in

Ciri-Ciri Giveaway yang Asli Jangan Sampai Tertipu

Blue raffle ticket with the word winner printed on the front of the ticket on a white background.

Salah satu tindak kejahatan cyber adalah penipuan online. Salah satu penipuan online adalah dengan melakukan penipuan melalui giveaway. Banyak sekali yang terkena penipuan melalui giveaway ini karena berpikir akan mendapatkan hadiah yang menarik. Memang banyak giveaway yang diadakan oleh brand-brand atau bahkan artis-artis bahkan tak jarang banyak yang berburu giveaway untuk mendapatkan hadiah. Namun sayangnya moment ini jadi di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah grameds, penting untuk kamu selalu menjaga kewaspadaan, dan mengetahui ciri-ciri giveaway yang asli dan yang merupakan penipuan. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri giveaway yang asli dan yang palsu.

Apa itu Giveaway?

sumber: pexels

Giveaway adalah sebuah strategi pemasaran yang umumnya dilakukan di media sosial dengan memberikan hadiah gratis kepada audiens media sosial. Hadiah itu sendiri sangat beragam dapat berupa produk, layanan, atau bahkan uang tunai maupun elektronik. Untuk memenangkannya, biasanya diberlakukan syarat seperti memberikan likes, comment, dan share postingan giveaway.

Giveaway dapat dikatakan sebagai jenis promosi era sekarang. Dengan mengadakan giveaway artinya kamu ikut mempromosikan suatu hal atau produk.

Ciri Giveaway Yang Asli

sumber: pexels

Sesuai penjelasan diatas, giveaway sama saja dengan memberikan hadiah secara gratis. Nah karena “gratis” ini banyak pihak-pihak yang justru menyalahgunakan kesempatan ini untuk melakukan tindak kejahatan. Nah agar grameds tidak tertipu, maka perlu beberapa hal yang diperhatikan mengenai ciri-ciri giveaway yang asli.

1. Pemenang Tidak Akan Diminta Transfer Uang

Salah satu ciri-ciri penipuan giveaway yang sering dan mudah ditemukan adalah para pemenang diminta untuk melakukan transfer sejumlah uang kepada penyelenggara giveaway. Biasanya pihak yang berpura-pura menjadi penyelenggara giveaway ini akan mengatakan bahwa uang ini akan menjadi biaya administrasi atau biaya ongkos kirim.

Jika grameds mengalami hal ini maka kamu perlu waspada akan penipuan yang berkedok giveaway. Giveaway yang sesungguhnya tidak memungut biaya apapun dari pemenang.

2. Akun Media Sosial Yang Konsisten

Jika kamu mengikuti giveaway dari media sosial Instagram maka kamu bisa melihat nya dari nama akun yang digunakan. Nama akun media sosial seharusnya tidak berubah-ubah dengan cepat tentu penipu mengubah nama instagram agar tidak dapat dicari oleh korban.

Nah grameds bisa melakukan pemeriksaan nama akun dengan memilih opsi About This Account yang berada di ujung kanan atas di halaman Instagram yang kamu curigai.

3. Terlihat Kolom Komentar di Media Sosial

Selain nama akun media sosial yang berganti-ganti, kamu bisa melihat apakah kolom komentar pada akun media sosialnya dinonaktifkan atau diaktifkan. Pasalnya kolom komentar ini akan menjadi bukti apakah pihak penyelenggara melakukan giveaway asli atau penipuan. Jika asli biasanya akan banyak komentar positif dan jika penipuan maka akan ada banyak komentar negatif.

4. Giveaway Diadakan Oleh Pihak yang Dapat Dipercaya

Grameds ketika kamu ingin ikut giveaway tentu hal yang pertama dilihat adalah pihak mana yang mengadakannya. Biasanya giveaway diselenggarakan oleh pihak yang terpercaya seperti brand makanan, makeup, skincare, baju. Selain brand biasanya para artis juga melakukan giveaway yang bertujuan untuk menaikkan promosi dirinya.

Perlu kamu waspadai jika kamu tidak mengetahui detail siapa yang menyelenggarakannya karena bisa jadi ini merupakan penipuan. Bahkan tak jarang juga banyak yang melakukan penipuan menggunakan nama-nama pihak penyelenggara yang asli.

5. Tidak Perlu Mengisi Data Diri Secara Mendetail

Ketika kamu terpilih menjadi pemenang giveaway biasanya kamu akan di kontrak dengan pihak penyelenggara. Biasanya kamu akan diminta konfirmasi apakah kamu orang yang sesuai dengan yang diumumkan. Biasanya penyelenggara akan meminta data pribadi yang diperlukan seperti nama, alamat jika hadiah berupa barang atau nomor rekening jika hadiah berupa uang tunai.

Namun jika pihak penyelenggara meminta kamu untuk mengisi data pribadi yang sifatnya rahasia kamu patut curiga. Data pribadi yang sifatnya rahasia ini bisa nama lengkap, tanggal lahir, alamat kartu identitas, foto dan nomor rekening bahkan nama ibu kandung. Ini bisa dikatakan pencurian data pribadi jika kamu memberikan semua yang pihak penipu inginkan.

6. Syarat yang Masuk Akal

Giveaway yang asli tentu memiliki syarat-syarat yang harus dilakukan peserta untuk bisa mendapatkan hadiah. Namun terkadang syarat-syarat yang diberikan pihak terkait terlihat tidak masuk akal seperti hanya mengikuti akun, membagikan unggahan dan menandai akun, memberikan komentar dan tag beberapa teman. Syarat yang masuk akal ini bisa dilihat seperti untuk barang-barang produk ada minimal pembelanjaan atau mengisi kupon.

Jenis-Jenis Giveaway

Grameds, giveaway sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu,

1. Self Giveaway

Self Giveaway merupakan giveaway yang dilakukan secara independen oleh satu pihak, baik itu brand atau content creator. Jadi pihak penyelenggara akan membuat dan menentukan sendiri konten promosi, syarat, ketentuan dan hadiah yang akan diberikan.

Biasanya syarat yang diberikan sesuai dengan tujuan diadakannya giveaway itu sendiri seperti jika untuk meningkatkan interaksi atau engagement maka syaratnya bisa berkomentar di postingan, like, share dan lain-lain. Bisa juga penyelenggara melakukan challenge yang akan dilakukan nantinya oleh peserta. Giveaway ini dilakukan oleh pihak yang sudah memiliki customer atau audiens yang besar.

2. Giveaway Sponsor

Sesuai dengan namanya, giveaway ini dilakukan oleh satu pihak yang disupport oleh pihak lain. Pihak yang melakukan giveaway dinamakan host. Host ini memiliki tugas untuk membuat konten promosi, menentukan syarat dan ketentuan, dan juga nantinya yang akan mengumumkan pemenang giveaway. Biasanya giveaway akan melibatkan brand besar sehingga hadiah nya juga beragam. Karena minat audiens yang mengikuti giveaway ini sangat beragam maka giveaway ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha dan ingin meningkatkan brand awareness.

Ciri-Ciri Penipuan Giveaway Melalui Instagram

Grameds, media sosial instagram kerap kali jadi alat untuk melakukan penipuan melalui giveaway karena syarat yang mudah dan hadiah yang menarik maka banyak orang juga yang akan tertarik. Nah grameds, berikut ini beberapa ciri-ciri penipuan giveaway melalui Instagram.

1. Mengirimkan DM dengan Tiba-Tiba

Ciri-ciri penipuan melalui giveaway di Instagram yang pertama adalah dengan DM atau Direct Message. DM adalah pesan yang dikirim secara pribadi di akun Instagram dan bersifat privasi. Para pelaku penipuan akan mengirimkan chat melalui DM secara tiba-tiba dan mengatakan bahwa kamu memenangkan hadiah padahal kamu sendiri tidak pernah merasa mengikuti giveaway atau lomba apapun. Jika hal ini terjadi maka kamu harus berhati-hati bila perlu langsung block akun Instagram dan jangan memencet link apapun yang diberikan oleh oknum tersebut.

2. Memiliki Testimoni Palsu dan Mencurigakan

Selanjutnya adalah testimoni palsu dan mencurigakan. Penipuan yang dilakukan di Instagram pasti akan memiliki testimoni hal ini agar banyak orang semakin tertarik mengikuti giveaway. Jika penyelenggara adalah toko online yang resmi maka dia akan mengupload testimoni dari pembeli. Nah kamu bisa lihat apakah testimoni ini dilakukan oleh akun palsu atau akun nyata. Jika dilakukan oleh akun palsu maka kamu harus waspada.

3. Memiliki Followers Palsu

Grameds, biasanya followers akan dilihat apakah banyak yang mengikuti atau sedikit yang mengikuti. Nah jika kamu mengecek followers mereka dan hanya ada akun bodong yang sengaja dibuat untuk menambah jumlah followers maka kamu harus lebih waspada.

Cara Membuat Giveaway yang Menarik

Grameds dalam menentukan giveaway perlu ada kreativitas agar para peserta lebih tertarik dan ingin mengikuti giveaway. Nah bagi grameds yang memiliki usaha dan ingin membuat giveaway maka kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini

1. Menentukan Tujuan Giveaway

Langkah pertama adalah dengan menentukan tujuan kamu mengadakan giveaway. Apakah kamu ingin menambah followers, meningkatkan penjualan produk, atau ingin berinteraksi dengan pelanggan.

2. Memilih Hadiah Giveaway yang Pas

Hal kedua yang dapat dilakukan adalah memilih hadiah sesuai dengan tujuan giveaway yang sebelumnya. Jika kamu ingin meningkatkan leads maka kamu bisa membagikan hadiah dari produk kamu sendiri. Jika peserta giveaway banyak maka produk kamu memang sedang diinginkan banyak orang. Dengan adanya giveaway maka kamu membuka kesempatan kepada peserta untuk menggunakan produk kamu dan berpotensi untuk membeli kembali.

3. Menentukan Syarat Giveaway

Jika semakin sedikit syarat dan semakin banyak hadiah bisa meningkatkan potensi peserta yang ikut. Syarat-syarat yang bisa dilakukan untuk tujuan engagement maka kamu bisa membuat syarat follow, like, share dan comment di postingan terbaru untuk menaikan interaksi setiap peserta giveaway.

4. Menggunakan Hashtag

Dengan adanya hastag ini akan membantu mengkategorikan suatu konten. Jadi setiap peserta giveaway akan dengan mudah menemukan produk atau postingan. Dengan menggunakan hastag juga akan membantu menunjukkan brand atau kampanye promo yang sedang berjalan. Maka penggunaan hastag ini sangat penting dan cukup efektif.

5. Mengumumkan Pemenang Giveaway

Pada setiap akhir acara giveaway sangat penting untuk penyelenggara mengumumkan giveaway. Kamu bisa mengumjmkaj melalui website resmi, atau media sosial resmi milik akun bisnis kamu. Hal ini berguna untuk menghindari adanya penipuan dari pihak lain. Setelah melakukan pengumuman resmi segeralah untuk menghubungi para pemenang agar tidak ada pihak lain yang juga ikut menghubungi dan mengatasnamakan brand

Penutup

Nah Grameds, itu dia adalah Ciri-ciri giveaway yang asli. Giveaway ini sebenarnya memiliki tujuan yang positif baik untuk pihak penyelenggara maupun pesertanya. Namun seringkali moment giveaway ini disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan melakukan penipuan. Jangan sampai kamu grameds terkena penipuan maka dari itu kamu harus bisa mengenali ciri-ciri giveaway yang asli

Semua rekomendasi buku yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Gramedia senantiasa menjadi #SahabataTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Devina

 

Rekomendasi Buku Terkait

150 Brand Awareness Ideas : Metode Sukses dan Praktis Membangun Kesadaran Merek

150 Brand Awareness Ideas

button cek gramedia com

Melalui analisis lokapasar dan kajian pustaka, penulis menjabarkan strategi efektif sekaligus praktis dalam membangun kesadaran merek (brand) di tengah persaingan bisnis yang begitu kompetitif di era serba cepat ini. Anda juga akan belajar bahwa marketing adalah kunci utama dalam pengenalan merek suatu produk kepada calon pelanggan. Maka dari itu, keunggulan suatu merek bagi perusahaan adalah hal penting yang mesti dikedepankan. Melalui strategi pemasaran dan pemerekan yang tepat di dalam buku ini, Anda dapat menerapkan setiap 150 ide dalam mewujudkan kesadaran merek ke seluruh lapisan konsumen secara online maupun offline. Sehingga, Anda dapat memanen keuntungan dari ceruk pasar yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Salam sukses!

Pemasaran Strategik

Pemasaran Strategik

button cek gramedia com

Para ahli manajemen strategi sepakat bahwa perusahaan perlu memiliki satu atau lebih keunggulan kompetitif untuk masuk ke dalam persaingan bisnis, karena keunggulan tersebut akan menghasilkan kinerja bisnis yang tinggi bagi perusahaan. Dalam kajian lain, menciptakan keunggulan bersaing merupakan sesuatu yang harus dilakukan perusahaan untuk bisa menjadi pemimpin pasar. Dalam mengembangkan bauran pemasaran produk, baik jasa maupun barang, pemasar harus mempertimbangkan apa yang benar benar diinginkan pelanggan saat membeli produk. Setelah itu, barulah pemasar dapat merencanakan strategi pemasarannya secara efektif. Setiap produk merupakan paket nilai yang memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Baik barang ataupun jasa, pelanggan memperoleh nilai dari berbagai manfaat dan fitur yang diberikan oleh suatu produk. Fitur produk merupakan kualitas, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, yang dibangun perusahaan ke dalam produknya. Untuk menarik minat pembeli, fitur-fitur ini harus menyediakan manfaat. Saat ini, pelanggan menganggap produk sebagai kumpulan atribut, manfaat, dan fitur yang oleh pemasar disebut sebagai paket nilai. Pembeli semakin berharap memperoleh produk dengan nilai yang lebih tinggi (dengan manfaat dan fitur yang lebih banyak pada harga yang wajar), sehingga perusahaan harus terus bersaing dalam menampilkan paket nilai yang lebih tinggi.

Marketing Di Era 5.0 : Transformasi Teknologi Digital

Marketing Di Era 5.0 : Transformasi Teknologi Digital

button cek gramedia com

Revolusi industri menjadi titik peralihan atas lompatan yang begitu besar dalam kehidupan umat manusia. Tatanan kehidupan manusia saat ini betul-betul berubah drastis dari semula yang serba fisik, kini serba mesin bahkan serba maya. Seiring dengan perkembangan teknologi. dunia marketing pun turut mengikuti. Dari door to door, word of mouth, hingga menggunakan internet (situs web, media sosial, Facebook Ads, dan lain-lain). Artificial intelligence kini justru memudahkan kita mencari sesuatu yang sesuai personalisasi bagi si pengguna, lalu memudahkan pencarian calon pelanggan yang tepat bagi para pemasar. Kehadiran internet membawa seluruh penduduk bumi masuk ke era digital. Bagi penduduk urban era ini adalah suatu keniscayaan yang hampir mustahil bisa dihindari. Hanya kelompok masyarakat tertentu saja yang tidak terpapar oleh internet dan digitalisasi. Berbagai macam kecanggihan itu kini juga telah turut memperluas spektrum dunia marketing atau pemasaran. Metode pemasarannya pun bermacam macam pula. Melalui buku ini, Anda akan dibawa menjelajahi pemahaman betapa kehadiran teknologi tak sepenuhnya buruk dan menakutkan. Jika kita bijak, mampu beradaptasi dengannya, dan mampu memanfaatkannya dengan baik, tentu kehadiran teknologi mempermudah urusan manusia, terutama di dunia pemasaran.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 57 / 63
  • Tidak
    9% 9% 6 / 63


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M