repeat order memiliki beberapa manfaat bagi kelangsungan bisnis tersebut.

1. Dapat Mempertahankan Konsumen

Banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order menunjukkan kepuasan pelanggan dengan produk dan pelayanan yang diterima. Kepuasan pelanggan ini merupakan strategi jangka panjang bagi perusahaan, karena semakin baik pengalaman pelanggan dengan produk yang dibeli, semakin kecil pula kemungkinan pelanggan untuk meninggalkan bisnis tersebut.

2. Meningkatkan Pangsa Pasar

Sebelum melakukan transaksi, pelanggan biasanya akan memutuskan produk apa yang akan dibeli dan di mana produk tersebut akan dibeli. Proses pembelian ini bukanlah keputusan yang diambil secara acak, melainkan didasarkan pada pengalaman dan perasaan pelanggan saat melakukan pembelian.

Jika pelanggan merasakan pengalaman yang baik dengan perusahaan Grameds, maka konsumen akan kembali membeli produk dari perusahaan Grameds. Pelanggan yang loyal biasanya akan secara sukarela merekomendasikan bisnis Grameds kepada rekan, kerabat, atau orang lain.

Jika pelanggan loyal Grameds berhasil membawa orang lain untuk membeli produk dari perusahaan, hal ini menunjukkan bahwa pelanggan loyal dapat memperluas pasar yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh perusahaan.

Marketing merupakan ilmu yang terus berkembang, bahkan dengan ilmu marketing yang tepat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga keuntungan pun jadi lebih banyak. Buku BUILDING A STORYBRAND Memperjelas Pesan Anda Agar Didengar Pelanggan sangat pas dijadikan panduan untuk kamu yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

 

3. Menekan Biaya Pemasaran

Biaya pemasaran adalah dana yang digunakan untuk kegiatan promosi produk, termasuk biaya iklan, promosi, dll. Proses pemasaran ini bisa sangat mahal, tetapi hasilnya tidak selalu pasti.

Dengan memiliki pelanggan setia yang selalu melakukan pembelian ulang, secara tidak langsung transaksi tersebut tidak memerlukan biaya promosi.

4. Dapat Menekan Biaya Operasional

Seperti halnya biaya pemasaran, biaya operasional yang harus dikeluarkan pada setiap transaksi juga dapat berkurang karena repeat order dari pelanggan. Oleh karena itu, dana yang seharusnya digunakan untuk biaya operasional dapat dialokasikan untuk keperluan lain seperti perawatan atau memberikan bonus kepada pelanggan.

Untuk mendapatkan pelanggan yang setia, perusahaan harus memikirkan cara untuk membuat pelanggan merasa nyaman sejak pertama kali melakukan transaksi. Pengalaman dan kesan pertama pelanggan sangat penting dalam menentukan apakah pelanggan akan kembali atau tidak.

Jika pelanggan merasa nyaman dan cocok dengan produk yang ditawarkan sejak awal, kemungkinan besar pelanggan akan kembali melakukan transaksi di tempat tersebut.

5. Menciptakan Pelanggan yang Loyal

Loyalitas pelanggan merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pengusaha untuk meningkatkan target penjualan. Hubungan yang terjalin antara pelanggan yang setia dengan perusahaan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pelanggan yang melakukan pembelian ulang menjadi salah satu indikator dari implementasi customer experience, di mana pelanggan merasakan pengalaman yang baik dari produk dan layanan yang diberikan.

Pengalaman pelanggan yang positif akan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk terus melakukan transaksi dengan perusahaan dari waktu ke waktu.

6. Modal Lebih Cepat Berputar

Pelanggan yang melakukan pembelian ulang secara tidak langsung membantu pengusaha untuk mengalirkan modal dengan lebih cepat dan menghasilkan keuntungan lebih cepat juga. Sehingga modal tidak dibiarkan terlalu lama tanpa digunakan.

7. Meningkatkan Keuntungan 

Pelanggan yang melakukan pembelian ulang memberikan manfaat finansial yang langsung bagi seorang pengusaha. Keuntungan ini akan membantu bisnis untuk bertahan lebih lama, membantu pengembalian modal, hingga menutupi biaya operasional.

8. Usia Bisnis Bisa Jadi Lebih Panjang

Pelanggan yang melakukan pembelian ulang dapat memperpanjang usia bisnis karena mereka memberikan pendapatan yang stabil dan terus menerus kepada perusahaan. Tanpa harus terus-menerus mencari pelanggan baru, pembelian ulang dari pelanggan yang sudah ada dapat memberikan dukungan finansial yang diperlukan untuk mempertahankan bisnis.

Selain itu, pelanggan yang melakukan pembelian ulang juga menunjukkan bahwa mereka puas dengan produk atau layanan yang diterima, yang berarti perusahaan dapat terus meningkatkan kualitas produk atau layanannya untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dan menarik pelanggan baru.

9. Menjadi Tolak Ukur dari Produk serta Layanan

Pelanggan yang melakukan pembelian ulang pasti memiliki alasan mengapa mereka ingin melakukan pembelian ulang di tempat yang sama. Ini bisa menjadi acuan layanan atau produk, sehingga dapat dijadikan tolak ukur untuk meningkatkan bisnis. Dengan begitu, pemilik bisnis jadi tahu produk seperti apa yang disukai oleh pelanggan, sehingga penjualan pun bisa terus meningkat.

Saat ini, digital marketing terus mengalami perkembangan, sehingga banyak yang mempelajarinya. Untuk kamu yang ingin mendalami tentang digital marketing, maka bisa membaca buku Pakar Marketing Framework.

 

 

Tips Membuat Konsumen Repeat Order

Sumber: Nataliya Vaitkevich/Pexels

Setelah mengetahui apa itu repeat order yaitu pemesanan ulang yang memberikan banyak manfaat bagi bisnis, tentunya Grameds yang memiliki bisnis tertentu ingin memikat pelanggan agar melakukan repeat order. Berikut beberapa tips yang bisa Grameds praktekan agar pelanggan melakukan repeat order.

1. Memberikan Pelayanan atau Service Terbaik

Langkah pertama untuk mendapatkan pembelian ulang adalah dengan menganggap pelanggan Grameds seolah-olah pelanggan lama atau teman lama. Buat pelanggan merasa nyaman saat pertama kali datang ke toko atau tempat bisnis Grameds. Kenapa? Karena kesan pertama yang Grameds berikan dapat menentukan apakah pelanggan akan datang kembali atau tidak.

Jika pelanggan merasa nyaman berbelanja di tempat Grameds, maka kemungkinan besar mereka akan kembali berbelanja di toko Grameds di masa depan. Namun, jika Grameds tidak bisa memberikan kesan yang baik, pelanggan juga tidak akan ingin kembali berbelanja di toko Grameds.

Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Grameds agar dapat memberikan kesan yang baik.

2. Memberikan Penawaran yang Menarik

Beberapa di antara Grameds mungkin merasa kesulitan untuk membuat pelanggan baru merasa akrab atau dekat dengan bisnis Grameds. Namun, Grameds tidak perlu merasa khawatir, karena ada beberapa metode yang dapat Grameds lakukan untuk membuat pelanggan merasa terkesan.

a. Memberikan Diskon Khusus untuk Pelanggan Setia

Grameds dapat memberikan diskon khusus untuk pelanggan setia. Selain itu, Grameds juga dapat menyesuaikannya berdasarkan poin, tingkat anggota atau jumlah uang yang mereka belanjakan. Karena pada kenyataannya, pelanggan selalu tertarik dengan adanya diskon.

b. Menerapkan Metode Buy 1 Get 1

Buy 1 Get 1 adalah sebuah metode promosi di mana pelanggan dapat mendapatkan satu produk gratis jika mereka membeli satu produk tertentu. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pelanggan untuk melakukan repeat order.

Metode ini meningkatkan pembelian karena pelanggan merasa mendapatkan nilai lebih dari uang yang mereka belanjakan. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa lebih yakin untuk membeli produk karena mereka tahu bahwa mereka akan mendapatkan produk gratis juga.

Selain itu, metode buy 1 get 1 juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena pelanggan akan merasa diuntungkan jika mereka terus berbelanja di tempat Grameds.

c. Menerapkan Metode Free Ongkir

Free ongkir adalah sebuah program di mana pelanggan tidak dikenakan biaya pengiriman saat melakukan pembelian. Program ini dapat diimplementasikan dalam berbagai cara, misalnya dengan memberikan gratis ongkir untuk pembelian tertentu atau memberikan gratis ongkir untuk pembelian dari jumlah tertentu.

Free ongkir dapat mendatangkan pelanggan loyal yang melakukan repeat order, sebab free ongkir adalah salah satu cara untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan dan memberikan nilai tambah pada pembelian mereka.

Beberapa konsumen mungkin merasa enggan untuk melakukan pembelian online karena biaya pengiriman yang cukup tinggi, dengan program free ongkir ini, maka akan mengurangi rasa enggan tersebut dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko milik Grameds.

Selain itu, program ini juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena pelanggan akan merasa diuntungkan jika mereka terus berbelanja di tempat Grameds. Hal ini membuat pelanggan lebih cenderung untuk melakukan pembelian ulang dan menjadi pelanggan yang setia.

Saat ini, membangun usaha bisa dari mana saja, seperti melalui retail. Saat ini, sudah ada banyak buku strategi mengembangkan retail. Salah satu buku itu adalah How to Operate Your Store Effectively Yet Efficiently 2nd Edition. Dengan bahasa yang mudah dipahami, maka pembaca akan jadi lebih paham beberapa hal, seperti menjalankan operasi toko yang efektif dan efisien dari A sampai Z, memahami tugas dan tanggung jawab dari pengelola toko, mengetahui faktor-faktor penentu penjualan, dan masih banyak lagi,

 

 

3. Membuat Media untuk Berinteraksi dengan Pelanggan

Ada beberapa cara yang dapat Grameds lakukan untuk membuat media untuk berinteraksi dengan pelanggan sehingga pelanggan melakukan repeat order:

a. Membuat akun media sosial

Membuat akun di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter dapat membantu Grameds untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Grameds dapat menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan informasi tentang produk terbaru, dan mengajak pelanggan untuk berpartisipasi dalam kontes atau promosi.

b. Buat laman kontak

Membuat laman kontak di situs web bisnis Grameds dapat memudahkan pelanggan untuk menghubungi Grameds, jika mereka memiliki pertanyaan atau masalah. Grameds juga dapat menyediakan nomor telepon atau alamat email untuk memudahkan pelanggan untuk menghubungi pihak Grameds.

c. Buat email newsletter

Membuat email newsletter dapat membantu Grameds untuk terus berinteraksi dengan pelanggan dengan mengirimkan informasi tentang produk terbaru, diskon, atau promosi.

d. Gunakan live chat

Menyediakan layanan live chat dapat membantu Grameds untuk berinteraksi dengan pelanggan secara real time dan menyelesaikan masalah yang mungkin mereka hadapi.

e. Buat program loyalitas

Membuat program loyalitas dapat membantu Grameds untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberikan insentif kepada pelanggan yang sering melakukan pembelian ulang.

Semua ini dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan merasa dekat dengan Grameds, sehingga rasa kepercayaannya pada bisnis atau toko Grameds pun meningkat dan kemungkinan konsumen menjadi pelanggan loyal akan semakin meningkat. Jadi, jangan ragu untuk untuk menggunakan media dalam berinteraksi dengan pelanggan.

4. Memberikan Kemasan atau Packaging yang Menarik dan Aman

Kemasan atau packaging adalah salah satu faktor penting yang dapat memberikan kesan positif pada konsumen. Jika Grameds tidak menyediakan pengemasan yang baik, konsumen mungkin akan meragukan niat Grameds sebagai penjual.

Oleh karena itu, jika Grameds memiliki sebuah toko, maka mulailah untuk memberikan pengemasan yang indah dan rapi agar produk Grameds terlihat lebih menarik bagi konsumen.

Hal ini juga dapat mengurangi biaya promosi karena konsumen akan lebih cenderung untuk membagikan produk Grameds di media sosial jika pengemasannya menarik. Selain itu, Grameds juga dapat memberikan ucapan terima kasih atau selamat pada konsumen, hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan tersentuh.

5. Memaksimalkan Menggunakan User Generated Content (UGC)

User Generated Content (UGC) adalah konten atau postingan yang dibuat oleh pelanggan Grameds. Ini adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan membuat mereka merasa dihargai.

Grameds dapat memanfaatkan UGC dengan meminta pelanggan untuk memberikan komentar di website Grameds atau meminta mereka untuk mengunggah foto atau video produk yang sudah mereka beli di media sosial dengan menyertakan testimoni mereka tentang produk yang Grameds jual. Dengan demikian, maka Grameds dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan brand awareness.

6. Memanfaatkan Personalized Marketing

Personalized marketing adalah strategi pemasaran yang mengutamakan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan individu pelanggan. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari pelanggan seperti preferensi, perilaku pembelian, interaksi online, dan lain-lain.

Personalized marketing dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti mengirimkan email yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan, menampilkan produk yang direkomendasikan di website, atau menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pelanggan.

Personalized marketing dapat membuat pelanggan melakukan repeat order karena pelanggan merasa dihargai dan diakui sebagai individu yang unik dengan kebutuhan dan memiliki preferensi yang berbeda. Pelanggan juga merasa lebih nyaman dan percaya dengan brand yang mengerti dan memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan individu pelanggan, brand dapat membangun relasi yang lebih erat dengan pelanggan yang akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan peluang untuk repeat order.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu repeat order yaitu pembelian ulang yang dapat mendatangkan konsumen loyal. Pelajari lebih lanjut tentang bisnis dan cara meningkatkan penjual dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan tentunya original untuk Grameds. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli dan dapatkan bukunya sekarang juga! Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan: 

  • https://accurate.id/marketing-manajemen/repeat-order/#Apa_itu_Repeat_Order
  • https://majoo.id/solusi/detail/repeat-order
  • https://voi.id/ekonomi/233862/arti-repeat-order-manfaat-dan-tips-meraihnya-agar-pelanggan-terus-bertambah


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy