Sains dan Teknologi

Memahami Rumus Perkalian Excel Lengkap untuk Mengelola Data!

Rumus Ranking Excel
Written by M. Hardi

Rumus Perkalian Excel – Bagi siswa, mahasiswa, apalagi pegawai kantoran, Microsoft Excel itu lifesaver yang membuat tugas dan pekerjaan selesai lebih cepat. Rumus (formula) di dalamnya memudahkan yang sulit, menyederhanakan yang sulit. Salah satu yang paling banyak dipakai adalah rumus perkalian.

Maka dari itu, rumus perkalian biasanya diajarkan sejak awal karena semua orang wajib memahaminya. Apalagi cara menerapkannya sederhana, mudah, dan juga cepat. Dengan rumus ini, kita bisa mengolah data secara otomatis.

Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang rumus perkalian excel secara lengkap hingga masalah yang sering muncul saat menerapkannya. Simak sampai habis, ya!

Mengenal Rumus (Formula) dalam Microsoft Excel

Sebelum mempelajari rumus perkalian dalam Microsoft Excel, kamu harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan rumus atau formula. Sebab rumus adalah hal yang sangat penting dalam excel.

Secara umum, rumus (formula) di software Ms. Excel adalah suatu persamaan yang digunakan saat kamu melakukan perhitungan dan juga pengolahan nilai atau data tertentu untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Penulisan rumus di Excel selalu dimulai dengan tanda sama dengan “=” dan juga menyertakan operator aritmatika seperti:
rumus perkalian excel

Jadi kalau kamu mau melakukan perkalian, kamu bisa menulis =3*2 lalu tekan enter.

Kamu juga bisa menambahkan tanda kurung “()” atau tanda bantu lainnya di dalam tabel atau range yang punya alamat tertentu alias referensi sel. Nah, umumnya penulisan formula selalu merujuk alamat sel-nya seperti A1, B1, C1, dan seterusnya.

rumus perkalian excel

Seperti pada gambar di atas, untuk mengalikan A1, B1, dan C1, kamu bisa menulis =(A1*B1)*C1 atau kalau mau bisa juga dikombinasikan dengan nilai tertentu misalnya =(A1*B1)+3. Begitulah kurang lebih gambaran singkat tentang rumus atau formula dalam software Microsoft Excel.

Rumus atau formula ini, jika digunakan dengan benar, sangat bermanfaat untuk menyusun laporan keuangan lho Grameds! Seperti yang dicontohkan dalam buku Microsoft Excel untuk Menyusun Laporan Keuangan yang disusun oleh Johar Arifin.Rumus Perkalian Excelhttps://www.gramedia.com/products/microsoft-excel-untuk-menyusun-laporan-keuangan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Rumus Perkalian Excel Lengkap

rumus perkalian excel

Sumber: Pixabay

Ada banyak rumus perkalian Excel dengan fungsi berbeda-beda yang bisa kamu gunakan. Mulai dari yang diketik langsung (manual), otomatis, dengan fungsi PRODUCT, menghitung persentase, mengalikan uang, dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Rumus Perkalian Excel Manual

rumus perkalian excel

Sumber: Pixabay

1. Diketik Langsung

Untuk melakukan perkalian di Ms. Excel secara manual, kamu bisa mengetikkan angka (data) nya langsung pada cell dengan menggunakan operator aritmatika perkalian (*).

Misalnya kamu ingin mengalikan angka 3 x 8 x 12, maka langsung tulis rumusnya di salah satu cell. Karena setiap rumus di excel ditulis dengan sama dengan (=) maka penulisannya menjadi:
=3*8*12

Setelah itu tekan enter dan kamu akan mendapatkan hasilnya yaitu 288.

rumus perkalian excel

2. Angka (Data) dalam Cell

Kamu juga bisa mengalikan angka atau data yang ada di dalam cell. Biasanya cara ini digunakan saat kamu membuat catatan pengeluaran pribadi, laporan keuangan kantor, atau sejenisnya.

Seperti pada contoh di bawah ini, untuk mengalikan angka-angka yang ada kamu bisa menuliskan rumus =D1*D2*D3 di cell D4 lalu tekan enter, maka kamu akan mendapatkan hasilnya, yaitu 60.

rumus perkalian excel

3. Angka (Data) dari Sheet Lain

Bahkan, kamu bisa mengalikan angka-angka yang ada di sheet lain dalam Microsoft Excel. Caranya tulis “=” di cell yang kamu inginkan, klik semu cell yang akan kamu kalikan sampai habis, lalu tekan enter. Biar lebih jelas, cek contohnya pada gambar di bawah ini.

Di sini kita akan menggunakan dua sheet, yaitu sheet 1 dan sheet 2. Di sheet 1 ada angka 3 dan 4 sedangkan di sheet 2 ada angka 2 dan 12.

rumus perkalian excel

rumus perkalian excel

Untuk mengalikan semua angka ini, rumus yang digunakan adalah:
=D1*Sheet2!C1*Sheet1!D2*Sheet2!C2

rumus perkalian excel

setelah menekan enter, hasil yang didapatkan adalah 288.

Rumus Perkalian Excel Otomatis

Selain menulis nama cell-nya (misal D1,D2, dan D3) secara manual kamu juga bisa melakukan cara lain yaitu ketik “=” lalu klik cell yang ingin dikalikan (D1), kemudian ketik “*”, lalu klik lagi di cell D2, ketik “*” dan klik cell D3. Terakhir tekan enter.

rumus perkalian excel

Kamu bisa menggunakan rumus ini untuk menghitung banyak angka dalam banyak cell sekaligus. Caranya adalah dengan menulis dulu satu rumus dengan nama cell di cell tempat hasilnya akan disimpan. Setelah itu arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell sampai kursor nya berbentuk +, lalu tarik ke bawah sampai cell yang terakhir. Seperti contoh di bawah ini:

rumus perkalian excel

Setelah kamu mendapatkan hasil perkalian di cell C1 (=A1*B1), kamu bisa mengisi cell C2, C3, C4, dan C5 secara otomatis dengan cara di atas. Maka hasil yang akan didapatkan adalah sebagai berikut:

rumus perkalian excel

Rumus Perkalian Excel Otomatis dengan PRODUCT

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan fungsi khusus “PRODUCT” untuk menghitung perkalian di Microsoft Excel. Caranya gampang, kok. Cukup klik pada cell tempat hasilnya disimpan nanti, lalu ketikan “=PRODUCT” dan klik cell yang ingin kamu hitung lalu ketikan koma “,” atau titik koma “;” (tergantung bahasa yang kamu gunakan). Setelah itu klik lagi yang ingin kamu hitung, kemudian tekan enter. Seperti pada contoh di bawah ini:

rumus perkalian excel

Jadi rumus yang didapatkan dari cara ini adalah: =PRODUCT(A1;B1). Setelah itu, kamu tinggal drag ke bawah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk mengisi cell C2 hingga C5.

Kamu bisa belajar fungsi lain dan penggunaannya dalam buku Menguasai Microsoft Office Excel 2019 karya Johan Arifin. Buku ini hadir memberi kamu solusi untuk mempelajari hal-hal baru di Ms. Excel 2019 baru dengan praktis, efektif, efisien, dan dikemas secara menarik sehingga mampu mengoperasikan Excel secara optimal.

https://www.gramedia.com/products/menguasai-microsoft-office-excel-2019?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasihttps://www.gramedia.com/products/menguasai-microsoft-office-excel-2019?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Rumus Perkalian Excel dengan Persen

rumus perkalian excel

Sumber: Pixabay

1. Cara Menampilkan Persen (%) di Ms. Excel

Di Microsoft Excel, Grameds juga bisa melakukan perkalian dengan persen. Namun sebelum itu, kamu harus tahu bahwa Microsoft Excel tidak bisa menampilkan format persen (%) secara otomatis.

Karena itu, kamu harus mengubah data atau angka menjadi persen sebelum mengalikannya. Caranya bisa dengan:

  1. Mengetikkan simbol persen (%) di dalam cell-nya langsung
  2. Menggunakan format “percentage” di kotak dialog Format Cells, atau
  3. Mengubah format penulisan dalam cell menggunakan menu Tab Number –> Percent (%). Bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+% di keyboard.

Dari semua cara ini, yang paling sering digunakan adalah cara yang kedua.

2. Mengganti Jumlah Menurut Persentasenya

Cara ini bisa kamu gunakan jika Grameds ingin menambah atau mengurangi jumlah dengan persentase. Misalnya, kamu ingin mengurangi pengeluaran mingguan sebesar 15%, untuk menghitungnya gunakan rumus:

=jumlah yang ingin dikurangi*(1-persentase pengurang)

Biar lebih jelas lagi, tengok gambar di bawah ini:

rumus perkalian excel

=B1*(1-C1) lalu setelah menekan enter, hasil yang didapatkan adalah Rp170.000.

Dalam rumus ini, angka 1 yang digunakan memiliki nilai yang setara dengan 100%. Jadi secara otomatis Ms. Excel akan menghitung dulu data atau angka yang ada di dalam kurung, yaitu 1-C1 (100%-15%) dan mendapatkan nilai 85%. Setelah itu, hasilnya baru dikalikan dengan B2 (Rp200.000. Berarti kalau ditulis secara manual perhitungannya menjadi seperti ini:

100%-15%=85%
Rp200.000 x 85%=Rp170.000

Kalau kamu mau menambahkan pengeluaran sebesar 15%, cukup ganti tanda kurang (-) menjadi tambah (+) untuk mendapatkan rumus:

=B2*(1+C1)

Setelah itu tekan enter. Dari sini, kamu tinggal isi otomatis cell C2, C3, dan C4 dengan menggeser kursor di cell D1.

3. Mengalikan Angka dalam Banyak Cell dengan Persen

Grameds juga bisa mengalikan angka-angka di dalam cell yang banyak dengan persen. Misalnya seperti gambar di bawah ini:

rumus perkalian excelUntuk mengalikannya kamu bisa menggunakan cara berikut ini:

1. Masukkan dulu angka-angka yang ingin dikalikan dengan 15% di cell A1-A5
2. Ketikan “15%” atau persentase yang kamu inginkan di cell kosong lalu copy angka ini dengan kombinasi CTRL C
3. Setelah di-copy, pilih cell A1 sampai A5 dengan menyeret kursor mouse ke bawah.
4. Klik kanan di cell yang sudah kamu pilih, kemudian klik tempel spesial atau paste spesial dan pilih Nilai>kalikan lalu klik ok

rumus perkalian excel

5. Kamu akan mendapatkan jumlah perkalian angka-angka yang ada di cell A1-A5 dengan 15% seperti di bawah ini:

Cara ini bisa kamu gunakan untuk menghitung 100 atau bahkan 1.000 data pada cell Ms. Excel.

Rumus Perkalian Excel dengan Rupiah atau Mata Uang Lain

Sumber: Unsplash.com

Grameds juga bisa menghitung perkalian dengan rupiah atau mata uang lainnya di Excel. Misalnya untuk menghitung total pengeluaran selama satu minggu. Kamu bisa mengalikan harga setiap barang yang kamu beli dengan jumlahnya.

Rumus perhitungannya adalah =(harga barang yang kamu beli*jumlah barang). Nah, biar lebih mudah, coba cek gambar rumusnya di bawah ini:

rumus perkalian excel

Jadi rumusnya adalah =B2*C2 atau Rp85.000 x 2 = Rp170.000. Setelah mengisi cell D2, kamu tinggal menarik kursor ke bawah untuk mengisi cell D3, D4, dan D5. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan hasil sebagai berikut:

rumus perkalian excel

Dari mana angka Rp670.000 didapatkan? Jawabannya adalah dari perkalian angka-angka yang ada di cell D2 – D5 dengan menggunakan rumus:

=SUM(D2:D5)

rumus perkalian excel

Rumus Perkalian Excel ke Samping (Angka Konstan)

Kadang-kadang saat menggunakan rumus perkalian Excel kita ingin menghitung data di dalam cell dengan angka yang sama yang ada di cell lain. Kasus seperti ini biasanya disebut dengan perkalian angka konstan (tetap). Nah, untuk menghitung perkaliannya, kamu bisa menambahkan simbol $ ke dalam rumus yang ada di cell sebelum menyalin nya. Biar lebih jelas, cek contoh gambar di bawah ini:

rumus perkalian excel

Pada contoh di atas, kamu ingin mengalikan semua angka yang ada di cell A2 sampai A6 dengan angka 5 di cell C2. Jumlahnya akan kamu tulis di cell B2 sampai B6. Nah, untuk mendapatkan hasilnya kamu bisa menuliskan rumus =A2*C2 di cell B2.

rumus perkalian excel

Untuk mengisi cell B3 sampai B6, kamu tidak bisa menyalin rumus ke bawah dari cell B2 sebab Ms. Excel menganggap referensi cell C2 (yang dikalikan) berubah menjadi C3, C4, dan seterusnya yang tidak ada datanya sehingga hasil di cell B3 sampai B6 akan nol.

Jadi agar rumusnya bisa bekerja, kamu perlu menambahkan simbol “$” di depan nama cell yang dikalikan (C2-C6) sehingga rumusnya menjadi:
=A2*$C2 dan seterusnya

Kenapa harus menambahkan simbol “$” dalam rumusnya? Sebab simbol tersebut bertugas memberitahu Ms. Excel bahwa referensi ke C2 itu absolut, sehingga saat kamu menyalin rumus dari B2 ke B3 sampai B6, referensi cell-nya akan selalu menuju ke cell C2.

Grameds juga bisa menggunakan rumus dan fungsi terapan dalam Microsoft Excel. Rumus dan fungsi nya bisa kamu lihat di dalam buku Rumus dan Fungsi Terapan pada Microsoft Excel untuk Mengolah Data dan Laporan yang disusun oleh Madcoms.

https://www.gramedia.com/products/rumus-dan-fungsi-terapan-pada-microsoft-excel-untuk-mengolah?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rumus-dan-fungsi-terapan-pada-microsoft-excel-untuk-mengolah?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Kenapa Rumus Perkalian Excel Hasilnya #Value?

Grameds harus tahu bahwa saat menggunakan rumus perkalian Excel, hasilnya bisa menunjukkan error #VALUE. #VALUE sendiri merupakan cara Ms. Excel untuk memberitahumu bahwa ada yang salah dengan penulisan rumus atau cell yang kamu referensikan. Kesalahan ini sangat sering terjadi dan bisa disebabkan oleh beberapa alasan, yaitu:

  1. Ada karakter text atau simbol yang tidak bisa dibaca oleh rumus Excel
  2. Kesalahan dalam penggunaan tanda titik atau koma dalam format angka desimal
  3. Ketika kamu menggabungkan angka dan teks di dalam satu cell
  4. Ada spasi di dalam rumus perkalian Excel, penjumlahan, atau rumus lainnya
  5. Ada data yang tidak valid
  6. Penggunaan tanda Plus dan Minus
  7. Cell yang akan dihitung kosong alias tidak memiliki angka
  8. Kesalahan pada Formula Array

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi error #VALUE dalam perkalian Excel ini? Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan berdasarkan informasi yang ditulis oleh Nur Awaluddin dalam bukunya Excel Troubleshooting, 100+ Masalah Microsoft Excel Dan Solusinya.

https://www.gramedia.com/products/excel-troubleshooting-100-masalah-microsoft-excel-dan-solusinya?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/excel-troubleshooting-100-masalah-microsoft-excel-dan-solusinya?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Cara Mengatasi Error #VALUE dalam Rumus Perkalian Excel

1. Mengganti Tanda Titik dengan Koma

Cara ini bisa kamu gunakan ketika mengalikan angka desimal. Biasanya jika kamu menulis angka desimal dengan tanda titik (.), Excel akan menganggapnya sebagai teks, bukan angka. Misalnya kamu 234.5.

Untuk mengatasinya, silakan ganti tanda titik dengan koma, jadi daripada menulis 234.5 kamu bisa menulis 234,5.Setelah itu, baru masukkan ke dalam rumus yang akan kamu gunakan.

2. Mengganti Format Text Menjadi Angka (Number)

Kamu juga bisa mengatasi error #VALUE dengan cara mengganti format text menjadi angka (number). Caranya bisa melalui Format Cell atau sub menu Custom di menu Format Cell.

3. Memisahkan Angka dengan Satuan

Cara yang ketiga adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan, yaitu dengan cara memisahkan angka dengan satuan di dalam cell yang berbeda. Tujuannya agar Ms. Excell dapat membaca angka yang kamu masukkan ke dalam cell sebagai angka (number) bukan teks.

Tips Menghindari Error #VALUE dalam Rumus Perkalian Excel

  1. Tulis atau input semua angka (data) ke dalam cell secara teliti. Pastikan tidak ada simbol, teks, atau non numerik lain di dalam cell-nya.
  2. Gunakan fungsi =ISERROR(value). Jika hasil yang keluar benar, maka Ms. Excel akan menunjukkan hasil FALSE, sebaliknya jika hasilnya salah maka yang ditunjukkan adalah TRUE.
  3. Cek sumber datanya. Sebaiknya kamu periksa sumber data yang akan kamu hitung, siapa tahu sumbernya diatur dengan Merge & Center–fungsi untuk menggabungkan beberapa cell sekaligus. Kesalahan seperti ini dapat menyebabkan hasil error #VALUE dalam rumus perkalian Excel.

rumus perkalian excel

Error #VALUE memang sering terjadi, khususnya ketika kamu harus menghitung data dalam jumlah yang sangat banyak. Di samping itu, para pemula atau yang baru belajar Ms. Excel juga sering menemukan error #VALUE ini karena ketidaktahuannya. Oleh karena itu, cara-cara yang ada di atas bisa kamu terapkan untuk mengatasi error #VALUE.

Penutup

Demikian pembahasan tentang rumus perkalian excel, semua rumus perkalian di akan memudahkan kamu dalam mengolah data, sehingga data pun tidak salah. Semoga semua pembahasan pada artikel ini bermanfaat untuk Grameds.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang excel, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien