in

10 Game Android Populer di Indonesia

pixabay

Game android populer di Indonesia – Pada saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan banyaknya teknologi yang sudah berkembang, terutama di Indonesia. Banyak manfaat dari berkembangnya teknologi seperti untuk hiburan, pendidikan, dan juga menunjang pekerjaan manusia.

Game juga merupakan salah satu dari manfaat perkembangan teknologi. Dengan adanya game tentunya manusia memiliki hiburan lain di dalam hidupnya. Dari tahun ke tahun perkembangan dunia game tentu sangat pesat. Dengan pesatnya perkembangan game dan game yang dirilis juga menarik maka banyak orang yang memainkannya.

beli sekarang

Buku ini muncul untuk mengatasi kelangkaan bacaan tentang Perkembangan Teknologi Komunikasi sebagai buku teks wajib mata kuliah. Di samping itu, bisa dipakai sebagai bahan bacaan umum karena bahasan serta contoh yang digunakan disesuaikan dengan konteks teknologi modern saat ini. Meskipun berbicara tentang teknologi, namun karena ditulis memakai bahasa tutur, buku ni mudah dipahami.

Pengertian game jika diartikan dalam suatu bahasa (berasal dari bahasa Inggris) adalah permainan. Dengan bantuan teknologi, game ini menjadi lebih dapat ditafsirkan secara luas. Oleh karena itu, dari sudut pandang pemahaman, game adalah permainan yang diprogram pada perangkat yang dapat dijalankan secara offline atau online.

Tergantung pada cara bermain, permainan dapat berjalan pada perangkat yang tidak terhubung ke internet (offline) dan kalian harus terhubung ke internet untuk mengakses server pusat (online). Oleh karena itu, pengguna tidak akan dapat memainkan game online jika perangkat tidak terhubung ke internet.

Seperti satu permainan dan lainnya, logikanya berbeda. Akibatnya, beberapa perintah dan data berbeda untuk setiap game. Pada dasarnya, pentingnya game ini sangat mendunia. Dengan kata lain, sebuah game bukan hanya game yang bisa dijalankan di perangkat, tetapi juga bisa dimainkan secara tradisional.

Dengan pernyataan di atas, pada kesempatan kali ini Gramedia akan memberikan artikel mengenai game android yang populer di Indonesia. Game pada perangkat lunak android tentu banyak sekali, namun hanya beberapa game saja yang menjadi populer dan dimainkan banyak penggunanya. Berikut adalah game android yang populer di Indonesia.

1. Free Fire

free fire
play.google.com

Meski sering dibandingkan dengan PUBG Mobile dan kualitas grafisnya dinilai kurang bagus, Free Fire terbukti mampu memikat banyak pemain online. Kualitas grafis yang buruk justru membuat Free Fire sangat mudah dimainkan. Ini juga merupakan keuntungan yang jelas, mengingat masih banyak gamer di Indonesia yang menggunakan ponsel spek lama. Inilah sebabnya mengapa Free Fire mengungguli PUBG Mobile.

Seperti game battle royale lainnya, inti dari game Free Fire adalah bertahan di zona permainan dan berusaha menjadi satu-satunya orang atau tim yang tinggal di zona tersebut. Dalam 1 area bermain Free Fire hanya ada batas maksimal 50 orang, berbeda dengan PUBG Mobile yang 100 orang. Namun, keuntungannya dengan 50 orang, maka zona atau map permainan bisa diperkecil dan membuat game lebih enteng.

Tak mau kalah dengan rivalnya, PUBG Mobile, Free Fire juga kerap menggelar turnamen dengan hadiah mulai dari puluhan hingga ratusan juta. Bahkan, bintang sepak bola dunia Cristiano Ronaldo menjadi sponsor game Free Fire, ini adalah bukti nyata kesuksesan Free Fire dan membuatnya layak ditempatkan di daftar game No.1 di Indonesia. Dalam hal jumlah unduhan, game nomor 1 di PlayStore telah diunduh lebih dari 1 miliar.

2. Higgs Domino Island

Higgs Domino Island
play.google.com

Game yang sedang booming di Indonesia saat ini adalah Higgs Domino Island, sebuah game yang menawarkan permainan yang praktis dan mudah dimainkan yang bisa dimainkan oleh siapa saja.

Dalam permainan Higgs Domino Island, pemain mengandalkan keberuntungan dan disajikan permainan kartu, dadu, dan lotere. Keunikan dari game ini adalah kamu bisa memberikan emoticon ke lawan, selain itu ada bonus harian yang dapat membuat pemain membuka permainan setiap hari.

Tampilannya yang sederhana namun mewah cukup membuat para gamer betah. Dari segi cara bermain, game ini sangat mengandalkan keberuntungan. Dari pola permainannya, game ini cukup membuat banyak orang ketagihan. Bahkan tidak sedikit juga yang mengeluarkan uang untuk game ini. Pada 2022, game Higgs Domino Island telah menerima lebih dari 50 juta unduhan.

3. Mobile Legends: Bang Bang

mobile legends
play.google.com

Kembali ke game online multiplayer battle arena, terlihat jelas bahwa Mobile Legends mendominasi persaingan game MOBA. Sejak dirilis, game ini langsung menarik perhatian banyak orang. Dengan teknik pemasaran massalnya, Mobile Legends menjadi salah satu game terlaris di Play Store.

Sederhana dan indah, dua kata ini melekat pada game Mobile Legends. Banyak wanita memainkan game ini karena cukup mudah untuk dimainkan. Kalian tidak perlu banyak latihan untuk memainkan game ini. Tidak seperti game battle royale lainnya yang cukup rumit karena perlu mempelajari cara menembak yang akurat dan membaca situasinya dengan cermat.

Dalam MOBA, kamu hanya perlu mengingat skill yang telah disediakan untuk setiap karakter, yang membuat game ini bisa dimainkan oleh semua orang. Selain itu, ada beberapa tokoh legenda Indonesia yang menjadi karakter dalam game tersebut termasuk Gatotkaca yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di Indonesia.

4. PUBG Mobile

pubg mobile
play.google.com

Game dengan konsep battle royale yang paling banyak dimainkan adalah PUBG Mobile. Selain masuk dalam 10 besar game yang paling banyak diunduh di Indonesia, PUBG Mobile juga menjadi game terpopuler di dunia saat ini dengan total unduhan lebih dari 500 juta. Jelas betapa menariknya game multiplayer besutan Tencent ini.

Mode multiplayer yang ditawarkan oleh PUBG Mobile memungkinkan pemain untuk memutuskan dengan siapa mereka ingin bekerja sama. Selain itu, peraturan multiplayer dalam game ini cukup adil karena mereka akan bertemu sesuai dengan peringkat mereka.

Banyak mengadakan turnamen bergengsi PUBG Mobile dengan hadiah puluhan bahkan ratusan juta, membuat banyak orang menganggap permainan ini lebih serius. Jika kalian merasa kesulitan untuk memenangkan turnamen,  kalian juga dapat menghasilkan uang dengan menguploadnya ke YouTube atau platform streaming seperti Twitch.

PUBG Mobile juga menawarkan grafis yang tajam, yang membuat pemain merasa lebih nyaman saat bermain game. Namun dengan kualitas grafis seperti itu, dibutuhkan spesifikasi ponsel yang cukup tinggi untuk memainkan game dengan lancar.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Beberapa saran dan laporan pemain dijawab dengan cepat, yang meyakinkan para pemain karena semua orang bermain dengan jujur ??dan sportif, yang berarti tidak ada kecurangan.

Perawatan yang baik dan pembaruan yang lebih menarik telah membuat PUBG Mobile pernah memenangkan nominasi Mobile Game of the Year di acara Golden Stick Awards ke-36 di tahun 2018.

5. Roblox

roblox
play.google.com

Meskipun grafisnya hanya biasa saja, game ini menonjol karena mode banyak pemainnya dan dikemas dengan berbagai game untuk dimainkan secara online. Tidak seperti game lain yang hanya menawarkan satu tema game, Roblox memiliki banyak tema yang dapat kalian mainkan kapan saja.

Seperti halnya Minecraft, game Roblox dapat menyesuaikan avatarnya sesuai dengan preferensi pemain, itu juga menjadi daya tarik bagi sebagian orang, terutama anak-anak kecil yang suka berimajinasi.

Meski dirilis untuk Android pada tahun 2014, game ini berhasil menjadi sorotan, bahkan pada tahun 2022 sudah mencapai 500 juta lebih unduhan.

6. Genshin Impact

genshin impact
play.google.com

Sejak dirilisnya Genshin Impact pada 24 September 2020, game ini telah mencapai 10 juta unduhan di Play Store. Tak heran jika banyak orang yang telah mengunduh game ini, game yang mengusung tema RPG. Game ini menawarkan jalan cerita yang menarik dan grafis yang tajam yang dapat membuat kalian betah saat bermain.

Sebagai sebuah RPG, Genshin Impact memiliki fitur yang cukup detail, antara lain karakter yang bisa memanjat, terbang, berenang, bahkan memasak. Untuk sebuah game Android rasanya luar biasa dan pantas untuk masuk dalam 10 besar game Indonesia.

7. Clash Royale

Clash Royale
play.google.com

Game Clash Royale ini merupakan game yang juga menggunakan berbagai karakter mirip COC dengan menambahkan konsep kerajaan dengan pertarungan real-time dengan lawan, multiplayer, dan game strategi. Game ini menggabungkan tiga genre game yaitu card game, collectibles, tower defense game, dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena).

Games Clash Royale dapat kita nikmati secara gratis untuk pengguna Android dengan mendownloadnya dari Google Play Store, dengan ukuran file hanya sekitar 87 MB. Setelah kalian mengunduh dan menginstal game, biasanya membutuhkan sekitar 105 MB ruang kosong. Jadi pastikan kuota internet kamu tidak habis saat mengunduh. Dengan rating Kategori 7+, game ini cukup aman untuk anak-anak tanpa harus khawatir dengan banyak sekali kekerasan yang berbahaya.

Seperti CoC, meskipun gratis, Clash Royale memiliki skema pembelian dalam aplikasi untuk membeli emas atau permata. Jangan bingung jika ingin memainkan game ini sama seperti fitur-fitur game Supercell lainnya. Di awal permainan ada tutorial yang menjelaskan kepada kita bagaimana cara memainkan game Clash Royale ini, meskipun merupakan kombinasi dari berbagai jenis game dengan reaksi cepat dan pemikiran yang serius, Clash Royale bukanlah game yang sama sekali sulit untuk dimainkan.

Pada tahun 2022 ini, game Clash Royale yang populer di Android ini sudah diunduh sebanyak 100 juta lebih unduhan. Tidak heran jika game ini termasuk game populer pada perangkat Android.

8. Ragnarok X: Next Generation

Ragnarok X: Next Generation
play.google.com

Ragnarok X: Next Generation adalah game mobile MMORPG 3D yang dikembangkan oleh Gravity Interactive, Inc. Game ini resmi dirilis pada 18 Juni 2021. Game ini memiliki berbagai fitur termasuk kemampuan untuk membentuk aliansi selama petualangan yang mengasyikkan.

Dalam game Ragnarok X: Next Generation terdapat banyak skill seperti memancing, menambang, berkebun, memasak, dan peleburan. Saat bermain Ragnarok X: Next Generation, pemain dapat bersenang-senang dengan pemain lain dan meningkatkan keterampilan mereka.

9. 8 Ball Pool

8 ball pool
play.google.com

Game 8 Ball Pool adalah permainan biliar yang dapat dimainkan secara online dengan pemain dari seluruh dunia. Dalam game ini kalian dapat memainkan pertandingan 1 lawan 1 dengan lawan kalian baik dalam mode uji coba atau di turnamen terkenal.

Ketika kalian memenangkan turnamen, kalian akan menerima sejumlah koin permainan, yang dapat digunakan untuk membeli berbagai item atau fitur yang membuat permainan lebih menarik.

Tentu saja tidak mudah untuk memenangkan permainan. Karena kalian akan menghadapi pemain terbaik dari seluruh dunia dengan keterampilan dan strategi yang tidak terbaca. Namun, disinilah letak serunya bermain 8 ball pool.

Bagaimana jika kalian seorang pemula dan tidak tahu cara bermain biliar? Kalian tetap bisa bermain game ini, karena juga menawarkan fungsi latihan yang dapat diakses dari offline atau tidak memerlukan koneksi internet.

Caranya, cukup dengan menekan tombol Practice (offline) yang berada di bagian pojok kanan bawah. Di fitur ini, kamu bisa melakukan permainan secara single, sehingga cukup bagus untuk memulai langkah sebagai pemula.

Pada tahun 2022 ini, game 8 Ball Pool yang dirilis oleh Miniclip.com ini telah diunduh sebanyak 500 juta lebih unduhan. Hal ini yang membuat 8 Ball Pool menjadi game yang populer di perangkat Android.

10. Candy Crush Saga

candy crush saga
play.google.com

Pencipta Game Candy Crush Saga adalah Raja dan game ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 12 April 2012 melalui platform Facebook. Setelah popularitasnya melejit, game ini dirilis untuk platform iOS, Android, Windows Phone, hingga Windows 10.

Candy Crush Saga adalah salah satu game model freemium yang sukses. Arti dari Freemium adalah kalian dapat memainkan game ini tanpa membayar, tetapi kalian tetap harus membayar untuk memainkan level yang sulit dengan mudah. Di sinilah pengembang King mendapat bagian dari keuntungan Satu laporan menyatakan bahwa perusahaan King menghasilkan keuntungan tertinggi hampir 1 juta dollar per hari.

Sejak kesuksesannya dalam memasarkan game Candy Crush Saga, King merilis 3 game baru berjudul Candy Crush Soda Saga, Candy Crush Jelly Saga, dan juga Candy Crush Friends Saga. Sebagian besar aplikasi yang dibuat oleh perusahaan King mengikuti model bisnis freemium.

Grafik dan animasi visual dari game ini tidak jauh berbeda dengan saat pertama kali dirilis di Facebook, dan sejauh ini memiliki grafik yang lucu sehingga pemain tidak akan mudah bosan. Menampilkan tema permen warna-warni, efek suara, dan sulih suara yang lucu dan menyenangkan.

Tidak lupa dengan animasi visual yang sangat bervariasi dan menyenangkan yang membuat pemain merasa seperti bermain di rumah sendiri, meskipun harus berpikir lebih untuk menyelesaikan setiap level. Game ini merupakan salah satu game yang direkomendasikan untuk kamu yang hanya ingin mengisi waktu luang di masa pandemi seperti ini.

Game ini adalah game yang populer, bahkan tidak hanya di kalangan perangkat Android saja. Pada tahun 2022 ini, game ini telah diunduh sebanyak 1 miliar kali lebih. Hal ini membuat game ini pantas menjadi game populer di Indonesia bahkan dunia.

Grameds, demikian artikel mengenai game Android populer di Indonesia. Tentu kalian mengenali beberapa game di atas yang telah dituliskan. Lalu,  game manakah yang kalian sukai? Game apa yang pernah kalian mainkan dari 10 daftar game di atas?

Bagi kalian yang ingin membeli buku yang dijual oleh Gramedia, kalian dapat langsung membelinya di toko-toko terdekat atau pun di Gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku berkualitas yang bisa kalian dapatkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Buku ini disusun sebagai salah satu ikhtiar yang digunakan untuk mengatasi masalah keterbatasan kemampuan pada guru PAUD dalam membuat Alat Permainan Edukatif (APE) dengan menggunakan barang bekas Pada buku ini akan dideskripsikan tentang konsep media pendidikan, konsep bermain sambil belajar bagi anak usia dini, kreativitas guru PAUD, konsep pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) dengan barang bekas, serta praktik membuat Alat Permainan Edukatif (APE) dengan barang bekas.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq