in

15 Contoh Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar dan Potensial

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, hal pertama yang harus dipahami yaitu mengetahui kondisi pasar dan juga kompetitor. Tidak hanya soal modal dan juga analisis risiko saja, seorang pebisnis juga harus mempelajari tentang semua faktor yang nantinya akan berpengaruh untuk bisnisnya dari semua sisi. Dengan strategi yang tepat, sebuah bisnis akan bisa berkembang dan mencapai target serta potensi yang lebih maksimal. Selain itu, modal yang Anda miliki juga akan sangat berpengaruh pada jenis usaha yang akan Anda jalani. Semakin besar modal yang Anda miliki, tentu peluang bisnis dari berbagai macam bidang akan terbuka semakin lebar. Akan tetapi, untuk Anda yang hanya mempunyai modal kecil tidak perlu khawatir, karena ada beberapa jenis usaha yang hanya membutuhkan usaha modal kecil.

Namun, Anda hanya perlu mencari usaha yang mempunyai permintaan tinggi dari konsumennya, tapi tidak mempunyai banyak pesaing ataupun kompetitor. Dengan begitu, bisnis yang Anda bangun nantinya akan lebih mudah untuk menonjol dan menguasai pasar. Terlebih lagi bila Anda memperoleh bantuan pendanaan. Dalam berbisnis di era yang modern ini, jangan pernah lupa untuk memanfaatkan peran teknologi ke dalam bisnis Anda. Manfaatkan semua akses dari berbagai platform media sosial untuk meningkatkan branding dan juga awareness dari bisnis yang Anda miliki.

Contoh Usaha Modal Kecil yang Potensial

Jika berbicara tentang usaha modal kecil, maka langkah pertama yang harus disederhanakan yaitu pemikiran mengenai lokasi usaha. Jangan dulu berpikir untuk menyewa atau bahkan membeli gerai untuk memulai usaha tersebut. Anda dapat memulai usaha dengan membangun usaha rumahan dulu. Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan pengeluaran untuk biaya sewa ataupun membeli tempat. Anda dapat memaksimalkan dana untuk produk dan juga pemasarannya.

Karena lokasi usaha dilakukan di rumah, maka pastikan dulu bahwa usaha yang akan Anda bangun sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar Anda. Jika Anda berniat memperluas jangkauan pasar, maka Anda dapat mempertimbangkan bisnis online yang memang sedang populer sekarang ini. Lalu, kira-kira jenis usaha apa saja yang membutuhkan modal kecil namun bisa memberikan banyak keuntungan? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Bisnis Makanan Ringan

[algolia_carousel]

Di era pasca pandemi ini, berbagai macam kegiatan dan juga aktivitas masyarakat sudah mulai cenderung dilakukan dari rumah saja. Oleh karena itu, peluang untuk membuka bisnis makanan ringan atau snack sangatlah terbuka lebar. Sebab, semakin sering orang-orang memilih untuk menghabiskan waktunya di rumah, maka kebutuhan asupan makanan ringan akan semakin tinggi, seperti misalnya keripik, makaroni kering, basreng, lidi-lidi pedas, dan lain sebagainya. Jadi, bisnis makanan ringan ini dapat menjadi salah satu bisnis yang patut Anda coba.

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa bisnis ini bersifat mengikuti trend. Sehingga solusinya Anda dapat mencari makanan ringan yang kemungkinan besar tetap dinikmati dari waktu ke waktu, misalnya saja keripik singkong atau keripik pisang. Bisnis tersebut menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak digeluti oleh orang-orang, jadi minim pesaing dan pastinya berlaku untuk setiap daerah.

2. Bisnis Frozen Food

Contoh usaha modal kecil selanjutnya yang belum memiliki banyak kompetitor yaitu bisnis frozen food. Hampir mirip dengan bisnis makanan ringan, permintaan produk frozen food juga semakin meningkat di era pandemi. Hal tersebut terjadi karena semakin banyak orang yang membutuhkan makanan praktis dan dapat disimpan dalam waktu yang lama di dalam kulkas. Tidak heran jika bisnis frozen food ini semakin ramai peminatnya. Untuk produk-produk yang bisa Anda sediakan antara lain sosis, nugget, french fries, dan lain sebagainya.

Terbukti di beberapa negara yang ada di dunia seperti halnya negara Eropa mendeteksi bahwa seiring dengan adanya perkembangan food delivery business, permintaan menu french fries juga semakin meningkat. Berkaca dari pasar Eropa, maka hal tersebut tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di negara-negara Asia termasuk juga Indonesia.

3. Bisnis Katering Sehat

Sekarang ini, orang-orang mulai mengikuti tren pola hidup sehat. Oleh karena itu, tren yang satu ini mulai berkembang di seluruh lapisan masyarakat. Tak heran jika peminat makanan ini semakin melonjak. Semakin banyak orang yang mulai menyadari tentang kebutuhan gizi dan juga kesehatan tubuh, maka hal ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka bisnis katering makanan sehat. Terlebih di era pasca pandemi ini, orang-orang mulai mengedepankan higienis dan juga kualitas makanan yang akan mereka konsumsi.

4. Bisnis Minuman Kesehatan

Imunitas tubuh memang menjadi salah satu hal yang patut kita jaga. Oleh sebab itu, kebutuhan masyarakat terkait vitamin dan juga nutrisi semakin meningkat setiap harinya. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis untuk menyediakan minuman kesehatan seperti jamu ataupun empon-empon. Dengan modal yang kecil, Anda bisa membangun bisnis minuman kesehatan ini di rumah saja. Sekarang ini, produk olahan jamu terbukti bisa memberikan keuntungan untuk sebagian besar orang. Modal yang dibutuhkan untuk membuat jamu hanya berkisar antara 1 hingga 2 juta saja, tapi hasil yang akan Anda terima bisa dua kali lebih besar dari modal yang Anda keluarkan.

5. Bisnis Air Galon dan LPG

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini, hampir semua orang menggunakan LPG untuk keperluan memasak. Dengan mencoba bisnis penyedia LPG dan juga pengisian ulang air galon, Anda tidak perlu lagi menyewa tempat usaha atau menyiapkan modal yang terlalu bear. Dengan modal usaha kecil, Anda sudah bisa membuka bisnis LPG dan juga isi ulang air minum galon. Sudah bisa dipastikan bahwa produk yang Anda sediakan akan laku setiap harinya.

6. Bisnis Dropship

Contoh usaha modal kecil yang sekarang ini sudah mulai populer dan belum ada banyak pesaingnya adalah bisnis dropship. Akan tetapi, Anda harus pandai dalam menebak trend dan juga demand yang ada di dalam masyarakat. Dropship ini merupakan sebuah konsep usaha dimana Anda bisa berjualan produk tanpa perlu mempunyai modal. Anda bisa menjual produk yang dimiliki oleh orang lain tanpa perlu menyetok ataupun membeli dulu produk tersebut.

Bisnis yang satu ini memang cukup menarik untuk ditekuni, tapi Anda harus benar-benar memperhatikan dan juga memilih toko yang layak dijadikan sebagai tempat membeli barang. Tapi perlu dipahami, bisnis ini tergolong cukup terbatas peluang serta pasarnya, sehingga tidak cocok untuk dijadikan sebagai bisnis jangka panjang.

7. Bisnis Online

Seperti yang kita ketahui bahwa toko online sebenarnya sudah banyak diminati sejak beberapa tahun belakangan. Akan tetapi, dengan adanya pandemi, justru membuat tren toko online menjadi semakin meningkat. Banyak orang yang beralih untuk berbelanja secara online, baik itu untuk berbelanja ataupun membeli kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, peluang bisnis ini sangat potensial. Terlebih dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

8. Bisnis Cloud Kitchen

Ilustrasi dapur bersama Yummykitchen. yummykitchen.com

Untuk Anda yang tertarik dengan bisnis kuliner, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cloud kitchen. Salah satu konsep usaha yang sedang populer ini memang cukup menarik karena menawarkan sebuah dapur yang bisa digunakan untuk membuat dan menyajikan berbagai makanan untuk kemudian dijual. Hal ini dapat menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum memiliki banyak kompetitor. Anda dapat memaksimalkan waktu dan tidak terlalu banyak mengeluarkan modal. Sekarang ini, bisnis cloud kitchen sudah mulai bekerja sama dengan berbagai jasa pengantaran makanan. Sehingga pastinya akan lebih mudah dalam menjangkau berbagai macam konsumen.

9. Bisnis Reseller

Untuk Anda yang memiliki modal kecil dan terbatas, bisnis reseller bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan membuka bisnis reseller, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya untuk produksi barang ataupun menyewa tempat. Dengan demikian, keuntungan yang dapat diperoleh juga cukup besar bahkan untuk pemula sekalipun.

10. Bisnis Affiliate Marketing

Untuk Anda yang masih awam dan baru masuk ke dunia bisnis online, tentu masih asing dengan istilah yang satu ini. Jadi, bisnis affiliate marketing merupakan salah satu cara untuk memasarkan sebuah produk tertentu yang nantinya akan memperoleh imbalan jasa berupa komisi. Untuk jumlah komisinya yang bisa Anda peroleh sebagai seorang affiliate marketing cukup besar dengan hanya memasarkan atau mempromosikan produk saja.

11. Bisnis Kursus Online

Bagi Anda yang mempunyai skill atau keterampilan khusus dan menyukai public speaking, bisnis kursus online ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan hanya bermodal jaringan internet dan ilmu pengetahuan, Anda sudah bisa menjalankan bisnis tersebut. Apalagi di era pandemi seperti ini, keinginan masyarakat untuk mempelajari berbagai macam ilmu baru semakin meningkat setiap harinya. Anda bisa memulai kursus online ini dengan menggunakan smartphone atau laptop. Jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan materi pelajaran yang menarik sebelum memulai kursus online.

12. Bisnis Jasa Online

[algolia_carousel page=2]

Dengan adanya perkembangan dunia bisnis online yang semakin meningkat. Kebutuhan akan berbagai macam jasa juga semakin meningkat setiap harinya. Mulai dari kebutuhan digital marketing, content writer, designer, dan juga jasa pembuatan website. Bisnis yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda yang mempunyai modal kecil namun memiliki keahlian di bidang digital.

13. Bisnis Waralaba

Salah satu bisnis yang sedang naik daun belakangan ini adalah bisnis waralaba atau franchise. Dengan menggunakan konsep waralaba, Anda tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan sistem bisnis yang cenderung rumit. Dimana Anda hanya perlu mengeluarkan modal awal untuk membeli waralaba dan umumnya sudah termasuk ke dalam berbagai paket usaha, perlengkapan, dan juga bahan untuk produksi.

14. Bisnis Financial Planner

Perkembangan zaman yang semakin maju, membuat sebagian besar orang mulai melek finansial. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai sadar dengan pentingnya pengelolaan keuangan. Salah satu bisnis yang bisa Anda coba adalah financial planner. Jasa penasihat keuangan ini umumnya akan bertugas sebagai pemberi arahan untuk para client dalam mengelola keuangan dan juga investasi supaya sesuai dengan tujuan finansial masing-masing. Untuk Anda yang mempunyai kemampuan dan juga pengetahuan di bidang ini, maka bisnis yang satu ini akan sangat menjanjikan karena tidak membutuhkan modal besar.

15. Bisnis Budidaya

Masyarakat dan juga UMKM seharusnya tak hanya fokus pada usaha umum dan kecil saja. Bisnis budidaya dan pertanian memang tergolong menjadi sebuah bisnis yang tidak terlalu diminati oleh masyarakat pada umumnya. Akan tetapi, apakah Anda menyadari bahwa potensi bisnis budidaya itu lumayan besar? Menurut berbagai riset yang telah dilakukan, mengungkapkan bahwa penelitian pangan di berbagai negara sekarang ini sama-sama sedang memikirkan jangka panjang dari ketahanan pangan di masa depan. Sebab, pangan akan selalu menjadi kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat dunia. Oleh sebab itu, budidaya merupakan salah satu bisnis yang sangat potensial dan cocok untuk dijadikan sebagai bisnis jangka panjang.

Cara Mengembangkan Usaha dengan Modal Kecil

Di bawah ini beberapa cara untuk mengembangkan usaha dengan modal kecil secara tepat. Baik itu usaha rumahan ataupun bisnis dengan skala besar, apabila modal yang dimiliki kecil, maka pastinya akan semakin berat. Selain modal, hal yang cukup penting yang harus dilakukan seorang pengusaha yaitu mental baja yang tidak mudah menyerah. Jangan khawatir, tips di bawah ini dapat Anda terapkan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

1. Pilih Jenis Usaha

Cara pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menentukan usaha yang cocok untuk Anda. Cobalah untuk memilih usaha yang sesuai dengan hobi dan juga hal yang Anda suka. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa berat dan terbebani saat menjalankannya. Apabila hobi yang selama ini Anda lakukan hanya menghabiskan uang, maka Anda bisa mulai merubah hal tersebut agar hobi yang Anda tekuni dapat menghasilkan uang.

Contoh yang paling mudah yaitu apabila Anda memiliki hobi traveling, maka Anda bisa memulai bisnis dengan mendirikan usaha travel, jasa ticketing, fotografer, tour guide, dan lain sebagainya.

2. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar nantinya akan membantu Anda dalam menemukan peluang yang bisa terjadi pada bisnis Anda. Dengan riset pasar, maka Anda akan menemukan apa yang sedang dicari dan juga dibutuhkan masyarakat. Oleh sebab itu, bisnis Anda hadir sebagai salah satu solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat. Selain itu, riset pasar juga akan membantu dalam menentukan siapa yang menjadi kompetitor Anda.

3. Alokasikan Modal Bisnis Secara Tepat

Perlu dipahami bahwa ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengalokasikan modal bisnis. Hal pertama yaitu capital expenses, yang mana modal dipakai untuk membeli bahan baku, perlengkapan bisnis, dan peralatan bisnis. Misalnya saja, jika Anda ingin memulai bisnis laundry, maka Anda bisa membeli mesin cuci, mesin pengering, sabun cuci, dan juga peralatan cuci lainnya.

Kemudian hal kedua yang harus Anda lakukan yaitu operational expenses, yakni pengeluaran operasional yang mencakup biaya sewa gedung, biaya listrik, gaji pegawai, dan lain sebagainya. Dengan alokasi modal yang tepat, maka modal kecil bisa dipakai secara efektif.

Itulah beberapa contoh usaha modal kecil yang belum memiliki banyak kompetitor dan patut untuk Anda coba, baik itu untuk bisnis utama ataupun untuk bisnis sampingan. Semua jenis bisnis ini memang mempunyai peluang suksesnya masing-masing, bergantung dari strategi yang Anda terapkan. Oleh sebab itu, jangan pernah menyerah bila bisnis Anda belum juga berhasil. Cobalah untuk berpikir ulang dan temukan strategi yang tepat untuk masa depan bisnis Anda.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah