in

Review Buku Patah Untuk Tumbuh Karya Apriyandisi

Sebagai manusia yang pada dasarnya membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup, tentunya hidup bersosialisasi dengan orang lain adalah sesuatu yang menyenangkan. Ada kalanya saat manusia merasa sangat dicintai dan hidupnya penuh dengan kebahagiaan saat bersama orang terkasih.

Namun, ada kalanya juga manusia akan mengalami kesedihan yang mendalam. Banyak sekali pepatah yang mengatakan bahwa di dalam sebuah hubungan, pasti ada pertemuan dan sebuah perpisahan yang terkadang menjadi akhir dari segalanya.

Pertemuan dan perpisahan tidak selalu menyakitkan dan membuat orang-orang geram. Ada banyak sekali perpisahan yang dilingkupi dengan perasaan bahagia. Namun, sebagai seorang manusia, tentunya memiliki perasaan yang sangat beragam. Hal ini yang terkadang membuatnya akan merasakan kesedihan saat mengalami perpisahan.

Dalam hal patah hati tentunya semua orang akan merasakan kehilangan yang sangat menyakitkan. Bahkan sampai membuat dada kamu terasa sangat sesak. Ada kalanya ketika mengalami masa terendah seperti itu, kamu dibuat tahu oleh Tuhan, mana yang sesungguhnya benar-benar mencintai kamu dan menyayangi kamu dengan tulus, dan mana yang tidak seperti itu.

Kamu juga bisa mengetahui saat di masa sulit, orang-orang mana yang sepenuhnya teman dekat kamu, yang menerima kamu apa adanya. Rencana Tuhan akan sebuah kejadian dalam hidup kamu bukan sesuatu yang terjadi secara mendadak.

Tuhan telah merencanakan segala yang terbaik yang untuk kamu. Hanya kamu terkadang tidak mengetahui kapan waktu-Nya untuk bekerja.

Begitu juga yang ada dalam buku Patah Untuk Tumbuh ini. Ketika seorang lelaki harus mengalami patah hati yang membuat dirinya sangat sulit untuk berjuang menemukan kebahagiaan lain yang Tuhan rencanakan.

Akan selalu ada masanya ketika kamu mendapatkan sesuatu yang tidak baik digantikan dengan sesuatu yang baiknya berkali-kali lipat dari yang sebelumnya kamu dapatkan. Pada saat seperti ini, biasanya manusia akan buta dengan kebaikan Tuhan. 

Mereka merasa bahwa Tuhan tidak adil dan jahat hanya karena permasalahan yang saat ini mereka alami, salah satu contohnya adalah patah hati. Namun, sadarilah bahwa sebenarnya Tuhan sangat menyayangi dirimu hingga memberikan pencobaan untuk menjauhkan orang tidak pantas untuk kamu.

Tentu ini adalah hal yang sulit. Sama seperti tokoh “Aku” yang ada dalam buku Patah Untuk Tumbuh. Dengan sekuat tenaga, ia berjuang untuk melalui hari-hari yang berat itu dengan merenungkan kebaikan lainnya yang ia dapatkan.

Dengan bertahan, hari demi hari, langkah demi langkah, sosok “Aku” si lelaki tegar ini berjalan perlahan menuju kebahagiaannya. Kenangan yang membekas bak noda kuning dalam baju putih, memang sangat sulit untuk dihilangkan.

Namun, percayalah bahwa setiap kenangan indah yang menyakitkan hatimu, akan berbuah kenangan yang lebih manis di depan sana. Saat ini, kamu dan tokoh “Aku” harus lebih kuat untuk melewati hari demi hari ini untuk sampai pada kenangan yang sangat manis, yang dijadikan sebagai garis finish.

Alangkah lebih menyenangkan jika kamu akan bertemu dengan seseorang yang dapat mencintai dan menerima diri kamu apa adanya, bukan ada apanya, bukan? Semua manusia menginginkan hal tersebut. 

Seseorang yang selalu menuntun kamu dan mengarahkan kamu kepada jalan yang benar menuju garis akhir. Seseorang yang akan selalu mendukung kamu dan percaya kepada kamu. Apakah dengan membayangkannya saja kamu sudah terlena?

Yap! Bagi sebagian orang ini memang sangat sulit didapatkan. Namun, percayalah bahwa Tuhan sudah menyiapkan rencana indah untuk kamu dan tokoh “Aku” dalam novel ini.

Jadi, apakah kamu penasaran dengan rencana indah yang ada untuk menguatkan tokoh “Aku” dari terpuruknya perasaan sakit hatinya?  Jika kamu penasaran dan ingin mengetahui cerita lengkap yang ada dalam buku Patah Untuk Tumbuh ini, kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com

Selain itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas review tentang buku Patah Untuk Tumbuh, jadi silahkan disimak dan dipahami.

Tentang Buku Patah Untuk Tumbuh karya Apriyandisi

Judul: Patah Untuk Tumbuh

Penulis: Apriyandisi (@Berbagi.Rasa_)

Penerbit: Bintang Wahyu

Tanggal Terbit: 28 Juni 2021

Jumlah Halaman: 226 Halaman

ISBN: 9786026320827

Sinopsis

“Ternyata, setelah tidak bersama dengan kamu, aku sekarang bisa sebahagia ini”

Saat ini, aku memang belum bisa sampai di fase yang setabah itu. Namun, aku percaya, entah kapan waktu tersebut akan tiba, kelak aku akan menemukan dan sampai di titik itu. Saat ini, hal yang harus aku lakukan adalah dengan sedikit lebih kuat untuk bertahan.

Setiap orang tentunya tidak akan pernah dengan cepat menyembuhkan luka perasaan dari sebuah kejadian yang sangat menyakiti hatinya. Namun, sekarang aku percaya bahwa dalam setiap rasa sakit yang kamu dapatkan dari luka yang sangat dalam akan membawa kamu kepada sebuah kedewasaan yang akan tumbuh dan berkembang secara perlahan.

Barangkali dengan kejadian tersebut, Tuhan akan mengganti sesuatu yang menyakiti kamu dengan sesuatu yang jauh lebih baik dan bermakna untuk kamu dibandingkan sebelumnya.

Rencana Tuhan yang selalu tidak tertebak membuat aku bertemu dengan seseorang yang bisa menunjukkan jalan dan mengarahkan aku ketika aku menuju jalan yang salah. Diberikan kesempatan bertemu dengan seseorang yang menerima apa adanya, bukan ada apanya adalah sebuah kesempatan berharga yang Tuhan berikan.

Ketika bersama seseorang yang tepat, aku menjadi paham bahwa setelah hati yang terluka dengan sayatan yang begitu pedih, ternyata akan ada kebahagiaan yang begitu hebat untuk menyembuhkan luka hati tersebut.

Jika kamu penasaran bagaimana Apriyandisi mengemas kisah sedih menjadi sebuh harapan baru bagi hati yang terluka, kamu bisa membaca keseluruhan kisah dari buku Patah Untuk Tumbuh dengan mendapatkan bukunya di Gramedia.com Loh!

Review dari Buku Patah Untuk Tumbuh Karya Apriyandisi (@Berbagi.Rasa_)

Kisah yang bermula ketika seorang yang diceritakan sebagai “Aku” dalam buku Patah Untuk Tumbuh merasakan sebuah kejadian yang sangat menyiksa perasaan. “Aku” dalam buku Patah Untuk Tumbuh digambarkan sebagai seorang laki-laki yang hatinya telah disakiti oleh seseorang.

Selama ini “Aku” selalu berjuang untuk kembali bangkit dari keterpurukannya. Meskipun semua kenangan bersama orang lama tersebut masih terlihat dengan sangat jelas dan membekas. Kadang hatinya juga menjadi luluh dengan perasaannya yang sesungguhnya.

Namun, dengans sekuat tenaga, tokoh “Aku” dalam buku Patah Untuk Tumbuh ini selalu berjuang dan berusaha untuk berjalan bersama dengan waktu untuk menyatukan dan menyembuhkan sayatan yang ada di hatinya.

Yang menarik dari buku Patah Untuk Tumbuh ini adalah bagaimana Apriyandisi sangat baik dalam mengemas setiap alur yang ada dalam buku ini. Buku ini sangat ringan dan bagus untuk kamu yang ingin menjadikan buku Patah Untuk Tumbuh sebagai sebuah motivasi untuk melangkah maju.

Buku Patah Untuk Tumbuh karya Apriyandisi adalah sebuah buku yang mengingat kamu tentang kebahagiaan yang datang setelah badai hebat yang terjadi. Kamu bisa dibantu untuk merasa bagaimana masa-masa saat kamu berpisah dengan mantan kekasih kamu.

Setelah membaca buku Patah Untuk Tumbuh ini, tanpa sadar kamu merasa tidak sendirian. Mengalami sebuah kejadian patah hati yang begitu dahsyat, akan membuat diri kamu merasa kesepian dan kehilangan banyak orang terdekat.

Namun, buku Patah Untuk Tumbuh ini akan membuat perasaan kamu lebih nyaman dan merasa bahwa kamu tidak sendirian. Orang-orang di luar sana juga mengalami hal yang kamu alami dan kamu tidak sendirian. Peringatan bahwa orang tersebut tidak sendiri, secara tidak langsung dapat membantu kestabilan mental kamu saat merasa sendiri.

Oleh karena itu, buku Patah Untuk Tumbuh ini juga mengajarkan bahwa kamu bisa bangkit dari keterpurukan dan menemukan kebahagiaan kamu meskipun tanpa dirinya yang telah menyakiti dirimu sampai seperti ini.

Setiap bait dalam buku Patah Untuk Tumbuh terkesan sangat ringan dan memiliki makna yang dalam. Kamu akan mengerti alasan Apriyandisi memilih setiap kata dalam bait tersebut. Kamu merasa seperti ditegur, ditempa, dan dikuatkan secara bersamaan.

Dengan buku Patah Untuk Tumbuh ini, kamu akan melewati masa sulit selama masa sakit tersebut dengan lebih bermakna. Buku ini bahkan mendapatkan rating sebesar 3.90 dari para pembaca lainnya. Data tersebut diambil dari Goodreads.

Beberapa dari pembaca yang ada dalam situs Goodreads juga menjelaskan bahwa buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. Selain itu, mereka mengatakan bahwa buku Patah Untuk Tumbuh sangat menyembuhkan.

Dalam menjalin sebuah hubungan percintaan, tentunya sebagai manusia, kita ingin hubungan tersebut berjalan dengan lancar tanpa halangan. Bahkan manusia akan berharap bahwa hubungan mereka akan selamanya, berpisah ketika memang waktu Tuhan memanggil salah satu dari mereka untuk pulang ke rumah-Nya.

Pemutusan sebuah hubungan tentunya sudah sangat biasa terjadi dalam kehidupan manusia sehari-harinya. Ada yang memang memutuskan hubungan dengan kesepakatan bersama, ada juga yang memilih untuk tidak menjalin hubungan lagi karena ada perbedaan yang sangat besar antara kedua belah pihak.

Namun, tak sedikit pasangan yang ditinggalkan begitu kejam. Biasanya orang yang ditinggal dengan cara yang tak wajar akan membuat mereka merasakan sakit yang tidak tertahankan. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang sangat sulit untuk maju dan menemukan kebahagiaannya lagi tanpa kekasihnya. 

Namun, tahukah kamu ada beberapa cara mudah yang bisa membuat kamu menjalani hari-hari kamu menjadi sedikit lebih baik? Beberapa cara yang juga bisa kamu lakukan untuk membantu kamu melupakan mantan kekasih kamu adalah dengan beberapa cara berikut ini.

Beberapa Cara untuk Melupakan Mantan Kekasih Kamu

Jangan stalking media sosial mantan kekasih kamu

Cara terbaik untuk melupakan kenangan bersama orang yang telah menyakiti kamu adalah dengan menjauh dari segala hal yang berhubungan dengan dirinya. Meskipun hal ini adalah hal yang cukup sulit. Namun, kamu akan menjadi lebih abai dengan mantan kekasih kamu.

Kamu akan mulai sedikit demi sedikit berjalan dengan dirimu sendiri tanpa bayang-bayang mantan kekasih. Kamu tidak akan memikirkan apa yang sedang ia lakukan dan bersama siapa dia melakukan hal tersebut.

Jika kamu mencoba untuk melihat profil mantan kekasih kamu melalui media sosialnya dan tanpa sadar dirinya sedang menikmati liburan. Perasaan kamu akan semakin terluka dan tidak karuan. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika kamu tidak melihat sama sekali dan menjauhi segala hal yang berhubungan dengannya, termasuk media sosial.

Ada beberapa orang yang bahkan sampai memblokir mantan kekasihnya di media sosial. Mengapa hal ini mereka lakukan? Karena ini adalah salah satu cara yang ampuh untuk kamu terhindar dari keberadaannya.

Meskipun terkesan sangat kekanak-kanakan, namun ini adalah salah satu cara yang efektif.

Menyibukan diri

Hal ini merupakan sesuatu yang kadang memiliki konotasi yang sangat negatif. Kadang saking sibuknya seseorang, mereka akan mengabaikan keadaan yang ada disekitar dirinya dan sering juga melupakan kondisi kesehatannya. 

Yap! Ini adalah salah satu cara untuk kamu belajar menjauh dan melupakan mantan kekasih kamu. Tentu saja bukan dengan cara yang ekstrim.

Kamu bisa menyibukan diri dengan hal-hal sederhana yang membuat kamu menjadi lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan dirimu sendiri. Contohnya adalah dengan meditasi, melakukan yoga, pergi ketempat yang kamu sukai, melakukan segala sesuatu yang belum pernah kamu lakukan, dan atau kamu bisa membersihkan rumah atau tempat tinggal kamu.

Dengan menyibukan diri dengan melakukan aktivitas yang menenangkan pikiran kamu, secara tanpa sadar kamu sudah bisa bertahan tanpa memikirkan dirinya. Dengan melakukan ini, kamu juga lebih bisa memanjakan diri kamu dengan hal-hal yang kamu sukai.

Berlibur

Ini adalah salah satu cara yang paling efektif. Kamu bisa melakukan traveling seorang diri atau bisa mengajak teman-teman terdekat kamu untuk berlibur dan melakukan hal menyenangkan bersama.

Dengan menghabiskan waktu dengan teman, keluarga, dan bahkan diri kamu sendiri, kamu akan menemukan kebahagiaan yang menghangatkan hati kamu yang saat ini sedang kacau karena perpisahan.

Nah, inilah ketiga cara yang direkomendasikan sebagai saran yang bisa kamu coba untuk membantu kamu move on dari mantan kekasihmu.

Buku Patah Untuk Tumbuh yang ditulis oleh Apriyandisi ini juga akan membantu kamu untuk menenangkan diri saat mengalami masa sulit tersebut.

Kesimpulan

Patah hati yang dialami seseorang bukan sesuatu yang dapat kamu sepelekan. Dengan kondisi tersebut, alangkah lebih baik jika orang tersebut ditemani dan dihibur dengan cara-cara menyenangkan seperti tidak memojokkan dirinya, berlibur bersama, dan atau melakukan segala aktivitas menyenangkan bersama.

Selain itu, dalam buku Patah Untuk Tumbuh karya Apriyandisi juga menyadarkan bahwa rencana Tuhan sangatlah baik dan indah. Pasalnya, setelah kamu mengalami pergumulan dengan rasa perih atas sayatan yang ada di hati kamu. Tuhan sebenarnya mengetahui bahwa orang tersebut bukan seseorang yang baik dan tepat untuk mendampingi kamu.

Beginilah yang dialami oleh tokoh “Aku” dalam buku Patah Untuk Tumbuh ini. Seorang lelaki yang akhirnya menemukan seseorang yang tepat untuk berbagi dan menghargai satu sama lain. Buku yang ringan dengan makna yang sangat mendalam.

Kamu juga akan menemukan pesan tersirat lainnya yang disampaikan oleh penulis Apriyandisi dalam buku Patah Untuk Tumbuh ini. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan kisah “Aku” dan seseorang yang menjadi sangat spesial yang diberikan Tuhan, segera dapatkan buku Patah Untuk Tumbuh ini di www.gramedia.com ya. Buku ini tersedia secara lengkap loh.

 

Jangan lupa untuk kunjungi koleksi buku cerita lain dari banyaknya penulis buku best seller di www.gramedia.com ya, karena cerita dari buku lain tak kalah menarik dengan cerita terkenal seperti kisah di atas loh. Selamat membaca!

Written by Mega