in

Rekomendasi Gaya Rambut Cepak Militer yang Maskulin, Idamanmu Dik!

Sgt. 1st Class Theresa Gualdarama.

Gaya Rambut Cepak Militer – Siapa yang bilang bahwa model atau potongan rambut pria hanya sekadar itu-itu saja? Nyatanya, model atau potongan rambut pria yang pendek saja banyak jenisnya, lho.

Apalagi belakangan ini potongan rambut pria model pendek lebih banyak disukai dan juga memiliki lebih banyak variasi dibandingkan dengan sebelumnya. Sepertinya pada masa kini, era model rambut yang panjang dan berantakan akan usai karena semakin kehilangan peminat. Bahkan, kini potongan rambut pria yang memiliki kesan profesional dan bersih sudah menjadi sangat populer dan banyak digunakan di berbagai kalangan baik oleh pria dewasa, remaja laki-laki, maupun anak-anak di seluruh dunia.

Jika Grameds ingin tetap mengikuti perkembangan zaman, segera pangkas rambut yang sudah agak panjang dan mulai untuk mencoba model rambut yang baru. Dengan potongan rambut model pendek, Grameds akan mendapatkan tampilan yang lebih menarik, bahkan mungkin akan semakin disukai oleh gebetan, pacar, istri, atau bahkan mertua.

Potongan rambut pria dengan ukuran yang pendek juga umumnya sangat sederhana dan tidak memerlukan berbagai macam jenis perawatan yang merepotkan. Hanya dengan gel rambut, pomade, atau bahkan wax rambut matte, produk ini akan bekerja sangat baik untuk menciptakan bentuk rambut sesuai dengan yang Grameds inginkan.

Grameds juga bisa menatanya sendiri tanpa memerlukan bantuan styling tools lain yang mungkin saja dapat berefek buruk pada rambut dan kulit kepala. Grameds dapat sekadar menggerakkan tangan saja dan mengatur bagian atas dengan gerakan tertentu sehingga menghasilkan sentuhan akhir yang mengesankan.

Gaya rambut cepak militer menjadi salah satu model rambut yang tetap eksis hingga kini. Potongan rambut ini identik dengan potongan pendek dan didominasi gaya undercut di bagian samping dan belakang.

Tidak hanya simpel, gaya rambut cepak militer juga banyak digemari karena mudah dirawat dan ditata. Kerennya lagi, model rambut ini memberi kesan penampilan yang maskulin. Kalau kamu tertarik memiliki potongan rambut ini, cek rekomendasi gaya rambut cepak militer yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini.

Rekomendasi Gaya Rambut Cepak Militer

1. Butch Cut

(instagram.com/ivanpaulusgunata)

Dikenal dengan istilah jarhead, gaya rambut cepak militer butch cut cocok untuk kamu yang memiliki wajah persegi, hati, dan oval. Potongan rambut model ini juga sering dipakai anggota militer, khususnya para tentara muda yang baru bergabung akademi. Tampilannya terlihat sangat umum dengan potongan super pendek dan tipis. Sekilas mirip dengan buzz cut, tetapi butch cut tampak lebih pendek dari buzz cut. Model rambut  ini cocok untuk berbagai bentuk wajah, mulai dari oval, persegi, atau hati, dan oval. Rahang pun akan terlihat lebih tegas jika menggunakan potongan rambut ini.

2. Pompadour Military

(instagram.com/adp_rtm)

Ingin tampil klasik, tetapi tetap keren? Cobalah gaya rambut pompadour military! Kombinasikan dengan brewok agar semakin maskulin. Berbeda dengan beberapa gaya rambut sebelumnya yang simpel dan tak perlu banyak styling, model rambut pompadour military butuh penataan khusus. Untuk menatanya, pastikan volume rambut bagian atas jauh lebih banyak daripada bagian samping. Namun, jangan biarkan rambut di bagian samping terlalu tipis. Selanjutnya, gunakan pomade dan sisir rambut ke belakang atau ke samping rambut bagian atas. Gaya rambut cepak klasik ini pun bisa membuatmu tampak elegan dan kharismatik.

3. Side Part

(instagram.com/tentara.ganteng)

Jika mencari potongan rambut cepak yang lebih bergaya, side part bisa menjadi pilihan terbaik. Potongan rambut side part mempunyai ciri khas belahan di samping kepala. Jika ingin memotong rambut dengan model ini, sebaiknya minta kapster memperjelas belahan rambut menggunakan clipper. Secara keseluruhan potongan tersebut tampak rapi, tetapi tetap membuatmu terlihat lebih stylish dan tampak lebih muda.

4. Medium Length Textured

(instagram.com/alfredomassie)

Kreasikan model rambut dengan gaya medium length textured. Gaya rambut ini ideal untuk rambut tebal dan ikal.

5. Side Swept Undercut

(instagram.com/adrn_frnnds)

Gaya rambut ini tidak harus disisir ke samping. Side swept undercut bisa kamu tata ke belakang. Gaya tersebut cocok untuk wajah bulat.

6. Barely There

(instagram.com/nandarashari_)

Gaya rambut cepak militer barely there hadir dengan potongan cepak rata dan tanpa fade. Dijamin bebas gerah!

7. Ivy League Cut

(instagram.com/tentara.ganteng)

Ivy league cut hadir dengan model panjang di bagian atas dan tipis di bagian samping. Cocok untuk cuaca panas. Saat ini, model rambut yang satu ini sudah dimodifikasi menjadi lebih kekinian. Sekilas mirip seperti crew cut, tetapi model rambut dibuat cukup panjang di bagian atas. Lalu, bagian sampingnya tipis dan sisi belakang lebih pendek. Awalnya, potongan rambut ini eksis selama Perang Dunia II, kemudian semakin populer pada 1950-an, terutama di kalangan perwira atau personel militer berpangkat tinggi. Sebab, gaya rambut ini menampilkan kesan serius dan cerdas. Gaya rambut ini cocok untuk pria dengan rahang tegas.

8. Layered Undercut

(instagram.com/ridhodwi10)

Bosan dengan potongan buzz cut? Cobalah gaya rambut cepak militer layered undercut. Rambut akan menjadi terlihat lebih berisi. Sebenarnya, nama undercut merupakan sebuah teknik memotong rambut yang dilakukan guna untuk memberikan tampilan dimensi yang tipis di bagian samping kepala. Rambut bagian atas dibiarkan tebal dengan rambut bagian bawah yang dipotong hingga pendek. Oleh karena itu, potongan rambut pria model pendek dapat diaplikasikan dalam banyak potongan rambut, seperti pria yang memiliki gaya rambut cepak.

Potongan rambut ini juga dapat dikatakan cukup ikonik. Ini dikarenakan potongan rambut ini sudah ada sejak lama, tetapi tetap tidak memiliki kesan kuno dan ketinggalan zaman. Model rambut undercut juga cukup sederhana, praktis, dan akan memberikan penampilan yang segar dan tampak awet muda.

9. Ultra Short Textured

(instagram.com/hams.mahadir)

Ampuh kurangi isi rambut, gaya rambut cepak militer ultra short textured sesuai untuk kamu yang aktif sepanjang hari.

10. Militer Puffy Undercut

(instagram.com/zidanehnw)

Ciri khas gaya rambut cepak militer puffy undercut ada di bagian jambulnya yang unik. Tata dengan pomade oil based agar awet sepanjang hari.

11. Buzz Cut

(instagram.com/ranggamarandanu)

Buzz cut menjadi gaya rambut cepak militer klasik yang tetap tren hingga kini. Model rambut ala tentara yang satu ini cocok diaplikasikan untuk berbagai jenis rambut, baik itu rambut lurus maupun ikal, dan bergelombang. Kesan rapi dari potongan rambut ini berasal dari teknik mencukur dengan menghabiskan seluruh bagian rambut. Lalu, hanya menyisakan 1-2 cm untuk menambah volume. Sebaiknya minta kapster menyesuaikan potongan dengan bentuk wajah dan tidak perlu menggunakan attachment pada clipper agar hasilnya pendek sempurna. Model rambut buzz cut terasa nyaman di berbagai kesempatan, terutama saat cuaca panas, karena tidak bikin gerah.

12. Crew Cut

atome.id

Crew cut memiliki ciri khas berupa potongan cepak yang tipis di bagian samping dan memanjang di bagian depan. Model rambut ini telah populer sejak abad ke-18 dan masih sering dijadikan gaya rambut anggota militer hingga kini karena kepraktisannya. Crew cut juga cocok untuk pemilik rambut ikal karena dapat menciptakan isi rambut yang pas. Saat ini ada dua jenis crew cut, yaitu:

  • Versi Eropa: panjang rambut yang seragam di seluruh bagian kepala, yaitu tidak melebihi 1,5 cm.
  • Versi Amerika: rambut bagian samping dan belakang dibuat lebih tipis dan bagian atasnya dibiarkan panjang hingga 2 cm.

13. Line Up Hair Cut

atome.id

Buat kamu yang suka berpenampilan simpel, coba tiru potongan cepak ala Zayn Malik ini. Ciri khasnya terletak di garis tegas yang sengaja dibentuk serta potongan yang sangat tipis, terutama di bagian samping dan bawah. Cara penataan gaya rambut ini juga sangat praktis karena tak perlu mengatur poni atau belahan rambut. Menyisirnya pun tak perlu terlalu sering, cukup menambahkan pomade agar tampak berkilau. Tak heran, banyak pria memilih model rambut ini agar tak perlu lama-lama berdandan.

14. French Crop

atome.id

French crop memiliki konsep taper fade atau undercut yang punya ciri khas tatanan super rapi di bagian atasnya. Satu hal yang membuatnya tampak menarik, yaitu adanya poni yang agak panjang sebagai pemanis. Model poni yang lebih panjang di model rambut ini punya guntingan variatif, mulai dari textured hingga chop. Dengan memakai model rambut ini, kamu akan terlihat semakin keren dan maskulin. Banyak juga idol K-Pop yang memakai potongan rambut ini saat bermain drama atau tampilan sehari-hari.

15. Caesar Cut

atome.id

Hampir mirip dengan french crop, namun model poninya dibuat super pendek. Model ini cocok buat kamu yang ingin tampil dengan rambut pendek, tetapi tidak terlalu ingin terlihat seperti potongan ala militer. Teknik guntingan di poni caesar cut cenderung rata, tetapi tetap terlihat keren untuk berbagai tipe rambut. Lalu, penipisan di bagian samping rambut juga terlihat lebih ekstrem daripada french crop. Dengan begitu perawatannya pun menjadi jauh lebih mudah, baik saat keramas maupun styling sehari-hari.

16. High And Tight Cut

atome.id

Rekomendasi terakhir, ada model high and tight cut yang sangat identik dengan potongan para prajurit angkatan laut Amerika. Potongannya tinggi dan ketat, sehingga menampilkan model rambut yang sangat rapi di semua sisi, bahkan beberapa helai rambut nyaris habis, terutama di bagian belakang dan samping rambut. Potongan ini dapat memberikan kesan runcing di kepala. Jadi, pastikan kapster memotong rambutmu dengan tetap menyesuaikan bentuk wajah.

17. Short and Spiky

https://www.thetrendspotter.com

Potongan rambut pria model pendek selanjutnya yang cukup populer dan tak lekang oleh waktu adalah model short and spiky. Meskipun sudah lama dikenal, model rambut ini juga tetap dianggap trendi dan kekinian bahkan hingga kini masih memiliki banyak sekali peminat.

Potongan rambut pria model pendek ini memiliki ciri khas utama yakni model rambut bagian atas yang berbentuk runcing berdiri dan rambut yang tipis pada bagian samping, sehingga kalian akan mendapatkan kesan jenjang di wajah.

Meskipun tampilan rambut ini terkesan berantakan, tetapi kalian dapat menatanya dengan menggunakan hair spray, pomade, atau gel. Bersiaplah untuk mendapatkan kesan maskulin dan tampak gagah berkat model rambut yang satu ini.

18. Bald Fade

httpd://www,pinterest.cpm

Apakah kalian bingung karena ada bagian samping kepala yang mulai terlihat tipis atau bahkan botak? Jangan sedih karena model bald fade ini dapat membantu kalian untuk menutupi bagian kepala tersebut. Model bald fade sendiri menjadikan salah satu sisi kepala mempunyai rambut yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sisi satunya karena akan dipotong menjadi sangat pendek.

Meski demikian, bagian atas rambut dan sisi satunya akan dibuat lebih panjang untuk membuat potongan rambut pria ini menjadi tampak lebih stylish. Dengan demikian, kita bisa melihat kontras yang tampak cukup dramatis dari sisi tengah kepala hingga ke bagian samping. Gaya rambut ini pun cukup populer.

Nah, itulah rekomendasi gaya rambut cepak militer yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk mendapatkan model rambut pria yang sesuai. Kamu bisa merawat model rambut ini dengan rutin memotongnya dan rajin keramas menggunakan sampo yang wangi.

Alasan Rambut Tentara Cepak

Kira-kira, adakah alasan khusus mengapa rambut tentara harus cepak atau pendek? Apakah berkaitan dengan kedisiplinan? Untuk menjawab hal tersebut, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Tentara selalu identik dengan kedisiplinan. Wajar, sebab mereka dituntut untuk mampu menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) setiap saat. Bentuk kedisiplinan tersebut tercermin dari berbagai lini kehidupan tentara. Namun, apakah rambut tentara yang cepak juga termasuk bentuk kedisiplinan atau adakah alasan khusus di balik rambut para prajurit yang cepak?

Melansir laman Catch News, inilah beberapa alasan rambut tentara harus cepak.

1. Mudah Dirawat

Rambut tentara yang cepak relatif mudah dirawat saat keadaan perang. Selain itu, rambut pendek bisa kering dalam waktu singkat, sehingga para prajurit akan lebih mudah bersiap-siap ke medan perang. Terlebih, saat mereka mesti masuk ke sungai atau dalam keadaan musim hujan, para prajurit yang harus menjaga diri, tak akan terlalu fokus untuk mengurusi rambut mereka.

2. Mudah Menggunakan Helm dengan Benar

Masih mengutip laman Catch News, alasan kedua adalah agar memudahkan para tentara menggunakan helm. Seperti diketahui, helm di medan perang berfungsi untuk menjaga keselamatan prajurit. Rambut pendek atau cepak akan memudahkan mereka saat menggunakan alat keselamatan tersebut.

3. Menjaga Keseimbangan

Alasan selanjutnya, yaitu agar membuat kesimbangan udara dan membuat kepala tetap dingin. Hal ini secara tak langsung akan membuat para tentara mengambil keputusan yang bijak, walaupun dalam keadaan sulit.

4. Bermanfaat Saat Bertempur Tanpa Senjata

TNI Angkatan Udara pernah menjawab salah satu pertanyaan warganet di twitter yang berkaitan mengenai rambut para tentara pada 2019 silam. Pertanyaan tersebut seperti ini:

“Siang Airmin, kenapa kalau anggota TNI rambutnya harus pendek, mau laki-laki atau perempuan. #TanyaAirmin”. Tulis salah satu warganet.

Akun twitter TNI AU @_TNIAU kemudian menjawabnya.

Entah ada unsur canda atau tidak, @_TNIAU menyebut, fungsi rambut cepak bisa bermanfaat saat bertempur tanpa senjata.

Berikut jawaban lengkapnya:

“Jadi begini alasan kenapa rambut tentara harus cepak rapi”.

“Kami itu bertempur menggunakan senjata api. Andaikata pun amunisi atau peluru habis, masih bisa pakai metode perkelahian sangkur atau tangan kosong”.

“Tidak pernah ada pilihan jambak-jambakan rambut”.

***

Apakah terjawab? Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Rekomendasi Buku dan Ebook

1. Tata Rias Wajah dan Rambut Keluarga Pengantin Modern

2. Perawatan Kulit Kepala dan Rambut

3. Segera Mulai Barbershop Milik Sendiri

BACA JUGA:

Apa itu Cukur 3 2 1?

Ukuran potongan rambut 3 cm atas, 2 cm belakang, 1 cm samping dan belakang bawah (3: 2: 1). “Cukur rambut ini kami lakukan sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan bagi siswa agar memiliki pribadi baik, penampilan rapi, dan citra diri yang bersih.

Apa nama potongan rambut TNI?

Potongan rambut tentara buzz cut, Potongan rambut tentara butch cut, Potongan rambut tentara ivy league cut, Potongan rambut tentara crew cut, Potongan rambut tentara high and tight cut.

Kenapa TNI rambutnya pendek?

Mudah Dirawat. Selain itu, rambut pendek bisa kering dalam waktu singkat, sehingga para prajurit akan lebih mudah bersiap-siap ke medan perang.

Undercut itu apa ya?

Undercut itu apa ya? Image result Tampil tampan dan makin percaya diri dengan model potongan yang elegan. Gaya rambut undercut adalah model yang memisahkan bagian atas rambut dengan bagian bawah dan samping. Biasanya, pada rambut bagian atas lebih panjang/tebal dibandingkan bagian samping maupun belakang.

Apa itu potongan rambut cepak?

Cepak adalah gaya potongan rambut pendek yang biasanya dihasilkan dari alat cukur elektrik. Gaya rambut ini identik dengan kalangan militer karena kepraktisannya dalam berbagai situasi/tidak menghalangi berbagai kegiatan.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien