in

8 Acara Televisi Paling Mendidik Untuk Anak-Anak

8 Acara Televisi Paling Mendidik Untuk Anak-Anak – Semua orang pasti tahu bahwa televisi menyuguhkan banyak hiburan, baik itu bersama keluarga maupun sebagai teman menemani pada saat sendirian. Sebagai media yang sangat menghibur, saat ini masih banyak orang yang suka menonton televisi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, televisi pun ikut melakukan berbagai pengembangan, salah satunya yakni menyediakan acara yang mendidik. Sebagai media yang dapat disaksikan dengan gratis, acara televisi saat ini banyak menghadirkan tayang yang lebih variatif. Salah satu tayangan yang ada di dibutuhkan yakni acara televisi yang mendidik untuk anak-anak di seluruh Indonesia.

Beberapa acara televisi yang mendidik terbukti sangat baik untuk membantu perkembangan anak-anak Indonesia. Berikut ini adalah acara televisi paling mendidik di Indonesia, di antaranya yaitu:

1. Si Unyil

Si Unyil menjadi salah satu acara televisi paling mendidik saat ini. Si Unyil merupakan acara yang menyajikan berbagai proses pembuatan suatu barang. Hal ini menjadi sangat menarik karena anak-anak diajak untuk mengetahui hal-hal baru yang ada di dunia.

Program yang pertama kali ditayangkan di Trans7 pada 19 Maret 2007 ini, masih eksis hingga sekarang ini. Hal inilah yang menjadikan Si Unyil sebagai program unggulan milik Trans7 dengan fokus untuk mendidik dan menghibur anak-anak Indonesia.

Sebelum tayang di trans7, acara tentang Si Unyil sudah populer terlebih dahulu di stasiun Televisi Republik Indonesia atau TVRI pada 5 April 1981, dan berhenti tayang pada tahun 1993. Dalam acara Si Unyil, dia ditemani oleh Usro, Melani, Pak Ogah, Pak Raden, hingga kawan-kawan lainnya.

Dalam program ini, anak-anak akan disuguhkan banyak wawasan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, Si Unyil juga mengajak anak-anak untuk melakukan wisata sekaligus mengenal berbagai jenis permainan dari suatu daerah tertentu. Tayang ini sangat cocok untuk anak-anak karena dapat mendukung perkembangannya.

tombol beli buku

Walaupun secara konsep merupakan acara anak-anak, tetapi acara ini juga sangat menarik untuk orang dewasa karena menyajikan banyak informasi dengan cara yang sangat menghibur. Oleh karena itu, Si Unyil menjadi acara yang sangat mendidik dan cocok untuk dilihat bersama keluarga ketika sedang berkumpul di rumah.

2. Si Bolang Bocah Petualang

Program televisi Si Bolang Bocah Petualang merupakan salah satu acara televisi paling mendidik yang sangat legendaris di Indonesia. Acara Si Bolang sudah tayang sejak tahun 2006 silam, program ini menjadi tontonan wajib anak-anak Indonesia di kala habis pulang dari sekolah.

Si Bolang Bocah Petualang adalah acara televisi yang berfokus pada kegiatan sehari-hari anak-anak seluruh Indonesia. Kegiatan yang dilakukan biasanya yakni bermain, membantu orang tua, hingga membuat kerajinan tradisional yang menjadi ciri khas di daerahnya.

Hampir di setiap episode Si Bolang menyuguhkan berbagai keunikan budaya dari segala penjuru daerah yang ada di Indonesia. Hal itulah yang membuat Si Bolang menjadi program yang sangat mendukung perkembangan dan pelestarian nilai-nilai lokal masyarakat Indonesia.

Konsistensi Si Bolang dalam menyajikan tayang yang mendidik dan menghibur mengantarkannya mendapatkan banyak penghargaan. Salah satu program andalan Trans7 ini menjadi program paling penting karena memuat image positif sebagai standar tayangan untuk anak-anak yang tidak hanya menghibur, namun juga mendidik dan bisa menambah pengetahuan anak-anak.

Hampir sama seperti program televisi Si Unyil, Si Bolang pada dasarnya adalah acara untuk anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa membuat orang dewasa suka. Oleh karena itu, acara ini juga dapat masuk daftar tayangan yang bisa digunakan seluruh keluarga Indonesia ketika berkumpul di siang hari. Acara Si Bolang tayang setiap Senin hingga Jumat pada pukul 12.30 WIB.

3. Si Otan

Salah satu acara televisi yang paling mendidik dan sangat cocok untuk anak-anak selanjutnya adalah Si Otan. Si Otan merupakan nama baru yang diusung untuk menggantikan program Dunia Binatang yang konsisten menghibur dan juga mendidik anak-anak Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini.

Acara tentang Binatang yang dihadirkan oleh Trans7 ini sebenarnya adalah program yang memiliki fokus untuk menceritakan dan membahas berbagai jenis keanekaragaman yang ada di Indonesia. Tidak hanya itu, Si Otan juga memberikan inovasi berupa sesi tes dan percobaan yang sangat menarik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kreativitas anak-anak.

Dengan ditemani oleh teman lumba-lumba manisnya yakni Dolpino, tayangan Si Otan menjadi semakin seru. Hal itulah yang menjadi alasan banyak keluarga Indonesia yang mengajak anak-anak untuk menonton tayangan ini. Tayangan ini dapat disaksikan setiap Senin sampai Jumat pada pukul 13.00 WIB di Trans7.

4. On The Spot

Salah satu acara televisi yang dapat dijadikan rekomendasi sebagai tayangan yang mendidik adalah On The Spot. Acara televisi ini sudah tayang sejak 27 Oktober 2008 silam. Dengan kata lain, acara ini telah berhasil menjadi tayangan wajib penonton Indonesia selama lebih dari satu dekade untuk kategori semua usia.

tombol beli buku

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Walaupun tidak spesifik diperuntukkan untuk anak-anak, tetapi acara ini tetaplah sangat cocok untuk dikonsumsi dari anak-anak hingga orang dewasa, terlebih lagi untuk anak yang akan memasuki usia remaja. Acara ini akan sangat mendukung pemahaman anak tentang dunia yang sebenarnya, sebelum anak melakukan eksplorasi di dunia nyata.

On The Spot sendiri merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki oleh Trans7 dengan fokus untuk selalu memberikan segala informasi yang unik, menarik, dan inspiratif kepada para penonton di seluruh Indonesia.

Awalnya, On The Spot merupakan acara dengan format majalah televisi. Dengan dipandu oleh Ananda Omesh, tema acara ini adalah traveling yakni memberikan informasi kepada para penonton tentang berbagai fakta menarik dari sebuah tempat yang ada di dunia.

Seiring berkembangnya zaman, On The Spot bertransformasi menjadi acara musik yang menyajikan berbagai video klip yang sedang populer di Indonesia, baik dari musisi dalam negeri maupun musisi luar negeri. Dalam menyediakan informasi musik yang menarik, acara dipandu oleh dua host ternama Indonesia, yakni Thalita Latief dan Ruben Onsu.

Namun, dalam perkembangannya, sesi informasi yang ringan dan menarik dari On The Spot malah lebih mendominasi dibandingkan acara musiknya sendiri. Hal itulah yang akhirnya membuat On The Spot sekarang ini menjadi acara yang berisi daftar ulasan pilihan dalam sebuah kategori, dengan tagline 7 hal versi On The Spot.

Setiap episode dari On The Spot menjadi semakin menarik, setelah menggunakan musik latar dan berbagai video yang sangat mendukung. Selain itu, tema dan topik yang dipilih pun sangat unik sehingga menjadikan penonton penasaran dan terhibur dengan acara ini. Hal itulah yang akhirnya mengantarkan On The Spot menjadi trendsetter untuk acara televisi Indonesia dengan jenis entertainment news magazine.

5. Jejak Si Gundul

Selanjutnya, salah satu acara televisi paling mendidik dan cocok untuk semua umur adalah Jejak Si Gundul. Jejak Si Gundul sendiri adalah sebuah program unggulan dari Trans7 yang mengangkat cerita atau kisah tentang kearifan lokal melalui karakter seseorang yang disebut dengan Si Gundul. Jejak Si Gundul ini dapat Kamu lihat di televisi setiap hari Senin hingga Jumat pukul 15.15 sampai 16.15 WIB.

Acara televisi yang sangat mendidik ini telah bertahan selama hampir satu setengah dekade menemani masyarakat Indonesia. Mulai tayang pada tahun 2007 silam, acara yang dipandu langsung oleh Heru, yakni sosok Si Gundul, seorang pria kelahiran Metro, Lampung tepatnya pada 8 Maret 1973.

Sosok Si Gundul pun sangat disukai oleh penonton Indonesia, karakter Si Gundul yang dibawakan oleh Heru telah menjadi sosok idaman yang bisa dijadikan panutan masyarakat Indonesia, yakni seorang pria yang rendah hati, sopan santun, pantang menyerah, dan tentunya suka menolong.
Program majalah televisi ini akan sangat cocok untuk mengisi waktu luang bersama keluarga di sore hari. Jejak Si Gundul dapat memberikan contoh yang baik kepada anak-anak tentang sosok seorang yang baik dan berbudi luhur, sementara untuk orang dewasa akan merasa terhibur karena diajak berkenalan dengan berbagai budaya lokal dari seluruh penjuru nusantara.

tombol beli buku

6. Jejak Petualang

Trans7 memang menjadi salah satu stasiun televisi yang konsisten dalam menghadirkan acara atau program yang berkualitas dan sangat mendidik untuk anak-anak. Salah satu acara yang menjadi program unggulannya saat ini adalah Jejak Petualang. Program ini merupakan sebuah acara televisi yang fokus menyajikan video dokumenter berkualitas kepada para masyarakat Indonesia.

Beberapa video dokumenter yang ditayangkan biasanya adalah fenomena atau juga berbagai hal menarik yang terjadi di seluruh Indonesia, meliputi alam, kebudayaan, kearifan lokal, hingga segala hal menarik eksplorasi yang ada di bumi nusantara.

Program televisi Jejak Petualang ini mampu menyajikan pengalaman yang sangat menarik dan nuansa yang sangat menyegarkan bagi para pemirsa yang menyukai petualangan di alam bebas. Acara yang tayang pertama kali pada tahun 2003 ini dapat dikatakan sebagai salah satu pelopor acara petualang yang ada di dunia pertelevisian Indonesia.

Semenjak hampir dua dekade yang lalu ditayangkan, Jejak Petualang sudah banyak menjelajahi berbagai daerah yang di Indonesia. Daerah didatangi pun sangat beragam, dari pegunungan, pantai, kawasan pedalaman, hingga berbagai tempat yang pada dasarnya jarang dikunjungi oleh manusia. Penonton menjadi selalu tertarik karena setiap episode dari acara ini selalu mampu menghadirkan pengalaman dan suasana yang lain dari setiap daerahnya.

Karakteristik dari program ini yakni menceritakan tentang seorang perempuan tangguh untuk berani berpetualang dan menjajaki berbagai daerah di Indonesia. Misalnya saja, Riyanni Djangkaru, seorang host pertama dalam acara ini dan pensiun pada tahun 2006 silam. Riyanni Djangkaru telah berhasil membawakan program dokumenter yang mendidik ini hingga banyak memberikan kesan mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Jejak Petualang sendiri sudah menjadi simbol bagi banyak orang yang menyukai dunia petualangan. Jejak Petualang juga beberapa kali menyelenggarakan kumpul bersama komunitas pecinta alam. Pada tahun 2005 lalu, Jejak Petualang mampu membuat kegiatan Jambore Jejak Petualang di Jawa Barat yang dilaksanakan di sekitar Gunung Semeru, Jawa Timur.

Dalam perkembangannya, Jejak Petualang menghadirkan inovasi lain yang sangat cocok untuk keluarga Indonesia seperti Jejak Petualang Survival dan Jejak Petualang Wild Fishing. Sesuai namanya, Jejak Petualang Survival merupakan tayangan televisi yang menyajikan informasi tentang bagaimana cara bertahan hidup di hutan hingga alam liar. Sementara, Jejak Petualang Wild Fishing merupakan program yang menyuguhkan keseruan memancing di alam liar yang jarang didatangi oleh orang.

Konsistensinya dalam mengangkat nilai-nilai lokal dari berbagai daerah Indonesia pada akhirnya mengantarkan program televisi dokumenter dari Trans7 ini mendapatkan banyak penghargaan. Beberapa penghargaan bergengsi yakni Anugerah Pesona Wisata pada tahun 2007 dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Nasional, Penghargaan Gemar Ikan pada tahun 2011 dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, Anugerah KPID Nusa Tenggara Barat pada tahun 2012, hingga Anugerah KPID Kalimantan Barat pada tahun 2015 lalu.

Oleh karena itu, acara ini sangat cocok menenami para keluarga Indonesia di rumah. Anak-anak bisa diajarkan untuk berani bersosialisasi dengan berbagai tempat, sementara para orang tua dapat mendapatkan suguhan berbagai cerita menarik dari alam yang ada di Bumi Indonesia.

7. Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC)

Salah satu acara televisi yang dapat mendidik anak-anak Indonesia selanjutnya adalah Olimpiade Indonesia Cerdas atau disingkat OIC. Acara ini merupakan program unggulan untuk anak-anak Indonesia yang tayang pertama kali di stasiun televisi RTV. OIC sendiri sangat cocok untuk anak-anak mengingat konsep yang diusung yakni, kuis yang sangat edukatif dan tentunya dapat menambah pengetahuan anak-anak ketika luang di rumah.

Olimpiade Indonesia Cerdas ini memiliki 3 jenis acara yang berbeda, mulai dari SMA yang menjadi acara utama, dilanjut untuk junior hingga family atau keluarga. Alhasil, acara ini sangat cocok untuk disaksikan keluarga Indonesia untuk menemani waktu bersama.

tombol beli buku

8. Upin Dan Ipin

Acara televisi yang paling mendidik untuk anak-anak Indonesia selanjutnya adalah serial Upin dan Ipin. Acara televisi yang oleh TV dari negara Malaysia, mampu diterima dengan baik dan mendapatkan banyak apresiasi dari rakyat Indonesia karena mengajarkan nilai-nilai keluhuran kepada anak-anak. Upin dan Ipin sangat disukai oleh anak-anak Indonesia karena menyajikan animasi yang menarik sekaligus nilai moral yang sangat dekat dengan anak-anak.

Acara televisi ini pertama kali tayang di Indonesia pada 14 September 2007 melalui stasiun televisi MNCTV. Upin dan Ipin sendiri awalnya merupakan tayangan edisi ramadan, namun kemudian berkembang menjadi banyak serial. Hingga sekarang ini, Upin dan Ipin telah berhasil mencapai musim tayang hingga lima belas.

Sebagai serial kartun, Upin dan Ipin berhasil memperoleh jumlah penayangan hingga 1,5 juta penonton dari dua televisi dari dua negara. Pencapaian tersebut menjadi Upin dan Ipin menjadi serial kartun kedua dengan penonton terbanyak di dunia. Upin dan Ipin hanya terpaut 100 ribu penonton dari serial kartun asal Jepang yakni Doraemon. Namun, Upin dan Ipin telah berhasil mengalah serial kartun ternama yang lain seperti Spongebob Squarepants dengan jumlah penonton 800 ribu penonton.

Keberhasilan Upin dan Ipin merupakan hasil penggarapan CGI pertama kali di Malaysia, dengan mengusung judul Upin dan Ipin Geng: Pengembaraan Bermula yang tayang pada tahun 2009 lalu. Serial Upin dan Ipin berhasil diputar selama tujuh minggu di bioskop malaysia. Serial Geng: Pengembaraan Bermula telah berhasil menjadi film paling spektakuler dalam sejarah perfilman Malaysia.

Dengan berbagai pencapaian yang sudah diterima, Upin dan Ipin merupakan acara paling mendidik dan menarik bagi para keluarga di Indonesia. Walaupun merupakan acara yang dibuat dari Malaysia, Upin dan Ipin menjadi serial yang bisa memberikan dampak positif bagi anak-anak karena mengangkat budaya di masyarakat nusantara.

Demikianlah, 8 acara televisi paling mendidik yang sangat cocok untuk anak-anak di seluruh Indonesia. Dengan mendapatkan tayangan yang berkualitas, tentu anak-anak Indonesia kelak dapat penerus bangsa di masa depan yang gemilang.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam