in

10+ Rekomendasi Aplikasi Video Editor di HP Terbaik

Semakin maraknya pengguna platform video seperti Instagram, Youtube, hingga TikTok membuat kebutuhan aplikasi video editor di HP jadi semakin meningkat. Dengan adanya aplikasi untuk mengedit video ini, kita dapat melakukan banyak sekali hal.

Mulai dari memotong frame video, menggabungkan beberapa video menjadi satu, menambahkan teks, mengedit video menggunakan filter, dan juga menambahkan backsound atau musik yang sesuai dengan tema video. Hasilnya, kita dapat menciptakan sebuah video yang unik dan menarik.

Tidak perlu menggunakan laptop atau komputer, karena aplikasi video editor tersedia di hp, khususnya para pengguna Android. Selain itu, kita juga tidak harus menggunakan hp yang mahal, karena sebagian besar aplikasi video editor di HP dapat mengakomodir perangkat dengan spesifikasi standar.

Bahkan, ada beberapa aplikasi edit video yang menawarkan berbagai macam fitur, termasuk mempunyai fitur menghilangkan watermark. Supaya tidak bingung, di bawah ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa rekomendasi aplikasi video editor di hp yang dapat kamu gunakan.

Rekomendasi Aplikasi Video Editor di HP

Berikut ini adalah beberapa daftar aplikasi video editor di HP yang dapat digunakan untuk membuat video sinematik yang menarik dan unik, antara lain:

1. KineMaster

googleplay

Aplikasi video editor di hp yang pertama adalah KineMaster. Siapa sih yang tidak mengetahui aplikasi edit video yang satu ini? Kinemaster mempunyai fitur yang cukup lengkap dan juga sudah populer di kalangan remaja. Untuk ukuran sizenya sendiri masih dibawah 100 MB, yakni tepatnya hanya 95 MB.

Aplikasi yang satu ini hadir dalam dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Untuk versi yang berbayar atau yang sering disebut dengan Kinemaster Premium menghadirkan fitur edit video tanpa watermark dan juga tanpa iklan.

Di dalam aplikasi video editor di hp ini kita juga dapat melakukan proses cutting dan trimming. Selain itu, kita bisa menambahkan multitrack audio dan LUT Filter. Uniknya lagi, aplikasi Kinemaster menghadirkan efek transisi 3D, sehingga video kamu akan semakin terlihat profesional. Aplikasi edit video ini juga sudah support format seperti MP4, MOV, dan 3GP. Bagi kamu yang ingin mendapatkan aplikasi yang bagus untuk edit video ini, kamu bisa menggunakannya pada perangkat Android Jely Bean 4.1.2.

Fitur Unggulan dari Kinemaster:

  • Edit video tanpa watermark (untuk versi berbayar)
  • Multiple layer untuk video, teks, image, sticker, special effect
  • Blending mode yang bisa menghasilkan efek menarik
  • Menambah voiceover, background musik, dan efek sound
  • Tool untuk editing (trim, slice, dan crop)
  • Control speed untuk time lapse dan juga efek slow motion
  • Dukungan untuk aspek rasio yang bervariasi
  • Menghasilkan video 4K 2160p di 30fps

2. FilmoraGo

googleplay

Pilihan aplikasi video editor di hp selanjutnya adalah FilmoraGo. Aplikasi yang satu ini dapat diunduh secara gratis dengan format app in purchase atau menawarkan pembelian di dalam aplikasi. Salah satu aplikasi untuk edit video ini menyediakan berbagai item yang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau, yakni mulai dari Rp. 12.000 hingga Rp50.000. Dengan membeli item tersebut, kita dapat menghilangkan watermark di FilmoraGo.

Meski begitu, kita juga masih bisa memanfaatkan berbagai macam fitur lain yang pastinya sangat menarik di FilmoraGo tanpa perlu mengeluarkan uang walaupun ada logo di akhir editan video. Selain menjadi salah satu aplikasi edit video tanpa watermark, FilmoraGo ini juga menjadi salah satu pilihan video editor terbaik. Di sini kita bisa melakukan berbagai hal dasar seperti cut atau crop ataupun membuat video dengan mudah.

Di aplikasi edit video ini, kita juga dapat bereksperimen dengan cara mengubah video yang diputar secara terbalik. Uniknya lagi, tersedia juga pilihan edit video untuk di upload ke akun media sosial, seperti misalnya menggunakan format 1:1 untuk Instagram dan format 16:9 untuk Youtube. Di aplikasi ini juga ada fitur dukungan seperti slow motion, musik, transisi, overlay, dan lain sebagainya.

Fitur Unggulan FilmoraGo:

  • Edit video tanpa watermark (versi berbayar)
  • Mendukung reverse video
  • Kontrol speed video
  • Dukungan transisi seperti Dissolve, Wipe, Split, Shutter dan Zoom out
  • Menyediakan efek yang beragam
  • Fitur teks dan titel yang bisa disesuaikan dengan warna, ukuran dan posisi
  • Dukungan mode reverse play, trim, duration, Slow/Fast motion editor, Duplicate, Mute, Rotate, Delete

3. VivaVideo

googleplay

VivaVideo adalah aplikasi video editor di hp yang banyak digunakan pengguna Android. Sebab, cara edit video di aplikasi ini juga sangat mudah dipahami. Selain itu, tampilannya yang sederhana dan mempunyai banyak fitur menjadi keunggulan tersendiri dari VivaVideo. Aplikasi video editor di hp ini dibuat oleh developer QuVideo Inc, di mana video editor ini memungkinkan para penggunanya untuk memotong dan menambahkan efek supaya menjadi lebih menarik.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan teks bila ingin membuat video tutorial supaya mudah untuk dipahami para audiens yang menontonnya. VivaVideo juga mendapatkan rating yang bagus dari para penggunanya dengan total download hingga 100 juta orang di Play Store.

Fitur Unggulan VivaVideo:

  • Dapat membuat video dengan backsound lagu-lagu
  • Terdapat dukungan transisi dengan efek yang menarik
  • Memotong, menambahkan, atau menggabungkan beberapa video
  • Membuat efek blur atau bokeh di video
  • Terdapat fitur teks dan titel yang dapat dikustom
  • Edit video dengan format HD 720p, 1080p hingga 4K

4. Adobe Premiere Clip

kompas tekno

Adobe Premiere merupakan aplikasi video editor yang dapat ditemukan PC. Namun, ternyata di Android juga ada aplikasi yang bernama Adobe Premiere Clip yang memiliki tampilan lebih simpel. Dengan begitu, lebih memudahkan pengguna dalam mengedit video di hp. Adapun kelebihan dari aplikasi ini yaitu kemampuannya yang bisa menggabungkan beberapa video dengan foto ataupun klip secara otomatis dari galeri yang telah ada.

Sama halnya seperti aplikasi video editor di hp lainnya, Adobe Premiere Clip juga bisa menggabungkan, menambahkan musik atau lagu, memotong, memberikan filter pada video yang dibuat, dan lainnya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk bisa langsung membagikan hasil video ke media sosial, mulai dari TikTok atau Youtube.

5. Video Show

google play

Video Show merupakan salah satu aplikasi video editor di hp terbaik yang cukup populer dan berkualitas. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh aplikasi ini, yakni sebagai aplikasi video editor terbaik untuk Android.

Tersedia juga 50 tema yang dapat digunakan untuk memperindah video yang dibuat. Selain itu, pengguna juga dapat mengkompres video supaya bisa menghasilkan ukuran file yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitas secara signifikan.

Fitur Unggulan VideoShow:

  • Edit, merge, trim, split, reverse, duplicate, rotate, blur, collage video.
  • Zoom in/out Control speed untuk fast motion dan slow motion.
  • Video dubbing, menambahkan suara atau efek sound.
  • Dukungan themes, effect, sticker, gif image, meme, emoji, font, sound effects, FX dan lainnya.

6. PowerDirector

googleplay

Selain beberapa pilihan di atas, kamu juga dapat mencoba menggunakan software PowerDirector untuk mengedit video di hp Android. Aplikasi yang satu ini akan memudahkan pengguna untuk mengedit video dengan kualitas 4K menggunakan berbagai macam fitur seperti tools video editing, collage, video effects, atau menambahkan background music, dan juga animasi.

Menariknya lagi, aplikasi video editor di hp ini juga dilengkapi dengan fitur chroma key yang dapat mengedit video di layar green screen. Tak hanya itu saja, ada juga fitur video stabilizer untuk mengurangi guncangan pada video, overlay, dan juga video changer.

Fitur Unggulan PowerDirector Video Editor:

  • Video color editor – Brightness, contrast & saturation
  • Video trim Crop video
  • Rotate video
  • Slow motion video
  • Efek Slow motion video

7. VN Video Editor

googleplay

Jika kamu sedang mencari aplikasi video editor di hp dengan hasil tanpa watermark, maka kamu dapat mencoba aplikasi yang satu ini. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan mengedit video vlog. VN Video Editor dapat digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemula atau kalangan profesional.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mengedit video dengan green screen. Fitur yang tersedia di aplikasi ini antara lain music background, efek video, subtitle tools, dan lainnya yang bisa membuat video kamu menjadi lebih menarik lagi.

8. Quik

nesabamedia

Sesuai dengan namanya, Quik merupakan aplikasi video editor yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat konten secara cepat. Sebab, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam membuat konten secara otomatis dan dapat disinkronkan dengan musik yang ada.

Selain itu, Quik juga menawarkan penyimpanan hasil video editing ke format 720p atau 1080p. Meskipun Quik termasuk aplikasi gratisan, tapi tidak ada iklan apapun dan aplikasi ini juga menawarkan kemampuan untuk dapat membagikan hasil video ke akun jejaring sosial yang kamu punya.

Dengan aplikasi ini, kita juga bisa mengedit alur cerita dengan menambahkan teks sampai filter yang menarik. Kita dapat mengkombinasikan video dan foto dengan mudah. Bahkan, kita juga bisa memasukkan 75 foto ke dalam sebuah video. Quik Video Editor ini menyediakan kurang lebih 25 tema yang membuat edit video semakin menyenangkan. Ada juga 80 musik soundtrack yang dapat digunakan secara gratis supaya video semakin tampil menarik.

Fitur Unggulan Quik Video Editor:

  • Support untuk GoPro Hero 720+ filter baru
  • 8+ lagu baru

9. Inshot

googleplay

Inshot merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu dalam mengedit video dari Android dengan hasil berkualitas. Video editor ini dapat digunakan secara gratis dengan berbagai fitur yang profesional. Selain video, kamu juga dapat mengedit foto melalui aplikasi ini. Inshot juga mempunyai fitur video editing yang cukup lengkap, seperti memotong atau memangkas video, menggabungkan, mengatur kecepatan, mengkompres video ke dalam format HD, sampai mengkonversi foto ke dalam bentuk klip video.

Selain itu, kamu juga tidak akan kehabisan ide dalam membuat video yang menarik dengan berbagai pilihan efek transisi, emoji, filter, dan juga background musik yang sudah tersedia.

10. Magisto

googleplay

Magisto merupakan aplikasi video editor di hp yang dapat kamu gunakan, baik itu di Android ataupun di IOS. Aplikasi yang satu ini akan memudahkan kamu dalam mengedit video secara otomatis, yakni dari gambar dan juga video yang diambil dari hp kamu. Ada banyak sekali fitur yang dapat membuat video kamu terlihat lebih menawan.

Beberapa di antaranya yaitu mengubah transisi video, memotong, dan menambahkan lagu atau musik serta efek. Kamu juga dapat membagikan hasil editan video dengan mudah ke media sosial.

11. Splice

googleplay

Aplikasi Splice video editor dapat membantu kamu dalam mengedit video dengan praktis dari hp Android ataupun iOS. Tampilannya sendiri cukup mudah untuk digunakan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya secara gratis, tanpa iklan yang mengganggu dan hasil editan video tanpa watermark.

Dengan memanfaatkan fitur editing yang sudah tersedia di dalam aplikasinya, kamu dapat memotong, menggabungkan beberapa video, menambahkan teks, soundtrack, dan juga overlay pada video.

12. Adobe Premiere Rush

adobe

Aplikasi ciptaan Adobe ini dapat membuatmu lebih mudah dalam melakukan video editing dari hp. Adobe Premiere Rush memungkinkanmu untuk merekam, mengedit dan juga membagikan video secara online. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur drag & drop yang memudahkan para penggunanya untuk mengedit video, menambahkan audio, foto, grafis, sampai overlay.

Kamu juga dapat melakukan kustomisasi animated title supaya terlihat berbeda dengan yang lain. Aplikasi ini juga mempunyai pilihan soundtrack, efek audio, sampai loops yang dapat digunakan secara gratis. Selain itu, kamu dapat langsung membagikan hasil video ke berbagai macam platform seperti Instagram, TikTok, Youtube, dan lainnya dengan aspek rasio yang otomatis disesuaikan.

13. Likee

wikipedia

Likee menjadi salah satu aplikasi edit video yang cukup banyak dipakai. Sebab, aplikasi ini sangat sederhana dengan penggunaan yang mudah. Selain itu, kita dapat menambahkan berbagai efek menarik, variasi stiker unik dan memungkinkan kita untuk lipsync lagu.

Fitur Unggulan Likee:

  • Dukungan special effects, sticker, emoticon
  • Music Magic filter untuk membuat video musik
  • Dukungan fitur smart seperti Hair Color, 4D Magic, Superpowers
  • Video dubbing

14. YouCut

youcut.pro

YouCut mempunyai fitur yang dapat mereduksi ukuran file video tapi tetap dalam kualitas yang tinggi. Keuntungannya yaitu tidak membebani kapasitas memori hp kamu karena hasil editing videonya berukuran kecil. Adapun format video yang dihasilkan dari aplikasi edit video ini dapat kita pilih sesuai dengan keinginan.

Fitur Unggulan YouCut:

  • Bebas dari watermark
  • Crop VideoVideo merger, Cut, Trim, Split, Compress
  • Kontrol speed video (dari 0.5× hingga 2.0×)
  • Photo Slideshow Maker
  • Menambahkan musik, teks, filter, Rotate video

15. VidTrim

googleplay

Aplikasi VidTrim hadir dengan menawarkan beberapa fitur seperti trimming, pengambilan frame, merging, efek video, mengekstrak audio, dan juga transcoding. Dengan aplikasi video editor di hp ini, kita juga bisa membagikan hasil video di media sosial langsung dari aplikasinya.

Fitur Unggulan VidTrim:

  • Video trimmer langsung dari hp
  • Menggabungkan video, convert video ke format MP3
  • Rotate video, rename video, hapus video

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi video editor di hp terbaik yang dapat kamu coba di Android. Namun, sebagian besar di antaranya juga dapat kamu gunakan di perangkat iOS. Biasanya, semua aplikasi video editor tersebut mempunyai fitur yang hampir serupa. Hanya saja, terdapat beberapa perbedaan pada cara penggunaannya.

Demikian penjelasan mengenai berbagai rekomendasi aplikasi video editor di hp. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang video editor, kamu dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

rujukan:

  • https://www.dewaweb.com/blog/aplikasi-edit-video-terbaik-android/#8_Magisto
  • https://www.pricebook.co.id/article/game_apps/9937/aplikasi-edit-video-android-terbaik

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy