in

Review Novel Sweet Falls Karya Suci Patia

Apakah anda pernah merindukan seseorang yang bahkan tidak mengetahui bahwa anda akan merindukannya? Atau malah seseorang itu tidak pernah memikirkan anda? Apakah anda pernah merindukan seseorang yang tidak mengucapkan salam perpisahan secara resmi dengan anda? Ini adalah kisah untuk anda yang kerap merasa rindu kepadanya yang jauh di sana.

Apakah anda pernah merasa terjalin hubungan dengan seseorang yang sama-sama merasakan hal yang sama dengan anda, tetapi kalian tak saling meresmikan hubungan? Apakah anda pernah merasakan diperjuangkan oleh cinta, dan di waktu lain ditelantarkan? Ini adalah kisah untuk anda yang menemukan hubungan tanpa ada kejelasan.

Novel Sweet Falls adalah karya tulis Suci Patia, seorang anak dari salah satu tokoh ternama di Indonesia, Gatot Brajamusti, yang juga merupakan public figure. Wanita cantik ini dikenal sebagai sosok wanita yang memiliki paket lengkap. Sebab, selain parasnya yang cantik, Suci Patia juga dikenal suka memberikan edukasi kepada orang-orang di sekitarnya.

Meskipun dirinya menekuni bidang filsafat, Suci Patia ternyata memiliki ketertarikan di bidang menulis. Maka dari itu, ia kemudian memulai karirnya sebagai seorang penulis. Nama Suci Patia sebagai seorang penulis juga cukup populer, karena sejumlah karyanya yang digandrungi masyarakat dan berhasil menjadi buku best seller.

Sebagian besar karya tulis Suci Patia membahas tentang kisah cinta atau bergenre romansa. Salah satunya adalah novel Sweet Falls ini. Novel Sweet Falls diterbitkan oleh Penerbit Media Kita pada Oktober 2018. Novel dengan total 324 halaman mengisahkan tentang kisah cinta segitiga antara Sofia Rosamund, Adrian Levi, dan Aaron J. Sebastian.

Sofia belum bisa melakukan dua hal ini hingga saat ini. Hal pertama, membuka hatinya, dan yang kedua berdamai dengan masa lalunya sendiri. Hingga saat ini, hatinya belum memiliki keinginan yang cukup untuk berjuang. Hatinya belum memiliki keinginan yang cukup untuk mempertahankan suatu hubungan.

Hatinya belum memiliki keinginan yang cukup untuk merasakan. Dan mungkin, itu adalah jawaban atas pertanyaan mengapa sampai sekarang dirinya masih melajang. Siapa yang akhirnya berhasil membuka hati Sofia?

Profil Suci Patia – Penulis Novel Sweet Falls

Sumber foto: Instagram @suci.patia

Suci Patia Brajamusti adalah putri dari pasangan Gatot Brajamusti atau yang biasa dipanggil Aa Gatot dan Dewi Aminah. Gatot Brajamusti adalah sosok yang cukup populer di tanah air, karena ia merupakan aktor sekaligus penyanyi Indonesia. Selain sebagai public figure, Gatot Brajamusti juga dikenal sebagai penasihat spiritual. Ibunda Suci Patia, Dewi Aminah diketahui merupakan istri ketiga dari Gatot Brajamusti. Sebelumnya, Gatot Brajamusti pernah menikah sebanyak dua kali.

Suci Patia menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Bakti Mulya dan berhasil lulus pada tahun 2014. Setelah lulus SMA, ia langsung melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, dengan mengambil jurusan Filsafat di Universitas Indonesia (UI). Ia mulai menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi pada tahun 2015. Nama Suci Patia mulai dikenal masyarakat sejak ia sempat tampil di depan publik pada tahun 2008. Pada saat itu Aa Gatot, sang ayah, sedang merilis album religi yang berjudul “Tunjukkan Jalan Yang Lurus”.

Nama Suci Patia kembali tersorot oleh publik ketika sang ayah terjerat sebuah kasus. Dari kasus yang menimpa keluarganya itu, banyak orang yang menyoroti sosok Suci Patia sebagai wanita yang cantik dan berpendidikan. Suci Patia juga aktif di dunia maya, ia kerap mengunggah foto kesehariannya yang didominasi dengan bepergian ke luar daerah.

Selain sebagai seorang penulis, Suci Patia juga berprofesi sebagai Master of Ceremony (MC), host, dan juga moderator. Suci Patia juga memiliki sebuah bisnis jasa merangkai kata yang bernama kapitulis. Suci Patia sangat aktif di media sosial, terutama di Instagram. Ia kerap mengunggah kesehariannya di akun media sosialnya itu, yang bernama @suci.patia.

Suci Patia juga cukup populer di Instagram, yang dibuktikan dengan jumlah pengikutnya yang mencapai 31,2 ribu orang. Selain aktif di akun Instagram pribadinya, Suci Patia juga memiliki akun lain untuk mengunggah hasil tulisannya. Ia memiliki sebuah akun Instagram untuk mengunggah puisi yang ditulisnya yang bernama @potret.pena. Lalu, Suci Patia juga memiliki akun Instagram lain untuk mengunggah kutipan-kutipan motivasional karyanya, yang bernama @dailyquote.id.

Suci Patia lebih aktif memberikan kalimat-kalimat motivasi, yang dia sampaikan juga melalui bentuk podcast. Dalam karir kepenulisannya, Suci Patia telah menerbitkan sejumlah buku. Keempat buku karya Suci Patia, yaitu Silver Lining, Sweet Falls, Kita Sebelum Sebuah Lupa, dan SEMARA. Sebagai seorang penulis, karir Suci Patia juga terbilang sukses. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah karyanya yang berhasil menjadi buku yang bisa anda temukan di bagian best seller.

Sinopsis Novel Sweet Falls

Sofia Rosamund

Bali, Indonesia, Juni 2017

Sofia belum bisa melakukan dua hal ini hingga saat ini. Hal pertama, membuka hatinya, dan yang kedua berdamai dengan masa lalunya sendiri. Hingga saat ini, hatinya belum memiliki keinginan yang cukup untuk berjuang. Hatinya belum memiliki keinginan yang cukup untuk mempertahankan suatu hubungan. Hatinya belum memiliki keinginan yang cukup untuk merasakan. Dan mungkin, itu adalah jawaban atas pertanyaan mengapa sampai sekarang dirinya masih melajang.

Adrian Levi

London, Inggris, April 2018

Matanya memandangi kerumunan orang yang mengantri di depan pintu Royal Albert Hall. Setiap kali ia sedang sendiri, seperti saat mandi, saat sudah mau tidur, atau bahkan ketika merokok seperti sekarang, setidaknya selama 1 menit pikirannya ia biarkan bebas untuk hanyut terbawa kembali ke masa lalu. Pikirannya mengulang kembali skenario hidupnya. Bagaimana jika dulu seperti itu? Bagaimana jika dulu seperti ini? Bagaimana kalau saja dia menghubungi Sofia malam itu?

Aaron J. Sebastian

Bali, Indonesia, Juni 2017

Aaron tidak bisa menahan bibirnya untuk tidak tersenyum ketika melihat Sofia di hadapannya, mengenakan gaun berwarna luscious pastel dengan gaya off shoulder yang tak sengaja diinjaknya tadi. Ditambah lagi, perbincangan singkat yang terjadi di antara mereka berdua tadi cukup meninggalkan kesan di dalam pikiran Aaron. Bagi Aaron, sosok Sofia ternyata lucu juga, ya.

Pada hari itu, Sofia kembali merasakan kedamaian di dalam hatinya. Perasaan yang tampaknya sudah lama tidak dia rasakan. Sofia merasakan kembali bahagia bersama laki-laki yang sempat ia lupakan.

Pada malam itu juga, dengan satu kalimat saja, “apakah aku boleh mengenalmu lebih dekat, Sofia?” Aaron membuka hati Sofia secara perlahan-lahan.

Bali, Indonesia, Juni 2017

Kelebihan Novel Sweet Falls

Novel Sweet Falls ini mengambil latar di Kota Brussels, Belgia. Penggunaan latar tempat ini menjadi sebuah kelebihan, di mana latar tempat ini adalah suasana yang berbeda, suasana yang baru. Para pembaca menyukai penggambaran latar tempat ini, karena melalui novel ini, mereka seakan diajak jalan-jalan di Kota Brussels.

Gaya penulisan Suci Patia juga dinilai khas dan berbeda dengan banyak buku lainnya. Gaya menulis Suci Patia banyak menggunakan kata-kata kiasan, kalimatnya tersusun dengan indah. Pembaca bisa menemukan banyak kalimat kutipan pada novel Sweet Falls ini.

Suci Patia juga sangat detail dalam menggambarkan setiap adegannya. Baik itu latar tempat, suasana, waktu, dan juga penampilan para tokoh. Anda dapat melihat sendiri pada sinopsis novel Sweet Falls ini, Suci Patia memberikan time and place stamp yang memperjelas latar waktu dan tempat juga. Contoh lain, seperti Suci Patia menggambarkan penampilan Sofia dengan gaun off shoulder yang berwarna luscious pastel. Penggambaran yang detail ini membantu pembaca untuk bisa mengimajinasikan tiap adegannya dengan lebih nyata.

Dari premis kisah novel Sweet Falls sendiri, sebenarnya cukup sederhana, yaitu membahas tentang kisah cinta segitiga. Namun, Suci Patia mampu mengemas premis yang sederhana itu menjadi lebih kompleks, dengan menghadirkan konflik yang beragam. Kebanyakan konflik juga merupakan konflik batin, sehingga konfliknya tidak membingungkan pembaca.

Kisah Sweet Falls ini juga dinilai sangat relevan dengan kejadian nyata yang dialami para pembaca. Suci Patia tampak menuangkan masalah-masalah dan situasi kisah cinta yang sering ditemukan di masyarakat ke dalam kisah ini. Maka dari itu, para pembaca bisa merasakan apa yang dirasakan oleh para tokoh, karena mereka juga pernah menghadapi situasi yang sama.

Kekurangan Novel Sweet Falls

Selain kelebihan, novel Sweet Falls ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang ditemukan dalam novel ini adalah dalam hal pemilihan katanya. Diksi yang digunakan dalam menuliskan kisah Sweet Falls ini dinilai cukup terbatas, dan pengembangan kalimatnya masih belum maksimal juga. Namun, kisah Sweet Falls ini tetap seru untuk diikuti, dan dapat dinikmati semua kalangan.

Pesan Moral Novel Sweet Falls

Melalui kisah Sweet Falls ini, kita dapat mengetahui bahwa takdir itu memang nyata. Mungkin bagi sebagian hal, kita bisa ikut andil untuk merubah takdir. Namun, dalam sebagian hal lain, takdir seperti sudah mutlak diatur oleh semesta. Seperti ketika suatu hubungan yang tidak ada masalah, tidak ada penghalang, tetapi tetap tidak memuaskan. Hal-hal yang seperti tidak direstui oleh semesta.

Jika anda menghadapi takdir seperti itu, tidak apa-apa. Percaya saja bahwa semesta akan membawa anda menemukan yang terbaik. Percaya saja kepada takdir yang bisa menunjukkan hal-hal yang terbaik bagi anda.

Dari kisah Sweet Falls ini juga, kita dapat belajar untuk tidak gengsi dalam mengungkapkan perasaan kita. Jangan biarkan dirimu dihalangi oleh rasa takut, dan pemikiran atas kemungkinan yang terjadi. Sebab, kamu tidak akan pernah mengetahui apa yang akan terjadi, jika kamu tidak mencoba. Maka dari itu, coba saja terlebih dahulu. Supaya kamu juga dapat menghindari penyesalan di masa yang akan datang.

Nah, itu dia Grameds ulasan novel Sweet Falls karya Suci Patia. Sebenarnya, apa yang terjadi di antara Sofia, Adrian, dan Aaron? Apakah Sofia akan membuka hatinya bagi Adrian? Atau Sofia malah membuka hatinya bagi Aaron? Daripada menebak-nebak sendiri, langsung saja temukan jawabannya dengan mendapatkan novel Sweet Falls ini hanya di Gramedia.com.

Bagi kalian yang sedang mencari novel dengan genre lain, buku dongeng, buku pelajaran, atau alat-alat kebutuhan sehari-hari, kalian bisa mendapatkannya juga di Gramedia.com loh. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap membantu anda memperoleh informasi terbaik dan terlengkap, serta membantu memenuhi kebutuhan anda.

Written by Gabriel