in

Buku Karya Colleen Hoover dan 7 Rekomendasi Buku Colleen Hoover

Buku Colleen Hoover – Bagi para pecinta novel, khususnya novel dengan genre fiksi romantis, nama Colleen Hoover mungkin sudah tak asing lagi. Ia merupakan penulis asal Amerika Serikat yang tak perlu diragukan lagi kemampuan menulisnya. Kehebatannya dalam membuat alur cerita yang tak terduga, gaya bahasa yang enak serta mudah dipahami, hingga pada kata-kata mutiara yang cukup menyadarkan pembacanya.

Maka dari itu, tak salah apabila novel yang telah ditulisnya sangat laris. Bukan hanya laris saja, tetapi novel karya Colleen Hoover juga sudah diterjemahkan ke beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Berikut di bawah ini adalah 7 novel Colleen Hoover yang akan membuatmu kesulitan untuk berhenti menyibak setiap lembarnya:

Buku Colleen Hoover

Buku-buku yang diterbitkan oleh Colleen Hoover, diantaranya adalah:

  1. Slammed yang diterbitkan pada tahun 2012
  2. Point of Retreat yang diterbitkan pada tahun 2012
  3. This Girl yang diterbitkan pada tahun 2013
  4. Hopeless yang diterbitkan pada tahun 2013
  5. Losing Hope yang diterbitkan pada tahun 2013
  6. Finding Cinderella yang diterbitkan pada tahun 2014
  7. Maybe Someday yang diterbitkan pada tahun 2014
  8. Maybe Not yang diterbitkan pada tahun 2014
  9. Ugly Love yang diterbitkan pada tahun 2014
  10. Never Never yang diterbitkan pada tahun 2015
  11. Confess yang diterbitkan pada tahun 2015
  12. November 9 yang diterbitkan pada tahun 2015
  13. Too Late yang diterbitkan pada tahun 2016
  14. It Ends with Us yang diterbitkan pada tahun 2016
  15. Without Merit yang diterbitkan pada tahun 2017
  16. All your Perfects yang diterbitkan pada tahun 2018
  17. Verity yang diterbitkan pada tahun 2018
  18. Maybe Now (\yang diterbitkan pada tahun 2018
  19. Regretting You yang diterbitkan pada tahun 2019
  20. Heart Bones yang diterbitkan pada tahun 2020
  21. Layla yang diterbitkan pada tahun 2020
  22. Reminders of Him yang diterbitkan pada tahun 2022

Biodata Colleen Hoover

Buku Colleen Hoover
glamour.com

Colleen Hoover lahir 11 Desember 1979 merupakan seorang penulis novel fiksi dewasa muda dengan genre romansa. Colleen Hoover pertama kali menerbitkan sendiri bukunya dengan judul Slammed pada tahun 2012 lalui melalui Amazon Kindle website online serta penerbit milik amazon. Buku pertamanya yang diterbitkan kemudian tak disangka-sangka masuk ke dalam daftar buku terlaris New York Times hingga ia akhirnya mendapatkan berbagai nominasi penghargaan Goodreads Choice Awards dalam satu kategori Best Young Adult Fiction.

Kehidupan Colleen Hoover sendiri lahir dan besar di Texas pada 11 Desember 1979 dengan nama Margaret Colleen Fennell. Hoover ini kemudian menikah pada 2000 dengan Heath Hoover serta memiliki 3 anak dari pernikahannya itu. Pada tahun 2011, ia kemudian mulai menulis buku pertamanya yang berjudul Slammed dan menerbitkannya sendiri pada tahun 2012 dengan bantuan kakaknya yang merupakan editor serta desainer sampul.

Inspirasi utama dari bukunya sendiri berasal dari lirik lagu Avett Brothers yang berjudul “Head Full of Doubt or Road Full of Promise” yang berbunyi “decide what to be and go be it”. Hal ini kemudian menjadi alasan Hoover banyak memasukkan lirik lagu Avett Brothers di dalam bukunya. Kemudian di akhir 2012 ia juga menerbitkan sendiri buku keduanya Point of No Retreat. Buku pertama dan buku keduanya sendiri ini diterbitkan melalui Amazon Kindle.

Penjualan kedua buku tersebut meningkat cepat setelah buku pertama Hoover kemudian diulas dan diberi 5 bintang oleh blogger buku, Maryse Black.

7 Novel Rekomendasi Karya Colleen Hoover

Keberhasilan Colleen Hoover sebagai penulis novel best seller yang disebut-sebut sebagai sebuah kesuksesan yang tak disengaja. Frasa yang digunakan sendiri menjadi perbincangan hangat di beberapa media yaitu ‘accidental literary success‘.

Hal ini sendiri disebabkan oleh kesuksesan yang mulanya berawal dari kegiatan menulis yang dijadikan katarsis. Kemudian kegiatan menulis yang dijadikan sebagai katarsis itu dilakukan sebagai suatu pelepas stres.

Agar dapat dibaca oleh keluarga dan kerabat, Colleen Hoover kemudian menerbitkan sendiri (self-published) tulisan melalui Amazon Kindle Direct (atau suatu penerbitan mandiri milik Amazon). Novel gratisan ini sendiri kemudian sukses menjadi perbincangan lalu dilirik oleh penerbit mayor Simon & Schuster. Slammed pun terbit.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Hingga kemudian penghasilan Colleen Hoover dalam seminggu yang berasal dari Slammed, mampu menghidupi keluarganya selama setahun.

Bukan hanya novel Slammed saja, tetapi juga masih ada banyak novel karya Colleen Hoover yang direkomendasikan untuk dibaca. Berikut ini adalah novel-novel karya Colleen Hoover yang dapat menjadi rekomendasi buku yang wajib kamu baca, antara lain:

1. November 9

Novel November 9 karya Colleen Hoover bercerita mengenai alurnya yang terbilang susah ditebak, sehingga menimbulkan tanda tanya. Cara penulisan novel ini kemudian dikemas dengan cara yang cukup unik yang akan membuat pembaca merasa kagum.

Lalu, novel ini terdiri dari dua sudut pandang karakter utama, yaitu Ben dan Fallon, dua remaja ini kemudian berkomitmen untuk bertemu hanya pada tanggal 9 November saja setiap tahunnya hingga mereka kemudian berumur 23 tahun. Selama itu, Ben yang merupakan seorang penulis menuliskan kisah mereka berdua yang mana memunculkan sebuah rahasia mengejutkan terkuak.

2. It Ends With Us

Novel s karya Colleen Hoover yang kemudian mengangkat cerita tentang abusive relationship yang berjudul It Ends With Us. Novel ini sendiri menunjukkan bagaimana perjuangan pihak korban dalam menghadapi hubungan yang tak sehat.

Diambil dari sudut pandang Lily Bloom sebagai karakter utama, yang bertemu dengan dokter bedah tampan bernama Ryle Kincaid. Cinta ini selanjutnya terjadi di antara mereka, gembira dan penuh gairah. Hingga Ryle akhirnya mengangkat tangannya pada Lily, dengan menghancurkannya hingga berkeping-keping. Bagaimana hubungan mereka selanjutnya harus diakhiri?

3. Ugly Love

Novel Ugly Love karya Colleen Hoover menggunakan teknik penulisan yang terbilang unik. Novel Ugly Love ini disalurkan dengan cara yang tak biasa. Hidup Tate Collins mulanya normal-normal saja sampai ia akhirnya bertemu dengan teman dari saudaranya, Miles Archer.

Miles Archer sendiri merupakan seorang pilot muda yang memiliki trauma dalam menjalin hubungan cinta. Tate dan Miles sendiri merasa nyaman satu sama lain, tetapi Miles tak ingin hubungan selain sentuhan-sentuhan intim. Kemudian, hubungan mereka berdua menjadi bencana saat perasaan cinta menyelip di antara keduanya.

Buku Colleen Hoover

4. Verity (2018)

Novel karya Colleen Hoover yang berjudul Verity memiliki genre romantis-thriller ini adalah berjudul, Verity. Novel setebal 332 halaman ini pertama kali terbit pada Desember 2018. Novel ini mengisahkan tentang suami, Jeremy Crawford dengan istrinya yang lumpuh, Verity.

Jeremy pun kemudian merekrut Lowen Ashleigh untuk bekerja menyelesaikan naskah istrinya yang di mana merupakan seorang penulis. Banyak rahasia yang disembunyikan Lowen pada naskah tersebut. Sejak itu pula perasaan Lowen pada Jeremy mulai muncul. Bagaimana akhir kisah mereka yang complicated itu?

5. Confess Novel

Novel karya Colleen Hoover ini diceritakan dalam dua sudut pandang, pertama dari Auburn Reed, sang karakter sentral, serta kedua dari Owen Gentry. Auburn kemudian merasa sudah cukup baginya berlarut-larut dalam kekacauan. Ia juga ingin bangkit untuk dapat menyusun kembali hidupnya.

Ia ingin memiliki niat untuk mencari pekerjaan di sebuah galeri seni, kemudian Auburn malah jatuh cinta pada sang seniman, Owen Gentry. Namun, tak disangka sebagai pemuda yang menyimpan rahasia besar Owen memiliki niat akan menghancurkan usaha Auburn selama ini.

Buku Colleen Hoover

6. Reminds of Him

Novel Reminds of Him karya Colleen Hoover bercerita tentang seseorang yang keluar dari penjara setelah menjalani waktu lima tahun di dalam penjara karena kesalahan tragis. Kenna Rowan kembali lagi ke kota di mana semuanya berawal, berharap dapat bersatu kembali dengan putrinya yang berusia empat tahun.

Namun, jembatan yang dibakar Kenna terbukti mustahil untuk dibangun kembali. Semua orang dalam kehidupan putrinya kemudian bertekad untuk mengucilkan Kenna, tak peduli seberapa keras dia bekerja dalam membuktikan dirinya. Satu-satunya orang yang belum sepenuhnya menutup pintu ialah Ledger Ward, sebagai pemilik bar lokal dan salah satu dari sedikit hubungan yang tersisa dengan putri Kenna.

Namun, jika akhirnya ada yang mengetahui bagaimana Ledger perlahan menjadi bagian terpenting dari kehidupan Kenna, keduanya memiliki risiko akan kehilangan kepercayaan dari semua orang yang penting bagi mereka. Keduanya menjalin hubungan meski terdapat suatu tekanan besar di sekitar mereka.

Saat romansa tumbuh, semakin besar pula risikonya. Kenna harus menemukan cara untuk dapat menghapus kesalahan masa lalunya, menjaga harapan serta menyembuhkan lukanya demi membangun masa depan.

7. Maybe Someday

Novel Maybe Someday karya Colleen Hoover bercerita mengenai Sydney yang mengagumi permainan gitar Ridge serta caranya dalam bermain ketika bersantai di balkonnya. Kedua apartemen mereka berseberangan.

Sydney yang sesungguhnya memiliki ketertarikan dengan musik, tanpa sadar ikut bernyanyi, dan menciptakan lirik untuk musik yang dilantunkan oleh Ridge. Dua minggu setelah bertukar nomor telepon, tepat di hari ulang tahunnya, hati Sydney hancur mengetahui kekasihnya, Hunter malah berselingkuh dengan teman seapartemennya yaitu Tori.

Sydney marah dan memutuskan untuk keluar dari apartemen tersebut dan lupa membawa dompet. Ridge kemudian memintanya tinggal di apartemennya karena dia merasa bertanggung jawab sebab ialah yang memberitahu tentang perselingkuhan tersebut. Cowok itu sering melihat mereka bermesraan ketika Sydney sedang tidak berada di sana.

Sydney membayar dengan menciptakan lirik lagu untuk band Ridge. Hubungan mereka menjadi intens. Satu demi satu hal terungkap, seperti ternyata Ridge yang tunarungu dan telah memiliki kekasih yaitu Maggie. Bagaimana keduanya (Ridge dan Sydney) mencoba mengendalikan perasaan cinta yang mulai tumbuh di dalam hati keduanya.

Buku Colleen Hoover

Demikian informasi mengenai Colleen Hoover dan 7 Review Buku Karangan Colleen Hoover. Kamu bisa juga mencari berbagai macam buku novel lainnya di gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat ya!

Buku-Buku Terkait

1. Tanpa Merit (Without Merit)

Buku Colleen Hoover

Keluarga Voss sama sekali bukan keluarga normal. Ada ibu penyakitan yang tinggal di ruang bawah tanah, ayah yang menikah dengan mantan perawat sang ibu, adik kecil yang dilarang makan enak, kakak sulung yang sangat sempurna, saudara kembar yang ceria… Lalu ada Merit. Merit Voss mengoleksi trofi yang tidak dimenangkannya serta rahasia- rahasia keluarganya. Pertemuannya dengan pemuda tampan dan cerdas bernama Sagan menerbitkan semangat hidup baru dalam hidup Merit—sampai ia tahu bahwa Sagan adalah buah terlarang. Muak dengan semua kebohongan yang ada, Merit memutuskan menghancurkan ilusi keluarga bahagia yang tidak pernah menjadi bagian dari hidupnya sebelum meninggalkan mereka selamanya. Ketika rencana melarikan diri gagal, Merit terpaksa menghadapi akibat yang mengguncang dari kejujurannya, dan berisiko kehilangan satu-satunya pemuda yang dicintainya.

2. Point of Retreat – Titik Mundur

Berhasil melewati guncangan kematian, patah hati, dan belitan takdir, membuat Layken dan Will yakin hubungan mereka akan baik-baik saja. Tetapi kejadian tak terduga menghancurkan segala harapan hingga memaksa mereka untuk mundur dan berpikir ulang tentang komitmen. Layken dan Will terpaksa memilih jalan sulit dan menyakitkan… mereka harus berpisah. Will tidak rela melepaskan Layken begitu saja. Ia bertekad membuktikan kesungguhan cintanya dengan satu-satunya cara yang ia yakini dapat merebut kembali hati Layken… dengan puisi. Saat keadaan mulai membaik, cobaan lebih besar datang, cobaan yang tidak hanya bisa mengubah kehidupan mereka, tapi juga orang-orang yang bergantung pada mereka. Kali ini, bahkan puisi pun tak bisa mengembalikan Layken dalam hidup Will.

3. Maybe Not – Mungkin Tidak

Saat dikabari mereka akan kedatangan penghuni baru––kebetulan cewek––Warren langsung menyambutnya. Suasana pasti tambah seru kalau ada perempuan di apartemen yang penghuninya cowok semua itu. Atau mungkin tidak. Terlebih setelah tahu Bridgette, penghuni baru itu, ternyata galak dan tidak kalah cerdik dari Warren. Setiap kali bertemu mereka pasti bertengkar, kalau tidak, saling mengisengi dengan aneka jebakan. Tapi Warren punya teori soal Bridgette: dengan emosi sebesar itu, Bridgette pasti juga mampu mencintai sama besarnya. Dan Warren ingin mengujinya.

4. Slammed – Cinta Terlarang

Layken harus kuat demi ibu dan adiknya. Kematian mendadak sang ayah, memaksa mereka untuk pindah ke kota lain. Bayangan harus menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan baru sungguh menakutkan Layken. Namun semua berubah, begitu ia bertemu dengan Will Cooper, tetangga barunya. Will memang menarik. Dengan ketampanan dan senyum memikat, pemuda itu menularkan kecintaannya pada slams––pertunjukan puisi. Perkenalan pertama menjadi serangkaian hubungan intens yang membuat mereka semakin dekat, hingga keduanya bertemu lagi di sekolah… Sayangnya, hubungan mereka harus berakhir. Perasaan yang mulai tumbuh antara Will dan Layken harus dihentikan. Pertemuan rutin mereka di kelas tak membantu meniadakan perasaan itu. Dan puisi-puisi menjadi sarana untuk menyampaikan suara hati. Tentang sukacita, kecemasan, harapan, dan cinta terlarang mereka.

5. Finding Cinderella – Mencari Cinderella

Bagi Daniel, pertemuan dengan Cinderella di sekolah tahun lalu meninggalkan kesan yang mendalam. Ruang gelap tempat mereka bertemu memang menyembunyikan jati diri gadis itu. Namun interaksi mereka yang begitu intens sulit dilupakan. Setelah akhirnya pacaran dengan gadis lain dan putus dengan cara yang buruk, Daniel ternyata masih penasaran ingin mencari tahu siapa Cinderella sebenarnya. Tapi semua berubah begitu ia bertemu Six, gadis dengan nama unik dan kepribadian yang lebih unik lagi. Six betul-betul sempurna di mata Daniel, rasanya seperti di dalam dongeng saja. Hingga sebuah petunjuk dari Six menjadi kunci bagi Daniel untuk menemukan Cinderella.

6. Pengakuan

Pada umur 21 tahun, Auburn Reed sudah kehilangan segalanya. Ingin memperjuangkan kembali hidupnya yang berantakan, Auburn pun menetapkan tujuan agar tak menyisakan ruang bagi kesalahan. Namun ketika masuk ke galeri seni di Dallas untuk mencari pekerjaan, Ia malah jatuh hati pada sang seniman misterius, Owen Gentry. Sekali ini saja, Auburn mengambil kesempatan dengan menyerahkan hatinya, hanya untuk mengetahui Owen menyembunyikan rahasia besar; masa lalu yang mengancam akan menenggelamkan seluruh usaha Auburn selama ini. Demi menyelamatkan hubungan mereka, Owen hanya perlu mengaku. Namun, pengakuan tak selalu lebih baik, terutama jika kenyataan hanya akan menyakiti lebih banyak pihak.

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 7 Rekomendasi Novel Import Best Seller Terbaik
  2. Review Novel It Ends with Us Karya Colleen Hoover 
  3. Review Novel Must Be a Happy Ending, Rekomendasi Novel Romantis
  4. Review Novel Dear J Karya Idea Fina
  5. Review Novel “The Architecture of Love” 

Written by Ananda