in

10 Ide Usaha Jualan yang Laris Setiap Hari

Jualan yang laku setiap hari – Ada kalanya kita berpikir untuk memulai usaha jualan untuk mendapatkan penghasilan. Namun, kebanyakan yang mau memulai usaha jualan pasti akan mempertanyakan “usaha jualan apa ya?”

Bidang kuliner serta jasa merupakan pilihan yang bisa dijadikan sebagai ide untuk membuka usaha. Karena keuntungan dari bidang ini bisa didapatkan secara harian. Ada banyak pilihan untuk memulai usaha di bidang tersebut seperti menjual makanan ringan, makanan berat, menjual bahan makanan hingga jasa kirim barang.

Artikel ini akan memberikan penjelasan  yang perlu diketahui terkait dengan ide usaha jualan yang laris dan menguntungkan. Dimana akan dijelaskan ide usaha Jualan apa saja serta tips memilih usaha jualan yang tepat. Selamat membaca!

Ide Usaha Jualan yang Bisa Laris Dan Menguntungkan

Berikut beberapa ide usaha jualan yang bisa laris setiap hari dan mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan, antara lain:

1. Warung Nasi

Seperti kita ketahui makanan merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dan wajib untuk dipenuhi, ini bisa menjadi sebuah ide untuk membuka usaha dan kemungkinan untuk laris setiap hari cukup tinggi.

Banyak orang yang terkadang tidak sempat untuk mengolah makanannya sendiri, sehingga kemungkinan membuka tempat makan sebuah peluang yang besar. Membuka usaha warung nasi merupakan solusi bagi mereka yang memiliki kesibukan ataupun yang sedang tidak ingin memasak.

Warung nasi terlihat lebih sederhana dari menu makanan rumahan yang biasa disajikan serta harga yang dibanderol lebih terjangkau daripada restoran. Hal wajib yang harus dimiliki pada saat membangun usaha ini adalah memiliki keterampilan dalam memasak. Kualitas makanan yang yang baik dan terjaga, menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan tetap ataupun mendapatkan pelanggan baru.

Untuk membuka usaha warung nasi tentunya harus mencoba berbagai variasi hidangan agar bisa menyajikan menu yang beraneka ragam. Untuk memulai usaha jualan ini bisa dilakukan di rumah, dan tidak perlu menyewa tempat.

Dalam usaha rumah makan ini mungkin akan terlihat lebih bekerja keras, dikarenakan harus menyiapkan semuanya sendiri dari pagi seperti membeli bahan-bahan, lalu memasak, serta menyiapkan tenaga kerja yang memadai untuk membantu menjalankan usaha warung nasi ini.

2. Sembako

Selain makanan, sembako merupakan usaha yang bisa laris setiap hari. Ini dikarenakan semua orang pasti membutuhkan bahan-bahan sembako untuk kebutuhan sehari-hari. Usaha ini tentunya cukup menggiurkan apabila membangun usaha ini di area pemukiman yang padat penduduk dan sudah memiliki banyak pelanggan tetap.

Usaha yang dipilih tidaklah selalu harus membuka toko yang besar, mulai dari warung kecil, minimarket, hingga toko kelontong bisa membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Tips agar bisa mendapatkan banyak pelanggan yaitu dengan menyediakan bahan sembako yang lengkap. Agar usaha jualan sembako bisa laris terus setiap hari kuncinya ada pada pengelolaan stok barang dagangan yang baik agar tidak mengalami kerugian.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Mungkin bisa sedikit berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital yaitu menjual sembako secara online atau melayani pesan antar. Nantinya bisa menetapkan biaya ongkos kirimnya atau bisa gratis ongkir dengan minimal pembelian. Langkah-langkah ini bisa menjadi cara agar usaha jualan sembako bisa berjalan dengan baik.

3. Bahan Makanan

Usaha di bidang makanan sebenarnya terlihat menggiurkan, ini dikarenakan semua orang membutuhkan makanan yang sehat yang harus dipenuhi setiap hari untuk kebutuhan yang utama. Dengan begitu tentunya semua orang setiap hari pasti membutuhkan bahan makanan seperti daging, sayuran, hingga bumbu dapur. Membuka  usaha jual bahan makanan bisa menjadi peluang untuk mendapatkan pelanggan serta keuntungan.

Membangun usaha ini bisa dengan membuka warung kecil atau dengan menjadi tukang sayur keliling menggunakan gerobak. Jika mau menjalankan usaha ini tentunya harus siap selalu bangun lebih pagi. Karena dengan begitu bisa mencari dan mendapatkan bahan-bahan yang masih segar setiap hari, dan biasanya untuk mendapatkanya belanja di pasar pada tengah malam, sehingga ketika pagi datang sudah bisa dijual ke pelanggan.

Apabila bangun kesiangan kemungkinan yang terjadi akan kesulitan untuk mendapatkan bahan yang segar. Usaha jual bahan makanan yang kemungkinan akan laris setiap hari memiliki resiko juga. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menjalankan usaha ini secara bertahap.

Dimana bisa dimulai dengan menjual beberapa bahan makanan tetapi cukup lengkap, jika pelanggan sudah mulai bertambah dan menjadi pelanggan tetap bisa ditambahkan lagi bahan makanan yang dijual. Sementara apabila bahan makanan tergolong mahal, bisa menerima pesanan terlebih dahulu.

4. Perlengkapan Hewan Peliharaan

Pada saat ini pemilik hewan peliharaan semakin meningkat. Ini bisa menjadi peluang usaha yang dapat dimanfaatkan agar bisa laris setiap hari dan mendapatkan keuntungan. Dimana dengan menjual beberapa makanan sampai dengan kebutuhan hewan peliharaan lainnya.

Untuk memulai usaha ini, diharapkan untuk memfokuskan kepada hewan peliharaan terlebih dahulu. Seperti menyediakan dan menjual beberapa perlengkapan untuk kucing, anjing, burung, ikan, sampai dengan hamster.

Selain makanan bisa menyediakan berbagai kebutuhan lainnya seperti tempat tidur, mainan, alat kebersihannya hingga keranjangnya. Semakin lengkap perlengkapannya akan semakin baik, hanya saja tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit juga.

5. Pulsa dan Pembayaran Tagihan

Usaha yang kemungkinan akan laris setiap hari adalah dengan berjualan pulsa dan paket data. Pada saat ini semua orang menggunakan ponsel sebagai alat untuk berkomunikasi, dan tentu saja membutuhkan pulsa dan paket data. Meskipun pada saat ini sudah bisa membeli lewat online, namun tetap menjadi peluang besar untuk membuka usaha yang mendapatkan keuntungan dan laris setiap hari. Usaha ini bisa diterapkan jika berada di kota yang cukup kecil atau kawasan pedesaan.

Untuk membangun usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, tidak harus menyewa tempat untuk membuka toko, melainkan bisa dimulai dengan berjualan pulsa di rumah. Dimana pada saat ini juga bisa dijalankan secara online.

Para pelanggan bisa menghubungi melalui pesan singkat dan pada saat itu mengirimkan pulsa kepada customer, namun tentunya langkah ini bisa memiliki resiko, jadi selalu berhati-hati dan menerapkan cara tersebut ketika sudah memiliki pelanggan tetap.

Selain menjual pulsa dan paket data, bisa juga melayani untuk pembayaran berbagai tagihan seperti tagihan listrik, tagihan air, dan lain-lain.Tidak lupa untuk menjual token listrik yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat pada saat ini. Usaha ini memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan keuntungan dan berjalan dengan baik selama dalam menjalankan usaha tidak ada yang berhutang.

6. Menu Sarapan

Ketika mau menjalankan usaha makanan tapi tidak harus membuka warung nasi selama seharian penuh dan cukup modal, menjual menu sarapan merupakan salah satu usaha yang bisa dijalankan. Pada umumnya di pagi hari banyak orang yang mulai beraktivitas dan sibuk sehingga terkadang tidak sempat untuk menyiapkan sarapan. Karena akan memulai aktivitas tersebut, sehingga sarapan menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

Hal inilah yang pada akhirnya orang-orang memilih untuk membeli menu sarapan. Banyak menu sarapan yang bisa dijual seperti nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur, bubur ayam, hingga kue basah. Usaha yang bisa laris setiap hari ini memiliki target konsumen yang sangat luas.

Terutama jika berada di tempat pemukiman penduduk atau dekat dengan keramaian. Untuk menjalankan usaha ini juga tidak memerlukan modal yang banyak. Karena cakupannya luas, potensi pasar dan bisa dinikmati semua kalangan bisa memudahkan untuk berkembang, hanya saja harus tekun dan konsisten bangun lebih pagi setiap hari untuk menyiapkannya.

7. Bisnis Apotek

Bisnis apotek menjadi salah satu usaha yang bisa laris setiap hari dan mendatangkan keuntungan yang perlu dicoba. Berbagai obat-obatan menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk menjaga kesehatan. Pangsa pasarnya pun luas, karena konsumen yang akan beli bisa darimana saja, apalagi usaha apotek yang dijalankan memiliki persediaan barang yang lengkap.

Hanya saja untuk menjalankan usaha ini tidak bisa sembarangan. Harus memiliki izin usaha yang jelas dan tidak bisa asal dalam menjual obat-obatan. Dibutuhkan apoteker yang ahli dan menjadi penanggung jawabnya, walaupun pada saat ini banyak tenaga apoteker yang membuka usaha apotek dengan persediaan barang yang lengkap.

Dalam membangun usaha di bidang kesehatan ini, tentunya tidak hanya menjual obat-obatan saja. Bisa menyediakan produk kesehatan lainnya seperti masker hingga hand sanitizer. Selain itu, menyediakan alat-alat kesehatan seperti pengukur tekanan darah, termometer, atau obat-obatan untuk P3K bisa masuk dalam barang yang akan dijual, dimana pada umumnya masyarakat senang dengan persediaan barang yang tersedia lengkap.

8. Perlengkapan Rumah Tangga

Peluang usaha berikutnya adalah dengan menjual perlengkapan rumah tangga. Untuk membuka usaha ini tentunya dibutuhkan tempat yang cukup luas, karena akan menjual beraneka ragam barang kebutuhan rumah tangga, seperti kebutuhan di kamar tidur seperti bantal, kasur, selimut hingga perlengkapan dapur yang biasanya berbahan dasar plastik. Usaha ini bisa juga dijalankan secara online.

Kelengkapan dan keanekaragaman barang menjadi daya tarik serta alasan para pelanggan untuk kembali dan membeli lagi. Dengan menyediakan barang yang lengkap dan beraneka ragam bisa mengetahui barang apa saya yang paling banyak dicari oleh pelanggan.

Modal untuk menjalankan usaha ini bisa dibilang sangat sangat. Namun bisa juga memulai usaha kecil-kecilan, dimana melayani pesanan barang terlebih dahulu agar bisa menghindari resiko yang besar. Apabila sudah berkembang menjadi lebih besar, barulah melayani jual beli secara grosir yang tentunya memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan.

9. Laundry Kiloan

Pada saat ini hampir banyak orang yang memiliki mesin cuci. Tetapi keberadaan laundry kiloan masih dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama untuk mereka yang memiliki aktivitas di luar, sibuk dengan pekerjaan, serta anak kostan, laundry kiloan merupakan pilihan yang tepat.. Usaha laundry bukanlah usaha musiman, dan sangat dibutuhkan kapan pun.

Tidak hanya di wilayah perkotaan saja, bisa juga membuka usaha laundry ini di pinggiran kota yang padat penduduknya. Selain itu bisa bekerja sama juga dengan apartemen, atau kost-kostan untuk menawarkan jasa laundry kiloan.

Biasanya tarif yang diterapkan tergantung dari jumlah berat per kilogram pakaian yang akan dicuci. Namun beberapa tempat laundry ada juga yang sudah menerapkan tarifnya berdasarkan jenis barang yang akan dicuci seperti bedcover, selimut, sprei, karpet, dan sebagainya. Untuk memudahkan pelanggan bisa juga menyediakan jasa antar jemput laundry.

Membangun usaha laundry diperlukan pedoman agar bisa sukses dan mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan tips sukses menjalankan laundry bisa Grameds baca pada buku “Sukses Wirausaha Laundry di Rumah”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

10. Pom Bensin

Selain makanan, perlengkapan rumah tangga, serta perlengkapan kesehatan, bahan bakar untuk kendaraan merupakan kebutuhan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi semakin hari pemilik jumlah kendaraan juga semakin bertambah. Pada umumnya, dalam setiap rumah memiliki satu atau lebih kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, permintaan akan bahan bakar akan meningkat, dan usaha pom bensin masuk ke dalam usaha yang laris setiap harinya. Karena akan banyak konsumen yang berdatangan untuk mengisi bahan bakar kendaraannya yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Apabila tinggal di daerah pemukiman yang jauh dari pom bensin besar, tentu membuka usaha pom bensin mini menjadi sebuah peluang yang besar. Bisa juga dengan menjual bensin eceran di depan rumah, yang kerap jika darurat tetap ada pembelinya. Pertamini sendiri menyediakan usaha franchise yang bisa dijadikan modal untuk membuka usaha pom bensin.

Tips Memilih Usaha yang Tepat

1. Membuat Daftar Usaha Terlebih Dahulu

Setelah melihat beberapa ide usaha yang sudah dipaparkan sebelumnya, tentu akan membuat bingung untuk terjun dalam usaha yang mana. Oleh karena itu ada baiknya untuk membuat daftar usaha yang paling diminati untuk memulainya. Dari sini bisa melihat peluang yang bisa diterapkan di daerah tempat tinggal yang mana sekiranya memiliki prospek yang bagus untuk memulai usaha.

2. Melakukan yang Disukai

Agar bisa menjalankan usaha dengan baik dan lancar, tentunya memilih usaha yang sesuai dengan minat dan disukai pada saat mengerjakannya. Usaha yang bisa laris setiap hari membutuhkan tekad yang sangat kuat dan tidak terpaksa dalam menjalankannya. Jika menikmati proses usaha tersebut, maka tidak akan mudah stres dan bisa fokus dalam membangun usaha yang sedang dijalankan.

3. Mempelajari Usaha yang Dipilih

Setelah mengetahui usaha apa yang akan dibangung, langkah selanjutnya adalah mempelajari usaha yang dipilih lebih dalam dan detail lagi. Pastikan harus memahami setiap detailnya, sehingga akan mudah untuk menggembangkan usaha tersebut. Bisa juga dengan meluangkan waktu untuk melakukan riset atau eksperimen terlebih dahulu.

4. Membulatkan Niat

Semua rencana yang sudah disusun tidak akan bisa berjalan apabila tanpa ada niatan yang jelas. Meskipun usaha yang laris setiap hari, tetap membutuhkan niat yang kuat. Jangan sampai tiba-tiba menyerah di tengah jalan, karena menjalani dan membangun usaha tidaklah mudah. Dibutuhkan niat yang kuat dan diimbangi dengan kerja keras agar bisa mendapatkan tujuan yang diharapkan.

Dalam menjalani usaha tentunya harus mengetahui beberapa cara agar bisa sukses. Untuk mengetahui agar bisa menjalankan usaha dengan baik bisa Grameds baca pada buku “Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Dalam menjalankan usaha tentunya harus memiliki sistem manajemen yang baik agar apa yang diharapkan bisa tercapai. Untuk mengetahui sistem manajemen dalam menjalankan usaha dengan baik bisa Grameds baca pada buku “Manajemen Entrepreneurship Kiat Sukses Menjadi Wirausaha”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Dalam menjalankan usaha tentu saja perlu beberapa strategi untuk menarik minat masyarakat agar bisa mengenal produk atau jasa yang kita miliki. Beberapa tips agar usaha yang dijalankan bisa sukses bisa Grameds baca pada buku “10 Jurus Terlarang Kok Masih Mau Bisnis Cara Biasa”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Itulah beberapa ide usaha yang bisa laris setiap hari dan tentunya memberikan keuntungan yang menggiurkan. Ada beberapa tips juga untuk memilih usaha yang tepat sesuai dengan minat,agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar. Dibutuhkan juga niat yang kuat, disiplin yang tinggi, kerja keras dan fokus agar bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat.

Demikian artikel yang menjelaskan terkait dengan  ide usaha jualan yang bisa dilakukan agar banyak dikunjungi pembeli. Grameds bisa membaca buku-buku secara lengkap terkait dengan ide usaha jualan yang menguntungkan dengan mengakses gramedia.com untuk mendapatkannya. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Mochamad Harris

Sumber :

  • https://www.jurnal.id/id/blog/bisnis-yang-Laris-setiap-hari-sbc/
  • https://www.hubster.co.id/blog/bisnis-yang-Laris-setiap-hari
  • https://lifepal.co.id/media/bisnis-yang-laku-setiap-hari/

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah