IPA Sains dan Teknologi

Mengetahui Fungsi Termos, Sejarah, dan Bagian-Bagian Termos

Written by ziaggi

Fungsi Termos – Halo sobat Grameds, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan alat dapur yang bernama termos. Pasalnya, hampir setiap rumah tangga menyimpan alat perangkat tersebut. Anda bisa lihat sendiri apa fungsi termos secara umum yaitu sebagai wadah berbentuk tabung atau botol untuk menyimpan air panas.

Termos adalah salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki banyak keunggulan. Dahulu termos hanya digunakan untuk menyimpan air panas, di zaman sekarang termos sudah berkali-kali diperbaiki agar lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana.

Misalnya, ibu-ibu akan sering membawa termos kecil berisi air panas untuk membuat susu bagi bayinya. Sayangnya, masih sedikit orang yang mengetahui peran dan fungsi termos sebagai wadah air minum.

Karena alat dapur ini dapat menjaga air tetap panas, para ibu dapat menggunakannya untuk membuat susu untuk anak-anaknya saat bepergian. Namun tahukah Anda bahwa setiap bagian dari termos ini memiliki fungsinya masing-masing?

Fungsi Termos

Sumber: Pixabay

1. Fungsi Bagian Dinding Kaca Luar

Termos memiliki dinding kaca luar, yang berfungsi mencegah perpindahan panas secara radiasi. Jadi panas dari luar yang masuk ke dalam termos dipantulkan kembali, sehingga air dingin yang terdapat di dalam termos tetap terjaga suhunya.

2. Fungsi Tutup Termos

Tutup termos memiliki bentuk yang seperti sumbatan dan berfungsi untuk mencegah agar air dan udara tidak keluar masuk dari termos. Dengan kata lain, tutup termos dapat mencegah perpindahan panas secara konveksi dan konduksi.

3. Fungsi Bagian Dinding Kaca

Bisakah kita juga melihat fungsi termos dari dalam kaca? Selain dinding luar kaca, termos juga memiliki dinding kaca bagian dalam. Fungsi dari bagian ini adalah untuk mencegah perpindahan panas agar dinding tidak terserap.

4. Fungsi Dinding Kaca Pelindung

Dinding kaca pelindung terletak di bagian luar tangki. Fungsi dari bagian ini adalah untuk mengisolasi panas antara udara di sekitar termos dan tabung kaca pada alat. Memiliki lapisan isolasi luar mencegah Anda menjadi terlalu panas ketika Anda ingin menuangkan air panas dari termos.

5. Fungsi Bagian Karet Tempat Gelas

Bagian termos selanjutnya adalah karet tempat gelas, yang memiliki fungsi untuk menjaga agar botol atau gelas di dalam botol tetap dan tidak berubah. Karet termal ini adalah bagian bawah dari desain termos.

6. Fungsi Hampa Udara atau Vakum

Vakum atau vakum di dalam bejana mencegah perpindahan panas dari luar bejana dan di dalam bejana, serta mengisolasi panas. Tidak adanya media dalam ruang hampa ini mencegah perpindahan panas secara konduksi dan konveksi.

Singkatnya, jika fungsi tangki di bagian vakum adalah untuk membatasi kemungkinan kehilangan panas dari dalam atau panas yang masuk dari luar ke dalam tangki. Vakum adalah pusat termos.

Termos sebenarnya terbuat dari kaca berlapis ganda, dengan ruang hampa di antara dinding atau tengahnya. Kemudian pada salah satu dinding terdapat lapisan perak, yang memerangkap panas agar tidak terjadi radiasi dan tidak terserap oleh dinding.

7. Bagian Luar Termos

Bagian luar termos memiliki bentuk tabung yang terbuat dari material plastik atau logam tahan karat yang kokoh serta dapat melindungi bagian dalam termos. Kini bagian luar termos tersedia dalam berbagai warna dan motif untuk memberikan kesan estetika.

Sejarah Termos

Penemuan termos telah membuat perubahan signifikan sejak 1904. Kemajuan teknologi yang stabil dan pengembangan produk baru yang konstan telah membantu menjaga termos di garis depan industri selama hampir satu abad.

Termos ditemukan oleh Sir James Dewar pada tahun 1892, seorang ilmuwan di Universitas Oxford, “termos” pertama yang diproduksi secara komersial pada tahun 1904, ketika peniup dua gelas Jerman mendirikan GmbH Thermos, publik menyelenggarakan kontes penamaan untuk “guci hamba” (termos vakum), setelah itu orang Munich menamakannya “termos” dari kata Yunani “Therme” yang berarti “panas”.

Pada tahun 1907, Thermos GmbH menjual hak merek dagang atas botol tersebut kepada tiga perusahaan independen:

The American Thermos Bottle Company of Brooklyn, NY; Thermos Limited dari Tottenham, Inggris; Canadian Thermos Company Limited dari Montreal, Kanada. Termos menjadi begitu populer dan dikenal setelah dibawa oleh sejumlah ekspedisi terkenal antara lain:

  • Letnan. E.H. “Perjalanan Shackleton ke Kutub Selatan”,
  • Robert E. Peary “Perjalanan ke Kutub Utara”,
  • Colonel Roosevelt “Ekspedisi ke Mombasa dan ke jantung Kongo Afrika” bersama Richard Harding Davis.
  • Wright Bersaudara “pesawat dan Zeppelin”

Termos ini dipuji di seluruh dunia karena desainnya yang revolusioner. Pada tahun 1909, termos ini memenangkan “Hadiah Utama” di Alaska Yukon Pacific Show dan dihormati untuk tujuh pameran lainnya di seluruh dunia.

Pada tahun 1911, Thermos membuat terobosan teknologi dengan memproduksi mesin pengisi gelas pertama. Selama ini termos terkenal dengan teknologi gelas vakum di dunia.

Pertumbuhan popularitas termos diperluas dengan produksi mesin pembuat kaca. Pada tahun 1923, perusahaan memperkenalkan “kendi biru” 24 liter dan termos beras besar yang disebut “Jumbo Jug”.

Jenis baru tangki kaca Pyrex® berdinding ganda berinsulasi vakum baru dirancang pada tahun 1928 dan memiliki kapasitas 24 galon. Ini menjadi sangat populer pada tahun 1928 dan 1929 untuk es krim dan freezer ikan, tak lama sebelum munculnya pendinginan komersial.

Ketika Perang Dunia II pecah di Eropa pada tahun 1939, hampir semua ramuan yang disimpan di Inggris terbatas karena digunakan oleh tentara untuk perang. Sedangkan di AS, perusahaan termos yang berperan dalam memasok termos untuk kebutuhan masa perang adalah “The American Thermos”.

Saat itu, lebih dari 98% produksi termos digunakan untuk keperluan militer dan laboratorium energi atom. Meski perang berakhir pada 1945, popularitas termos terus berkembang.

Pada tahun 1957, termos merk botol vakum hampir diakui secara universal untuk digunakan dalam makanan dan minuman. Selain itu, produk termos juga sangat berguna untuk kebutuhan dunia ilmiah, medis dan industri.

Mereka telah digunakan dalam berbagai instrumen untuk mengukur daya listrik, tingkat pendakian pesawat, mendeteksi deposit minyak dan merekam kondisi cuaca. Dan telah digunakan untuk mengangkut ikan tropis langka, menyimpan dan mengangkut plasma, serum, tulang, jaringan dan insulin.

Pada tahun 1966, termos pertama di dunia dengan nama vakum stainless steel diperkenalkan. Produk ini akan mengubah cara makanan atau minuman disimpan dingin atau panas di seluruh dunia.

Pada tahun 1971 produk termos diekspor ke lebih dari 100 negara.1985 adalah tahun yang sukses untuk termos dengan diperkenalkannya mesin kopi “The Coffee Butler”. Vakum ini mengisolasi teko kaca dan memasuki pasar sekitar waktu ini dan menjadi salah satu produk rumah tangga terbaik di Amerika Utara.

Tips Memilih Termos yang Baik dan Benar

Apakah fungsi sebuah termos memang sangat bermanfaat di kehidupan sehari hari. Terlebih pada bepergian, kamu masih bisa mendapatkan minuman menggunakan suhu yang tetap panas ataupun tetap dingin. Hal ini membangun termos menjadi perlengkapan tempat tinggal tangga yang digemari dan wajib terdapat misalnya halnya kompor portable.

Karena banyaknya produk termos yg tersebar pada pasaran, mungkin kamu merasa bingung wajib menentukan termos yg mana. karena ada saja produk termos yang cepat mengalami kebocoran, alhasil proses penyimpanan air panas pun akan menjadi terganggu.

Maka berdasarkan itu, kamu harus menerapkan beberapa tips dalam menentukan termos. Hal yang pertama yaitu perhatikan bahan yang dipakai buat membentuk piranti tadi. Pada umumnya, termos sendiri dibuat menggunakan bahan beraneka ragam.

Mulai berdasarkan kaca, plastik, hingga stainless steel. Tentunya akan lebih baik bila Anda menentukan termos yang berbahan kaca atau stainless steel, karena bahan misalnya ini cenderung mempunyai kemampuan yang baik di menunda suhu.

Seiring banyaknya termos yang beredar, ukurannya pun menjadi lebih bervariasi. ada yg ukuran mini contohnya 200 mililiter dan ada juga yang ukuran yang sampai tiga liter. Oleh Karena itu, engkau perlu menyesuaikannya menggunakan kebutuhan harian.

Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan fungsi termos sesuai kebutuhan kamu . Karena seiring berkembangnya zaman, termos tidak hanya mampu digunakan buat menunda panas saja. Tetapi Anda juga bisa menggunakannya buat menahan suhu dingin.

Kendati demikian, beberapa termos yang tersebar ternyata hanya mempunyai satu kemampuan saja. Contohnya sanggup menahan panas saja atau hanya mampu menahan suhu dingin saja. Maka sesuai itu, kamu wajib menyesuaikannya menggunakan kebutuhan.

Tidak jarang orang berpikir bahwa memiliki harga tinggi itu bagus. Karena tampilan luar termos tidak menjamin kualitas termos dalam menjaga suhu air.

Selain itu, terkadang termos merek dipalsukan sehingga merek yang terkenal kualitasnya baik ternyata buruk.

Dikutip dari Vacuum Flask.rangdong.com, termos ada tiga jenis, yaitu botol kaca, stainless steel, dan botol plastik. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Termos kaca aman untuk kesehatan, menjaga panas tetap stabil dan mengawetkan susu, kopi, teh tanpa mencampur bau. Namun pada umumnya termos kaca harganya mahal, beberapa botol kaca tidak tahan benturan. Misalnya, pertimbangkan untuk menabung untuk perjalanan ke Lebaran.

Kalau Anda ternyata membutuhkan keduanya, maka pilih termos yang mampu sekaligus digunakan buat menunda suhu dingin dan panas supaya apa fungsi termos jauh lebih fleksibel. Lalu tidak lupa cermati ukuran termos yang kamu butuhkan.

Tidak mampu dipungkiri bahwa termos ketika ini memang menjadi keliru satu termos dapur yang begitu dibutuhkan oleh setiap rumah tangga. Menggunakan adanya termos, Anda pun mampu menggunakannya dan  gampang membawa minuman hangat atau minuman dingin pada saat perjalanan.

  • Cek Bau

Sebelum membeli, ingatlah untuk mencium bau di termos, jika ada bau tidak enak berarti bahan di termos tidak bagus. Jadi lebih baik tidak membelinya.

  • Periksa Berat Termos

Anda mungkin tergoda untuk membeli termos karena ringan sehingga Anda tidak perlu membawanya. Namun termos yang terlalu ringan tidak dibuat dengan baik atau bahannya tidak bagus, selain itu termos yang terlalu ringan tidak dapat menahan panas dalam waktu lama atau hanya dapat menahan panas sekitar 1-2 jam.

  • Uji Ketahanan

Termos yang baik dapat mempertahankan panas dalam waktu yang lama sehingga setiap komponen terpasang dengan sempurna. Tutup botol harus kencang dan karet tutupnya harus silikon yang bagus.

Karena bahan silikon memiliki sedikit molekul, bahan ini dapat bercampur dengan minuman saat dituang. Selain tidak menyegel, bakteri silikon dapat menumpuk di tutup tangki air panas dan menimbulkan bau tak sedap yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Cara Kerja Termos

Menurut teori pertukaran Henry Prevost Babbage (1824 – 1918), benda yang lebih dingin selalu menyerap gelombang panas dari yang lain sampai keduanya berada pada suhu yang sama. Berdasarkan teori ini, teh panas atau dingin dalam termos akan kehilangan panas atau menyerap panas dari tempatnya. Namun, temos dirancang untuk dapat memblokir tiga jalur perpindahan panas: konduksi, konveksi, dan radiasi.

Termos terbuat dari kaca ganda, ruang antara dua dinding dan salah satu dinding ditutupi dengan lapisan mengkilap (di sini perak digunakan). Pada termos ini terdapat dua dinding kaca yang masing-masing dipoles. Bagian dalam dipoles agar panas air panas tidak terserap oleh dinding. Sedangkan bagian luar dinding kaca dipoles dan dilapisi perak dengan tujuan mencegah perpindahan panas secara radiasi.

Apa yang Anda lakukan dengan vakum? Vakum digunakan di sini untuk mencegah perpindahan panas secara konveksi. Apakah tutupnya memiliki fungsi? Jelas ya, tutup termos disini terbuat dari bahan isolator, tujuannya untuk menghindari perpindahan panas secara konduksi.Prinsip pengoperasian termos sebenarnya sangat sederhana.

Termos ini menggunakan bahan adiabatik. Idealnya, bahan adiabatik ini menghambat interaksi antara sistem dan lingkungan. Tidak ada perpindahan sistem di kapal dengan lingkungannya. Oleh karena itu tidak ada pertukaran panas. Dengan menggunakan bahan adiabatik ini, termos dapat menjaga suhu air yang dikandungnya.

Bagian-Bagian Termos

1. Tutup Sumbat (Tutup Botol)

Unit ini memiliki fungsi menutup tutup botol setelah termos penuh air. Tutup ini memiliki efek mencegah perpindahan panas dengan menghantarkan konduksi. Jadi tutup termos dapat mencegah air dan udara keluar dari termos.

2. Dinding Dalam Kaca

Kita mungkin tidak menyadari bahwa termos memiliki lapisan dalam. Dinding ini memiliki efek mencegah perpindahan panas air panas sehingga air dingin tidak terserap. Hal ini dimaksudkan agar panas didistribusikan tanpa cedera dan menghantarkan panas ke luar.

3. Kaca Eksterior

Bagian ini berfungsi mencegah perpindahan panas secara radiasi. Panas dari dinding luar kaca yang masuk ke dalam balon dipantulkan ke bagian luar balon sehingga tidak ada panas yang masuk.

4. Ruang Hampa Udara (Vakum)

Bagian ini memiliki fungsi menjaga dan membatasi kemungkinan kehilangan panas yang terdapat di dalam termos. Menurut Encyclopedia Britannica, kekosongan ini mencegah perpindahan panas dari dinding interior dan eksterior yang menyebabkan insulasi. Oleh karena itu, proses ini menjadi penting dalam botol vakum.

Oleh karena itu, termos bertanggung jawab untuk meminimalkan kehilangan panas secara konduksi dan konveksi, tetapi tidak dengan radiasi. Steker terbuat dari campuran aluminium, kaca, plastik dan gabus, sehingga cukup baik dalam menghantarkan listrik.

Bagian dalam termos terbuat dari aluminium yang dilapisi kaca sedangkan lapisan pelindung luar termos terbuat dari plastik dan gabus dengan tujuan untuk menjaga agar suhu di dalam termos tetap konstan dan tidak berubah. Kemudian ruang hampa (vakum) pada termos berperan sebagai isolator untuk menjaga suhu air.

Penerapan Ilmu Termodinamika pada Termos

Tentu saja, masih banyak aplikasi termodinamika dalam kehidupan kita. Contoh penerapan termodinamika lain dapat ditemukan di termos.Penerapan hukum pertama termodinamika juga ditemukan pada termos, yang menggunakan bahan adiabatik, sehingga mencegah pertukaran panas antara sistem dan lingkungan dan sebaliknya, sehingga tidak ada penurunan suhu.

Termos juga merupakan contoh sistem isolasi yang cukup mudah ditemukan. Cara kerja kalor dimasukkan ke dalam termos dan tidak bisa keluar karena terhalang kaca putih mengkilat. Alasan mengapa semua botol kami memiliki kaca putih mengkilap di dalamnya adalah karena dibandingkan dengan warna gelap, putih menyerap lebih sedikit panas.

Selain kaca tahan panas, panas juga dicegah dengan celah udara antara tabung dan kaca, kemudian celah udara antara tabung dan dinding dicegah, karena udara merupakan penghantar listrik yang buruk. panas.Akhirnya, hal itu terhambat lagi oleh lapisan terluar dari sumbat atau apapun yang kita sentuh dan lihat yang biasanya plastik atau logam.

Dengan menggunakan bahan adiabatik ini termos mampu mempertahankan suhu air yang berada di dalamnya. Air panas yang sudah masuk termos tidak cepat dingin.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga artikel terkait:

Pengertian Kalor: Rumus, Kapasitas, Jenis, Perpindahan, Dan Contoh Soalnya

Rangkaian Seri: Pengertian, Rumus, dan Contoh dalam Kehidupan

Pengertian Isolator dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

Jenis-Jenis Plastik dan Bahaya yang Terkandung di Dalamnya

Manfaat Menghemat Energi bagi Lingkungan, Ekonomi & Kesehatan



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien