in

Cara Buat Akun dan Cara Top-Up PayPal

Sumber: Unsplash

Cara top up paypal – Saat ini, Grameds pasti sudah tidak asing dengan yang namanya teknologi e-wallet. Keberadaan e-wallet membantu kita semua untuk melakukan transaksi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari membayar ongkos ojek online, membeli kebutuhan sehari-hari seperti makanan atau obat-obatan, atau bahkan hanya sekadar menyimpan uang.

Fungsi terakhir ini mungkin cukup sederhana, tetapi terbilang efektif sebagai alternatif penyimpanan uang selain di rekening bank. Menyimpan uang di berbagai macam e-wallet dan rekening mungkin bisa membuat orang kebingungan. Namun, terdapat beberapa keuntungan yang bisa seseorang dapat dengan melakukan hal ini.

Grameds yang punya berbagai jenis e-wallet dan rekening bisa lebih mudah melakukan pembayaran atau transfer uang karena kalian punya lebih banyak opsi dalam melakukan hal tersebut. Selain itu, ada kalanya mempunyai beberapa jenis e-wallet atau rekening dapat memudahkan kalian dalam mencari promo tertentu ketika berbelanja untuk menghemat uang.

Salah satu keuntungan terakhir adalah faktor keamanan, yang memungkinkan uang kalian tetap terjaga dengan baik dan aman. Tentunya, ini dilakukan setelah kalian sudah mengaktifkan proteksi maksimal, sehingga tidak mudah bagi seseorang untuk membobol akun e-wallet atau rekening kalian.

Dengan ini, dapat dikatakan bahwa cukup wajar bagi seseorang jika mereka menyimpan banyak akun e-wallet atau rekening untuk memisah dan mengelola keuangan pribadi mereka. Mereka tentunya sudah mengetahui bahwa tiap jenis e-wallet dan rekening ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, di antara banyaknya e-wallet dan rekening bank yang tersedia di Indonesia, nama PayPal mungkin masuk ke dalam kategori yang agak jarang dipakai oleh masyarakat luas. Ini dikarenakan fungsinya yang kebanyakan hanya untuk menyimpan uang atau melakukan transaksi antar-negara.

Meskipun begitu, bagi mereka yang sudah mengetahui kegunaan dari PayPal, pastinya akan menganggap aplikasi ini sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memerlukan PayPal dalam kesehariannya karena mereka kerap berurusan dengan orang-orang dari mancanegara.

Jika Grameds akan termasuk ke dalam kategori orang-orang di atas, artikel ini akan mengajarkan Grameds serba-serbi terkait penggunaan PayPal, mulai dari cara membuat akun PayPal, cara menghubungkan rekening bank ke PayPal, cara top-up PayPal, cara mengirim uang di PayPal, sampai cara menarik uang dari PayPal.

Jika Grameds tidak banyak melakukan transaksi ke luar negeri, artikel ini bisa saja bermanfaat bagi kalian ke depannya. Siapa tahu, suatu waktu kalian akan mendapat pekerjaan yang mengharuskan untuk melakukan transaksi dengan orang-orang dari mancanegara, sehingga membutuhkan akun PayPal.

Sekilas Mengenai Paypal

cara top up paypal
Sumber: Unsplash

Sejauh ini, Grameds sudah mempelajari serba-serbi terkait akun PayPal, mulai dari cara membuat akun PayPal, cara menghubungkan rekening ke akun PayPal, cara top-up PayPal, cara mengirim uang lewat PayPal, sampai cara menarik uang dari PayPal. Tetapi, setelah membaca semua itu, apakah Grameds benar-benar sudah memahami apa itu PayPal?

Beberapa dari Grameds mungkin menganggap bahwa PayPal merupakan aplikasi e-wallet lainnya yang bedanya, bisa dipakai untuk melakukan transaksi ke luar negeri. Pemikiran tersebut memang sudah mendekati kebenaran, namun masih perlu sedikit diluruskan.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa PayPal adalah perusahaan teknologi keuangan multinasional yang berasal dari Amerika Serikat. Mereka mengoperasikan sistem pembayaran online di sebagian besar negara yang mendukung transfer uang secara online, dan berfungsi sebagai alternatif elektronik untuk metode kertas tradisional seperti cek dan wesel.

Jadi, di sini dapat dikatakan bahwa skala PayPal jauh lebih besar dibandingkan e-wallet yang kalian ketahui pada umumnya. Karena skalanya yang sudah mencakup internasional, PayPal saat ini sudah menjadi metode pembayaran alternatif bagi sejumlah perusahaan.

PayPal sendiri kali pertama didirikan pada Desember 1998, saat itu dengan nama “Confinity“. Adalah Max Levchin, Peter Thiel, Ken Howery, Luke Nosek, dan Yu Pan, yang menjadi sosok pendiri perusahaan ini. Nama PayPal sendiri akhirnya digunakan pada Maret 2020 silam.

Adanya layanan PayPal memungkinkan seseorang untuk melakukan transaksi keuangan secara online dengan memberikan mereka pilihan untuk mentransfer dana secara elektronik baik untuk keperluan individual atau keperluan dalam berbisnis.

Melalui PayPal, orang-orang bisa melakukan sejumlah hal seperti mengirim atau menerima pembayaran untuk lelang online di situs web, membeli atau menjual barang serta jasa, atau menyumbangkan uang dan juga menerima sumbangan. Selain itu, pengguna akun PayPal dapat mengatur opsi konversi mata uang di pengaturan akun.

Saat ini, aplikasi PayPal tersedia secara online baik itu di iTunes App Store untuk pengguna HP berbasis iOS dan Google Play bagi kalian pengguna HP dengan sistem Android. Tentunya mereka yang memakai PayPal juga bisa membuka situs web PayPal melalui browser dari HP atau laptop mereka.

PayPal juga dapat dikatakan sebagai salah satu aplikasi yang memperkenalkan sistem “Satu Sentuhan”. Sistem ini memungkinkan penggunanya membayar dengan opsi sekali sentuh di situs web atau aplikasi pedagang serta pembeli yang mempunyai akun PayPal ini.

Cara Buat Akun PayPal

Apa Itu PayPal: Pengertian, Fungsi, Keuntungan, dan Kekurangannya Halaman  all - Kompas.com
money.kompas.com

Sebelum kita bisa melakukan transaksi dengan orang-orang dari luar negeri, tentunya kita perlu untuk memiliki akun PayPal terlebih dahulu. PayPal memungkinkan seseorang untuk melakukan transaksi secara digital, cepat, dan juga aman.

Jika tidak memiliki akun PayPal, maka transaksi terhadap orang-orang tersebut terpaksa dilakukan menggunakan metode konvensional seperti melalui Western Union atau semacamnya. Cara ini tidak salah, tetapi akan memakan waktu yang cukup lama dan faktor keamanannya juga perlu dikhawatirkan.

Beruntungnya, pembuatan akun PayPal tidak sulit dan bisa dilakukan dengan amat cepat. Grameds bisa membuat akun PayPal baik itu di HP atau melalui laptop, serta memilih menggunakan situs web atau aplikasinya langsung. Berikut proses pembuatan akun PayPal.

  1. Hal yang pertama harus kalian punya adalah email yang tidak tersambung ke PayPal manapun. Akun PayPal hanya bisa dibuat berdasarkan satu email saja.
  2. Setelah sudah memastikan hal tersebut, kalian bisa masuk ke situs PayPal yakni www.paypal.com. Di sana, akan ada opsi untuk mendaftar akun baru.
  3. Kalian akan diberikan pilihan untuk membuat 2 jenis rekening, yaitu rekening pribadi dan rekening bisnis. Silahkan sesuaikan dengan apa yang Grameds perlukan.
  4. Grameds juga akan diminta untuk menentukan status di dalam PayPal. Maksudnya, kalian diminta untuk mengidentifikasikan diri kalian entah itu sebagai pembeli online, freelancer, keduanya, atau tidak yakin dengan status tersebut.
  5. Selanjutnya, kalian diminta untuk memasukkan nomor HP kalian untuk dikirimkan kode OTP langsung dari PayPal, serta mengisi data diri mulai dari alamat email, nama lengkap, dan kata sandi.
  6. Langkah terakhir adalah dengan menuliskan alamat lengkap kalian. Ini dibutuhkan untuk melakukan penagihan jika memang diperlukan.

Cara di atas mudah untuk dilakukan bukan? Kalian hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk membuat akun ini. Jika Grameds sudah selesai membuat akun PayPal, tandanya kalian sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi ke luar negeri.

Cara Menggunakan Akun Paypal

cara top up paypal
Sumber: Unsplash

Meskipun begitu, transaksi ini hanya bisa dilakukan jika kalian menerima saldo dari orang-orang mancanegara atau mengirim saldo yang kebetulan sudah ada di akun kalian karena alasan apapun. Lain halnya, jika Grameds ingin melakukan hal lain yang kasusnya di luar mengirim uang atau menerima uang.

Misalnya, jika Grameds ingin menarik uang dari PayPal atau top-up PayPal kalian. Untuk melakukan hal ini, kalian perlu terlebih dahulu menghubungkan rekening bank kalian ke PayPal. Ini dikarenakan jika tidak ada rekening bank yang terhubung ke dalam akun PayPal, siapa yang akan menerima uang atau dari mana uang itu bisa masuk ke PayPal?

Di bawah ini, kalian akan mempelajari cara menghubungkan rekening bank ke PayPal terlebih dahulu. Setelahnya, Grameds bisa melakukan berbagai macam hal dengan PayPal. Kalian akan mempelajari cara mengirim uang lewat PayPal, cara menarik uang dari PayPal, dan cara top-up PayPal.

Cara Menghubungkan Rekening Bank ke PayPal

  • Hal pertama yang perlu Grameds pastikan adalah mempunyai rekening bank yang belum terhubung dengan PayPal dan dapat terhubung dengan PayPal. Untuk itu, kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah rekening kalian bisa dipakai untuk terhubung dengan PayPal.
  • Cara memastikan terkait bisa atau tidaknya rekening kalian terhubung dengan PayPal adalah dengan bertanya langsung terhadap customer service (CS) dari masing-masing bank, entah itu melalui telepon, aplikasi, direct message (DM) atau bertanya ke kantor cabangnya langsung.
  • Jika sudah memastikan bahwa rekening kalian bisa digunakan untuk PayPal, kalian bisa mulai menghubungkan rekening dengan PayPal dengan cara pergi ke menu wallet dan memilih opsi menghubungkan kartu atau bank.
  • Jika rekening sudah terhubung dengan benar, seharusnya Grameds akan menemukan sejumlah uang, yakni sekitar 1 sen sampai 99 sen di dalam akun PayPal kalian, hasil transfer dari rekening kalian. Untuk itu, pastikan kalau rekening kalian memiliki uang cukup agar bisa melakukan transfer otomatis ini.
  • Proses tersebut biasanya memakan waktu selama 2 hari kerja sampai 3 hari kerja. Jika proses transfer ini tidak terjadi juga, maka ada kemungkinan kalau ternyata rekening kalian belum bisa dipakai untuk keperluan PayPal. Grameds bisa mengontak bank kalian lagi dan memastikan ulang terkait hal ini.

Proses menghubungkan rekening bank ke PayPal mungkin agak rumit dan bisa memakan waktu lama. Tetapi, jika Grameds sudah bisa melewati proses tersebut dengan lancar, seperti yang sudah dijanjikan kalian bisa mencoba melakukan berbagai macam hal dengan akun PayPal kalian.

Cara Top-Up Paypal

Biasanya, akun PayPal yang kali pertama dibuat masih belum ada isinya. Untuk itu, kalian perlu melakukan top-up terlebih dahulu jika ingin melakukan pembayaran atau ingin mengirim uang ke akun lain. Di bawah ini merupakan penjelasan terkait cara top-up PayPal

  1. Sebelum melakukan top-up, pastikan bahwa rekening kalian memiliki saldo cukup untuk ditop-up ke PayPal. Hal ini tentunya tidak akan berhasil jika kalian tidak punya saldo.
  2. Kembali ke menu wallet, Grameds dapat melihat ada saldo PayPal di dalam akun kalian. Kalian bisa meng-klik bagian tersebut sebagai langkah lanjutan dalam proses top-up ini.
  3. Lalu, pilih opsi untuk menambah saldo dari rekening kalian, dan masukan nominal yang ingin kalian top-up ke akun PayPal kalian.
  4. Proses ini bisa memakan waktu paling lama sekitar 7 hari kerja. Jika saldo PayPal kalian tidak bertambah setelah lewat dari hari-hari tersebut, Grameds bisa tanyakan ini langsung ke pihak bank atau pihak PayPal.

Cara Mengirim Uang di Paypal

Mengirim uang di PayPal bisa dilakukan ketika seseorang ingin membayar benda pesanannya, membayar gaji pekerja, atau sekadar mengirim uang sebagai bentuk apresiasi terhadap seseorang. Di bawah ini merupakan langkah-langkah mengenai bagaimana cara mengirim uang di PayPal.

  1. Setelah kalian memastikan kalau saldo kalian cukup untuk mengirim uang ke penerima lain, Grameds bisa pergi ke menu panel kontrol dan mencari bagian untuk mengirim uang.
  2. Lalu, Grameds bisa mencari kontak untuk pengiriman yang kalian inginkan. Kalian bisa mencari kontak ini menggunakan email dari pengguna PayPal atau mencari nama akun PayPal yang kalian tuju.
  3. Masukkan jumlah nominal yang kalian ingin kirimkan. Proses ini bisa memakan waktu sampai dengan beberapa hari. Alangkah baiknya, Grameds terus memastikan apakah uang yang kalian kirim sudah sampai ke tujuan atau belum.
  4. Jika uang yang kalian kirim belum juga diterima oleh akun PayPal yang kalian tuju, sebaiknya menanyakan ini secara langsung ke pihak PayPal.

Cara Menarik Uang dari PayPal

Grameds bisa menarik uang dari PayPal ke rekening kalian untuk dipakai dalam keseharian. Bisa saja uang ini merupakan gaji yang kalian dapat, kiriman dari seseorang, atau bahkan uang yang sebelumnya kalian top-up untuk suatu keperluan. Berikut cara menarik uang dari PayPal.

  1. Di menu wallet, Grameds bisa meng-klik saldo kalian, dan memilih opsi untuk mentransfer dana atau saldo ke rekening bank kalian sesuai dengan jumlah yang kalian inginkan.
  2. Saldo yang kalian tarik biasanya akan diproses dalam kurun waktu 1 hari kerja sampai 3 hari kerja. Grameds bisa menanyakan terkait penarikan saldo ke pihak bank atau pihak PayPal jika setelah waktu 3 hari kerja kalian belum juga menerima saldo.

Kesimpulan

Dengan ini, berakhir sudah artikel yang membahas mengenai PayPal secara keseluruhan. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan, atau setidaknya bisa menambah wawasan bagi kalian yang belum merasa membutuhkan pengetahuan ini.

Dengan semakin majunya teknologi, seharusnya sudah tidak alasan lagi bagi Grameds untuk merasa takut dalam mencoba meraih pekerjaan yang lebih luas. Tidak ada salahnya bukan mencoba untuk mencari pekerjaan yang kantornya berasal dari luar negeri?

Tidak perlu lagi khawatir terkait metode pekerjaan dan metode pembayaran, karena semuanya sudah bisa dilakukan secara cepat melalui online. Jadi, kalian hanya perlu memberikan yang terbaik untuk pekerjaan kalian agar reputasi kalian bisa meningkat dan membuka berbagai peluang baru dalam bekerja.

Terakhir, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi buku seputar teknologi digital yang pastinya bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Buku-buku rekomendasi ini adalah buku “Jagat Digital: Pembebasan Dan Penguasaan“, buku “Transformasi Digital Demi Kelincahan Bisnis“, buku “Transformasi Ekonomi Berbasis Digital Di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, Dan Kebijakan Di Indonesia“.

Jagat Digital: Pembebasan Dan Penguasaan

Jagat Digital: Pembebasan Dan Penguasaan

https://www.gramedia.com/products/jagat-digital-pembebasan-dan-penguasaan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

Transformasi Digital Demi Kelincahan Bisnis

https://www.gramedia.com/products/transformasi-digital-demi-kelincahan-bisnis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/transformasi-digital-demi-kelincahan-bisnis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

Transformasi Ekonomi Berbasis Digital Di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, Dan Kebijakan Di Indonesia

Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, dan Kebijakan di Indonesia

https://www.gramedia.com/products/transformasi-ekonomi-berbasis-digital-di-indonesia-lahirnya-tren-baru-teknologi-bisnis-ekonomi-dan-kebijakan-di-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi
Buku-buku rekomendasi dari kami, Gramedia, #SahabatTanpaBatas, bisa kalian temukan di situs kami yaitu Gramedia.com. Kami berharap agar kalian mau membaca buku-buku rekomendasi tersebut agar pengetahuan dan wawasan kalian bisa bertambah #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi