in

10 Pemain Bola Tertinggi yang Bikin Takjub Beserta Profile-Nya!

Sumber: Getty Image

Pemain bola tertinggi – Sepak bola adalah olahraga paling populer di bumi ini. Tidak akan ada yang menyangkal kebenaran fakta tersebut. Di berbagai macam situs, artikel, atau berita, Grameds bisa menemukan berbagai macam rekor luar biasa terkait kepopuleran olahraga ini.

Terdapat banyak sekali alasan mengapa sepak bola bisa sepopuler itu. Mulai dari mudahnya orang-orang dalam mengakses permainan ini, banyaknya atlet sepak bola yang hebat di bidangnya serta inspiratif, sampai kekayaan taktiknya, membuat sepak bola menjadi salah satu olahraga paling rumit.

Di antara banyaknya faktor-faktor ini, dapat dikatakan salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah adanya puluhan pemain bola dengan kemampuannya di atas lapangan, mampu memberi inspirasi kepada ratusan juta generasi muda di berbagai belahan dunia untuk menonton sepak bola, atau bahkan ikut bermain dan bertanding.

Pemain sepak bola, atau juga sering disebut sebagai “pemain bola” saja untuk mempermudah masyarakat, mempunyai berbagai macam jenis gaya permainan sesuai dengan berbagai macam faktor seperti taktik, posisi pemain, kemampuan fisikal atau teknikal, hingga postur tubuh.

Dalam artikel kali ini, Grameds akan mengenal 10 pemain bola tertinggi mulai dari posisi dia bermain, hingga klub atau tim nasional yang dia bela. Selain itu, kalian juga nanti akan mendapatkan informasi mengenai posisi sepak bola mana saja yang memerlukan pemain berbadan tinggi.
Pemain Bola Tertinggi

Grameds yang paham akan sepak bola pasti tahu bahwa tinggi badan bukanlah segalanya di sepak bola. Masih banyak hal lain yang lebih penting dan diperlukan pemain bola agar mereka bisa dianggap sebagai pemain hebat. Beberapa di antaranya bahkan tidak memiliki tinggi badan di atas rata-rata.

Sebut saja pemain bola seperti Diego Maradona, Lionel Messi, Alexis Sanchez, hingga Xavi Hernandez, mereka semua memiliki tinggi badan sekitar 170 centimeter, jauh di bawah tinggi rata-rata orang Eropa atau Amerika Selatan yang biasanya memiliki tinggi sekitar 175 centimeter sampai dengan 180 centimeter.

Ini membuktikan bahwa ada aspek lain yang lebih penting dibandingkan tinggi badan seorang pemain bola. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri pemain bola dengan tinggi badan jauh di atas rata-rata juga memiliki peran penting dalam tim mereka.

Pemain bola berbadan tinggi biasanya mempunyai kemampuan untuk duel udara yang baik. Selain itu, postur mereka yang menjulang, juga membuat lawan lain sulit beradu fisik dengan mereka. Para pemain dengan badan tinggi ini cocok untuk sejumlah posisi dalam permainan sepak bola, yang nanti akan kita bahas.

Profil 10 Pemain Bola Tertinggi

Sekarang, kita akan membahas terlebih dahulu siapa-siapa saja pemain bola tertinggi dan bagaimana karier mereka dalam olahraga tersebut. Mari kita sama-sama menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Kristof Van Hout

pemain bola tertinggi
Sumber: Google

Tinggi badan: 208 centimeter

Nama pertama ini berasal dari Belgia, negara yang cukup terkenal menghasilkan sejumlah nama besar dalam sepak bola. Kristof Van Hout sendiri, meskipun tidak pernah bermain di klub besar Eropa, juga memiliki daya tariknya tersendiri sebagai pemain bola.

Pria kelahiran 9 Februari 1987 ini mendapat predikat sebagai salah satu pemain sepak bola tertinggi di dunia. Posturnya yang tinggi itu dimanfaatkan olehnya untuk menjaga gawang sejumlah klub yang dia bela mulai dari tahun 2006 hingga saat ini.

Tercatat Kristof Van Hout sudah membela 8 klub berbeda selama periode tersebut. Dirinya kebanyakan bermain di liga Belgia, Jupiler Pro League, bersama dengan salah dua klub mentereng di liga tersebut, yakni Standard Liege dan KRC Genk. Dari 78 penampilan bersama dua klub tersebut, Kristof Van Hout kebobolan 91 gol dan mencatat 15 kali nirbobol.

2. Paul Millar

pemain bola tertinggi
Sumber: Google

Tinggi badan: 208 centimeter

Pemain bola tertinggi lain yang juga mencapai tinggi badan 208 centimeter bernama Paul Millar. Pemain bola ini merupakan pemain asal negara Skotlandia, yang lahir pada 12 April 1988. Meskipun mencatat rekor sebagai salah satu pemain bola tertinggi, karir Paul Millar tidak secemerlang yang dibayangkan.

Bermain di posisi penyerang tengah atau biasa disebut juga sebagai striker, Paul Millar lebih sering bermain di divisi kasta keempat liga Skotlandia bernama Scottish League Two. Dirinya mencatatkan 79 pertandingan di klub Elgin City dan mencetak 18 gol serta 9 asis.

Karir Paul Millar sempat tertahan akibat cedera otot ACL yang menimpanya pada musim 2012-2013. Perlu diketahui bahwa cedera ACL menimpa lutut atlet, dan berpotensi untuk menghambat karir mereka. Hal ini berlaku juga untuk Paul Millar, di mana hingga saat ini dirinya masih kesulitan untuk kembali bermain sepak bola.

3. Vanja Ivesa

pemain bola tertinggi
Sumber: Wikipedia

Tinggi badan: 205 centimeter

Kembali ke posisi kiper, kali ini adalah Vanja Ivesa, pemain bola yang juga menyandang sebagai pemain bola tertinggi di dunia. Pemain bola ini merupakan pemain asal Kroasia, yang lebih banyak menghabiskan karirnya di sejumlah klub liga Turki, Süper Lig.

Lahir pada 21 Juli 1977, puncak karir Vanja Ivesa berada di periode 2004 sampai dengan 2015, di mana dirinya mencatatkan 287 penampilan di tiga klub berbeda. Tiga klub tersebut adalah NK Istra 1967, klub divisi pertama liga Kroasia atau Prva HNL, dan dua klub Süper Lig yakni Eskisehirspor dan Elazigspor.

Pada masa tersebut, Vanja Ivesa tercatat kebobolan sebanyak 352 gol dan berhasil meraih 112 nirbobol. Setelah memasuki tahun 2015, kiper ini lebih banyak menghabiskan waktu di divisi dua liga Kroasia, Druga HNL, bersama klub NK Opatija sebelum akhirnya pensiun pada Juli 2021.

4. Yang Changpeng

pemain bola tertinggi
Sumber: Twitter

Tinggi badan: 205 centimeter

Benua Asia bukanlah benua yang banyak memiliki orang-orang berbadan tinggi. Meskipun demikian, terdapat beberapa nama yang menarik perhatian banyak orang, khususnya di bidang olahraga, karena tinggi badan menjulang mereka. Salah satunya adalah Yang Changpeng.

Dirinya merupakan pemain bola tertinggi asal Negeri Tirai Bambu, Cina, yang lahir pada 13 Februari 1989. Yang Changpeng memiliki posisi sebagai striker, dan menghabiskan karirnya bermain di kasta pertama dan kasta ketiga liga sepak bola Cina masing-masing bernama Super League dan League Two A.

Meskipun begitu, diketahui bahwa Yang Changpeng tidak banyak bermain dari tiap klub yang dia bela. Tercatat Yang Changpeng membela 6 klub berbeda. Di tiap klub, dirinya rata-rata hanya berhasil mengumpulkan 15 pertandingan serta mencetak satu atau dua gol saja.

5. Tor Hogne Aarøy

pemain bola tertinggi
Sumber: Aalesunds FK

Tinggi badan: 204 centimeter

Kembali ke daratan Eropa, kali ini ada pemain asal negara Norwegia bernama Tor Hogne Aarøy. Pria kelahiran 20 Maret 1977 ini dapat dikatakan sebagai salah satu legenda klub lokal di liga utama Norwegia atau disebut juga dengan Eliteserien, bernama Aalesunds FK.

Tor Hogne Aarøy membela klub tersebut selama 12 musim, terhitung sejak musim 2000/2001 sampai dengan musim 2010/2011, dan musim 2012/2013 sampai dengan musim 2014/2015. Di Aalesunds FK, Tor Hogne Aarøy mencatat 227 pertandingan, mencetak 70 gol dan 28 asis.

Pada musim 2010/2011 sampai dengan musim 2012/2013, Tor Hogne Aarøy sempat berkarier di Jepang bersama klub kasta kedua Jepang atau disebut juga J2 League bernama JEF United Chiba. Dirinya tampil sebanyak 37 kali dan mencetak masing-masing 6 gol dan 6 asis. Saat ini, dirinya merupakan asisten pelatih Aalesunds FK U-19.

6. Lacina Traore

pemain bola tertinggi
Sumber: Goal.com

Tinggi badan: 203 centimeter

Setelah membahas sejumlah pemain yang mayoritas berasal dari negara-negara di Eropa, kita akan beralih kepada pemain sepak bola asal Benua Afrika, tepatnya dari negara Pantai Gading. Pemain bola ini bernama Lacina Traore, dan tercatat sebagai salah satu pemain bola tertinggi di dunia.

Pemain ini lahir pada 20 Mei 1990. Berposisikan sebagai striker, Lacina Traore menghabiskan 13 tahun karirnya di Eropa bermain di sejumlah klub papan menengah di liga-liga besar di sana. Statistik menunjukkan bahwa dia sudah mencatat 281 pertandingan dan mencetak 80 gol serta 32 asis di klub-klub tersebut.

Meskipun Lacina Traore sendiri diketahui sudah bermain di 11 klub berbeda, dirinya lebih sering diasosiasikan dengan dua klub yang masing-masing berasal dari Rumania dan Rusia, yakni CFR Cluj dan Anzhi Makhachkala. Di CFR Cluj, Lacina Traore tampil sebanyak 82 kali dan mencetak 21 gol serta 8 asis. Sementara di Anzhi Makhachkala, dia mencatat 46 kali, mencetak 18 gol dan 9 asis.

7. Costel Pantilimon

pemain bola tertinggi
Sumber: Google

Tinggi badan: 203 centimeter

Nama yang satu ini mungkin sedikit membekas di benak penggemar Premier League alias kasta tertinggi pada liga Inggris. Costel Pantilimon sempat menjadi pusat perhatian dari klub Manchester City, karena berhasil mencatat penampilan yang cukup solid ketika dirinya dimainkan oleh pelatih.

Meskipun namanya naik daun berkat penampilannya di Manchester City, nyatanya Costel Pantilimon hanya main sebanyak 29 kali, di mana dia kebobolan 27 kali serta mencetak 15 kali mencatat nirbobol. Selebihnya, dia lebih banyak bermain di klub menengah Premier League seperti Sunderland dan Watford.

Di antara nama-nama lain yang masuk ke dalam daftar pemain tertinggi, Costel Pantilimon adalah salah satu nama yang berhasil mencatatkan penampilan di tim nasional. Pria kelahiran 1 Februari 1987 ini sempat menjadi penjaga gawang utama Rumania, berhasil mencatatkan 27 penampilan, kebobolan 29 gol serta nirbobol sebanyak 11 kali.

8. Kjell Petter Opheim

pemain bola tertinggi
Sumber: Twitter

Tinggi badan: 203 centimeter

Kjell Petter Opheim adalah pemain kedua dari Norwegia yang masuk ke dalam daftar pemain bola tertinggi di dunia. Dirinya lahir pada 9 April 1982. Dan di antara pemain-pemain tertinggi lainnya dalam daftar ini, pemain ini mungkin memiliki data yang paling sedikit.

Diketahui Kjell Petter Opheim merupakan penjaga gawang yang menghabiskan karirnya di Norwegia. Tepatnya, Kjell Petter Opheim bermain di kasta kedua liga Norwegia bernama OBOS-Ligaen. Dirinya diketahui membela tiga klub berbeda dari divisi tersebut.

Masing-masing klub ini bernama Manglerud Star, Moss FK, dan FK Lyn. Di Manglerud Star, Kjell Petter Opheim bermain sebanyak 15 kali dan kebobolan sebanyak 34 kali tanpa mencatat nirbobol, dan di Moss FK dirinya hanya mencatat 3 penampilan dan kebobolan 9 gol, lagi-lagi tanpa nirbobol. Dirinya tidak bermain sama sekali di FK Lyn.

9. Even Iversen

pemain bola tertinggi
Sumber: YouTube

Tinggi badan: 203 centimeter

Lagi-lagi pemain bola yang berasal dari Norwegia, dan sayangnya tidak begitu banyak data terhadap pemain bola ini. Even Iversen merupakan pemain bola yang lahir pada 14 Januari 1982, dan lebih banyak berkarier di OBOS-Ligaen layaknya Kjell Petter Opheim.

Diketahui, setidaknya terdapat enam klub yang pernah Even Iversen bela selama karirnya, yaitu Lyn Oslo II, Follo FK, Bodo Glimt, Hasle Lören IL dan Flisbyen BK. Namun, di antara enam klub tersebut, hanya di Bodo Glimt di mana data mengenai dirinya ditemukan.

Even Iversen tercatat membela Bodo Glimt sebanyak 33 kali sebagai bek tengah dalam klub tersebut. Dalam penampilannya tersebut, Even Iversen berhasil mencetak 3 gol dan satu asis untuk klubnya. Setelahnya, nama Even Iversen tidak lagi begitu banyak terdengar di kalangan luas.

10. Øyvind Hoås

pemain bola tertinggi
Sumber: Google

Tinggi badan: 203 centimeter

Nama terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini kembali berasal dari Norwegia. Adalah Øyvind Hoås, striker yang cukup malang melintang di berbagai kasta di liga Norwegia. Dirinya cukup banyak terlibat bermain di sejumlah klub di berbagai kasta berbeda di negara tersebut.

Karier Øyvind Hoås dimulai ketika dirinya membela klub Molde FK pada musim 2003/2004, dilanjutkan ke klub Fredrikstad FK pada musim 2005/2006. Namun, di musim 2008/2009 lah ketika karir Øyvind Hoås mulai menanjak, ketika dirinya membela klub Sarpsborg 08 FF.

Di klub tersebut, Øyvind Hoås bertahan selama 5 musim, mencatatkan 134 pertandingan, 47 gol dan 36 asis. Setelahnya, dia pindah ke klub Hönefoss BK pada musim 2013/2014, dan klub Kristiansund BK pada musim 2015/2016 sebelum akhirnya pensiun di musim yang sama.

Posisi yang Memerlukan Pemain Tinggi

Berdasarkan sejumlah daftar pemain di atas, Grameds bisa melihat posisi mana saja dalam sepak bola yang memerlukan pemain berpostur tinggi. Di bawah ini, kita akan membahas sekilas alasan di balik banyaknya pemain dengan tinggi badan di atas rata-rata pada posisi-posisi ini, sekaligus menjadi penutup artikel ini.

Kiper

Sebagai pemain yang bertugas menjaga gawang, kiper memerlukan postur tinggi agar mereka bisa mencapai satu titik gawang yang sulit dijangkau. Kiper juga perlu memenangkan duel udara dan menyelamatkan bola dari lawan, terlebih dalam situasi bola mati seperti tendangan bebas dan sepak pojok.

Bek Tengah

Meskipun tidak wajib, pemain berbadan tinggi akan memiliki keuntungan sendiri dalam pertandingan. Salah satunya adalah kemampuan memenangkan duel udara melawan penyerang lawan. Badan yang tinggi juga membolehkan mereka untuk menyulitkan lawan dalam bergerak atau mengumpan.

Striker

Seperti bek tengah, posisi striker tidak harus diisi oleh pemain dengan tinggi badan di atas rata-rata. Namun, sama dengan bek tengah, kemampuan untuk memenangkan duel udara menjadi hal yang bisa menjadi aset bagi tim. Terlebih, jika mereka bisa mencetak gol atau membuat umpan dari duel udara tersebut.

Cukup sekian artikel mengenai pemain bola tertinggi. Seperti biasa kami akan merekomendasikan buku-buku terkait sepak bola untuk menambah pengetahuan Grameds. Buku-buku tersebut adalah buku “Buku Jago Sepak Bola Untuk Pemula“, buku “Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik“, dan buku “Pemuja Sepak Bola“.

Buku Jago Sepak Bola Untuk Pemula

https://www.gramedia.com/products/buku-jago-sepak-bola-untuk-pemula?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik

Pemuja Sepak Bola

https://www.gramedia.com/products/conf-pemuja-sepak-bola?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku-buku dari Gramedia, #SahabatTanpaBatas, bisa kalian temukan di situs Gramedia.com. Ingat, kalau semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang Grameds bisa dapatkan #LebihDenganMembaca. Jadi, jangan berhenti membaca ya, Grameds!

Penulis: M. Adrianto S.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi