in

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan dan Cara Membuat yang Baik

unsplash.com

Surat Pernyataan Kesanggupan – Surat pernyataan adalah surat yang berisi mengenai pernyataan akan kesanggupan, kesepakatan, kesediaan serta lainnya yang memiliki kaitan dengan hal-hal tertentu. Surat pernyataan kesanggupan, dibuat untuk menyatakan kesanggupan secara tertulis.

Tujuannya adalah agar surat tersebut dapat menjadi bentuk penegasan, bahwa seseorang telah maupun belum pernah melakukan sesuatu hal. Umumnya, surat pernyataan kesanggupan ini digunakan untuk kepentingan urusan profesi, menikah, hingga melamar pekerjaan. Lalu, bagaimana bentuk, contoh dan cara membuat surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar? Simak artikel ini hingga akhir ya!

Pengertian dan Fungsi Surat Pernyataan Kesanggupan

Sebelum beralih ke cara membuat dan contoh dari surat pernyataan kesanggupan, adda baiknya apabila Grameds mengetahui apa sih sebenarnya surat pernyataan kesanggupan tersebut? Serta apa fungsi dari surat pernyataan kesanggupan?

Surat pernyataan kesanggupan ialah sebuah dokumen yang dapat menunjukan kesediaan dari seorang individu maupun kelompok untuk melaksanakan maupun menjalankan hal-hal tertenu yang telah disepakati oleh pihak-pihak tertentu.

Surat Pernyataan Kesanggupan
unsplash.com

Secara umum, surat kesanggupan ini dapat dimanfaatkan untuk menyatakan kesanggupan dalam membayar hutang, melangsungkan ikatan dinas hingga tidak menggunakan obat-obat terlarang dan keperluan-keperluan lainnya.

[algolia_carousel]

Ketika akan membuat surat pernyataan kesanggupan membayar, maka format penulisan yang dipakai ialah format penulisan formal dengan menggunakan bahsa Indonesia maupun bahasa lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Di samping itu, surat pernuataan kesanggupan pun haruslah berisi mengenai data pribadi dari pihak yang akan menyatakan kesanggupannya.

Hal bertujuan agar pihak yang menyatakan kesanggupan dapat menegaskan, bahwa ada jaminan atas legalitas dari surat pernyataan kesanggupan lazim yang telah diberi tanda tangan di atas materai.

Lalu, apa fungsi dari surat ini?

Surat pernyataan kesanggupan berfungsi sebagai perantara untuk dapat mengikat maupun memastikan bahwa suatu kelompok atau seorang individu sanggup melaksanakan apa yang tertulis dalam perjanjian sesuai dengan kesepakatan. Umumnya, surat pernyataan kesanggupan ini terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya ialah sebagai berikut.

  1. Surat pernyataan kesanggupan untuk kebutuhan sehari-hari, contohnya seperti melamat pekerjaan, menjamin benda-benda tertentu hingga untuk membayar hutang.
  2. Surat pernyataan kesanggupan untuk kebutuhan dinas, contohnya surat ikatan dinas maupun penempatan kerja.
  3. Surat pernyataan kesanggupan yang memiliki fungsi untuk keperluan lembaga. Contohnya seperti surat pernyataan keluarga miskin hingga surat pernyataan belum menikah dan lain sebagainya.

Komponen-Komponen Penyusun

Dalam surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar, terdapat beberapa komponen di dalamnya. Ketika ingin membuat surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar, maka dalam surat tersebut haruslah mencakup beberapa komponen penting. Berikut adalah beberapa komponen penting yang harus ada dalam surat pernyataan kesanggupan.

  1. Adanya komponen maksud dan tujuan dari pernyataan yang ditulis. Komponen maksud dan tujuan tersebut, haruslah ditulis dengan tegas dan benar termasuk dalam judul dari surat pernyataan kesanggupan.
  2. Karena bersifat surat resmi, maka dalam surat pernyataan kesanggupan tersebut harus hadir komponen dengan detail-detail kecil. Contohnya seperti penulisan tanda basa hingga penerapan tata bahasa yang baik dan benar.
  3. Ketika menulis surat pernyataan kesanggupan, sebaiknya penulis menghindari salah ketik atau typo, terutama ketika menuliskan nama. Oleh karena itu, sebelum membubuhkan tanda tangan di atas materai, sebaiknya melakukan pengecekan dua kali mengenai tata bahasa dalam surat pernyataan kesanggupan.
  4. Kalimat dalam surat pernyataan kesanggupan harus disusun dengan jelas serta lugas. Maksud atau tujuan dalam surat pernyataan kesanggupan tidak boleh ditulis bertele-tele, karena maksud utama yang akan disampaikan justru kabur atau dapat menimbulkan salah persepsi.

Apabila suatu surat pernyataan kesanggupan memenuhi keempat komponen tersebut, maka dapat dikatakan bahwa surat pernyataan kesanggupan tersebut adalah surat yang baik dan benar.

Cara Membuat dan Menyusun

Ketika akan membuat surat pernyataan kesanggupan, sebaiknya surat tersebut diketik dengan format pengetikan yang formal. Meskipun tidak ada aturan baku mengenai penulisan, akan tetapi surat pernyataan kesanggupan akan lebih rapi ketika diketik dibandingkan dengan ditulis tangan.

Selain itu, perhatikan pula empat komponen yang harus ada dalam surat pernyataan kesanggupan. Selain komponen-komponen surat pernyataan kesanggupan, ada pula format surat pernyataan kesanggupan yang dapat mempermudah pembuatan surat formal tersebut.

Dalam membuat surat pernyataan kesanggupan, maka yang terpenting ialah mencantumkan judul dan isi yang jelas. Selain judul dan isi, berikut adalah format dari surat pernyataan kesanggupan.

  1. Judul dari surat pernyataan kesanggupan, berada di tengah dan menjelaskan mengenai isi dari maksud dan tujuan surat tersebut.
  2. Identitas dari pembuat surat pernyataan kesanggupan, terdiri dari nama, tanggal lahir, alamat dan nomor telepon yang masih aktif.
  3. Isi dari pernyataan surat.
  4. Penutup.
  5. Mencantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat pernyataan kesanggupan.
  6. Nama yang jelas tanpa typo serta tanda tangan dari pembuat surat pernyataan kesanggupan yang dilengkapi dengan materai.

Itulah cara untuk membuat surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar. Sesuai dengan format surat, dan komponen yang harus ada dalam surat tersebut.

Dalam membuat surat pernyataan kesanggupan, komponen terpenting adalah memerhatikan penulisan formal yang baik dan benar. Agar dapat membuat surat pernyataan kesanggupan yang baik, Grameds bisa membaca dan mengikuti pedoman penulisan untuk surat formal melalui buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Buku ini terdiri dari empat bab mengenai penulisan, unsur serapan, tanda baca, penulisan kata disertai contoh agar dapat menulis surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar. Buku PUEBI ini, dapat Grameds beli hanya di Gramedia.com jadi tunggu apa lagi? Beli sekarang sebelum kehabisan!

Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh Penulisan dan Struktur

Agar lebih memahami cara membuat surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar, berikut adalah contoh dari surat pernyataan kesanggupan yang ditulis dengan baik dan benar sesuai dengan komponen serta format yang baik.

A. Contoh Surat Pernyataan Kerja

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN KERJA

Melalui surat pernyataan kesanggupan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama                       :
NIK                           :
Nomor Telepon         :
Alamat                      :

Menyatakan kepada,

Nama                        :
NIK                            :
Nomor Telepon          :
Alamat                       :

Melalui ini, saya menyatakan kesediaan diri untuk:

  1. Tidak berstatus menikah, selama masa pelatihan belum mencapai lebih dari dua (2) tahun.
  2. Telah memberikan persetujuan atas penempatan kerja, di wilayah manapun.
  3. Selama mengikuti masa pelatihan, saya tidak akan menjalin kontrak kerja dengan perusaan lainnya, kecuali di (sebutkan nama perusahaan).
  4. Tidak akan melanggar peraturan perusahaan maupun hukum negara yang berlaku.
  5. Datang serta disiplin tepat waktu sesuai dengan target yang ditetapkan oleh perusahaan.
  6. Mengikuti petunjuk maupun arahan selama bekerja di perusahaan.
  7. Tidak akan melakukan pembatan kontrak secara mendadak, selama proses pelatihan berlangsung.

Dengan pernyataan di atas, maka saya siap untuk menjalani berbagai konsekuensi apabila tidak sesuai dengan kesediaan yang telah saya tulis.

Demikian surat pernyataan kerja ini saya tulis, sesuai dengan kesadaran serta tanpa adanya paksaan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

(Tempat), (tanggal) (bulan) (tahun)
(Nama pembuat surat)
(Tanda tangan di atas materai)

B. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

[algolia_carousel page=2]

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                       :
Jabatan                    :
Perusahaan              :
Alamat                      :
Nomor Telepon         :

Dengan ini, menyatakan bahwa saya sanggup untuk mengikuti pelatihan kepenulisan yang berada di Jakarta selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 10 sd 24 Desember 2021. Selema mengikuti pelatihan kepenulisan tersebut, saya bersedia untuk mematuhi selutuh tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia.

Jika saya tidak mengikuti pelatihan kepenulisan selama 14 hari penuh serta melakukan pelanggaran pada peraturan maupun tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitian, maka saya bersedia untuk menerima sanksi.

Demikian, surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dalam keadaan sadar serta tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

(Tempat), (tanggal) (bulan) (tahun)
(Nama pembuat surat)
(Tanda tangan di atas materai)

C. Contoh Surat Pernyataan Diri

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                         :
NIK                             :
Nomor Telepon           :
Alamat                        :

Dengan ini saya menyatakan bahwa,

  1. Saya tidak pernah terlibat dalam penggunaan narkotikan maupun zat-zat adiktif lainnya yang dibuktikan dengan surat tes hasil uji laboratorium yang terlampir.
  2. Saya tidak pernah terlibat dalam kegiatan menyebarluaskan, memasarkan maupun menggunakan narkotika.
  3. Saya tidak pernah terlibat dalam aktivitas partai politik, baik sebagai anggota maupun pengurusa dari partai politik.
  4. Saya tidak pernah terlibat kejahatan dalam bentuk apapun yang dibuktikan dengan surat berkelakuan baik pada terlampir.

Demikin surat pernyataan diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dengan sadar dan tanpa paksaan sebagai pernyaratan untuk mengikuti tes masuk sekolah kepolisian.

Saya bersedia menerima konsekuensi hukum, jika pernyataan diri ini di kemudian hari terdapat kesalahan atau kebohongan.

(Tempat), (tanggal) (bulan) (tahun)
(Nama pembuat surat)
(Tanda tangan di atas materai)

D. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Hutang

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR HUTANG

Melalui perantara surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         :
NIK                             :
Nomor Telepon           :
Alamat                        :

Menyatakan kepada,

Nama                         :
NIK                             :
Nomor Telepon           :
Alamat                        :

Apabila saya siap untuk membayar hingga lunas seluruh kekurangan hutang ke Bapak/ Ibu (nama) yang identitasnya telah tertera di atas. Adapun, jumlah dari hutang yang harus saya lunasi ialah mencapai Rp1.000.000 (angka), satu juta rupiah (huruf) dan saya bersedia untuk membayar hutang tersebut selambat-lambatnya pada (tanggal, bulan dan tahun).

Jika saya tidak datang pada tanggal sesuai dengan kesepakatan di atas, maka dapat diartikan bahwa saya tidak dapat membayar hutang tersebut. Oleh karena itu, saya siap disampaikan kepada pihak berwajib serta dituntut di depan pengadilan.

Dengan demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dengan sebenar-benarnya pada kondisi yang sadar serta tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

(Tempat), (tanggal) (bulan) (tahun)
(Nama pembuat surat)
(Tanda tangan di atas materai)

F. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Cicilan

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR CICILAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         :
NIK                             :
Nomor Telepon        :
Alamat                        :

Mengatakan kepada,

Nama                         :
NIK                             :
Nomor Telepon        :
Alamat                        :

Saya telah membeli sebuah rumah yang berada di lokasi (alamat lokasi properti) secara kredit yang diadakan oleh (nama developer).

Saya mengatakan, apabila saya mampu serta siap untuk membayar cicilan pada setiap (tanggal membayar cicilan yang telah disetujui) sepanjang masa (sebutkan masa tenor) dengan besaran cicilan (nilai cicilannya).

Apabila saya tidak sanggup untuk membayar cicilan bulanan dengan tepat waktu, maka saya siap untuk dituntut dan mempertanggung jawabkannya sesuai dengan ketentuan yang berjalan di (nama developer).

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat secara sadar, sehat dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

(Tempat), (tanggal) (bulan) (tahun)
(Nama pembuat surat)
(Tanda tangan di atas materai)

G. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar Ganti Rugi

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR GANTI RUGI

Berkaitan dengan syarat dan kewajiban sebagai penyewa rumah, saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         :
NIK                             :
Usia                            :
Nomor Telepon           :
Alamat                        :

Saya bersedia untuk membayar biaya ganti rugi sejumlah Rp 100.000 pada saudara (nama) sebagai pemilih rumah. Apabila secara sepihak di masa mendatang saya menggagalkan sewan rumah yang telah dijanjikan pada 2 Agustus 2009 dengan periode sewa tiga tahun.

Apabila saya melanggar isi surat ini, maka saya siap untuk dituntut secara hukum.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat secara sadar dan sehat tanpa adanya pemaksaaan apapun.

(Tempat), (tanggal) (bulan) (tahun)
(Nama pembuat surat)
(Tanda tangan di atas materai)

Itulah penjelasan mengenai surat pernyataan kesanggupan disertai dengan contoh-contoh dari surat pernyataan kesanggupan sesuai dengan fungsi, maksud dan tujuan dari setiap surat pernyataan kesanggupan tersebut.

Apabila Grameds belum memahami cara membuat surat pernyataan kesanggupan, atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai surat-surat formal lainnya seperti surat-surat pernyataan lain, Grameds bisa mengulik lebih dalam dengan membaca buku-buku yang tersedia di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan beragam buku dengan topik bermacam-macam. Buku-buku yang ada di Gramedia dijamin original dan berkualitas. Selain itu, Grameds bisa membeli buku-buku tersebut secara online atau offline dengan mendatangi gerai Gramedia terdekat di kota mu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli dan dapatkan bukunya sekarang juga!

BACA JUGA:

  1. 15 Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama dari Berbagai Bidang Bisnis 
  2. Pengertian Hukum Perdata dan Contoh Hukum Perdata 
  3. Fidusia: Pengertian, Sertifikat Jaminan, Hak Eksekusi, dan Prinsip
  4. Pengerian Joint Venture: Contoh, Jenis, dan Manfaatnya
  5. Partnership: Pengertian, Jenis, dan Ciri-Ciri 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda