in

Review Novel Halaqah Cinta Karya Lin Aiko

Tuhan menciptakan manusia lengkap dan istimewa. Manusia bisa merasakan semua hal yang tidak bisa dirasakan oleh binatang dan ciptaan lainnya. Manusia juga bisa memilih jalan hidupnya sendiri sesuai dengan kehendak dan takdir yang diberikan Tuhan.

Dalam menjalani kehidupan, tentunya manusia akan dihadapkan dengan berbagai kondisi yang mengejutkan. Ada saatnya manusia mengalami kondisi yang sangat menyenangkan. Seperti kehadiran sosok keluarga baru, pesta pernikahan, perayaan acara adat bersama, dan lain-lain.

Kondisi ini akan menghadirkan perasaan bahagia dan sukacita serta ungkapan syukur yang diberikan kepada Tuhan atas keajaiban yang terjadi dalam hidupnya.

Namun, ada kalanya juga manusia mengalami situasi terburuk dalam hidupnya. Hal ini salah satu contohnya adalah dengan kehilangan anggota keluarga yang sangat disayang dan dicintai oleh dirinya. Dari kejadian ini, manusia biasanya menyangkal tentang kebaikan Tuhan. 

Mereka merasa bahwa pada dirinyalah semua beban diberikan Tuhan. Mereka menutup hati dan pikiran tentang kebaikan Tuhan yang sebelumnya pernah mereka rasakan. Hal ini membuat mereka jauh dari jalannya Tuhan dan menutup diri dari Tuhan.

Dampak dari kehilangan bisa membuat seorang manusia mengalami kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Seseorang bisa melakukan tindakan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain akibat tidak dapat mengontrol emosinya.

Keadaan seperti itu juga mengkhawatirkan jika ada tindakan bunuh diri yang membuat semuanya merasakan kepedihan yang begitu mendalam. Salah satunya dari kondisi tersebut adalah karena depresi. Begitulah yang dialami oleh Kina, seorang perempuan cantik.

Kina merasakan sesak di dada hingga membuat dirinya harus meluapkan emosinya dengan membanting semua benda yang ada di sekitarnya. Semenjak kehilangan ibunya, Kina menjadi perempuan yang selalu dianggap gila dan menjijikan.

Padahal dirinya ingin sekali merasakan kebebasan dan kasih sayang yang hangat. Bagaimana Kina bertahan dengan kisah pilu kehialangan orang yang paling ia sayangi? Apakah Kina bisa kembali bersandar kepada Tuhan Sang Pencipta?

Atau Kina hanya akan meratapi kisah tragis kehidupannya dan tetap melanjutkan hidupnya yang seperti ini?

Artikel kali ini akan membahas dan mengulas cerita dari Halaqah Cinta karya Lin Aiko yang berhasil membuat pembaca buku ini hanyut dalam kisah pilu yang dialami Kina. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak penjelasan di bawah ini. Selamat membaca, Grameds!

Tentang Novel Halaqah Cinta

Judul: Halaqah Cinta

Penulis: Lin Aiko

Penerbit: Cloudbooks Publishing

ISBN: 9786239757274

Tanggal Terbit: 6 Januari 2022

Jumlah Halaman: 404 Halaman

Sinopsis Halaqah Cinta

“Mengapa harus diriku yang mengalami hal ini? Dari sekian banyaknya manusia yang ada di muka bumi ini, mengapa harus aku?” Ungkap Kina dengan lirih. Dengan air mata yang jatuh membasahi pipinya, Kina pun berteriak, “Jika Tuhan memang ada, kenapa dia tidak menolong aku saat aku berteriak minta tolong pada saat itu?”.

Kina adalah perempuan keturunan Jepang yang tinggal bersama ayah tiri dan kedua kakak lelaki tirinya yang baik. Saat itu Kina ingin sekali melarikan diri dari rumah itu dan ia bertemu dengan seorang lelaki yang begitu baik. 

Aqlah, lelaki yang membuatnya merasakan sedikit kenyamanan dan kebebasan. Namun, lagi-lagi, semua orang selalu mengkhianati Kina dengan segala kelemahan yang ada pada dirinya. Semua orang mengetahui hal tersebut karena Aqlah.

Hingga pada suatu ketika, Kina bertemu dengan Kiandra Hirka. Seorang yang memiliki masa lalu yang pahit, yang membuatnya menjauh dari orang-orang baru yang ia kenal. Hirka sangat malas dan enggan untuk bertemu orang baru.

Dirinya berpikir bahwa semua orang hanya menyamar dan pada akhirnya akan memanfaatkan dirinya untuk mendapatkan informasi tentang keluarganya. Hirka memiliki seorang ayah yang menjadi tahanan mati kasus narkoba. Saat ini ia tinggal dengan Ibunya yang begitu sabar dan perhatian terhadap Hirka.

Tiba pada saat Hirka harus menerima Kina untuk tinggal di dalam rumahnya. Kina adalah orang baru yang sangat asing menurut Hirka. Ia sangat tidak nyaman dengan keberadaan Kina di rumahnya. Namun, bunda tercintanya selalu memberikan nasihat dan pengertian agar Hirka mau membantu Kina.

Hirka adalah satu-satunya pria yang dapat mematahkan semua tembok dinding yang sangat tebal dalam hati Kina. Hirka mematahkan semua itu dan membuat Kina menyadari akan indahnya semesta dan Sang Pencipta.

Oleh karena itu, Kina juga mulai belajar untuk menerima dirinya dan takdir yang Tuhan rencanakan untuk dirinya. Membuat Kina menyadari tujuan dari hidupnya yang baru.

Bagaimana kisah kelanjutan Kina dan Hirka dengan segala pertentangan dan peneguhan iman yang ada dalam buku Halaqah Cinta?

Jangan lupa untuk ikuti kisah Halaqah Cinta dengan membaca bukunya yang tersedia di Gramedia.com ya!

Review Novel Halaqah Cinta Karya Lin Aiko

Kina adalah seorang anak yatim yang sedang menderita depresi. Saat ini, ia hidup bersama Ibunya. Dahulu, Aryo sang papa harus pergi meninggalkan mereka berdua akibat kecelakaan kerja yang terjadi. 

Saat itu Aryo bekerja di sebuah pertambangan baru bara. Suatu ketika papa Kina mengalami kecelakaan kerja di lokasi pertambangan batu bara tersebut dan langsung meninggal dunia. Saat itu, Kina memang belum lahir di dunia ini.

Mama Kina, Ayumi saat itu sedang mengandung Kina dengan usia kehamilan yang sudah tua. Bermodalkan dari warisan yang ditinggalkan Aryo, Ayumi dan Kina hidup berdua dengan mendirikan dua toko swalayan untuk bertahan hidup.

Setelah kehidupan mereka mulai berlangsung normal, Ayumi, ibu Kina bertemu dengan seorang pria duda dengan dua anak laki-lakinya. Mereka sangat baik dan perhatian. Melihat kondisi Ayumi yang saat itu juga sedang sakit. Ayumi akhirnya memutuskan untuk menikah lagi, melihat kondisi Kina yang juga akan membutuhkan kasih sayang seorang ayah.

Ketika Kina menginjak usia 12 tahun, ia harus mengalami rasa pedih kehilangan seseorang untuk pertama kalinya. Kina kehilangan ibunya. Meskipun dirinya sangat disayangi oleh ayah tiri dan kedua kakak tirinya sangat baik. Kina tetap merasakan kehilangan yang begitu mendalam

Tak jarang Kina juga melampiaskan semua emosinya dengan merusak barang-barang yang ada di sekitarnya. Kondisi Kina ini sudah berlangsung selama berminggu-minggu.

Saat itu, kenangan Kina yang kembali terbesit di dalam benaknya langsung buyar ketika mereka semua meneriakan nama Kina dan menyebutnya sebagai orang gila. 

Pada suatu ketika Kina tiba di rumah salah seorang pemilik pesanten, Buya Bisri. Buya adalah seorang kiai pemilik pesantren dan tuan rumah. Saat itu Buya Bisri dengan kepercayaan dan tatapan yang pasti mengizinkan Kina untuk tinggal di tempatnya tanpa alasan apapun.

Saat itu, saat mental dan kondisi fisik Kina yang begitu tak karuan akan membuat siapapun yang melihatnya menjadi iba. Namun, tentu menolongnya membutuhkan keberanian yang sangat besar dan inilah yang dilakukan oleh Bayu Bisri.

Namun, ada hal yang harus dipatuhi oleh Kina sebagai seseorang yang ingin tinggal di sana. Hal itu adalah penggunaan hijab. Kina pun langsung menyanggupi keputusan sederhana itu. Saat itu Kina tinggal di asrama putri yang ada di pesantren kiai Bisri.

Inilah kisah dimana kehidupan baru yang sementara Kina ingin nikmati. Hanya kalimat ucapan terima kasih dan maaf yang keluar dari mulut gadis cantik keturunan Jepang ini. Kina tidak menyukai tatapan orang-orang terhadap dirinya di dalam lingkungan pesantren ini.

Namun, Kina merasa lebih nyaman seperti ini dibandingkan dengan kondisi di rumahnya. Kina mencoba bertahan dan menyanggupi segala sesuatu yang sudah menjadi aktivitas dalam pesanten ini. 

Dari kejadian ini jugalah akhirnya Kina bertemu dengan Aqlan. Aqlan meminjamkan kunci pagar pembatas pesantren yang langsung menghadap ke bentangan luas padang sawah yang sangat indah.

Aqlan mempercayakan Kina untuk bersantai dan menenangkan dirinya di salah satu saung yang ada di sana. Ketika Kina sudah duduk dan menikmati pemandangan, perlahan Kina mulai meluapkan semua keluh kesah hatinya yang sudah Kina simpan dengan rapat.

Kina menangis dan menumpahkan emosinya untuk menenangkan dirinya. Saat menangis sambil menatap keindahan alam yang ada di depannya, Kina berteriak dengan sangat lantang bahwa dirinya harusnya bisa menikmati setiap momen indah dan kebebasan ini setiap saat.

Kina berteriak semakin keras dan mengatakan bahwa dia adalah manusia dan bukan binatang menjijikan yang harus terkurung dalam sebuah hina dan benci.

Mulai dari situ, saung itu adalah tempat favorit Kina untuk melepas semua kekhawatiran, kesedihan, dan emosi yang meluap dalam dadanya. Sebulan telah berlalu, Kina mulai menunjukan perubahan. Ia jadi sering tersenyum tipis dan memperlihatkan kecantikan lengsung pipinya.

Perlahan Kina mulai memperhatikan Aqlan. Aqlan memiliki sikap yang sangat baik dan sopan. Aqlan selalu menegur, menyapa, memberikan senyuman, dan menanyakan kabar setiap harinya jika mereka tak sengaja berpapasan.

Aqlan sangat baik. Namun tidak pada sore itu. Aqlan membuat Kina kesal tentang perkataannya tentang Tuhan. Aqlan terlalu suci dan tidak pernah mengerti.

Suatu ketika, tanpa sengaja Kina menceritakan kisah pilu yang di alaminya selama delapan tahun kepada Aqlan. Kina berteriak, menangis, sesak, namun semuanya ia tumpahkan kepada Aqlan. 

Hingga suatu ketika mereka bertemu dengan Yusa dan bunda dari Hirka. “Kamu berharga”. Inilah kalimat yang membuat semua pembaca novel ini akan merasakan perasaan yang sangat sakit dan lega.

Hirka memiliki masa lalu yang sulit. Bagi dirinya seseorang ,mendekatinya hanya untuk menggali informasi tentang keluarganya yang menjadi terkenal karena perbuatan ayahnya yang menjadi tahanan mati narkoba.

Hal inilah yang membuat Hirka tidak ingin kedatangan orang baru. Hirka akan merasa tak nyaman. Namun, bunda Yusa selalu sabar dan berbicara kepada Hirka untuk sedikit membuka hati dan menolong orang lain. 

Kina, yang saat itu tergeletak dalam keadaan basah pun akhirnya resmi tinggal sementara di rumah Yusa dan Hirka. Kira-kira bagaimana kisah kelanjutan dari Kina? Apakah Hirka bisa menerima Kina dalam rumahnya? dan Bagaimana nasib Kina setelah berada dalam rumah Yusa dan Hirka?

Saksikan dan baca kisah selengkapnya hanya di Halaqah Cinta karya Lin Aiko. Buku ini juga tersedia di Gramedia loh.

Buku ini memiliki kisah cerita yang sangat sederhana, namun memiliki pesan moral yang sangat luar biasa. Tidak hanya dari segi sosial namun sebagai pembaca, kamu juga akan diajarkan bagaimana cara berterima kasih dan menyadari keberadaan Tuhan di dalam hidup kamu.

Dalam buku Halaqah Cinta ini, mungkin ada beberapa karakter yang muncul secara tiba-tiba, namun tidak dideskripsikan dengan jelas oleh penulis. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara satu cerita dengan cerita lain yang topik dan bahasannya berbeda. 

Beberapa bagian cerita juga tampaknya agak sulit untuk mengerti. Hal ini dikarenakan adanya nama tokoh yang bersambungan dengan cerita lain yang penulis Lin Aiko pernah hasilkan. 

Meskipun agak sedikit membingungkan, tapi cerita tetap bisa kamu simak seperti biasanya. Alurnya maju dan mundur. Kamu akan dibawa oleh sang penulis ke dalam dua latar belakang yang begitu dahsyat.

Selain itu, buku memiliki penggambaran emosi yang begitu dahsyat. Setiap kata dan kalimat yang ada dalam buku Halaqah Cinta ini dipilih dengan sangat baik oleh Lin Aiko untuk menggambarkan situasi yang sedang terjadi dalam cerita.

Semua karakter saling dengan sifat dan kepribadiannya sangat mendukung satu sama lain hingga menjadi sebuah kisah yang sangat ringan dan enak untuk dinikmati. Namun, kekurangan yang ada dalam buku ini adalah terdapat banyak sekali tokoh yang muncul secara bersamaan dalam satu situasi yang berbarengan.

Hal ini membuat pembaca akan mengalami sedikit bingung antar dialog yang saling diutarakan oleh sang tokoh. Hal ini sangat terasa khususnya pada bagian awal cerita dari buku Halaqah Cinta. Semakin kebelakang, semakin kamu membacanya, kamu akan melihat bagaimana penulis Lin Aiko ini sangat detail dengan segala situasi yang ada dalam cerita.

Lin Aiko membuat semua kejadian dalam cerita ini terasa masuk kedalam imajinasi dari pembacanya dan membuat novel ini semakin penasaran untuk di baca.

Kisah dari Kina yang tidak percaya Tuhan karena masalah yang terjadi dalam hidupnya, membuat dirinya harus mengalami rasa rendah diri untuk hidup. Namun, meskipun Kina tidak menyadari hal tersebut.

Pembaca bisa melihat karya ajaib Tuhan kepada Kina. Dalam situasi apapun saat ia ingin kabur dan merasakan ketenangan dalam hatinya, pasti ada seseorang dan keluarga yang mau menerima orang asing untuk tinggal dan mengayominya seperti keluarga.

Ini lah yang belum dirasakan dan dimengerti oleh Kina. Kina masih sangat marah dengan keadaannya sehingga ia sangat membenci kehadiran Tuhan dalam hidupnya. Kina bukannya tidak menyadari keberadaan Tuhan, tetapi ia menyangkal bahwa hal tersebut benar adanya.

Hatinya yang masih sangat keras dan penuh pilu menutupi semua kebaikan Tuhan dalam kehidupannya. Bukankah hal yang dialami Kina juga terkadang dialami oleh kita sebagai manusia?

Sering kali kita lupa akan kebaikan Tuhan yang senantiasa selalu memberkati dan hadir dalam hidup kita. Namun hanya karena satu masalah yang Tuhan percayakan, kita melupakan semua kebaikan Tuhan yang selama ini Dia beri dan kita rasakan.

Buku ini sangat direkomendasikan buat kamu yang menyukai membaca buku untuk mengisi waktu luang dikala senggang. Buku ini sangat bagus dan memiliki pesan yang sangat mendalam sehingga kamu akan belajar banyak hal dari novel Halaqah Cinta karya Lin Aiko.

Jika kamu ingin mendapatkan buku lain dari karya best seller para penulis buku bagus. Kamu bisa langsung mengunjungi laman www.gramedia.com untuk informasi seputar buku best seller lainnya. Selamat membaca!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega