in

Review Novel Possessive Pilot Karya Flara Daviana

Novel Possessive Pilot ditulis oleh Flara Deviana, penulis wanita asal Indonesia yang dikenal suka membuat karya bergenre romansa. Novel Possessive Pilot merupakan novel kedua karya Flara Deviana yang juga masuk ke dalam genre romansa. Nama Flara Deviana pertama kali dikenal dari platform Wattpad. Kisah Possessive Pilot juga pada awalnya dipublikasi di Wattpad.

Kisah romansa ini dapat menarik hati banyak orang, hingga pada saat ini, per bulan Juli 2022, novel Possessive Pilot sudah dibaca sebanyak 10,8 juta kali di Wattpad. Kepopuleran kisah ini juga berhasil menarik pihak penerbit untuk akhirnya menerbitkan kisah ini menjadi sebuah novel. Novel Possessive Pilot berhasil diterbitkan oleh penerbit Coconut Books pada bulan Juli 2018.

Novel dengan total 464 halaman ini mengisahkan tentang seorang lelaki bernama Abercio Bagaskara. Semua orang pasti akan suka dengan sosok ini. Ia adalah sosok pilot yang tampan, ramah, dan dompetnya tebal. Pokoknya, Abe adalah sosok yang sempurna untuk dijadikan sebagai suami dan ATM berjalan. Namun, sudah hampir lima tahun lamanya Abe memilih untuk sendiri.

Ia tidak memiliki wanita yang menemani di sampingnya. Maka dari itu, banyak orang yang menyangka bahwa pria ini tidak lagi menyukai wanita! Sebab, bagaimana bisa dari banyaknya godaan dari pramugari, dan reaksi Abe hanya melengos! Eitsss! Tenang saja, Abe bukan gay, dia normal kok, sangat normal. Hanya saja, hati Abe sudah terpaku pada satu wanita. Wanita yang sedang bersembunyi darinya.

Pada suatu hari, semesta mempertemukan Abe dengan seorang wanita yang pada awalnya menjadi rekan kerjanya. Namun, ia menemukan bahwa wanita itu memiliki luka yang sama dengannya. Luka yang membuat mereka sama-sama sulit untuk move on. Menyadari nasib mereka yang sama, Abe pun mengajak wanita itu untuk bekerja sama membuat satu sama lain move on.

Selepas kesepakatan rumit mereka resmi berlangsung, mereka berdua semakin merasakan perasaan yang lain. Perasaan akan saling ketergantungan kepada satu sama lain. Namun, di saat mereka sudah mulai tertarik, masalah baru bermunculan. Wanita dari masa lalu Abe kini datang kembali menemui Abe.

Penasaran akan siapa sosok yang akhirnya akan memiliki hati si pria sempurna itu? Apakah kisah cinta Abe bisa berjalan lancar seperti karirnya? Sebelum mencari tahu kelanjutan kisah Abe, yuk simak artikel ulasan novel Possessive Pilot di bawah ini sampai selesai!

Profil Flara Deviana – Penulis Novel Possessive Pilot

Sumber foto: storial.co

Flara Deviana adalah penulis asal Indonesia yang namanya dikenal sebagai penulis kisah bergenre romansa. Ibu dari tiga anak ini mengaku memang lebih suka menulis cerita romansa, daripada masak. Hingga saat ini, ia sudah berhasil menerbit 8 buku. Beberapa contoh buku karyanya yang telah diterbitkan, yaitu My Sexy Roommate (2018), Possessive Pilot (2018), Bad Games with Bad Boss (2018), Perfect Illusion (2019), Second Chance (2020).

Flara Deviana mengawali karirnya di platform Wattpad. Ia telah menggunakan Wattpad untuk mengunggah karya tulisnya sejak tahun 2014. Sampai saat ini pun, per bulan Juli 2022, Flara Deviana masih aktif menulis cerita di Wattpad. Akun Wattpad Flara Deviana juga sudah memiliki banyak audiens, yakni sebanyak 401 orang.

Bagi kalian yang ingin mengenal sosok Flara Deviana secara lebih mendalam atau untuk mencari informasi tentang karya tulis Flara Deviana, kalian bisa mengikuti akun media sosial miliknya. Kalian bisa mengikuti akun Instagram @flaradeviana, akun Twitter @flaradevianaa, akun Wattpad @Flaradeviana, akun Storial @Flaradevianaa, dan akun GWP @Flaradeviana.

Sinopsis Novel Possessive Pilot

Ini adalah kisah tentang seorang lelaki bernama Abercio Bagaskara. Semua orang pasti akan suka dengan sosok ini. Ia adalah sosok pilot yang tampan, ramah, dan dompetnya tebal. Pokoknya, Abe adalah sosok yang sempurna untuk dijadikan sebagai suami dan ATM berjalan. Namun, sudah hampir lima tahun lamanya Abe memilih untuk sendiri.

Ia tidak memiliki wanita yang menemani di sampingnya. Maka dari itu, banyak orang yang menyangka bahwa pria ini tidak lagi menyukai wanita! Sebab, bagaimana bisa dari banyaknya godaan dari pramugari, dan reaksi Abe hanya melengos! Eitsss! Tenang saja, Abe bukan gay, dia normal kok, sangat normal.

Hanya saja, Abe membutuhkan waktu untuk sembuh dari patah hati yang terlampau parah, karena wanita yang bernama Kiandra Anandhita. Kiandra adalah wanita yang menjadi sahabat Abe sejak lama. Selama bertahun-tahun, Abe telah berusaha untuk mencari Kiandra, tetapi tidak membuahkan hasil. Dan suatu hari, malah Kiandra sendiri yang menemukan Abe, karena adik kandung Kiandra memiliki hubungan sama sepupu Abe yang lain.

Pita Athalia adalah seorang desainer interior yang cukup populer. Sayangnya, ia memiliki masa lalu yang buruk. Malah dapat dibilang sangat buruk. Pita hadir di kehidupan Abe karena Ronald, teman Abe sekaligus juga teman Pita. Meskipun Abe sudah sukses menggeluti profesi sebagai seorang pilot, Abe juga ingin membuka bisnis bersama dengan Ronald untuk membangun sebuah cafe.

Di cafe itu lah Ronald mengenalkan Pita kepada Abe sebagai orang yang akan mendesain interior cafe yang mereka inginkan. Semakin lama Abe mengenal Pita, semakin banyak yang ia ketahui tentang Pita. Salah satunya adalah fakta bahwa Pita juga memiliki nasib yang sama dengannya, yaitu gagal move on. Abe dengan segala kepercayaan dirinya kemudian mengajak Pita untuk bekerja sama, supaya menjadi partner untuk move on dari masa lalu mereka.

Pertemuan itu dan permintaan itu menjadi sebuah kejadian yang sangat absurd. Pada awalnya, Pita tentunya tidak mau menerima penawaran yang Abe berikan. Bekas luka yang ditinggalkan oleh masa lalunya sudah cukup membekas di hatinya. Luka yang membuat Pita semakin ragu untuk membuka hati.

Luka yang selalu membuatnya bertanya-tanya. Apakah orang yang mendekatinya benar-benar tulus atau hanya akan mempermainkannya lagi? Lantas, Pita berpikir, setelah mereka berdua menjadi partner dan berhasil move on, lalu apa yang akan terjadi? Apalah mereka akan berpisah begitu saja? Tidak. Pita tidak ingin menerima segala risiko dan kemungkinan paling buruk.

Alasan lain yang menyebabkan Pita tetap menolak penawaran Abe, yaitu bersama Abe ia dapat merasakan kesan yang sama dengan pria dari masa lalunya. Semua tingkah laku Abe itu mengingatkan Pita kepada masa lalunya. Pita tentunya tidak ingin merasakan hal yang sama untuk kedua kalinya. Namun, bukan Abe namanya jika ia menyerah begitu saja. Abe terus berusaha meyakinkan Pita.

Selain itu, orang-orang terdekat Pita juga mendukungnya. Pita pada akhirnya mencoba untuk menerima kehadiran Abe yang akan menemani hari-harinya. Saat Pita sudah merasa yakin bahwa keputusannya sudah bulat, ia mencoba menumbuhkan perasaan itu kembali. Sosok wanita dari masa lalu Abe datang kembali. Kali ini, ia juga membutuhkan Abe.

Wanita itu datang tepat di saat Pita juga membutuhkan Abe. Dari sejak itu, Pita kembali lagi mencicipi luka yang sama dengan masa lalunya. Apakah Abe dan Pita bisa melanjutkan kerja sama merek? Atau, Abe malah akan menjalin hubungan lagi dengan Kiandra? Siapa wanita yang akan Abe pilih?

Kelebihan Novel Possessive Pilot

Novel Possessive Pilot ini menyajikan kisah romansa yang tidak biasa. Pembaca bisa menemukan banyak kejutan dalam kisah ini. Sebab, kisah ini bukan sebatas kisah cinta segitiga antara Abe, Kian, dan Pita saja, melainkan juga menghadirkan kisah tentang sahabat dan keluarga. Flara Deviana juga mengangkat isu yang menarik.

Flara Deviana mengangkat isu tentang ibu tunggal atau single mom. Bagian ini dinilai sangat menarik, karena Flara Deviana mengulik dan membahas mengenai stigma akan single mom dalam kehidupan masyarakat. Stigma yang menimbulkan konflik batin bagi para ibu tunggal yang ingin move on ke kehidupan baru yang lebih baik.

Dari segi gaya penulisan, gaya bercerita Flara Deviana sangat mengalir dan yang ringan. Novel Possessive Pilot ini juga menggunakan alur maju dan mundur, tetapi transisinya sangat mulus, sehingga tidak membingungkan pembaca. Gaya bahasa yang digunakan pada novel ini adalah gaya bahasa sehari-hari. Maka dari itu, kisah ini sangat mudah untuk dimengerti.

Selain itu, Flara Deviana juga menyajikan banyak konflik yang kompleks, dan mampu membuat perasaan pembaca menjadi campur aduk. Dari kisah yang manis dan membuat perasaan berbunga-bunga, bisa berubah seketika menjadi derai air mata. Flara Deviana mampu membangun konflik tersebut dengan sangat baik.

Lalu, oleh karena tokoh utama novel Possessive Pilot ini adalah seorang pilot, Flara Deviana menyajikan kisah mengenai profesi yang dijalani tokoh tersebut. Pembahasan mengenai dunia penerbangan dituliskan secara mendetail. Bahkan, Flara Deviana menyelipkan beberapa istilah penerbangan dalam kisah ini. Hal ini menjadi sebuah bagian yang menarik, karena secara tidak langsung pembaca diperkenalkan dengan dunia penerbangan.

Secara keseluruhan, pembaca menilai novel Possessive Pilot ini sebagai novel romansa yang sangat menarik. Walaupun dengan total 464 halaman, novel ini tidak membosankan sama sekali, malah sebagian pembaca ingin membaca kelanjutan kisah ini lagi. Novel Possessive Pilot ini juga memiliki sejumlah pesan moral yang dapat menjadi pembelajaran bagi para pembaca.

Kekurangan Novel Possessive Pilot

Selain kelebihan, novel Possessive Pilot ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan novel ini terletak pada adanya kesalahan penulisan yang didapati di beberapa bagian. Namun, kesalahan penulisan ini tidak mengganggu proses memahami kisah ini.

Pesan Moral Novel Possessive Pilot

Novel Possessive Pilot mengajarkan kita untuk bisa berdamai dengan masa lalu. Seperti Pita dan Abe yang berani mengambil risiko untuk bergerak maju, membiarkan dirinya sendiri mengambil kesempatan kedua untuk merasa bahagia lagi. Kisah ini mengajarkan kita untuk berani melakukan, dan berani keluar dari jebakan yang menghambat diri untuk bahagia.

Dari kisah ini juga, kita dapat belajar bahwa cinta itu. membebaskan. Jika dia yang kamu cintai selalu bisa menemukan jalannya kembali untuk bersamamu, maka dia memang ditakdirkan untukmu. Namun, jika tidak, kamu harus menerima takdirmu.

Abe dan Pita mengajarkan kita bahwa masa lalu itu adalah pelajaran dan masa depan merupakan impian yang harus diraih, sekalipun itu sulit. Masa lalu mereka mengajarkan mereka tentang arti dari kehilangan. Masa lalu mereka bisa membuat mereka semakin yakin untuk berusaha mengejar masa depanku.

Dari kisah cinta Abe dan Pita juga, kita dapat belajar untuk menghargai apa pun yang kita miliki pada saat ini. Jangan menyia-nyiakan orang atau benda yang kita punya, jangan juga menyepelekannya. Sebab, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jangan mengambil risiko untuk merasakan penyesalan.

Nah, itu dia Grameds ulasan novel Possessive Pilot karya Flara Deviana. Bagaimana ya kelanjutan kisah cinta sang pilot yang sempurna itu? Apakah dia akan kembali menjalin cinta dengan Kian? Atau ia akan move on dengan Pita? Yuk langsung saja temukan jawabannya sendiri dengan mendapatkan buku Possessive Pilot hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel