in

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet dan Contohnya

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet dan Contohnya – Grameds pasti sudah tidak asing dengan daftar pustaka karena dalam setiap karya tulis biasanya membutuhkan catatan kumpulan referensi yang digunakan.

Itulah sebabnya Grameds perlu mengetahui cara menulis daftar pustaka yang benar sesuai ketentuan yang berlaku. Perlu Grameds ketahui bahwa daftar pustaka bisa ditulis dari berbagai sumber. Salah satunya daftar pustaka dari internet yang banyak kita gunakan. 

Daftar pustaka adalah bagian penting dalam karya tulis, seperti makalah, proposal, karya ilmiah, skripsi dan sebagainya.

Daftar pustaka memiliki fungsi dan tujuan penting dalam karya ilmiah untuk menguatkan isi didalamnya dengan berbagai macam referensi. Seperti jurnal, buku, dan daftar pustaka dari internet. Jadi jika Grameds sedang menyelesaikan karya ilmiah tertentu wajib mengetahui tentang daftar pustaka berikut ini:

PENGERTIAN DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka adalah kumpulan daftar referensi atau sumber yang digunakan dalam tulisan ilmiah. Referensi yang digunakan tersebut dapat berbagai macam bentuk, seperti buku, artikel di internet, jurnal, Koran, majalah, skripsi, disertasi, dan sumber lain yang sering digunakan dalam penelitian ilmiah.  Daftar pustaka sering juga disebut dengan istilah rujukan, referensi, pranala, atau sumber pustaka. Bentuk daftar pustaka ini biasanya berada di paling akhir halaman sebuah karya ilmiah. 

Kebijakan mencantumkan daftar pustaka dalam karya ilmiah pasti bukan tanpa alasan dan manfaat di dalamnya. Daftar pustaka dapat menjadi petunjuk bahwa data yang diambil dalam dalam isi karya ilmiah tersebut dapat dipercaya karena berisi data yang benar.

Selain itu mencantumkan daftar pustaka yang lengkap juga merupakan etika dalam penulisan karya ilmiah sebagai penanda terimakasih penulis dengan penulis yang karyanya dirujuk atau penelitian sebelumnya dengan mendukung ide-ide mereka untuk digunakan. 

Tujuan ditulisnya daftar pustaka dalam karya ilmiah adalah menguatkan isi atau hasil penelitian dalam karya ilmiah tersebut.

Dari perkembangan ilmu yang pesat sekarang sangat mustahil jika kita tidak merujuk teori atau kajian ilmu sebelumnya. Sekalipun Grameds membuat penemuan baru dalam sebuah penelitian pasti memerlukan rujukan atau kajian ilmu yang pernah dilakukan sebelumnya, meskipun belum sempurna dan lengkap penelitian Grameds. 

Itulah sebabnya Grameds akan mengutip beberapa kalimat atau paragraf dalam sebuah tulisan. Nah dari sinilah Grameds jangan sampai lupa untuk mencantumkan sumber dari mana Grameds mengutip kalimat atau paragraf tersebut. Pencantuman daftar pustaka juga bertujuan agar terhindar dari tuduhan plagiat atau penjiplakan yang bisa saja terjadi jika kita mengambil sembarang ide seseorang dan menganggap seolah-olah itu adalah hasil pemikiran kita. 

Dalam dunia intelektual plagiarism adalah sebuah dosa besar, jadi menulis daftar pustaka adalah bentuk tanggung jawab kita penulis.

Daftar pustaka juga dapat membantu pembaca karya ilmiah kita mengetahui sumber apa saja yang digunakan sebagai referensi. Biasanya ada pembaca yang butuh menelusuri informasi lebih jauh lagi dari karya ilmiah yang sudah kita buat. Baik sebagai sumber bacaan atau bertujuan untuk mengembangkan penelitian tersebut. 

Berkembangnya teknologi seperti sekarang membuat sumber referensi juga bisa didapat dimana saja, termasuk internet yang sudah menjadi gudang informasi. Referensi dari buku, jurnal, majalah,

Koran mungkin sudah biasa, namun banyak orang yang masih bingung bagaimana menulis daftar pustaka dari internet. Hal ini terjadi karena banyak jenis website atau kebutuhan yang berbeda-beda dalam penggunaan internet sebagai sumber rujukan. 

Jika Grameds ingin menggunakan internet sebagai rujukan dalam karya tulis maka wajib menyimak artikel ini sampai selesai. Berikut ini beberapa jenis penulis dalam menulis sumber internet di daftar pustaka: 

JENIS PENULISAN DAFTAR PUSTAKA DARI INTERNET 

1. Daftar Pustaka Dengan ASA Style (American Social Association)

Daftar pustaka ini ditulis dengan susunan: Nama belakang penulis, nama depan penulis. Tahun terbit. Judul karya (ditulis italic atau miring). Nama media. Tanggal terbit. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Mahesti, Nurulia. 2020. Imajinasi dan Sastra. Linikampus.com. 1 Agustus 2020.  

2. Daftar Pustaka Dengan APA Style (American Psychological Association)

Daftar pustaka ini ditulis dengan susunan: Nama website atau situs. Tanggal artikel terbit. Judul artikel. Waktu mengakses artikel tersebut, dari alamat website (URL) lengkanya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Gramedia.com. 19 Juli 2021. Biografi Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) dan Pemikirannya. Diakses pada 1 September 2021, dari https://www.gramedia.com/best-seller/biografi-gus-dur/ 

3. Daftar Pustaka Dengan MLA (Modern Language Association)

Daftar pustaka ini ditulis dengan susunan: Judul Artikel. Nama Website atau situs. Tanggal artikel dibuat. Waktu mengakses sumber tersebut. Alamat website (URL) lengkapnya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Apa Itu People Power? Ini Sejarah, Fakta, & Dampak People Power. Gramedia.com. 17 Agustus 2021. 1 September 2021. https://www.gramedia.com/best-seller/people-power/ 

4. Daftar Pustaka Dengan MHRA (Modern Humanities Research Association)

Daftar pustaka ini ditulis dengan susunan: Nam website atau situs, “judul artikel”, deskripsi website (jika ada), tanggal artikel terbit, alamat website atau URL lengkapnya, [diakses pada waktu kapan]. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Gramedia.com, ”Arti Self Reward & Pentingnya Self Reward”, Arti self love, 15 Agustus 2021, https://www.gramedia.com/best-seller/self-reward/, [diakses pada 1 September 2021]

5. Daftar Pustaka Dengan  CSE (Council Of Science Editors)

Daftar pustaka ini ditulis dengan susunan: Nama website atau situs. Judul artikel [internet], deskripsi website, tanggal artikel terbit [waktu mengakses artikel]. Alamat website atau URL lengkapnya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Gramedia.com. Budidaya Tanaman Sayuran: Tahapan, Manfaat & Peluang Usaha [internet]. Budidaya tanaman sayuran, 21 Agustus 2021, [diakses pada 1 september 2021]. https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-tanaman-sayuran/ 

6. Daftar Pustaka Dari Email

Daftar pustaka ini ditulis dengan susunan: Nama media. Judul karya. Alamat email (diakses pada waktu kapan). Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Gramedia.com. “Budidaya Tanaman Sayuran: Tahapan, Manfaat & Peluang Usaha “ customercare@gramedia.com (diakses pada 1 September 2021)

Perlu Grameds ketahui bahwa dalam menemukan sumber di internet bisa saja tidak ditemukan penulis dari artikel tersebut.

Untuk mengatasinya bisa menggunakan tulisan “____” kemudian dilanjutkan dengan struktur penulisan daftar penulisan lainnya. Sebelum menggunakan internet sebagai rujukan Grameds perlu memeriksa apakah alamat website tersebut sudah sesuai dengan kriteria untuk dijadikan rujukan dalam penelitian. 

Kita semua ketahui bahwa di internet siapa saja bisa menulis, sehingga kita perlu selektif memilih sumber penelitian di internet. Berikut ini kriteria yang perlu Grameds ketahui sebelum memilih sumber berita di internet dan memasukkannya ke dalam daftar pustaka:    

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

KRITERIA WEBSITE SEBAGAI RUJUKAN DI INTERNET

Cara paling mudah yang bisa Grameds lakukan untuk membedakan website yang bisa dijadikan referensi adalah melalui domainnya. Jika domain atau alamatnya resmi maka sudah bisa dipastikan bisa dijadikan rujukan atau sumber dalam karya ilmiah.

Hal ini berkaitan dengan kejelasan pemilik website sehingga tidak ada kekeliruan dengan informasi yang ada didalamnya dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahan datanya. Ada beberapa jenis domain resmi yang perlu Grameds ketahui berikut ini:

  • .ac.id : domain akademik
  • .or.id domain organisasi
  • .go.id atau .gov domain pemerintah
  • .mil.id domain militer
  • .edu domain pendidikan

Selain itu ada pula website yang tidak bisa dijadikan sumber referensi, yakni Wikipedia, dan blogspot.com atau wordpress.com yang tidak jelas kepemilikannya. Dalam kasus ini kita ketahui bahwa Wikipedia adalah website yang kemungkinan siapapun untuk mengedit informasinya, jadi tidak jelas keabsahan isinya.

Untuk blogspot dan wordpress.com tidak direkomendasikan untuk menjadi rujukan karena sifatnya pribadi dan belum tentu pembuatnya memberikan identitas yang asli saat membuat konten di website tersebut.

Namun jika ada tokoh terkenal atau jelas identitasnya membuat website maka sah-sah saja untuk dijadikan rujukan. 

Grameds bisa melihat ciri-ciri lain untuk bisa mengidentifikasi tersebut layak dijadikan sebagai referensi. Pertama ada informasi keterangan penanggung jawab yang jelas, misalnya menunjukan tentang kami, about, kontak kami, dll di websitenya. 

Kedua informasi yang ada didalamnya bersifat objektif atau fakta buka berisi hal-hal yang tidak masuk akal.

Terakhir tidak menampilkan banyak iklan di websitenya. Grameds perlu waspada jika menemukan website yang banyak iklannya karena bisa jadi website tersebut memang berfungsi untuk promosi sehingga kurang dapat dipercaya isi kontennya. 

5 Buku yang Membantumu dalam Menulis Karya Ilmiah

tombol beli buku

 

tombol beli buku

 

tombol beli buku

tombol beli buku

 

tombol beli buku

CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA DARI INTERNET

Setelah sudah mengenal pengertian daftar pustaka, jenis penulisan, dan kriteria website yang bisa jadi rujukan dalam karya ilmiah, maka Grameds juga perlu mengetahui cara penulisan daftar pustaka dari internet dengan berbagai jenis sumber. Berikut ini penjelasan detail yang bisa Grameds simak untuk cara menulis dan contoh penulisan daftar pustaka dari berbagai media di internet:

1. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Artikel Online Dengan Nama

  • Gaya APA

Cara menulis daftar pustaka ini dengan susunan: Nama belakang, Nama Inisial. (Tangga artikel terbit). Judul artikel lengkap. Nama website atau situ. URL lengkapnya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Talitha, T. (21 Agustus 2021). Budidaya Tanaman Sayuran: Tahapan, Manfaat & Peluang Usaha. Gramedia.com. https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-tanaman-sayuran/ 

  • Gaya MILA

Cara menulis daftar pustaka ini dengan susunan: Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul Artikel”. Nama Website atau Situ, Waktu artikel terbit, alamat website atau URL lengkap. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Talitha, Tasya. “Budidaya Tanaman Sayuran: Tahapan, Manfaat & Peluang Usaha”. Gramedia.com, Sabru, 21 Agustus 2021, https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-tanaman-sayuran/  

2. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Tanpa Penulis Dan Tanggal

  • Gaya APA

Tanpa Penulis: Judul artikel. (tanggal artikel di publish). Nama website atau situs. URL Lengkapnya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Budidaya Tanaman Sayuran: Tahapan, Manfaat & Peluang Usaha. (21 Agustus 2021). Gramedia.com. https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-tanaman-sayuran/ 

Tanpa Tanggal: Nama Belakang, Inisial. (n.d). judul artikel. Nana website atau situs. Diakses pada (tanggal mengakses artikel) dari URL lengkapnya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Ahmad. Biografi BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia yang Visioner. Gramedia.com. Diakses pada 1 September 2021 dari https://www.gramedia.com/literasi/biografi-bj-habibie/ 

  • Gaya MILA

Tanpa penulis: “Judul artikel lengkap.” Nama website atau situs, Hari bulan dan tahun terbit artikel, URL Lengkapnya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

“Budidaya Tanaman Sayuran: Tahapan, Manfaat & Peluang Usaha”. Gramedia.com, 21 Agustus 2021, https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-tanaman-sayuran/

Tanpa nama dan tanggal: “Judul Artikel lengkap.” Nama Website atau Situs, URL lengkapnya. Diakses pada Hari Bulan Tahun.  Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

“Budidaya Tanaman Sayuran: Tahapan, Manfaat & Peluang Usaha”. Gramedia.com, https://www.gramedia.com/best-seller/budidaya-tanaman-sayuran/. Diakses pada 21 Agustus 2021

3. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Seluruh Website

Grameds mungkin perlu menulis daftar pustaka karena mengutip seluruh website atau situs tertentu untuk memberikan gambaran umum tentang konten yang mereka punya. Maka Grameds dapat merujuknya ke beranda atau mengutip teks yang banyak muncul dalam halaman berbeda di seluruh website tersebut, contohnya slogan perusahaan. 

Daftar pustaka ini ditulis dengan susunan gaya MILA berikut ini: Nama website atau situs, Hari Bulan Tahun akses website, URL. Contohnya: Gramedia.com, 1 September 2021, gramedia.com. 

4. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Majalah Atau Surat Kabar Online

Grameds bisa menulis daftar pustaka dari artikel online yang merupakan versi online dari publikasi cetaknya misalnya pada majalah atau surat kabar. Cara menulis daftar pustakanya menggunakan gaya APA dengan susunan berikut ini: Format nama belakang penulis, nama depan inisial penulis. (tanggal artikel publikasi). Judul artikel lengkap. Nama perusahaan yang mempublikasi. URL. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Greenhouse, S. (30 juli 2020). The coronavirus pandemic has intensified the system of economic racism against black Americans. The New Yorker. https://www.newyorker.com/news/news-desk/the-pandemic-has-intensified-systemic-economic-racism-against-black-americans

5. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Blog

Cara menulis daftar pustaka dari blog menggunakan gaya APA dengan susunan berikut ini: Nama belakang penulis, nama depan inisial penulis. (tanggal artikel di publish). Judul artikel lengkap. Nama blog. URL. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Nilawanti, L. (19 Februari 2021). Urban Farmer Muda: Pahlawan Pangan Masa Depan. Blog Lala Nilawanti. http://lalanilawanti.blogspot.com/2021/02/urban-farmer-muda-pahlawan-pangan-masa.html 

6. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Media Sosial

Jika Grameds memerlukan untuk mencantumkan rujukan dari media social di daftar pustaka maka bisa menuliskannya dengan  gaya APA dengan susunan berikut ini: Nama belakang penulis, nama depan inisial penulis. (tanggal postingan). 20 kata pertama yang muncul pada postingan [deskripsi aspek multimedia] [jenis potongan]. Nama media social. URL lengkapnya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Obama, B. [@BaracObama]. This Labor Day, let’s thank all those who’ve kept our country going this year, teachers, delivery drivers, [Tautan dengan thumbnail terlampir] [Tweet]. Twitter. https://twitter.com/BarackObama/status/1303015313320050688

7. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Video Youtube

Cara menulis daftar pustaka dari video youtube dengan susunan berikut ini: Nama belakang pembuat video, nama depan. “Judul video lengkap.” Nama media, diunggah oleh channel youtube apa?, Hari BUlan Tahun postingan, URL lengkapnya. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya:

Suryajaya, Martin. “Batas Ilmu Pengetahuan” Youtube, diunggah oleh Martin Suryajaya, 20 AGustus 2021, https://www.youtube.com/watch?v=Vr0GmAYWJnk  

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Nah, itulah penjelasan tentang penulisan daftar pustaka dari internet yang perlu Grameds ketahui agar tidak keliru dalam menulisnya di karya ilmiah. Tidak sulit buka? Hanya ada beberapa perbedaan dalam penulisan daftar pustaka dari buku, majalah, Koran dan sumber penelitian lainnya. Yang perlu diperhatikan lagi dalam penulisan daftar pustaka yang bersumber dari internet adalah kelayakan website tersebut dijadikan rujukan. Masih banyak orang yang sembarangan mengutip atau merujuk sumber informasi di internet yang tidak jelas. 

Alih-alih memperkuat karya ilmiah yang Grameds buat justru akan mengaburkan sumber karya tersebut karena tidak menggunakan rujukan yang jelas. Jika Grameds sedang mengerjakan suatu karya ilmiah tertentu bisa banyak membaca buku panduan penulisan karya ilmiah yang ada di koleksi Gramedia.

Grameds bisa langsung kunjungi www.gramedia.com dan www.ebooks.gramedia.com untuk memperoleh referensi buku tentang ketentuan daftar pustaka pada karya ilmiah. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca untuk mempelajari lebih banyak tentang panduan menulis karya ilmiah: Selamat belajar. #SehatTanpabatas

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti