in

10+ Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari dan Penyebabnya

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari – Rasa kantuk yang muncul di pagi hari kerap kali menjadi salah satu penyebab seseorang telat dan malas untuk melakukan segala aktivitas. Hal tersebut tentu akan berdampak pada produktivitas kamu sepanjang hari. Apabila kamu sering mengalami hal itu, ada beberapa cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang bisa kamu coba lakukan.

Rasa kantuk di pagi hari bisa kamu alami ketika merasa kelelahan dan juga kurang tidur. Selain itu, keluhan tersebut juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsumsi minuman yang beralkohol, jarang melakukan olahraga, dan stres yang berlebihan.

Namun terkadang, keluhan ngantuk di pagi hari bisa saja disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipotiroidisme, diabetes, dan anemia. Apabila rasa kantuk di pagi hari hanya terjadi sesekali saja, maka hal tersebut bukanlah hal yang perlu kamu khawatirkan.

Akan tetapi jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus, hingga rasa kantuk yang muncul membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi dan mengganggu aktivitas serta performa kamu, maka hal tersebut perlu segera ditangani lebih lanjut.

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Apabila kamu merasa terganggu dengan rasa kantuk yang sering muncul di pagi hari, ada beberapa cara yang dapat kamu coba lakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ketika bangun tidur cobalah untuk rutin minum 1 sampai 2 gelas air putih untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang berkurang selama kamu tidur. Dengan memenuhi kebutuhan air putih yang cukup untuk tubuh, maka kamu akan merasa lebih segar dan juga terhindar dari risiko dehidrasi dan rasa kantuk di pagi hari.

2. Rutin Melakukan Olahraga Setiap Hari

Salah satu hal yang sering menyebabkan kamu merasa mengantuk di pagi hari adalah karena kebiasaan jarang atau tidak pernah olahraga. Apabila kamu kurang berolahraga dan merasa kurang memiliki energi, maka cobalah untuk mulai lebih rutin melakukan olahraga secara konsisten. Supaya tubuh tetap bugar dan sehat, usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya atau tiga kali dalam seminggu. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah saja, seperti zumba, yoga, dan latihan untuk kekuatan otot.

3. Jangan Lupa Untuk Sarapan Pagi

Dengan rutin sarapan di pagi hari, maka kebutuhan energi dan juga nutrisi tubuh akan terpenuhi. Sehingga tubuh akan lebih siap untuk melakukan aktivitas seharian. Oleh sebab itu, usahakan untuk membiasakan diri untuk selalu sarapan. Terlebih untuk kamu yang sering melewatkannya. Apabila kamu ingin berolahraga di pagi hari, usahakan untuk melakukan sarapan setelah berolahraga. Hal ini bertujuan untuk membakar lebih banyak kalori, menghindari kondisi perut yang tidak nyaman ketika berolahraga, dan meningkatkan atau memperlancar metabolisme.

4. Konsumsi Makanan yang Bergizi Tinggi

Rasa kantuk merupakan tanda bahwa tubuh sedang merasa lelah dan kekurangan energi. Nah, untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut yang muncul di pagi hari, maka usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan berbagai macam vitamin serta mineral. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dapat kamu dapatkan dari berbagai jenis makanan, antara lain:

a. Telur
b. Daging tanpa lemak
c. Ikan
d. Susu atau olahannya, termasuk yogurt dan keju
e. Buah-buahan, misalnya semangka, alpukat, kurma, dan pisang
f. Kacang-kacangan
g. Sayuran, seperti tomat dan bayam
h. Biji-bijian, seperti beras coklat, chia seed, dan lainnya

5. Kurangi Konsumsi Minuman Berkafein

Kafein memang menjadi salah satu faktor yang bisa membuat kamu lebih terjaga dan juga berenergi. Akan tetapi, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka kafein justru bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih cepat mengantuk dan lelah.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengurangi konsumsi minuman ataupun makanan yang mengandung kafein. Hal tersebut bertujuan supaya tidak menimbulkan berbagai macam keluhan seperti rasa kantuk yang muncul pada pagi hari. Kamu hanya boleh mengonsumsi minuman berkafein maksimal dua gelas sehari, jika memungkinkan maka satu gelas saja sudah cukup.

tombol beli buku

6. Rutin Berjemur di Pagi Hari

Sinar matahari di pagi hari memang bisa meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh manusia. Hormon tersebut dipercaya bisa memperbaiki kualitas tidur kita. Ketika kualitas tidur kita membaik, maka saat bangun tidur tubuh akan terasa lebih segar dan pastinya dapat mencegah rasa kantuk di pagi hari.

Walaupun sekarang ini kamu harus bekerja dari rumah saja, tapi usahakan untuk selalu berjemur di pagi hari minimal lima sampai lima belas menit setiap harinya. Untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari secara maksimal, maka kamu harus berjemur sebelum pukul 10 pagi.

7. Terapkan Kebiasaan Tidur yang Baik

Kebiasaan tidur yang baik sebenarnya menjadi salah satu hal yang harus kamu pahami ketika ingin menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari. Apabila kamu tetap memaksakan diri untuk selalu terjaga sepanjang malam, maka tentu rasa kantuk di pagi hari akan sulit untuk dihindari. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh kualitas tidur yang baik, yaitu:

a. Mematikan semua perangkat elektronik, terutama gadget minimal satu jam sebelum tidur
b. Membuat suasana kamar menjadi terasa nyaman dan juga tenang
c. Mengatur ritme atau kebiasaan tidur dan bangun, usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya

8. Berhenti Merokok

Biasanya perokok mempunyai kualitas tidur yang sangat buruk karena nikotin yang ada di dalam rokok bisa mengganggu siklus tidur dan juga bangun. Siklus yang sudah terganggu inilah yang akan membuat kamu mudah merasa ngantuk di pagi hari. Oleh sebab itu, mulailah untuk berhenti atau mengurangi rokok secara perlahan dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kamu.

9. Kurangi Stres

Rasa ngantuk di pagi hari biasa jadi disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. Jadi, ketika tubuh terasa lelah, ada berbagai macam masalah tidur yang bisa menyerang, misalnya saja insomnia. Hal tersebut akan semakin memperburuk kualitas tidur kamu dan menimbulkan rasa ngantuk di pagi hari.

Kamu bisa mengurangi rasa stres dengan beberapa cara ini, misalnya dengan mendengarkan musik yang bisa menenangkan pikiran, mengobrol dengan teman atau keluarga, dan aktivitas lain yang bisa membuatmu menjadi lebih tenang dan bahagia. Dengan mengurangi rasa stres, maka kualitas tidur kamu akan menjadi lebih baik. Dengan begitu, kamu juga akan merasa semakin semangat untuk melakukan segala aktivitas seharian.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

10 Jangan Makan Sebelum Tidur

Sebaiknya, jangan makan sebelum naik ke tempat tidur. Berilah jeda dua atau tiga jam antara waktu makan dengan waktu tidur. Hal ini bertujuan agar lambung kamu memiliki kesempatan untuk mencerna semua makanan yang masuk ke dalam perut. Jika tidak ada jeda antara makan dan waktu tidur, maka kamu akan sering terjaga sepanjang malam karena tubuh tidak memberikan respon mengantuk akibat berusaha untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

tombol beli buku

11. Jernihkan Hati

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari selanjutnya yaitu dengan menjernihkan hati sebelum beranjak tidur. Sebab, pada dasarnya kecemasan, kemarahan, dan juga emosi bisa membuat kita susah untuk tertidur lelap. Oleh sebab itu, usahakan jika kamu sudah mau naik ke tempat tidur, hati dan pikiranmu sudah tenang.

Apabila diperlukan, lakukan teknik relaksasi terlebih dulu dan jangan sampai lupa untuk berdoa sebelum tidur. Supaya kita bisa terlindung dari marabahaya. Namun apabila pikiran dan juga hatimu sedang tidak baik-baik saja, kamu bisa coba berendam dengan air hangat dan mendengarkan musik klasik untuk membantu kamu agar bisa tertidur dengan nyenyak.

12. Rapikan Kamar Tidur

Asisten Profesor dari Universitas Maryland School of Medicine yang bernama Avelino Verceles, MD berkata seperti ini, “jadikan tempat tidur hanya sebagai tempat untuk kita beristirahat dan berhubungan intim saja.” Jadi hindari menonton TV, membaca buku, bermain HP, games, ataupun bekerja di dalam kamar. Selain itu, jangan pula melakukan obrolan ataupun menghitung tugas di dalam kamar. Sebab, hal tersebut bisa mengganggu kualitas tidur.

13. Buang Air Kecil Terlebih Dulu

Walaupun tidak merasa ingin buang air kecil, tapi sebaiknya tetaplah untuk ke toilet sebelum naik ke tempat tidur. Sebab, ginjal tetap akan bekerja seharian sampai keesokan harinya. Sehingga jika tidak dikeluarkan sebelum tidur, keesokan harinya kondisi kandung kemih cenderung penuh, atau juga berpotensi kamu akan terbangun untuk buang air kecil. Hal tersebut sudah pasti akan menginterupsi waktu tidur.

Banyak orang yang berpikir bahwa tidur yang berkualitas adalah soal durasinya. Padahal sebenarnya kualitas tidur lebih ditentukan oleh kenyamanan seseorang dalam tidurnya dan bagaimana orang tersebut bisa terlelap tanpa gangguan. Itulah mengapa buang air kecil sebelum tidur menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

14. Hindari Stimulan

Stimulan yang dimaksud disini adalah gadget, TV, musik yang terlalu keras, serta hal lain yang membuat tubuh tetap on meski sudah memasuki waktu tidur. Selain itu, stimulan juga menjadi PR yang tidak terselesaikan pada hari itu. Dimana hal tersebut berpotensi menyebabkan kamu menjadi kepikiran saat tidur nanti. Jadi, apabila memang ada hal yang belum terselesaikan pada hari itu, tuliskan saja beberapa poin masalahnya sebelum kamu tidur dan putuskan untuk menyelesaikannya di esok hari. Dengan begitu, kamu akan bisa tertidur dengan perasaan yang tenang.

15. Keluarkan Semua Hewan Peliharaan Dari Dalam Kamar

Sebenarnya, hewan peliharaan tidak jauh berbeda dengan stimulan tadi. Sama halnya seperti anak-anak, hewan peliharaan juga bisa mengganggu kualitas tidur. Terlebih jika mereka mempunyai pola tidur yang berbeda dengan kamu. Misalnya saja kucing, dimana Ia akan mengira bahwa majikannya sudah bangun dan minta untuk dimanja. Padahal kenyataannya, tuannya juga mungkin hanya berganti posisi tidur saja.

tombol beli buku

16. Jangan Tidur Siang Diatas Jam 3 Sore

Tidur siang yang dilakukan terlalu sore akan membuat mata tetap terjaga saat malam harinya. Sebab, hal tersebut bisa mengganggu ritme sirkadian. Apabila kamu ingin tidur siang, usahakan untuk melakukannya pada pukul 1 sampai 3 siang, selama 30 atau 90 menit saja. Untuk menghindari pusing saat bangun, maka hindari tidur kurang dari 30 menit atau lebih dari 90 menit.

17. Tidurlah Jika Mengantuk Saja

Apabila seseorang baik ke tempat tidur hanya karena merasa lelah, maka kemungkinan besar mereka tidak akan tertidur. Penulis Sound Sleep yang bernama Barry Krakow menghimbau supaya kita bisa membedakan antara perasaan lelah dan rasa mengantuk. Sebaiknya tidurlah ketika kamu benar-benar mengantuk.

Faktor yang Membuat Kamu Mengantuk di Pagi Hari

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kamu merasa mengantuk di pagi hari. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk di pagi hari, antara lain:

1. Sleep inertia

Sleep Inertia merupakan sebuah kondisi ketika kita bangun dalam keadaan yang kurang sadar walaupun sudah tidur dengan cukup. Hal tersebut adalah suatu kondisi yang normal terjadi saat bangun tidur. Ketika bangun tidur, ada beberapa proses yang akan terjadi sebelum kita benar-benar sadar. Walaupun sudah membuka mata, tapi otak kita tidak akan langsung terbangun.

Itulah mengapa, biasanya kita akan merasa pusing ataupun linglung ketika baru saja bangun tidur. Apabila tidak bisa mengatasi sleep inertia, kamu akan tertidur kembali. Biasanya hal tersebut akan terjadi dalam kurun waktu 15 sampai 60 menit. Kondisi itulah yang bisa membuat keterampilan motorik dan juga kognitif kamu menjadi melambat. Oleh karena itu, terkadang kita akan merasa malas untuk melakukan kegiatan apapun saat baru terbangun dari tidur.

2. Higienitas tidur yang buruk

Menurut National Sleep Foundation, higienitas tidur adalah suatu rangkaian kebiasaan yang dibutuhkan untuk bisa mempunyai kualitas tidur malam yang baik. Higienitas yang buruk akan membuat kualitas tidur menjadi menurun.

Adapun beberapa contoh higienitas tidur yang buruk yaitu ketika kamu memiliki waktu tidur yang tidak teratur, terlalu lama menatap layar gadget, tidur siang terlalu lama, dan kondisi kasir yang tidak nyaman. Faktor tersebutlah yang nantinya membuat kamu merasakan kantuk di pagi hari.

3. Gaya hidup yang tidak sehat

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Misalnya saja, dengan berolahraga secara rutin bisa membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak. Walaupun begitu, olahraga yang berat menjelang tidur harus kita hindari. Hal tersebut bertujuan agar kita tidak terjaga sepanjang malam karena terlalu kelelahan.

tombol beli buku

4. Gangguan tidur

Gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, dan lainnya bisa membuat kamu merasa ngantuk di pagi hari. Sebab, gangguan tersebut akan mengurangi kualitas tidur kamu. Khususnya untuk sleep apnea, gangguan tersebut bisa menyebabkan adanya jeda napas secara berkala selama kamu tidur.

Apabila kamu mengalami kondisi seperti ini, maka segeralah untuk konsultasi kepada dokter ahli, karena bisa saja kamu mempunyai masalah yang berkaitan dengan aliran oksigen ke otak. Selain sleep apnea, ada juga gangguan tidur yang bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam dan memiliki kualitas tidur yang buruk, yaitu insomnia.

Akan ada banyak sekali dampak yang akan ditimbulkan dari insomnia, diantaranya sering terbangun sepanjang malam, susah untuk tidur, merasa sangat lelah ketika bangun, dan bangun terlalu awal dan sulit tertidur kembali.

Itulah beberapa cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang bisa kamu lakukan. Jika dilihat dari penjelasan di atas, faktor yang paling berpengaruh dalam munculnya rasa kantuk di pagi hari adalah karena kualitas tidur yang buruk. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari, maka kamu perlu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik lagi.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah