in

Ketahui Peluang Bisnis Keripik Makanan Yang Menjanjikan

Peluang bisnis keripik makanan – Bicara tentang  makanan ringan, mungkin keripik menjadi salah satu makanan ringan favorit semua orang. Tentunya keripik juga bukanlah suatu hal baru yang tidak banyak dikenal oleh setiap orang.

Secara mudahnya, keripik adalah salah satu jenis makanan ringan yang begitu digemari oleh banyak orang  tanpa mem kaliang usia. Bisa dibilang dari anak kecil hingga orang dewasa begitu menyukai makanan ringan keripik.

Melihat pangsa pasar yang begitu besar menjadikan banyak orang mulai menggeluti usaha keripik. Saat ini mungkin mungkin kalian juga sadar jika sudah banyak produk keripik yang dijual secara bebas di warung maupun minimarket hingga swalayan besar.

Itu artinya, keripik adalah salah satu produk bisnis yang cukup menjanjikan. Alasan lain adalah karena proses produksi dengan bahan baku yang mudah didapatkan menjadikan banyak orang mulai mencoba melakukan bisnis keripik tersebut.

Namun, apakah benar jika bisnis keripik begitu menjanjikan? Nah, dalam artikel ini akan menjelaskan peluang bisnis keripik makanan yang mungkin saat ini menjadi salah satu ide bisnis yang kalian ingin jalankan.

Pengertian Keripik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika saat ini kita begitu mudah menemukan produk keripik yang dijual bebas dipasaran. Bicara tentang bisnis keripik rasanya kurang lengkap jika tidak membahas mengenai pengertian dari keripik itu sendiri.

Kripik atau keripik sendiri adalah salah satu jenis makanan ringan yang berupa irisan tipis dari berbagai jenis bahan baku. Misalnya seperti, umbi-umbian, buah-buahan ataupun jenis sayuran yang nantinya akan diiris tipis-tipis dan digoreng ke dalam minyak nabati.

Karena keripik terkenal akanrsa renyah dan gurihnya, maka dalam proses pengolahannya akan dicampur dengan adonan tepung yang sudah diberikan bumbu rempah tertentu. Secara umum, proses penggorengan adalah tahap yang wajib dilakukan dalam menghasilkan olahan keripik.

Meski begitu, ada juga yang menggunakan proses penjemuran atau pengeringan dalam proses pembuatan keripik. Keripik sendiri kerap disajikan dalam varian rasa asin, pedas, manis, asam, gurih ataupun perpaduan dari semuanya.

Di Indonesia sendiri ada sejumah daerah yang memproduksi produk keripik. Misalnya, keripik singkong yang banyak diproduksi di kota Bandung atau keripik dengan bahan baku jamur tiram yang diproduksi di wilayah Yogyakarta.

Keripik begitu cocok disantap ketika sedang santai, misalnya seperti saat menonton TV maupun ketika belajar. Tak jarang keripik juga kerap dijadikan teman makan hidangan berat lho. Adanya rasa enak dan tidak mudah mengenyangkan menjadikan kita lebih banyak memakan keripik.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Selain itu, jika disimpan di dalam wadah tertutup, produk keripik juga akan mampu bertahan cukup lama hingga dapat dikonsumsi pada waktu kapanpun. Keripik sendiri memiliki variasi produk yang cukup beragam.

Secara umum, produk keripik yang banyak dikenal adalah keripik singkong dan pisang. Hal ini tak lain karena dua bahan baku seperti singkong dan pisang sangat mudah untuk ditemukan, khususnya di wilayah Indonesia.

Selain itu, singkong dan pisang juga akan mudah busuk jika dibiarkan tidak diolah meskipun sudah disimpan dengan baik. Bisa dibilang jika keripik merupakan suatu produk inovasi cara pengolahan pangan yang dapat memperpanjang masa kadaluarsa.

Dengan masa kadaluarsa yang cukup lama menjadikan pola konsumsi masyarakat dalam pembelian keripik juga bisa dilakukan secara berulang kali atau membeli dalam jumlah besar yang nantinya akan disimpan kembali sebagai persediaan di rumah.

Karena masyarakat memiliki kecenderungan untuk terus melakukan proses pembelian keripik dan mengkonsumsinya menjadikan produk tersebut memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Ak heran jika produk keripik adalah salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan untuk dijalankan saat ini.

Menjalankan bisnis produk keripik untuk saat ini memang tak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini mulai banyak bermunculan produk keripik di pasaran. Seperti yang dijelaskan dalam buku  Seri Profil Usaha: Keripik Inspiratif mengenai banyaknya inovasi keripik bermunculan hingga memberikan kesuksesan besar.

button rahmad jpg

Tren Keripik

Bicara tentang tren produk keripik, tentunya sebelum pandemic Covid-19 ada, tren produk tersebut juga bisa dibilang tidak pernah sepi peminat. Apalagi ketika pandemic Covid-19 mulai ada dan mengharuskan banyak orang untuk berada di rumah menjadikan mereka lebih banyak waktu untuk bersantai.

Karena terlalu lama berada di rumah mungkin saja rasa bosan mulai ada. Dan keripik menjadi salah satu makanan ringan yang dikonsumsi untuk menghilangkan rasa bosan. Jika dilihat dari Google Trends, ternyata kata kunci pencarian keripik pada tahun 2021 cenderung tinggi dan stabil.

Bahkan tren pencarian kata kunci keripik saja di setiap tahunnya selalu memiliki peningkatan yang cukup signifikan. Apalagi ketika pada momen-momen tertentu seperti pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari raya Idul Fitri, tentunya tren pencarian kata kunci keripik juga semakin meningkat.

Dari hasil tersebut bisa disimpulkan jika produk keripik memiliki peminat yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, khususnya pada momen tertentu.

Membuat produk keripik memang memerlukan bahan baku. Bahan baku dalam pembuatan keripik yang selama ini kita kenal mungkin hanya singkong dan pisang. Namun, seiring berjalannya waktu mulai banyak bahan baku baru dalam proses pembuatan keripik seperti penjelasan dalam buku Seri Profil Usaha: Semua Bisa Jadi Keripik.

button rahmad jpg

Analisis SWOT Bisnis Keripik

Sebelum memulai bisnis tentunya kita juga harus tahu bagaimana peluang bisnis dari bisnis tersebut. Hal ini juga berlaku bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis seperti produk keripik. Nah untuk mengetahui peluang  bisnis keripik makanan tentunya bisa dilakukan dengan melakukan proses analisis SWOT.

Analisis SWOT bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan strategi bisnis apa yang akan digunakan secara keseluruhan. Analisis SWOT juga akan membantu para pelaku usaha untuk bisa memperkirakan kondisi usaha atau bisnis tertentu berdasarkan beberapa aspek penting.

Mulai dari aspek kekuatan atau strengths, aspek kelemahan atau weaknesses, aspek peluang atau opportunities dan aspek tantangan atau threats. Semua aspek tersebut bisa didapatkan dari melakukan analisis SWOT.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai analisis SWOT untuk produk keripik secara sederhana.

  • Strengths

Keunggulan dari berbisnis produk keripik adalah bisa dilakukan inovasi pada segi jenis dan varian. Jenis dan variasi produk keripik tentunya bisa dalam bentuk beragam jenis hingga menjadi nilai tambah tersendiri bagi bisnis kalian. Jika kalian cukup kreatif serta mampu melakukan penjualan produk keripik dengan begitu unik, maka pihak customer akan memiliki ketertarikan untuk membeli produk keripik yang kalian jual.

  • Weaknesses

Persaingan dalam bisnis produk keripik bisa dibilang cukup ketat akan menjadikan produk yang kalian jual juga memiliki resiko tidak laku di pasaran. Produk keripik mungkin memang bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama ketika dikemas dengan metode yang tepat. Namun, tetap saja jika diproduksi dalam jumlah yang berlebihan juga akan dapat memungkinkan peningkatan resiko kerugian karena stok produk keripik tersebut tidak habis terjual.

  • Opportunities

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika bisnis produk keripik memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Hal ini akan membantu kalian untuk bisa meningkatkan peluang dalam menggaet target pasar dengan customer potensial. Dengan adanya inovasi produk keripik yang diimbangi dengan layanan terbaik, strategi bisnis yang  tepat akan membantu kalian untuk bisa memaksimalkan peluang memasuki pasar.

  • Threats

Persaingan pasar yang begitu ketat tentunya akan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi kalian yang menjalankan bisnis produk keripik. Sangat dibutuhkan strategi bisnis yang tepat agar bisa menghadapi tantangan yang ada di pasaran.

Nah, analisis SWOT di atas hanyalah sebagai gambaran umum. Akan lebih akurat lagi jika kalian melakukan analisis SWOT pada jenis dan varian produk keripik yang telah ditentukan terlebih dahulu.

Meski begitu, tak ada salahnya juga kalian melakukan riset pasar secara lebih detail untuk mengetahui gambaran terkait dengan kondisi pasar serta pesaiangan yang ada di dalam lingkup bisnis produk keripik.

Kelebihan Produk Keripik Untuk Dijadikan Bisnis

pixabay.com/avantrend

Setiap produk usaha tentunya akan memiliki kelebihan tersendiri. Disamping kelebihan tersebut tak jarang akan dibarengi oleh kekurangan. Nah dalam menjalankan bisnis produk keripik tentunya juga memiliki kelebihannya maupun kekurangan.

Lalu, apa saja kekurangan kelebihan dan kekurangan dari bisnis produk keripik? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  • Kelebihan Bisnis Produk Keripik

Bisnis produk keripik jika dilihat secara umum memang sangat mudah untuk dilakukan dan bahkan bisa dilakukan oleh semua kalangan. Proses pembuatan hingga pengemasan produk keripik adalah poin yang begitu penting dalam bisnis ini.

Karakteristik produk keripik yang bisa bertahan cukup lama jika memang dikemas dengan tepat adalah salah satu poin plus yang dimiliki oleh produk tersebut. Karena memiliki karakteristik tersebut menjadikan produk keripik sangat cocok sekali dijual dengan kemasan yang mampu menjamin kualitas dalam kurun waktu tertentu.

Berbeda dengan jenis usaha lainnya, bisnis produk keripik cenderung bisa dilakukan dengan modal tak terlalu mahal. Bahkan di zaman yang serba maju seperti saat ini, kalian tidak perlu membuka stan atau toko terlebih dahulu untuk menjalankan bisnis produk keripik. Itu artinya, kalian bisa lebih menghemat biaya pengeluaran dalam bisnis produk keripik.

  • Kekurangan Bisnis Produk Keripik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika bisnis produk keripik ini bukan hanya memiliki kelebihan saja. Namun dalam menjalankan bisnis produk keripik ini ternyata juga memiliki kekurangan atau kelemahan.

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh bisnis produk keripik adalah adanya resiko tidak terjual di tengah persaingan yang  ada.

Sebenarnya, hal tersebut bukan hanya pada bisnis produk keripik, melainkan pada setiap jenis bidang bisnis memiliki resiko untuk tidak terjual produknya di tengah persaingan yang begitu ketat. Jika memang suatu produk dalam bisnis tidak terjual, maka potensi kerugian juga akan ada di dalamnya.

Apalagi ketika bisnis produk keripik yang kalian jalanan masih tergolong baru, masih belum banyak orang yang tahu akan produk keripik yang kalian jual tersebut. Sebagai antisipasi akan kerugian, akan lebih baik jika kalian memproduksi produk keripik tersebut dalam jumlah yang secukupnya agar bisa mencari pelanggan terlebih dahulu.

Jangan melakukan produksi keripik dalam jumlah besar jika memang belum memiliki pemasaran yang  begitu luas. Hal tersebut akan berguna sekali untuk meminimalisir kerugian yang akan kalian alami karena memang posisi bisnis produk keripik masih tergolong baru. Ketika ada pesanan dalam jumlah besar, maka barulah kalian bisa melakukan proses produksi sesuai dengan nilai pesanan tersebut.

Meski produk keripik memiliki ketahanan cukup lama, namun jika dibiarkan tidak terjual tetap akan memberikan dampak kerugian yang cukup besar. Usaha dalam bidang produk keripik memang sangat menjanjikan, namun kalian sebagai pemilik bisnis tersebut juga harus bisa lebih cermat dalam melihat bagaimana kondisi pasar yang  ada.

Dengan begitu, usaha yang sedang kalian jalankan lambat laun akan bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Selain itu kalian juga jangan terlalu tergesa-gesa dalam menjalankan bisnis produk keripik.

Akan lebih baik jika kalian tetap tenang dan jalani saja bisnis tersebut secara teratur. Hal ini akan menjadikan bisnis yang kalian miliki dapat berkembang dengan begitu baik secara mandiri karena sistem produksi, sistem pemasaran hingga pangsa pasar juga bisa berjalan dengan baik.

Membuat keripik dengan bahan baku ikan mujair mungkin jarang diketahui banyak orang. Padahal saat ini inkan mujair adalah salah satu jenis ikan yang bisa dengan mudah untuk dibudidaya. Buku Untung Besar Dari Budidaya & Keripik Mujair menjelaskan bagaimana cara melakukan budidaya hingga mengolah ikan mujair menjadi produk keripik yang laris di pasaran.

button rahmad jpg

Tips Dalam Menjalankan Bisnis Produk Keripik

pixabay.com/Hans

Produk keripik adalah salah satu makanan ringan yang berbahan dasar pisang, singkong maupun bahan lainnya. Nantinya, setiap bahan baku pembuatan produk keripik akan diiris secara tipis selanjutnya digoreng dengan bahan tepung  yang telah dibumbui.

Agar bisa menjalankan bisnis produk keripik di tengah persaingan yang begitu ketat tentunya dibutuhkan tips and trick. Nah, di bawah ini adalah tips dalam menjalankan bisnis produk keripik.

  • Siapkan Modal

Hal pertama yang bisa kalian lakukan dalam memulai bisnis produk keripik adalah menyiapkan modal. Seperti yang kita ketahui jika modal adalah factor paling krusial dalam memulai bisnis. Tanpa adanya modal, tentunya bisnis apapun yang kita jalankan juga tidak akan bisa berjalan dengan mudah.

  • Tentukan Lokasi Usaha

Jika kebutuhan akan modal sudah aman, maka kalian bisa mencoba untuk menentukan lokasi usaha. Lokasi usaha bisa menjadi penentu perkembangan bisnis produk keripik yang sedang kalian jalankan.

Semakin strategis tempat usaha yang kalian miliki, maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan pembeli. Di sisi lain saat ini kalian juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi.

Misalnya dengan berjualan di marketplace tertentu. Dengan berjualan melalui marketplace tersebut, kalian tidak perlu memiliki biaya lebih untuk membuat toko. Memang benar toko fisik bisa membantu untuk menggaet pelanggan secara langsung. Namun, jika memang keterbatasan modal adalah masalah utama, maka memanfaatkan kemajuan teknologi tidak ada salahnya lho.

  • Cari dan Temukan Supplier

Menjalankan bisnis produk keripik tidak selalu kalian yang harus memproduksinya secara pribadi. Saat ini kalian juga bisa menempatkan diri sebagai penjual produk keripik dari pihak supplier lho.

Tentunya kalian harus bisa bekerja sama dengan pihak supplier yang berkualitas dan terpercaya. Supplier berkualitas akan membantu kalian untuk bisa mendapatkan stok yang lebih terjamin tanpa perlu adanya kendala dalam setiap proses yang diperlukan.

  • Lakukan Persiapan dan Mulailah Untuk Produksi

Selanjutnya adalah melakukan persiapan untuk memproduksi produk keripik tersebut. Keberadaan supplier bukan hanya untuk sekedar memasok produk keripik jadi saja. Namun supplier juga bisa diartikan sebagai media untuk mendapatkan pasokan bahan baku secara lebih aman keberadaanya. Namun, sebelum memutuskan melakukan produksi, pastikan semua sarana dan prasarana telah dipersiapkan terlebih dahulu.

  • Buat Konsep Usaha dan Strategi Promosi

Setiap jenis usaha tentunya tidak akan lepas dari adanya konsep dan strategi promosi. Keduanya sama-sama sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis. Pastikan selalu jika kalian mampu membuat produk yang unik dengan kualitas terbaik.

Selain itu, kalian juga harus bisa memikirkan bagaimana strategi promosi yang ingin dilakukan guna memasarkan produk keripik tersebut. Tak ada salahnya untuk memanfaatkan platform digital guna memanfaatkan proses promosi agar lebih mudah dan tepat sasaran.

  • Buat Kemasan Yang  Modern

Selama ini mungkin kita kerap melihat produk keripik yang  dikemas secara biasa saja. Akan tetapi,  bagi kalian yang ingin berbisnis produk keripik, sebaiknya buat kemasan yang begitu modern. Dimana pemasaran modern tersebut akan menjadi daya tarik bagi produk keripik kalian hingga mampu menggaet para calon pembeli.

  • Buat Brand Pada Produk Keripik

Langkah berikutnya adalah kalian bisa mencoba membuat brand atau merek bisnis produk keripik. Brand tersebut nantinya akan bisa jadi identitas produk kalian hingga membuatnya lebih mudah untuk dikenal.

  • Lakukan Inovasi

Adanya inovasi juga sangat diperlukan dalam proses berbisnis. Produk keripik yang sudah kalian buat saat ini akan lebih bisa memiliki pangsa pasar baru jika selalu memiliki inovasi. Perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen akan menjadikan produk keripik lebih mudah mendapatkan pasar.

Itulah penjelasan mengenai peluang bisnis keripik makanan. Dari penjelasan di atas kita bisa tahu jika keripik adalah salah satu produk yang begitu menjanjikan. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kalian.

Jika ingin mencari buku seputar peluang bisnis, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Rujukan:

Http://anekacamilankeluarga.blogspot.com/2014/08/definisi-kripik.html

Https://www.ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/peluang-usaha-produk-keripik/

Baca juga :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah