in

15 Ide Bisnis Kuliner Serba 1000

Contoh usaha makanan ringan serba 1rb – Bisnis kuliner memang menjadi salah satu bisnis yang paling banyak ditemukan dan terus berkembang. Sebab, produk yang ditawarkan merupakan kebutuhan pangan, sehingga pasti akan ada yang membelinya. Maka itu, bisnis kuliner menjadi bisnis yang bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Bisnis kuliner adalah jenis industri yang menjadi sasaran banyak pebisnis pemula. Selain karena alasan di atas, bisnis kuliner diketahui mudah untuk dijalankan dan juga dikembangkan. Modal untuk membangun bisnis kuliner juga tidak banyak.

Bisnis kuliner juga tidak sulit dalam hal operasional, karena tidak semua bisnis kuliner perlu dimasak sendiri. Ada juga bisnis kuliner yang menjual makanan instan yang bisa dijual dengan lebih praktis. Pilihan lain juga tersedia frozen food yang tahan lama, mudah disimpan, dan mudah dikemas.

Ada berbagai macam bisnis kuliner yang bisa dibuat. Contohnya, bisnis kuliner serba 1000 yang bisa Anda jual secara online, melalui kios kecil, atau dititipkan ke warung. Menjual makanan yang murah akan berpengaruh menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk jualan Anda. Hal ini kemudian menjadi penentu akan besarnya keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

15 Ide Bisnis Kuliner Serba 1000

Sumber: Pexels.com/Dids

https://images.pexels.com/photos/5908470/pexels-photo-5908470.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=400

Apa saja makanan yang bisa dijual di bisnis kuliner serba 1000? Di bawah ini diuraikan sejumlah rekomendasi makanan yang bisa Anda jual dengan harga 1000 rupiah.

1. Gorengan

Siapa yang tak suka gorengan? Selain menawarkan rasa yang enak, makanan yang satu ini juga memiliki tekstur garing yang disukai banyak orang. Masyarakat Indonesia sangat akrab dengan gorengan, karena makanan yang satu ini mudah ditemukan.

Gorengan bisa menjadi menu suguhan untuk berbagai acara, mulai dari untuk lauk makan sendiri, menjamu tamu, rapat dan lain sebagainya. Umumnya, bahan utama gorengan adalah tepung, sehingga tidak membutuhkan banyak modal untuk membuatnya. Maka itu, gorengan bisa dibanderol dengan harga Rp1.000,- per satuannya.

2. Tahu crispy

pixabay.com/Wow_Pho

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan gorengan, tetapi tahu crispy yang satu ini tidak berbentuk satu tahu utuh seukuran yang biasa dijual di gorengan. Varian tahu crispy ini dibentuk dadu kecil dan dibuat super crispy. Anda bisa menambahkan juga berbagai pilihan rasa, seperti keju, balado, jagung bakar, dan lain sebagainya untuk memberikan variasi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Telur gulung

Ide bisnis kuliner serba 1000 berikutnya adalah jajanan legendaris masa sekolah, telur gulung. Bahan utama pembuatan telur gulung hanya telur itu sendiri, garam, dan air, sehingga modalnya tidak banyak. Biasanya, telur gulung juga divariasikan dengan dicampur bihun. Satu tusuk telur gulung bisa dijual dengan harga Rp1000,- saja!

4. Pisang lumer

Camilan berbahan dasar pisang ini menawarkan cita rasa yang manis dan tekstur renyah, sehingga banyak disukai orang. Selain itu, pisang lumer menjadi salah satu camilan yang digemari, karena harganya murah. Maka dari  itu, camilan yang satu ini bisa menjadi ide bisnis serba 1000.

5. Keju aroma

Keju aroma adalah lumpia mini yang diisi dengan keju cheddar. Disebut keju aroma, karena terinspirasi dari pisang aroma. Dengan mengandalkan kedua bahan itu saja, sudah bisa tercipta camilan yang enak. Tentu saja, modal yang dikeluarkan juga hanya sedikit, sehingga bisa dijual dari harga 1000 rupiah.

6. Sempol ayam

Sempol ayam menjadi jajanan kaki lima yang disukai, karena murah dan menawarkan rasa yang enak. Anda bisa membuat sempol ayam dengan bahan-bahan yang sederhana, yakni daging ayam dan tepung kanji saja.

7. Cireng

Cireng menjadi camilan yang banyak disukai oleh masyarakat, karena teksturnya yang garing dan kenyal, juga bisa dikombinasikan dengan beragam isi yang variatif. Cireng bisa dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, yakni hanya dari tepung kanji. Selain dijual matang, Anda juga bisa menjual cireng dalam bentuk frozen food.

8. Pentol tusuk

Jajanan tradisional yang satu ini mirip dengan bakso dan juga sempol, hanya saja kandungan dagingnya lebih sedikit. Maka itu, modal yang dikeluarkan juga lebih sedikit, sehingga bisa menjadi salah satu ide bisnis serba 1000.

9. Makaroni 

Jenis makaroni yang dimaksud adalah makaroni yang tidak mekar. Makaroni bisa disajikan secara basah ataupun garing, dan bisa diberikan variasi rasa seperti pedas, pedas asin, asin, atau pedas manis. Makaroni bisa dijual dalam porsi kecil, sehingga bisa dibanderol dengan harga Rp.1000,-

10. Aneka keripik

Tidak akan salah jika menawarkan makanan yang renyah kepada masyarakat Indonesia. Apapun yang dibuat menjadi renyah, pasti disukai banyak orang. Aneka keripik bisa dibuat dengan bahan dasar apa saja.

Salah satu yang paling disukai dan laris di pasaran adalah keripik kaca atau yang disebut sebagai keripik beling. Tak hanya enak, jenis keripik ini juga mudah dibuat dan modalnya kecil, sehingga banyak dijadikan ide bisnis yang menguntungkan.

11. Lidi-lidian

Jajanan ala masa kecil yang satu ini juga bisa menjadi ide bisnis dengan modal yang minim. Anda hanya memerlukan tepung sagu, tepung terigu, telur, air, dan baking powder untuk membuatnya. Kemudian, Anda bisa membuat variasi dari bumbu yang ditambahkan.

12. Basreng

Basreng atau baso goreng merupakan makanan ringan yang berbahan dasar bakso ikan. Cara membuatnya, yakni bakso dipotong lalu digoreng sampai garing, dan dibumbui. Basreng sendiri menjadi jajanan populer di banyak kalangan, karena kerenyahan dan rasanya bikin ketagihan.

13. Rempeyek

Rempeyek adalah camilan asal daerah Jawa Tengah, Yogyakarta. Rempeyek merupakan gorengan tepung terigu yang dicampur air, membentuk adonan tipis yang diberi bahan pengisi yang khas. Anda bisa menjual aneka macam rempeyek, seperti rempeyek rebon, rempeyek kacang tanah, hingga rempeyek teri.

14. Otak-otak

Camilan yang satu ini dibuat dari olahan daging ikan yang dicampur dengan tepung tapioka. Bahan lain untuk membuat otak-otak juga sederhana, yakni garam, gula, bawang putih, bawang merah  dan lada, sehingga modal membuatnya murah.

Jika repot untuk membuat, Anda juga bisa membeli otak-otak di pasar, kemudian menjualnya dalam satuan. Anda bisa menggoreng otak-otak sampai crispy untuk menjadi variasi, yang kemudian ditambah dengan berbagai bumbu bubuk.

15. Kuaci

Untuk berjualan kuaci, Anda cukup membeli kuaci kemasan yang bisa didapatkan dengan mudah di pasar atau toko camilan kiloan. Camilan manis dan gurih ini menjadi favorit banyak orang, karena menawarkan proses dalam memakannya. Kuaci bisa dikemas ulang dalam porsi yang lebih kecil, sehingga bisa dijual mulai dari harga 1000 rupiah.

Tips Membangun Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner memang menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Walaupun hanya memiliki sedikit modal, bisnis kuliner bisa segera dibangun. Namun, tidak cukup untuk mempersiapkan ide dan modal saja, Anda perlu mempelajari beberapa hal penting dalam membangun bisnis kuliner. Berikut ini akan dijelaskan 9 cara membangun bisnis kuliner yang bisa menjadi panduan bagi Anda.

1. Mematangkan ide bisnis 

Langkah pertama dari membangun bisnis kuliner adalah mematangkan ide atau konsep bisnis yang akan Anda bangun. Sebab, ini akan menjadi fondasi yang mengarahkan Anda untuk melakukan langkah selanjutnya.

Ada berbagai macam pilihan menu kuliner yang disukai konsumen pada masa ini. Apa yang ingin Anda jual? Apakah makanan berat, atau makanan ringan? Atau Anda ingin menjual minuman? Minuman jenis apa yang ingin Anda jual? Bisa minuman sehat, minuman kekinian, atau kopi.

Keunikan, harga, dan nilai produk yang Anda jual perlu dipikirkan dari awal. Maka itu, dalam hal ini, penting untuk melakukan survei lapangan. Cari tau juga dari mana bahan baku bisa didapatkan, cara penyimpanannya, dan berbagai informasi tentang bahan baku tersebut.

