in

Review Novel Stalker In Love Karya Della Hiariej

Novel Stalker In Love ditulis oleh Della Hiariej, penulis yang namanya dikenal dari platform Wattpad. Kisah Stalker In Love ini juga pada mulanya dipublikasikan di akun Wattpad pribadi Della Hiariej sendiri yang bernama @silverbullets. Kisah Stalker In Love mulai ditulis di Wattpad pada tahun 2015. Kisah Stalker In Love ini mampu menarik hati banyak orang, terutama kalangan remaja pengguna Wattpad.

Hal ini dibuktikan dengan kisah Stalker In Love ini mampu menduduki peringkat kedua dalam kategori cerita fiksi remaja ranking Wattpad. Selain itu, per bulan Juli 2022, kisah Stalker In Love telah dibaca sebanyak 9,9 juta kali di Wattpad. Kisah Stalker In Love ini juga ternyata berhasil membawa kesempatan bagi Della Hiariej untuk melebarkan sayapnya di dunia kepenulisan.

Kisah Stalker In Love dilirik oleh penerbit Coconut Books yang kemudian menerbitkannya menjadi sebuah novel pada bulan Desember 2017. Setelah diterbitkan, novel Stalker In Love ini juga berhasil terbilang sukses dengan menjadi salah satu novel yang dapat anda temukan pada jajaran buku best seller. Novel Stalker In Love bergenre romansa, yang memiliki tokoh utama sesuai dengan judulnya, seorang gadis bernama Bella Carissa Daniela.

Begitu banyak masalah yang menimpa Bella, sampai dirinya akhirnya berpikir, apakah akan ada akhir yang bahagia untuk Bella dan dirinya? Apakah Bella salah dengan memulai menjadi seorang stalker yang kemudian jatuh cinta dan berharap akan ada akhir yang bahagia? Sampai akhirnya, Bella sadar bahwa dengan melihat dia saja sudah membuatnya bahagia.

Sinopsis Novel Stalker In Love

Perempuan yang fisiknya mungil dan bawel. Gadis itu bernama Bella Carissa Daniela. Bella memiliki hobi stalking, keahliannya untuk menjadi stalker akan kelihatan ketika bertemu dengan cowok yang membuatnya penasaran setengah mati. Setelah Bella mengetahui segalanya, ternyata semuanya menjadi lebih runyam. Terutama ketika sahabatnya kini ketahuan menjadi musuh dalam selimut.

Masalah yang lebih sulit lagi mulai datang ketika muncul sosok mami baru dalam kehidupan Bella. Menjadi broken home memang bukan pilihannya, masalah lain yang paling sulit, yaitu ketika memiliki saudara tiri perempuan yang sebaya dengannya. Begitu banyak masalah yang menimpa Bella, sampai dirinya akhirnya berpikir, apakah akan ada akhir yang bahagia untuk Bella dan dirinya?

Apakah Bella salah dengan memulai menjadi seorang stalker yang kemudian jatuh cinta dan berharap akan ada akhir yang bahagia? Sampai akhirnya, Bella sadar bahwa dengan melihat dia saja sudah membuatnya bahagia.

Bandara Soekarno Hatta – 11.04

Bella Carissa Daniela, setelah selesai masa sekolah menengah pertama yang ditempuh di Perancis bersama maminya, perempuan berbadan mungil itu akhirnya tiba di Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke Sekolah Menengah Atas. Kedatangannya di Indonesia ini disambut oleh sang papi kesayangannya, yang merupakan salah satu pebisnis terkenal di Kota Jakarta. Bella adalah anak semata wayang papinya, yang memiliki wajah cantik, badan mungil, rambut yang indah, dan memiliki selera yang sangat bagus dalam hal fashion.

Papi Bella bernama Anthon Daniel, dan saat ini dia sedang menunggu Bella, putri kesayangannya, di bandara sambil menikmati Starbucks. Dari kejauhan mulai tampak gadis cantik yang membawa koper sambil melambaikan tangan. Bella pun berteriak memanggil papinya. Mereka berdua saling bertegur sapa dan menanyakan kabar, sambil berpelukan, tanda melepas rindu yang tertanam.

Seusai berpelukan untuk melepas rindu dan sedikit bercengkrama, Bella dan papinya kemudian langsung pulang ke rumah. Siang hari itu, jalanan dari arah bandara menuju kota Jakarta terlihat cukup padat. Hal ini mungkin diakibatkan saat itu adalah akhir pekan. Dalam situasi macet itu, Bella memperlihatkan sifat manjanya kepada sang papi.

Bella mengeluh, karena dirinya lelah, tetapi keadaan malah macet seperti ini. Papi Bella hanya bisa menyuruh anak gadisnya itu untuk sabar, karena memang beginilah keadaan Jakarta, tidak sama seperti di Perancis. Setelah mendengar jawaban dari sang papi, Bella hanya bisa terdiam dan mencoba untuk sabar. Bella memang sosok anak yang manja, apalagi jika sudah sama papinya.

Jadi, wajar saja jika dia banyak mengeluh pada hal-hal kecil yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dibahas. Setelah melewati kemacetan Kota Jakarta, tibalah mereka di sebuah perumahan elite. Karir papi Bella memang sedang dalam puncaknya belakangan ini, jadi tidak heran jika rumah yang ditempatinya sekarang memiliki lima orang asisten rumah tangga dan dua supir pribadi.

14.26 – OH MY… I GOT A WAR IN MY MIND.

Kira-kira papi masukin aku ke SMA mana ya? Beneran deh, rasanya malas banget, aku harus jadi murid baru lagi, beradaptasi ulang, mencoba berbaur dari awal dengan lingkungan yang menurutku masih terasa sangat asing. Ditambah, mungkin satu sekolah akan senang mengetahui akan ada Princess yang datang seperti aku.

Saat aku sedang melamun sendirian di kamar, aku melihat ke arah lantai dan terkejut. Aku lantas berteriak dari dalam kamar, supaya siapa pun segera datang untuk menolongku. Bibiku langsung masuk kamar dan menanyakan apa yang terjadi dengan nada khawatir. Aku bertanya balik, sejak kapan di kamar aku ada kecoa kaya gini? Aku merasa kesal dan takut.

Bibi meminta maaf dan mengatakan bahwa dia kurang teliti saat membersihkan kamar Bella tadi pagi. Aku menerima permintaan maaf itu, dan langsung meminta tolong kepada bibi untuk menyingkirkan binatang tadi segera.

Aku mulai merasa tenang, karena binatang tadi sudah disingkirkan oleh Bibi. Aku sekarang berbaring di kasur, melamun sambil menatap langit-langit. Bella adalah nama panggilanku dari kecil. Aku sudah dua tahun belakangan ini sama sekali tidak bertemu dengan papiku. Sebab, memang dari awal aku memiliki niat untuk ikut mami ke Perancis dan sekolah SMP di sana.

Sangat sulit, entah mengapa masalah mami dan papi malah menimbulkan akibat buruk untuk aku juga. Broken home, aku memang anak dari mami dan papi yang mungkin lambat laun akan terasingkan keberadaannya dan tidak dipedulikan lagi. Mami yang sangat mencintai dunia fashion, sangat sibuk dengan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya itu di Perancis.

Sedangkan, papi dengan karirnya yang semakin baik belakangan ini juga makin sibuk dengan dunia bisnis. Di Indonesia, aku harus mulai beradaptasi lagi menjadi Bella yang baru. Aku tidak boleh selalu mengandalkan keuntungan yang didapat dari papi atau mami. Mungkin, untuk sekarang aku masih terbiasa dengan semua fasilitas ini. Namun, aku memiliki niat untuk berubah menjadi lebih baik, meski entah kapan akan terlaksana.

Hal ini memang sulit dilakukan, karena sejak kecil aku terbiasa dimanja oleh mami dan papi. Kembali ke Indonesia memang sudah takdirku. Mami juga tidak menahanku sama sekali saat aku membuat keputusan untuk melanjutkan sekolah di Indonesia. Saya Bella Carissa Daniela berjanji akan membuat orang tua saya bangga kepada saya.

Ini lagu dari Bella untuk mami dan papi.

Hanya satu pintaku

‘Tuk memandang langit biru

Dalam dekap seorang ibu

Hanya satu pintaku

‘Tuk bercanda dan tertawa

Di pangkuan seorang ayah

Apabila ini

Hanya sebuah mimpi

Ku selalu berharap

Dan tak pernah terbangun

Papi, mami, apakah kalian tau betapa tersiksanya Bella yang harus sendirian jika sedang kesulitan dan kesakitan? Bella merasa iri dengan semua teman-teman Bella yang memiliki keluarga harmonis. Mereka punya orang tua yang selalu peduli terhadap mereka. Bella hanya ingin menjadi seperti anak normal lainnya. Bagaimanapun sikap kalian kepada Bella sekarang, Bella tetap sayang kalian.

Kelebihan Novel Stalker In Love

Sebagai salah satu novel best seller dan sudah dibaca hampir 10 juta kali di Wattpad, kisah Staller In Love ini tentunya memiliki sejumlah kelebihan. Kelebihan yang pertama, yakni terletak pada premis cerita ini sendiri. Di mana tokoh utama kisah ini adalah gadis yang hobi stalking dan akhirnya jatuh cinta dengan orang yang berhasil membuatnya penasaran. Meskipun premis utamanya adalah kisah romantis remaja, tetapi novel ini juga didominasi oleh kisah tentang keluarga.

Dapat dilihat sendiri dari sinopsis di atas, tokoh utama kisah ini, Bella, merupakan anak tunggal yang berasal dari keluarga yang tidak utuh atau broken home. Kedua orang tua Bella sudah berpisah, bahkan tinggal di dua negara yang berbeda benua. Novel ini mengisahkan tentang kondisi keluarga Bella, juga bagaimana Bella menghadapi situasi dalam broken home. Kisah tentang keluarga Bella ini menjadi sebuah bagian yang menambah warna dalam kisah romansa ini, juga mengandung berbagai pesan yang mendalam dibaliknya.

Kemudian, pembaca juga merasa bahwa kisah Stalker In Love ini relate dengan kejadian yang mereka alami. Baik itu dari sisi romansa, maupun dari sisi keluarga. Ada yang merasa relate, karena kisah cintanya juga dimulai dari stalking. Ada yang merasa relate, karena orang tuanya juga sudah bercerai. Hal yang relate dengan kenyataan ini membuat para pembaca mampu untuk memahami sudut pandang Bella, bahkan dapat secara jelas mengerti apa yang dirasakan oleh Bella.

Secara keseluruhan, kisah Stalker In Love ini adalah kisah romansa yang segar, konfliknya cukup rumit, tetapi mudah untuk dimengerti. Novel Stalker In Love sangat cocok bagi kalian para remaja yang ingin bacaan yang ringan, untuk menemani di kala waktu senggang.

Kekurangan Novel Stalker In Love

Selain kelebihan, novel Stalker In Love ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan pada novel ini terletak pada pengembangan kalimatnya, di mana beberapa kalimat struktur susunannya cukup membingungkan. Selain itu, ada beberapa diksi yang dinilai kurang tepat untuk digunakan. Namun, hal ini bisa juga disengaja, karena dikisahkan bahwa Bella menggunakan dua bahasa, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Pesan Moral Novel Stalker In Love

Melalui kisah ini, kita dapat memahami sudut pandang dari seorang anak yang kedua orang tuanya bercerai. Di mana, anak pastinya merasa tidak adil, karena dirinya terkena imbas dari keputusan orang tuanya. Namun, dirinya bisa mengerti bahwa itu adalah keputusan terbaik, asalkan haknya sebagai anak tetap bisa terpenuhi. Seperti hak untuk bisa menghabiskan waktu bersama, hak untuk dipedulikan, hak untuk disayangi, dan sebagainya.

Dari kisah ini juga kita dapat belajar bahwa materi bukan segalanya. Kita cenderung memiliki pikiran untuk mengejar materi, karena materi mampu membuat kita bahagia. Hal itu tidak salah, tetapi tidak sepenuhnya benar. Sebab, jika dengan mengejar materi, anda malah melupakan keluarga anda, maka hal itu menjadi sia-sia.

Terkadang, kebahagiaan bisa datang hanya dari hal sederhana saja. Kebahagiaan sejati bisa diperoleh dengan meluangkan waktu untuk bersama dengan orang yang anda sayang. Sejatinya, hal yang paling berharga bukan uang, melainkan waktu.

Sekian artikel ulasan novel Stalker In Love karya Della Hiariej. Gimana Grameds, sudah penasaran akan sosok yang mampu membuat Bella si Princess menjadi penasaran? Apakah Bella mampu menghadapi segala masalahnya? Yuk langsung saja temukan jawabannya sendiri dengan mendapatkan novel Stalker In Love ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel