in

Ini Cara Menggunakan VPN yang Tepat dan Manfaat Menggunakannya!

Sumber: Pixabay

Cara menggunakan VPN – Dahulu, VPN (Virtual Private Network) mungkin saja terkenal sebagai suatu alat yang hanya digunakan untuk mengkoneksikan jaringan di antara gedung perkantoran secara aman ataupun tidak untuk menggunakan jaringan kantor dari rumah. Namun, kini VPN menjadi lebih populer, bahkan dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman dan remote.

Lalu, sebenarnya apa itu VPN? Bagaimana cara menggunakan VPN? Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini, Grameds.

Pengertian VPN

cara menggunakan vpn
Sumber: Pixabay

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah layanan koneksi yang bisa memberikan kamu akses ke suatu website yang biasanya website luar negeri secara aman atau secure dan bisa lebih pribadi atau lebih private, sehingga bisa menyembunyikan pertukaran data. Hal ini dapat terjadi karena dengan VPN jalur koneksi bisa diubah melalui server.

VPN itu sendiri bisa dikoneksikan ke smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain. Sambungan itu biasanya disebut dengan istilah VPN server. VPN server yang ada di suatu tempat, kemudian terhubung dengan internet, sehingga bisa mengizinkan kamu untuk menjelajahi internet dan berbagai website dengan menggunakan jaringan internet komputer.

Jadi, komputer (server) di negara yang berbeda itu akan menjadi negara yang kamu gunakan ketika internet mencoba mengenalmu melalui koneksi tersebut Dengan begitu, kamu bisa mengakses sesuatu yang tidak dapat kamu akses dari negaramu.

Supaya kamu lebih mudah dalam memahami cara kerja VPN, maka bisa simak pembahasan selanjutnya.

Cara Kerja VPN

cara menggunakan vpn
Sumber: Pixabay

Ketika menggunakan VPN, kemudian jaringan internet akan bekerja untuk melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum akhirnya koneksi publik seperti di café atau tempat lainnya yang menyediakan akses internet gratis akan turut membaca data tersebut. Jadi, ketika kamu terhubung dengan layanan internet dengan menggunakan VPN, maka akan seperti mengakses internet dengan menggunakan suatu lorong khusus atau lebih tepatnya tidak memakai jaringan utama.

Lalu, server VPN kemudian bertugas untuk meneruskan koneksi ke situs yang akan diakses. Dengan begitu, koneksi yang kamu gunakan bisa menjadi lebih dikenali sebagai koneksi di jaringan server VPN dan bukan jaringan yang digunakan pada saat itu juga.

Lain halnya, apabila kamu menjelajahi internet tanpa menggunakan jaringan VPN. Jadi, koneksi yang dilakukan akan menjadi di-direct secara langsung tanpa enkripsi. Koneksi tanpa enkripsi memang telah menjadi standar yang digunakan ketika menjelajah internet.

Semua data yang diakses melalui internet, kemudian akan terlibat dalam proses pertukaran antara kamu dan aplikasi yang ada di internet, sehingga data-data tersebut dapat dilihat juga oleh banyak orang. Jika hanya sebatas pencarian di Google, akses hiburan ataupun semacamnya, tentu tidak akan menjadi masalah besar. Namun, akan menjadi masalah yang besar apabila data yang tengah diproses merupakan perbankan online, email bisnis atau berbagai hal lainnya yang lebih sensitif.

Saat kamu menggunakan VPN, kemudian data akan dienkripsi oleh aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu, data dikirim melalui ISP ke server VPN. Server inilah yang kemudian menjadi perangkat ketiga untuk dapat menghubungkan ke suatu situs online.

Manfaat VPN

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh ketika menggunakan VPN, diantaranya melakukan remote access. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari VPN:

1. ByPass

Kamu dapat melewati pembatasan geografi pada suatu situs streaming atau video. Contohnya, seseorang yang ingin mengakses situs atau website yang diyakini membahayakan, dan lain sebagainya.

2. Pengamanan Data di Jaringan Publik

Manfaat VPN berikutnya yaitu untuk melindungi pertukaran data yang akan kamu lakukan dari WiFi atau jaringan yang tidak dapat dipercaya. Hal ini juga akan turut membantu ketika menggunakan jaringan publik di kafe, bar, dan semacamnya.

3. Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

Manfaat dari VPN selanjutnya adalah VPN bisa menyembunyikan lokasi seseorang secara realtime atau ‘secara langsung’. Jadi, tidak sembarangan orang kemudian bisa mengetahui lokasi walaupun kamu sedang mengakses internet. Biasanya, lokasi yang terdeteksi adalah lokasi server VPN berada.

4. Data Dienkripsi

Saat memproses pertukaran data antara kamu dan web aplikasi online, maka data akan dienkripsi. Meskipun seseorang melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang telah terenkripsi, bukan data mentah saja.

5. Enkripsi Informasi Perangkat

Seseorang tak akan dengan mudah mengidentifikasi perangkat yang kamu gunakan, atau apa yang sedang kamu lakukan.

Cara Menggunakan VPN

cara menggunakan vpn
Sumber: Pixabay

Cara Menggunakan VPN di Android

Jika kamu menggunakan smartphone Android, maka bisa menggunakan vpn dengan cara-cara sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi vpn terlebih dahulu di Google Play Store
  2. Klik koneksi atau sambungkan
  3. Selanjutnya, pilih negara vpn, seperti Amerika Serikat, Belanda, dan lain-lain

Cara Menggunakan VPN di iPhone

  1. Unduh vpn yang kamu inginkan di AppStore
  2. Jika telah selesai unduh, buka aplikasi VPN
  3. Setelah aplikasi sudah dibuka, kamu bisa langsung klik sambungkan
  4. Namun, jika dibutuhkan untuk mendaftar, maka kamu daftar akun terlebih dahulu
  5. Pilih sambungan server yang diinginkan
  6. VPN bisa digunakan

Cara Menggunakan VPN di PC

  1. Unduh dan install VPN terlebih dahulu
  2. Buka aplikasi VPN yang sudah diunduh
  3. Daftar akun terlebih dahulu
  4. Pilih server yang diinginkan
  5. Klik connect atau sambungkan dan kamu sudah bisa menggunakan VPN
  6. Namun, ada beberapa perangkat PC yang di mana didalamnya sudah ada VPN-nya, sehingga kamu tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa langkah untuk menggunakan VPN tanpa aplikasi.
  7. Masuk ke pengaturan Windows yang ada di PC atau laptop
  8. Pilih menu “Network & Internet
  9. Setelah itu, kamu klik menu VPN yang dilanjutkan dengan klik Add VPN Connection
  10. Lalu, isi formulir yang diperlukan untuk mendaftarkan koneksi VPN yang baru
  11. Setelah itu, klik Save agar data formulir tersimpan di pengaturan
  12. Terakhir, klik Connect dan kamu sudah bisa menggunakan VPN

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Selain untuk menyembunyikan identitas asli, ternyata VPN juga akan membatasi riwayat penelusuran oleh ISP dan pemerintah. Akan tetapi, terdapat juga beberapa kekurangan dari penggunaan VPN, salah satunya ialah koneksi yang terkadang lebih lambat. Selain itu, terkadang ada beberapa VPN yang keamanannya masih dipertanyakan atau bisa membahayakan penggunanya.

Adapun faktor keamanan menggunakan VPN sendiri masih terhalang dua faktor utama, yaitu:

  • Batasan Teknologi: Dalam hal ini yang dimaksud dengan batasan teknologi adalah limitasi teknologi yang nantinya akan digunakan untuk mengembangkan VPN, seperti pada tipe protokol dan enkripsi yang digunakan.
  • Batasan Hukum: Batasan hukum serta kebijakan dapat memengaruhi apa yang bisa dilakukan dengan teknologi tersebut. Selain itu, Undang-Undang negara tempat server serta perusahaan menyediakan VPN berada masih menjadi batasan dalam menggunakan VPN. Terkadang kebijakan perusahaan sendiri mempengaruhi banyak cara perusahaan menerapkan teknologi ini dalam layanan mereka. Jadi dapat dibilang tidak sepenuhnya menggunakan VPN ini aman. Meski begitu, paling tidak menggunakan VPN kemudian akan lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan koneksi biasa.

Kapan Harus Menggunakan VPN?

Pertanyaan tentang “kapan harus menggunakan VPN?” mungkin sering ada di dalam pikiran kamu. Alangkah baiknya, kamu menggunakan VPN, pada beberapa aktivitas, seperti:

  1. Ketika ingin memperoleh koneksi yang lebih aman saat menggunakan WiFi publik.
  2. Ketika ingin mengenkripsi aktivitas di situs website.
  3. Ketika ingin menyembunyikan aktivitas dari orang-orang yang ingin mencoba mengetahuinya
  4. Ketika ingin menyembunyikan lokasi ketika mengakses situs website.

Cara Mendapatkan VPN Gratis

cara menggunakan vpn
Sumber: Pixabay

Apa itu VPN Gratis? VPN Gratis merupakan suatu layanan yang menyediakan server VPN dan dapat kamu gunakan secara gratis. Melalui situs-situs di bawah ini, kamu bisa mendapatkan akses VPN secara gratis.

Hotspot Shield

Hotspot Shield merupakan salah satu penyedia layanan VPN yang cukup populer. Meski menyediakan layanan premium, tetapi Hotspot Shield memberikan penawaran layanan VPN gratis yang bisa kamu coba. Dengan versi ini, bisa mencegah berbagai situs yang mengandung malware untuk terkoneksi dengan situs yang diblokir. Namun, VPN versi gratis tentunya hanya dapat satu perangkat saja

TunnelBear

TunnelBear merupakan suatu aplikasi VPN yang cukup sederhana namun powerful. Selain itu, TunnelBear memiliki tampilan yang menarik, sehingga akan memudahkan pengguna untuk menggunakannya. TunnelBear juga merupakan sebuah aplikasi VPN yang ramah untuk perangkatmu. Versi yang ditawarkan juga terdiri dari dua, yaitu yang gratis dan berbayar. Versi gratis bisa kamu coba sampai dengan 500MB penggunaan.

Bahaya VPN Gratis

cara menggunakan vpn
Sumber: Pixabay

1. Mengancam Keamanan Perangkat

Salah satu bahaya dari VPN gratis adalah bisa mengancam keamanan dari perangkat kamu. Meski begitu, sebenarnya fungsi utama VPN adalah melindungi akses internet pengguna dari risiko peretasan. Namun berdasarkan studi terbaru, justru terdapat banyak aplikasi VPN gratis yang sudah terinfeksi oleh berbagai malware.

2. Serangan Iklan

Konsekuensi dari bahaya VPN gratis selanjutnya, yaitu pengguna yang tentu akan dibanjiri dengan iklan. Memang hal ini kerap mengganggu pengguna serta tak jarang membuat bingung. Namun kehadiran iklan ini bukan hanya sekadar mengganggu saja tetapi terkadang iklan penyedia VPN gratis bisa mengarahkan penggunanya untuk masuk ke situs-situs berbahaya yang di dalamnya kemudian berpotensi terdapat peretas.

3. Perlambat Jaringan Internet

Kemudian, bahaya VPN gratis berikutnya adalah bisa membuat kecepatan internet justru menurun. Sebenarnya hal ini cukup lumrah, karena penyedia layanan VPN gratis memang akan mengatur kecepatan internet pada pengguna yang masuk ke dalam paket gratis.

4. Batasi Kuota Internet

Bahaya VPN gratis ialah pihak penyedia akan membatasi jumlah kuota ketika perangkat kamu terhubung dengan internet. Itu artinya, pengguna hanya bisa mengakses internet dengan VPN menggunakan kuota tertentu, misalnya saja sebesar 2GB.

5. Memantau Aktivitas Pengguna

Bahaya VPN gratis lainnya yang cukup sering ditemui adalah pada aktivitas online dari perangkat yang terpasang bisa terpantau. Hal ini berdasarkan kepada studi yang menyebut 72 persen aplikasi VPN ini ternyata di dalamnya terdapat pelacak pihak ketiga.

6. Pemakaian IP untuk Network Endpoint

Sering terjadi, para penyedia layanan VPN gratis kemudian menggunakan IP address komputer atau PC para penggunanya sebagai Network Endpoint. Network Endpoint ini dapat disebut sebagai penjualan bandwidth.

7. Bocornya Data dan Alamat IP

Bahaya dari VPN gratis yang terakhir adalah bisa terjadi kebocoran data dan alamat IP. Berdasarkan a studi dari CSIRO hampir sekitar 84% VPN gratis akan membuka IPv6 pengguna secara gamblang. Lebih parahnya lagi, 60% diantaranya kemudian berani membocorkan permintaan DNS.

Penutup

Demikian pembahasan tentang VPN, mulai dari pengertian hingga cara menggunakan VPN. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan VPN?

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang teknologi atau VPN, maka bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Buku-Buku Terkait

SOLUSI VPN CLIENT ACCESS DI WINDOWS SERVER 2003

https://www.gramedia.com/products/conf-solusi-vpn-client-access-di-windows-server-2003?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-solusi-vpn-client-access-di-windows-server-2003?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara mudah dan murah membangun solusi VPN client access di windows server 2003. Acces jaringan kantor dari manapun sudah menjadi kebutuhan mutlak terutama bagi para pekerja yang mobile. Windows server 2003 memungkinkan kita membangun solusi virtual private network (VPN) Client Acces dengan biaya murah. didalam buku ini dibahas tuntas cara membangun solusi VPN Client Acces menggunakan windows server 2003.

Pembahasan dimulai dengan instalasi routing dan remote acces konfigurasi virtual private network (VPN) server, konfigurasi active directory ,konfigurasi DHCP server , konfigurasi internet authentication service, (IAS) Atau remote authentication Dial-in user service (radius) server , serta konfigurasi VPN client di windows XP Professional. Pembahasan disajikan dalam bentuk teori praktek langkah-demi langkah dengan pembahasan yang ringan dan mudah dipahami , buku ini ditulis oleh praktisi yang berpengalaman menangani proyek berskala enterprise di perusahaan nasional dan multinasional.

Membangun VPN Linux Secara Cepat

https://www.gramedia.com/products/membangun-vpn-linux-secara-cepat-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/membangun-vpn-linux-secara-cepat-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini berisi penjelasan mengenai desain dan instalasi VPN (Virtual Private Network) berbasis Linux yang berfungsi sebagai aplikasi komunikasi yang murah dan aman. VPN yang dibahas dalam buku ini adalah Freeswan yang dikembangkan dari IPSEC (Internet Protocol SECurity) dengan menggunakan autentikasi dan enkripsi. Teknologi ini sangat cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai beberapa cabang dan menginginkan pemusatan data.

Dalam buku ini juga dibahas instalasi distro DEBIAN yang mudah dan praktis melalui screenshot secara berurutan. Buku ini merupakan hasil kumpulan dan olahan dari beberapa sumber digabungkan dengan pengalaman yang dimiliki oleh penulis.Pembaca yang belum memiliki pengalaman instalasi VPN dan distro debian diharapkan mampu mengaplikasikan teknologi ini secara menyeluruh karena teknologi ini bersifat aplikatif.

Explainable Artificial Intelligence

https://www.gramedia.com/products/explainable-artificial-intelligence?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/explainable-artificial-intelligence?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Artificial Intelligence (AI), yang dapat diterjemahkan sebagai Kecerdasan Buatan atau Kecerdasan Artifisial, terus menjadi teknologi yang semakin disruptif pada bidang perbankan, keuangan, hiburan. bisnis digital, dan e-commerce. Gelombang PHK (pemutusan hubungan kerja) telah menimpa jutaan pegawai bank di Amerika dan sejumlah negara di Eropa sejak tahun 2015. Gelombang PHK semakin cepat membesar, mengubahnya menjadi tsunami. ketika terjadi pandemi Covid-19 di awal tahun 2020.

Namun, pada bidang tertentu yang sensitif dan berakibat fatal, seperti kesehatan, manufaktur, dan transportasi, tingkat disrupsinya belum terlalu mengkhawatirkan. Hanya sebagian kecil (atau hampir tidak ada) perusahaan yang mengaplikasikan Al dalam otomatisasi proses bisnisnya. Alasan utamanya adalah model-model (baik itu klasterisasi, klasifikasi, regresi, deteksi, hingga rekognisi) yang dihasilkan oleh Al memiliki performansi yang dilematis.

Model-model yang memberikan akurasi tinggi biasanya bersifat black box tidak mampu memberikan penjelasan atas keputusan yang dihasilkannya. Sebaliknya, model-model yang transparent (yang juga dikenal sebagai white box atau glass box models) mampu memberikan penjelasan atas keputusan yang dihasilkannya umumnya memberikan akurasi rendah (belum layak diaplikasikan).

Untuk mengatasi dilema tersebut, para pakar telah membangun berbagai teknik untuk mengubah model-model yang semula black box menjadi white box. Teknik baru ini disebut eXplainable Artificial Intelligence (XAI). Buku ini memberikan konsep dan gambaran XAI secara holistik, namun simpel, bagi Anda sebagai akademisi maupun praktisi.

Pemrograman Bootstrap untuk Pemula

https://www.gramedia.com/products/conf-pemrograman-bootstrap-untuk-pemula?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-pemrograman-bootstrap-untuk-pemula?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jika Anda penyuka desain website, maka Anda tidak akan bisa melewatkan Bootstrap. Dengan memanfaatkan Bootstrap, Anda bisa membuat desain-desain website yang tidak bisa diakomodasi hanya dengan mengandalkan tag HTML biasa. Buku ini membahas tentang:

  • Apa itu Bootstrap dan apa saja yang dibutuhkan untuk mempelajari pemrograman ini.
  • Mengenal sistem Grid pada Bootstrap
  • Tipografi dalam Bootstrap
  • Pembuatan tabel menggunakan Bootstrap
  • Form dalam Bootstrap
  • Button dan Menu Drop-Down dalam Bootstrap
  • Progress Bar dan Image dalam Bootstrap

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi