in

Daftar Game PlayStation 2 Terbaik yang Membuat Nostalgia!

Daftar Game PlayStation 2 Terbaik – Sony telah meluncurkan konsol game PlayStation generasi 5 pada awal tahun 2021. Kendati demikian, konsol game PlayStation yang paling laris dan menjadi favorit banyak orang ternyata adalah konsol game PlayStation generasi 2.

Konsol game PlayStation generasi 2 sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2000. Semasa produksi konsol game PS2 ini, diketahui bahwa penjualan konsol game PS2 mencapai 155 juta unit di seluruh dunia. Kepopuleran konsol game PS2 ini bertahan selama 13 tahun lamanya.

Selama 13 tahun tersebut, konsol game PS2 masih terus mendapatkan game-game baru, bahkan setelah konsol game PlayStation generasi 3 dirilis. Sejak tahun 2000 hingga 2013 masa kejayaan konsol game PS2, diketahui bahwa jumlah game untuk konsol game PS2 mencapai hampir 4.000 game.

Grameds juga pastinya tau dong betapa legendarisnya generasi PlayStation yang satu ini. Mungkin dulu Grameds pernah mempunyai konsol game ini, pernah main bersama di rumah teman atau kerabat, atau bahkan pernah main di berbagai tempat rental yang menyewakan konsol game PlayStation 2.

Artikel ini akan merangkum sejumlah game PlayStation generasi 2 terbaik yang akan membuka kembali memori menyenangkan masa lalu, dan bikin nostalgia. Simak uraiannya di bawah ini ya!

Sm: The Escape Game

tombol beli buku

11 Game PlayStation 2 Terbaik 

1. Guitar Hero 2 (2006)

Siapa yang tak kenal dengan game Guitar Hero? Game legendaris yang pastinya pernah dimainkan oleh semua orang yang memiliki konsol game PS2. Game Guitar Hero ini menyajikan permainan di mana kamu harus menekan sejumlah tombol yang berbeda, dengan menyesuaikan irama dan ketukan dari lagu, layaknya kamu sedang bermain gitar.

Game Guitar Hero sendiri memiliki berbagai jenis genre yang berbeda, yang menyesuaikan dengan preferensi macam-macam genre lagu. Guitar Hero 2 yang dirilis pada tahun 2005 ini menyajikan lagu bergenre rock, seperti Sweet Child O’ Mine oleh Guns N’ Roses, Free Bird oleh Lynyrd Skynyrd, Livin’ on a Prayer oleh Bon Jovi, Killer Queen oleh Queen, dan masih banyak lagu rock legendaris lainnya.

Game Guitar Hero juga bisa dimainkan dengan joystick bawaan dari PlayStation 2 atau kamu bisa menggunakan Guitar Controller yang berbentuk seperti gitar asli, yang bisa menambah pengalaman bermainmu menjadi lebih seru. Game Guitar Hero 2 ini pasti bisa bikin kamu membayangkan rasanya menjadi seorang rockstar!

2. Resident Evil 4 

Game yang diproduksi oleh Capcom ini dirilis pada tahun 2005. Game Resident Evil sendiri merupakan serial game yang bergenre action dan survival horror, di mana karakter utamanya memiliki misi penyelamatan, dan dalam perjalanan menyelesaikan misinya, ia harus menghadapi berbagai rintangan dan pertarungan dengan musuh.

Pada game Resident Evil 4 ini, Leon Scott Kennedy yang kita kenal dari Resident Evil 2 akan menjadi karakter utama. Gameplay Resident Evil 4 menceritakan bahwa Leon diberikan sebuah misi untuk menyelamatkan Ashley Graham, putri dari Presiden Amerika Serikat. Maka itu, Leon dikirim ke sebuah desa yang terpencil, yang ada di Spanyol. Dalam perjalanannya di desa tersebut, Leon dihadapkan dengan sekte berbahaya dan kumpulan penduduk desa yang menghalangi misinya.

Pada Resident Evil seri 4 ini, terdapat pembaharuan yang bisa ditemukan para pemain, yakni gaya sudut pandang kamera yang pada seri terdahulu adalah statis, diubah menjadi sudut pandang orang ketiga yang bisa berubah menjadi sudut pandang semi orang pertama, ketika melakukan beberapa aksi seperti menembak. Pembaharuan gaya kamera ini dinilai sukses membuat game ini menjadi salah satu game terbaik, dan disebut sebagai game yang mempelopori revolusi genre game action shooting, serta menjadi contoh standar game sejenisnya.

3. Silent Hill 2

Setelah kesuksesannya pada seri yang pertama, Silent Hill 2 juga sukses menghadirkan game bergenre horor yang mencekam. Silent Hill 2 menawarkan tampilan grafis yang mencekam, dengan gambaran suasana Kota Silent Hill yang menakutkan, dan desain monster yang menyeramkan.

Silent Hill 2 menyuguhkan gameplay yang mana kamu akan memainkan karakter utama bernama James. James memiliki istri yang telah meninggal 3 tahun lalu, sebelum awal permainan dimulai. Suatu hari, James menemukan surat peninggalan istrinya yang menuntun James datang ke Kota Silent Hill. James akhirnya terjebak dalam kota yang menyeramkan tersebut, dan ia harus menemukan jawaban atas berbagai misteri yang menjadi kunci untuk keluar dari ota Silent Hill.

Bagi kamu para pecinta horor, pastinya menyukai game ini yang sangat creepy. Game Silent Hill 2 ini bahkan disebut sebagai salah satu game masterpiece dalam genre game horor. Para pemain yang memainkannya tentunya harus menyiapkan nyali yang besar untuk menghadapi suasana mencekam di Kota Silent Hill.

4. God of War 2

Setelah sukses pada God of War seri pertama, God of War 2 untuk konsol game PS2 akhirnya dirilis oleh Sony Computer Entertainment pada tahun 2007. Gameplay pada game God of War 2 ini menceritakan tentan karakter utama yang bernama Kratos, ia merupakan dewa perang yang baru, setelah dirinya berhasil membunuh dewa perang sebelumnya yang bernama Ares.

Diketahui pada sebuah pertempuran, Kratos dikelabui oleh Zeus, yang kemudian mengambil kekuatan Kratos dan mencoba membunuhnya. Namun, Kratos berhasil diselamatkan oleh Gaia dan kemudian memulai kembali petualangan baru untuk membalaskan dendamnya, yang dipenuhi dengan pertempuran dan kekerasan.

God of War 2 masih menawarkan gameplay yang sama seperti God of War pertama. Kratos harus menghadapi berbagai musuh dan bertarung melawan mereka menggunakan berbagai gaya berkelahi berbasis kombo yang cepat dan seru.

5. Gran Turismo 4 

Gran Turismo 4 menyuguhkan game balapan mobil yang terlihat nyata dan pastinya dapat membuat kamu yang memainkannya menjadi tertantang untuk menaklukan seluruh lintasannya. Gran Turismo 4 menawarkan lebih banyak lintasan dan mobil-mobil baru yang dapat kamu gunakan.

Pada game Gran Turismo 4 ini, kamu bisa menemukan sejumlah 50 lintasan dan lebih dari 700 mobil dengan kecepatan tinggi yang keren, yang bisa kamu coba. Seperti pada dunia nyata, untuk bisa mengikuti balap mobil di sejumlah lintasan tertentu, para pemainnya harus memiliki lisensi kelas tertentu.

Lisensi tersebut baru bisa kamu dapatkan ketika kamu berhasil menyelesaikan sejumlah tantangan yang disediakan. Jadi, game Gran Turismo 4 ini menawarkan pengalaman game yang bertahap dan menantang dengan menyediakan tingkatan-tingkatan yang harus dilalui para pemainnya.

Gran Turismo 4 ini juga menawarkan tampilan grafis yang mendorong pengalaman menyetir seperti di dunia nyata. GT 4 ini juga menyediakan berbagai menu baru seperti photo mode yang memungkinkan para pemain untuk mengambil gambar tampilan mobil yang digunakannya dengan fitur kamera virtual yang tersedia, juga menyediakan sejumlah menu driving missions.

Apakah kamu memiliki pengalaman menaklukan seluruh lintasan yang ada pada game Gran Turismo 4 ini?

6. Grand Theft Auto: San Andreas

Serial game Grand Theft Auto atau yang dikenal dengan sebutan GTA, yang diproduksi oleh Rockstar Games memang menuai banyak kontroversi. Sebab, game Grand Theft Auto menyajikan gameplay yang memungkinkan para pemainnya untuk menjajal hidup yang bebas tanpa adanya aturan, termasuk untuk melakukan tindak kriminal dan kekerasan.

Grand Theft Auto: San Andreas ini juga menuai sejumlah kontroversi, tetapi juga menjadi salah satu game legendaris yang pastinya pernah dicoba oleh para gamer yang pernah memainkan konsol game PlayStation 2. Game Grand Theft Auto: San Andreas menjadi lebih menarik dibanding seri GTA sebelumnya, karena menyediakan elemen Role Playing Game (RPG) dan juga pengembangan karakter.

Gameplay pada GTA San Andreas ini mengisahkan tentang karakter utama yang bernama Carl “CJ” Johnson, yang merupakan seorang mantan gangster. Ibunda dari CJ meninggal di kota asalnya, maka itu, CJ pergi ke Kota San Andreas untuk melihat mendiang ibunya. Sesampainya CJ di Kota San Andreas, ia bertemu dengan sejumlah teman lamanya, dan sepakat untuk membangun kembali keluarga mereka.

Dapat dilihat dari gameplay tersebut bahwa terdapat pengembangan karakter dan nilai moral yang baik dalam game Grand Theft Auto: San Andreas ini, sehingga game ini tidak hanya menawarkan kebebasan mutlak yang tidak memiliki tujuan tertentu saja. Pada game Grand Theft Auto: San Andreas ini juga, para pemainnya dimungkinkan untuk mengkustomisasi penampilan CJ, melakukan modifikasi pada mobil, bahkan juga terbang dengan menggunakan jetpack.

Apakah kamu pernah mencoba berkeliaran di Kota San Andreas yang sangat luas ini?

eSports: The Ultimate Gamer's Guide

tombol beli buku

7. Metal Gear Solid 3: Snake Eater

Game Metal Gear Solid 3: Snake Eater menawarkan latar dunia pada tahun 1964.Game ini merupakan prekuel dari seri-seri Metal Gear sebelumnya. Gameplay pada game Metal Gear Solid 3: Snake Eater ini mengisahkan tentang karakter utama yang merupakan seorang prajurit dengan nama kode Naked Snake.

Naked Snake memiliki misi untuk menyusup di hutan belantara Uni Soviet untuk menyelamatkan Nikolai Stepanovich Sokolov yang merupakan seorang ilmuwan roket asal Rusia. Naked Snake atau yang dikenal dengan sebutan Big Boss harus bertahan hidup secara alami di tengah-tengah hutan, seperti ia harus mencari makhluk hidup di hutan yang bisa ia konsumsi, salah satunya adalah ular, dan menggunakan benda-benda yang ada di hutan untuk dijadikan obat bagi luka atau cedera yang ia alami.

Naked Snake juga harus melakukan sabotase pada sebuah senjata eksperimental, dan juga memiliki misi untuk menghabisi nyawa mantan bosnya. Gameplay Metal Gear Solid 3: Snake Eater masih sama dengan seri Metal Gear yang sebelumnya, yang mana game ini fokus kepada kemampuan pemain untuk bersembunyi dari musuh dan mengendap-endap, dengan menyelipkan sejumla humor khas dari seri game Metal Gear, dan menawarkan cutscene yang sinematik.

Game Metal Gear Solid 3: Snake Eater sendiri dianggap menjadi salah satu game PlayStation 2 terbaik sepanjang masa, karena game ini menyajikan cerita yang mengesankan, sejumlah karakter yang menarik, kualitas tampilan grafis yang memukau, dan gaya permainan yang seru. Apakah kamu pernah mencoba game ini?

8. Shadow of the Colossus

Shadow of the Colossus merupakan game yang diproduksi oleh SIE Japan Studio dan Team Ico, yang berhasil dirilis pada tahun 2005. Game Shadow of the Colossus ini masuk ke dalam genre game action dan adventure, yang menawarkan gameplay di mana kamu akan bermain sebagai seorang pemuda yang bernama Wander.

Wander ini berkelana dan masuk ke sebuah negeri terlarang yang dipenuhi sejumlah makhluk besar. Wander mengemban misi untuk memulihkan hidup seorang perempuan yang bernama Mono, dan dalam menyelesaikan misinya tersebut, ia harus bertarung melawan sejumlah 16 monster besar.

Shadow of the Colossus menawarkan tampilan grafis yang indah, gameplay yang unik, soundtrack yang mendukung gameplay, lanskap yang memukau, dan jalan cerita yang unik seperti perpaduan antara cerita Game of Thrones dan Lord of the Rings. Oleh karena itu semua, game Shadow of the Colossus ini berhasil meraih kesuksesan dengan menuai berbagai pujian dari para gamers dan juga kritikus game.

9. Dynasty Warriors 4

Game ini nampaknya sudah dikenal oleh para gamers yang memiliki konsol game PlayStation. Ya, game Dynasty Warriors merupakan game yang legendaris, yang mana kamu ditempatkan sebagai seorang pejuang yang akan ikut dalam perang skala besar melawan musuh, dengan memanfaatkan kemampuan bela diri yang hebat.

Game Dynasty Warriors 4 ini merupakan serial ke 4 yang dirilis pada tahun 2003. Dynasty Warriors 4 menawarkan latar era tiga kerajaan di Cina kuno, dan cerita gameplay Dynasty Warriors 4 ini diawali dari jatuhnya Dinasti Han, serta timbulnya pemberontakan dari Zhang Jiao dan pasukannya.

Seperti pada serial game Dynasty Warriors sebelumnya, pertempuran dalam Dynasty Warriors 4 mengandalkan sejumlah kombo gaya berkelahi yang simpel, tapi dengan ritme yang cepat dan memukau. Game Dynasty Warriors 4 ini juga menyuguhkan sejumlah 4 mode permainan yang bisa kamu coba, dan puluhan karakter yang bisa kamu gunakan.

10. Final Fantasy X

Final Fantasy X merupakan prekuel ke sepuluh dalam serial game Final Fantasy yang dirilis pertama kali oleh Squaresoft pada tahun 2001. Final Fantasy X mengisahkan tentang sebuah kelompok petualang yang mana karakter utamanya merupakan seorang atlet olahraga fiktif blitzball bernama Tidus.

Tidus diketahui terdampar di dunia fiktif Spira, setelah kota asal tempat tinggalnya hancur lebur karena ulah monster yang disebut Sin. Maka itu, Tidus bersama kelompoknya berjuang untuk mengalahkan monster penghancur tersebut.

Game FInal Fantasy X ini adalah seri Final Fantasy yang pertama kali menggunakan pengisi suara dan latar belakang area 3D. Game ini juga memiliki kualitas grafis yang tinggi, dengan alur cerita yang seru, dan juga memperkenalkan sistem Conditional Turn-Based Battle yang memungkinkan sejumlah karakter untuk mendapatkan lebih banyak giliran menyerang.

Final Fantasy X berhasil meraih kesuksesan menjadi salah satu game terbaik sepanjang masa, dengan pencapaian penjualan hingga 8 juta copy di seluruh dunia. Apakah kamu pernah membantu Tidus untuk mengalahkan Sin sang monster penghancur?

11. Star Wars: Battlefront II

Game Star Wars: Battlefront II dinilai lebih intens dan lebih seru dibandingkan seri sebelumnya, yakni Star Wars: Battlefront yang dirilis pada tahun 2004. Franchise Star Wars: Battlefront II dikembangkan oleh Pandemic Studios dan mendapatkan kesuksesan dengan banyaknya jumlah peminat game ini, yang merupakan fans Star Wars dan gamers.

Seri Star Wars: Battlefront II digandrungi banyak orang, karena game ini menyajikan gameplay yang seru nan nyata. Game ini memungkinkan para pemainnya untuk merasakan pengalaman sebagai salah satu tentara Rebel Alliance atau salah satu tentara Storm Trooper yang keren, dan beraksi di medan perang.

Nah, itu dia Grameds 11 game PS2 terbaik yang pastinya seru dan membuat nostalgia banget! Semoga penjelasan di atas dapat menambah informasi kalian mengenai game yang menjadi hiburan di tengah dunia yang sibuk ini. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap untuk memberikan informasi terlengkap dan terbaru bagi kalian.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Membuat Bermacam Game Android Dengan Adobe Animate + CD

tombol beli buku



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriel