in

Ide Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga, Intip Yuk!

Intip Yuk! Apa Saja Ide Yang Cocok Untuk Memulai Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga- Hidup di masa sekarang yang serba modern dan mudah sekali untuk mengakses berbagai informasi di media massa maupun digital. Dengan mudahnya mengakses berbagai informasi tersebut menjadikan kita juga mudah mencari berbagai referensi atau ide untuk memulai usaha tidak terkecuali bagi para ibu rumah tangga. Bagi ibu rumah tangga mencoba untuk mencari penghasilan sendiri tanpa hanya mengandalkan penghasilan dari suami bukanlah hal mustahil dan susah-susah amat untuk dilakukan terutama dengan maraknya berbagai inovasi usaha jualan online yang jam operasional usahanya dapat dilakukan dengan lebih fleksibel dan tidak mengganggu urusan rumah tangga.

Karena sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga harus mengurus berbagai keperluan rumah tangga dan anak mereka, para ibu rumah tangga tersebut juga tidak jarang  biasanya menghadapi masalah kebosanan dengan rutinitas yang sama terus setiap hari. Dari kebosanan dan hasrat ingin mencari pendapatan sendiri tanpa mengganggu urusan rumah tangga tersebut lah banyak ide muncul berdatangan untuk mencoba sesuatu yang baru seperti memulai bisnis online entah menjual masakan ataupun berbagai barang kebutuhan rumah tangga lainnya yang memiliki banyak peminatnya di pasaran.

Ide usaha rumahan adalah suatu kegiatan yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Karena banyak ibu yang tidak bisa mengantar anaknya sekolah untuk bekerja. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan sekaligus menghilangkan kebosanan dan dapat meluangkan waktu lebih banyak bersama anak adalah dengan memulai bisnis rumahan sendiri.

Sekali lagi dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat sangat mempermudah langkah untuk memulai bisnis rumahan. Tanpa harus keluar rumah dan merelakan waktu pergi untuk meninggalkan si buah hati. Namun, bagi kalian para ibu rumah tangga yang masih saja kebingungan untuk mencoba memulai usaha rumahan apa? Tenang saja, karena pada pembahasan kali ini kami akan mencoba merangkum berbagai ide usaha apa saja yang cocok dimulai bagi para ibu rumah tangga.

Selanjutnya pembahasan tersebut akan kami ulas berikut dibawah ini.

Ide Usaha Rumahan

Sebagai ibu rumah tangga, terkadang Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tanggung jawab  rumah tangga mencegah Anda berbagi waktu. Tidak hanya pekerjaan rumah yang menumpuk, mengasuh anak juga merupakan kegiatan yang sangat menyita waktu.

Aktivitas ibu-ibu rumah tangga dari pagi hingga malam sepertinya tidak ada habisnya. Ternyata, istirahat saja bisa terasa menakutkan, apalagi mencoba aktivitas sampingan? Mungkin Anda kesulitan mengalokasikan waktu.

Peran ibu rumah tangga tidaklah mudah. Namun, sedikit demi sedikit, Anda akan memahami ritme kehidupan sehari-hari sehingga Anda bisa mulai mencoba beberapa kegiatan yang cocok, bahkan bisnis sampingan untuk  ibu rumah tangga di desa. Untuk menginspirasi Anda, berikut adalah daftar usaha sampingan  rumah  yang bisa Anda coba sambil mengasuh anak di rumah.

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga

  • Makan sehat

Bagi ibu rumah tangga, memasak adalah kegiatan sehari-hari. Hampir setiap hari, ibu saya mencoba memasak untuk keluarga. Dari kebiasaan ini, menjadi ide bisnis rumahan yang potensial. Misalnya dengan mempraktekkan makan sehat. Saat ini, banyak orang  mulai menerapkan gaya hidup sehat. Dengan memanfaatkan peluang dan media sosial, Anda dapat dengan mudah mengembangkan bisnis restoran yang sehat dari kenyamanan rumah Anda.

  • Layanan binatu

Ide bisnis rumahan lain yang juga bisa Anda coba adalah layanan binatu. Saat ini banyak orang yang mulai mencari penyedia jasa binatu ini.

Karena banyak orang yang sangat sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk mencuci pakaian. Apalagi jika Anda tinggal  di pusat kota atau hostel, bisnis rumahan ini memiliki banyak potensi untuk berkembang. Sebuah usaha laundry biasanya terdiri dari beberapa pilihan produk tergantung dari kebutuhan pelanggan. Selain memasak, ibu rumah tangga juga tahu cara mencuci pakaian. Kegiatan yang terkesan biasa-biasa saja ini ternyata menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Anda bisa mencoba melakukan jasa laundry di rumah. Saat ini, banyak orang  mulai mencari penyedia layanan laundry ini. Tingginya mobilitas masyarakat membuat banyak orang  tidak punya banyak waktu untuk mencuci pakaian.

Dalam bisnis laundry, Anda dapat menawarkan sejumlah produk tergantung pada kebutuhan pelanggan. Misalnya, dry cleaning, menyetrika, mencuci sprei, dll. Hanya dengan begitu, bisnis laundry Anda bisa semakin berkembang dan dibanjiri lebih banyak  pelanggan.

  • Layanan Bimbingan Belajar

Privat Ide bisnis rumahan trendi berikutnya adalah membuka layanan les privat atau les privat. Di masa pandemi  saat ini, banyak orang tua yang mencari wali untuk anaknya.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengajar anak-anak, tidak ada salahnya membuka layanan bimbingan belajar di rumah. Selain menerima manfaat materi, Anda juga berkesempatan untuk berbagi ilmu dengan orang lain. Salah satu layanan yang sangat dibutuhkan di masa pandemi adalah bimbingan belajar atau les anak sekolah. Kegiatan belajar online terbukti cukup sulit bagi sebagian siswa. Seiring dengan hiruk pikuk orang tua yang tidak bisa selalu menemani anaknya belajar, banyak hasil akademik siswa yang menurun dalam proses pembelajaran online. Alternatif terakhir yang  banyak dipilih  orang tua untuk membantu anaknya belajar dengan mudah adalah dengan mendaftarkan anaknya di lembaga atau tempat bimbingan belajar. Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi mereka yang memiliki keahlian di bidang belajar mengajar. Jumlah modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Anda hanya perlu menyiapkan bahan ajar dan  buku sebagai bahan ajar.

  • Pengecer produk kecantikan

Sebagai ibu rumah tangga, Anda selalu dapat menghasilkan uang. Salah satunya  menjadi reseller produk kecantikan. Banyak merek kecantikan telah membuat keanggotaan dan menawarkan siapa pun kesempatan  untuk menjadi reseller produk mereka. Dengan menjual kosmetik atau perawatan kulit, Anda tidak perlu khawatir dengan produksi barang-barang tersebut. Cukup terapkan strategi pemasaran yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan sumber penghasilan yang kaya.

  • Menjual makanan modern

Jajanan kecil atau biasa disebut makanan kudapan selalu menjadi permintaan semua orang. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan jika Anda tahu cara menanganinya. Kudapan juga cukup mudah disiapkan dan kreatif. Usaha makanan jajanan ini bahkan sering disebut usaha rumahan dengan modal paling kecil cukup 50 ribu saja, karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Contoh jajanan yang bisa Anda coba untuk usaha rumahan Anda: bakso goreng, pisang goreng, cireng isi, tahu bulat, pasta telur, dan lainnya.

Jajanan rumahan skala kecil juga bisa menjadi pilihan bagi  ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan. Ada banyak hidangan modern dengan modal yang relatif ringan, seperti churros, corn dog, burger, donat berbagai rasa, dan camilan kreatif. Anda dapat menjual produk ini melalui media sosial  atau menjualnya di depan pintu Anda.

  • Kerajinan

Ide bisnis rumahan lain yang juga bisa Anda coba adalah bisnis kerajinan. Untuk memulai bisnis ini, sumber modal utama yang harus dimiliki adalah kreativitas yang besar. Karena kerajinan tangan yang sering kita lihat adalah nilai estetikanya. Jika Anda bisa membuat kerajinan, maka menggunakan keterampilan itu sebagai bisnis tidak akan pernah menjadi masalah. Beberapa perusahaan kerajinan dengan permintaan tinggi meliputi: mainan anak, tas macrame, karangan bunga, mas kawin simbolis, kado pernikahan, karangan bunga, kado pernikahan, kerajinan untuk dekorasi mas kawin, pembuatan boneka kain perca dan bentuk kerajinan  lainnya.

 

  • Layanan Menjahit

Bisnis rumahan populer lainnya adalah layanan menjahit. Bisnis rumahan ini cukup menjanjikan jika digarap dengan serius. Selain menerima pesanan dari pelanggan, Anda juga bisa memproduksi pakaian dalam jumlah besar. Kemudian menjualnya di e-commerce atau jejaring sosial. Dengan kualitas yang baik, desain yang beragam dapat meningkatkan nilai jual  produk tersebut.

  • Jual jilbab

Bisnis lain yang bisa anda coba adalah bisnis fashion salah satunya adalah menjual jilbab. Saat ini jilbab banyak  digemari oleh masyarakat. Untuk menjual hijab, Anda tidak harus membuat hijab sendiri. Anda bisa menjadi reseller atau dropship dari produsen hijab. Mencoba membuka usaha jualan jilbab sendiri di Indonesia adalah sebuah ide yang terdengar cukup menjanjikan dilihat dari masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah muslim. Ditambah dari anak-anak hingga wanita dewasa banyak yang menggunakan hijab baik dalam keseharian maupun pada saat menghadiri acara-acara formal seperti pesta pernikahan dll. Secara otomatis kebutuhan akan permintaan jilbab akan meningkat dan dari sini untuk ibu rumah tangga yang lebih paham mengenai gaya dan model jilbab yang cocok dipakai oleh para wanita akan menjadi nilai tambah untuk memulai usaha jual jilbab tersebut. Namun ide jualan jilbab juga memerlukan modal yang tidak sedikit maka dari itu bagi para ibu rumah tangga yang tertarik untuk memulai bisnis tersebut harus pintar memanfaatkan peluang usaha dengan menjadi dropshipper ataupun reseller jilbab.

  • Agen pulsa dan Token Listrik

Bisnis rumahan lain yang bisa Anda coba adalah agen pulsa dan Token Listrik. Saat ini, pembelian pulsa dan token listrik sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri melalui e-commerce atau m-banking. Namun, bagi sebagian kalangan, pembelian pulsa dan token listrik masih dilakukan melalui dealer. Terutama bagi masyarakat di pedesaan yang sering membeli kartu kredit atau token melalui dealer. Oleh karena itu, ide bisnis ini tetap bisa menjadi pilihan bisnis rumahan yang menguntungkan.

  • Katering

Katering juga dapat menjadi opsi lainnya dalam memulai usaha yang dapat dilakukan para ibu rumah tangga. Usaha rumahan yang selalu ramai peminat ini banyak dibutuhkan berbagai kalangan. Dengan bermodalkan pengaplikasian sosial media, usaha katering dengan pesat berkembang dan menjadi populer. Bahkan pada saat ini katering mulai tumbuh menawarkan berbagai produk makanan lain yang menarik. Misalnya; katering pesta, katering makanan sehat, katering acara keluarga, katering acara ulang tahun, hingga katering buka dan sahur saat bulan Ramadhan.

  • Menjadi dropshipper untuk usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Sama seperti reseller, sistem dropship  populer karena kemajuan internet. Lalu apa perbedaan antara dropship dan reseller? Sistem dropship merupakan transaksi jual beli dimana penjual tidak perlu memiliki persediaan barang.

Dengan demikian, barang dipasok oleh pemasok dan dropshipper menjadi perantara antara pembeli dan pemasok untuk memesan dan mengirimkan barang. Supplier memegang peranan penting sebagai pemasok barang dan menjamin ketersediaan produk yang dijual.

Dengan kata lain, dropshipper bertanggung jawab penuh untuk memasarkan dan mempromosikan barang pemasok. Setelah pesanan dilakukan, dropshipper akan mengkonfirmasi dengan pemasok tentang ketersediaan. Kemudian supplier juga  akan mengirimkan barangnya. Sistem dropship sebenarnya lebih sederhana sebagai usaha sampingan karena ibu rumah tangga tidak perlu menimbun barang di rumah.

  • Pembuat Konten

Bisnis rumahan saat ini sedang tren di samping pembuat konten. Jenis usaha ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Prospek bisnis sebagai content creator sangat besar. apalagi sekarang media sosial sedang naik daun. Anda dapat membuat video pendek dan kemudian mengunggahnya ke TikTok, YouTube, atau Instagram. Ruang untuk mengelola bisnis mereka juga sangat besar. Bisnis ini memang tidak  menghasilkan keuntungan instan, namun jika digarap dengan serius, penghasilan yang didapat sebagai content creator bisa berlimpah.

  • Menjadi reseller

Reseller adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris dan berarti menjual kembali. Jika diperhatikan lebih detail, reseller adalah mereka yang membeli produk dari pihak lain dan kemudian menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan.

Jika Anda mencoba sistem reseller, Anda harus menyimpan barang di rumah dan kemudian mengirimkannya ke pembeli saat pesanan masuk.

Secara umum, bisnis keagenan sama seperti bisnis lainnya, yang membedakan adalah medianya. Biasanya, dealer melakukan transaksi melalui Internet. Ini dapat dilakukan melalui jejaring sosial  atau obrolan grup  yang dikelola bersama.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga yang ditawarkan oleh penjual atau asli. Saat ini sudah banyak barang yang bisa Anda jual melalui sistem reseller. Mulai dari perlengkapan bayi, pakaian, makeup, produk perawatan kulit, hingga makanan. Anda hanya perlu memilih salah satu yang tepat untuk Anda dan bisa dilakukan di rumah sambil membesarkan anak.

  • Usaha Jualan makanan beku

Frozen food atau makanan beku menjadi makanan instan paling sangat dinikmati terutama bagi kamu yang tidak bisa dan sedang malas masak. Dari kebiasaan malas dan tidak bisa memasak para masyarakat inilah yang bisa menjadi sebuah ide usaha baru. Karena, tidak semua orang jago dalam urusan memasak atau bisa memasak tapi sedang tidak mood dan beralih ke makan instan.

Oleh sebab itu, ya namanya makanan instan yang beku, daya tahannya juga lebih lama asal kamu bisa menyimpannya di tempat yang tepat. Kamu hanya perlu menyimpannya di kulkas yang bisa menjaga suhu makanan instan yang kamu punya tetap dingin dan terjaga. Langkah gampangnya, kamu bisa mencoba cari info tentang penyuplai makanan instan yang dapat dibekukan.

Biasanya ragam makanan instan tersebut berupa produk olahan seperti,  nugget homemade, pempek, risoles, ayam potong, daging giling, sampai pisang coklat yang siap digoreng.

Jadi, bisnis frozen food adalah pilihan usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Alasannya, cukup efisien dan sangat fleksibel untuk melakukan pekerjaan rumah lain.

  • Menjadi penata rias

Apakah Anda menyukai tata rias dan bermimpi menjadi penata rias? Ide usaha ini merupakan salah satu pilihan terbaik bagi ibu rumah tangga. Menjadi seorang penata rias membutuhkan keterampilan khusus. Namun saat ini ada banyak kursus makeup yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan keterampilan menata rias Anda.

Penata rias seringkali memiliki lebih banyak klien di akhir pekan, dengan waktu yang lebih sedikit. Dengan demikian, Anda bisa menjadikan kegiatan ini sebagai sumber penghasilan sambil mengasuh anak.

Demikianlah sekian rangkuman berbagai ide usaha yang cocok dilakukan bagi para ibu rumah tangga yang mudah dan praktis dilakukan.

Penulis: Pandu Akram



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Pandu