Selain itu, tentukan juga konsep pemasaran yang ingin Anda lakukan. Apakah Anda akan mulai berjualan secara online di berbagai platform? Atau ingin secara langsung? Promosinya mau seperti apa ?

Anda perlu memikirkan tempat usaha, mulai dari desain gerobak jualan, booth usaha, atau layout tempat. Selain itu, display etalase dan perlengkapan alat masak juga perlu disiapkan.

2. Mengumpulkan informasi terkait peluang pasar dengan riset dan survei 

Sebelum memulai bisnis, penting untuk melakukan riset pasar atau survei untuk mengetahui peluang dari menu yang akan Anda jual. Caranya, yakni dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang pesaing bisnis yang sama. Cari tau apa kelebihan dan kekurangan dari menu yang dijual kompetitor. Dari informasi itu, kita bisa menemukan peluang apa yang terbuka untuk Anda.

3. Merancang rencana bisnis (business plan) yang jelas

Rencana bisnis yang matang dan rinci menjadi separuh proses dari keberhasilan usaha. Membangun bisnis kuliner dengan modal yang kecil juga memerlukan rencana bisnis atau business plan yang jelas. Rencana bisnis sendiri akan memberikan gambaran tentang perputaran uang bisnis Anda.

Business plan menjadi simulasi bagaimana cara menjalankan bisnis Anda nanti, yang mencakup perputaran uang serta strategi pengembangan. Selain itu, penting untuk membuat business plan supaya Anda memiliki bahan yang akan dipresentasikan ke investor jika Anda membutuhkannya.

Adapun rencana bisnis antara lain mencakup hal-hal berikut.

  • Rencana keuangan: modal usaha dan rincian penggunaannya
  • Menu dan harga jualnya, serta keuntungan yang bisa didapatkan
  • Strategi pemasaran
  • Waktu pelaksanaan
  • Tim kerja (jika dibutuhkan)

4. Memilih tempat yang tepat dan strategis 

Memiliki tempat usaha yang tepat dan strategis menjadi penentu keberhasilan bisnis Anda. Jika Anda memutuskan untuk berjualan secara online, Anda juga perlu memikirkan akses distribusi produk Anda. Begitu juga jika Anda ingin melakukan sistem menitip pada toko, Anda perlu memilih tempat yang tepat.

Anda harus mengamati langsung tempat tersebut, apakah ramai atau tidak? Berapa banyak orang yang melintasi lokasi pengamatan Anda. Pertimbangkan juga bagaimana daya beli masyarakat di sekitar lokasi yang anda pilih, supaya produk Anda bisa terjangkau oleh konsumen.

5. Ciptakan nama bisnis (brand), logo, dan menu

Menciptakan nama bisnis atau merek sangat penting untuk dilakukan, karena ini akan menjadi identitas bisnis Anda. Brand akan menjadi hal pertama yang diingat oleh calon konsumen. Maka itu, Anda perlu menentukan nama bisnis yang unik, catchy, dan mudah diingat.

Ada baiknya juga nama merek bisa menggambarkan menu yang Anda jual. Misalnya, jika nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, maka salah satu kata bisa merupakan kata kunci dari jenis menu yang Anda jual. Sedangkan, kata yang lain adalah nama yang Anda buat. Nama-nama menu juga sebaiknya dibuat seunik mungkin supaya menarik perhatian konsumen.

Jangan lupa juga untuk membuat desain logo bisnis Anda. Desain logo bisnis sebaiknya dibuat semenarik mungkin dan menggambarkan bisnis Anda. Anda bisa membuatnya berupa gambar ataupun tulisan nama bisnis Anda saja.

6. Promosikan bisnis Anda

Memperkenalkan nama bisnis dan menu kuliner yang Anda tawarkan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai secara langsung seperti membuat spanduk atau poster, dan melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook.

Buat konten-konten promosi yang menarik secara rutin, bisa dalam bentuk desain gambar, foto, atau video yang memperlihatkan menu yang Anda tawarkan. Anda juga bisa sekaligus menampilkan harga produknya. Bagikan juga konten-konten promosi itu ke seluruh kerabat Anda.

7. Bentuk tim kerja

Bisnis kuliner bisa berjalan sukses dengan dibantu tim kerja. Anda setidaknya mempunyai satu orang asisten untuk membantu bisnis kuliner Anda. Merekrut 1 sampai 2 orang asisten menjadi salah satu cara untuk menjalankan bisnis kuliner dengan optimal.

Adapun tim kerja tersebut bisa dibagi, misal untuk menjalankan operasional bisnis seperti menyiapkan menu, di bidang keuangan, atau di bidang pemasaran. Ini juga disesuaikan dengan kapasitas Anda sebagai pemilik bisnis.

8. Menyiapkan modal

Modal menjadi hal utama yang menentukan apakah bisnis Anda bisa dibangun. Modal untuk bisnis sendiri sangat bervariasi, tergantung pada rencana bisnis yang sudah Anda rancang. Bisnis kuliner bisa dimulai dari modal ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

9. Mengembangkan bisnis

Sambil berjalan mempersiapkan rencana bisnis dan modal, Anda perlu untuk memikirkan bagaimana cara mengembangkan bisnis kuliner Anda. Tujuannya, supaya Anda bisa menjual lebih banyak produk dan mendapatkan lebih banyak konsumen. Adapun usaha mengembangkan bisnis, bisa dilakukan dengan cara:

  • Menambah menu atau varian produk
  • Merekrut anggota tim baru
  • Memperluas outlet
  • Menambah cabang outlet baru
  • Menambah modal dengan mengajak investor atau rekan bisnis, atau meminjam dari bank

Nah, itu dia Grameds 15 ide bisnis kuliner serba 1000 dan 9 tips membangun bisnis kuliner. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin membangun bisnis kuliner. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang bisnis kuliner, Anda bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://store.sirclo.com/blog/ide-usaha-makanan-serba-1000/
  • https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/usaha-makanan-ringan-serba-1000/
  • https://www.youtap.id/blog/9-cara-memulai-bisnis-kuliner-dengan-modal-kecil

Rekomendasi Buku Terkait

Business Plan Usaha Kuliner Skala UMKM

Business Plan Usaha Kuliner Skala UMKM akan membagikan berbagai ilmu dan pengetahuan seputar wirausaha kuliner, yang bisa langsung dipraktekkan dalam bentuk membangun bisnis kuliner sendiri.

Manfaat dan pengetahuan yang dijelaskan tuntas di buku ini antara lain:

  • Mengenal Jenis-Jenis Usaha Kuliner Skala Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
  • Cara Membuat Business Plan Usaha Restoran atau Cafe
  • Cara Membuat Business Plan Usaha Warung Makan
  • Cara Membuat Business Plan Kuliner Gerobakan
  • Cara Membuat Business Plan Usaha Aneka Kue & Camilan
  • Cara Membuat Business Plan Usaha Katering
  • Contoh-Contoh Business Plan Usaha Kuliner
  • Mengetahui Kebutuhan Perizinan Usaha Kuliner
  • Mengetahui Kebutuhan Modal Usaha dan Mengefisiensikannya
  • Tips & Trik Memilih Lokasi Usaha
  • Tips & Trik Mencari Karyawan untuk Usaha Kuliner
  • Mengetahui Prediksi Untung Rugi Usaha Sebelum Mulai

Peluang Bisnis Kuliner Modal 2 Jutaan, Ide Usaha, Perencanaan, Analisis Dan Strategi Pemasaran

Buku Peluang Bisnis Kuliner Modal 2 Jutaan hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda seputar alasan memilih bisnis kuliner. Bagaimana cara memulai bisnis kuliner dengan modal dua jutaan saja? Bagaimana merencanakan modal dan perputaran keuangan? Apa saja kiat-kiat dan tips sukses bisnis kuliner?

Bagaimana mengatasi hambatan dan kegagalan pada perjalanan membangun bisnis? Apa saja promosi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis kuliner? 25 bisnis kuliner yang menjadi contoh dalam buku ini bersifat mudah, fleksibel, dan tidak terlalu sulit untuk dijalankan oleh siapapun.

Peluang bisnis kuliner akan dijelaskan secara rinci dan disertai dengan analisis bisnis untuk memudahkan Anda merancang bisnis. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai bisnis kuliner idaman Anda.

Hobi Jadi Bisnis

Dalam buku Hobi Jadi Bisnis ini, akan dibahas berbagai tips dan trik untuk mengubah hobi menjadi bisnis. Mulai dari mengenali hobi, kelebihan dan kekurangan membangun bisnis dari hobi, ulasan berbagai hobi yang bisa dijadikan bisnis, mulai dari bisnis toko online, kuliner, desain, crafting, traveling, olahraga, hingga bernyanyi.

Tips dan trik memulai bisnis dari hobi dimulai dari analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat), soal permodalan, dan juga beberapa inspirasi dari pebisnis yang dimulai dari hobi. Buku ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca yang saat ini sedang ingin membangun bisnis dari hobi.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah