in

Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan dan Kecantikan

https://gilmour.com/

Manfaat Bunga Melati – Bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang cukup populer di Indonesia. Tak sekadar cantik, bunga dengan warna putih ini juga memiliki wangi yang khas serta menenangkan. Itulah mengapa bunga melati kerap digunakan untuk menambah aroma ke dalam teh dan juga berbagai produk kecantikan lainnya seperti parfum, losion, dan lain sebagainya.

manfaat bunga melati
https://plantsinformation.com/

Walau begitu, tak hanya untuk memberikan aroma yang wangi, menambahkan bunga melati ke dalam makanan maupun minuman juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, lho. Hal itu dikarenakan bunga yang berasal dari daerah tropis serta subtropis Australasia ini, memiliki kandungan antioksidan yang kuat serta berkhasiat bagi kesehatan. Mari, simak manfaat bunga melati untuk kesehatan dalam artikel berikut ini.

Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

manfaat bunga melati
Shutterstock

Teh aromatik yang terbuat dari bunga melati ternyata sudah populer sejak zaman dinasti Ming di Cina. Minuman sehat tersebut, lalu diperkenalkan ke berbagai negara dan di dunia dan pada masa kini sudah menjadi salah satu bagian dari pengobatan tradisional. Berkat adanya kandungan antioksidan yang kuat, seperti katekin dan epikatekin, bunga melati tak hanya berguna untuk menenangkan pikiran, tetapi juga meningkatkan kesehatan dengan keseluruhan. Berikut manfaat bunga melati untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat bunga melati dapat dijadikan sebagai bahan untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Bunga putih, kecil, dan wangi tersebut dapat mengatasi sakit perut, perut kembung, diare, dispepsia, serta sindrom iritasi usus besar.

Selain itu, bunga melati juga memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, dan dapat menghilangkan racun dsn bakteri berbahaya dari dalam tubuh.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat bunga melati bagi kesehatan jantung juga tak terlepas dari kandungan antioksidannya. Bunga yang dijuluki sebagai ‘ratu bunga’ karena memiliki wangi yang memikat ini, dapat meningkatkan fungsi jantung serta mengurangi risiko dari penyakit jantung.

Kandungan sifat antifibrinolitik dan antikoagulan di dalam bunga melati juga mampu mengurangi kolesterol jahat (low density lipoprotein atau LDL). Bahkan, dapat mencegah penyumbatan dan pembentukan gumpalan di arteri yang sebagai penyebab dari kondisi irama jantung abnormal dan serangan jantung atau kondisi seperti aterosklerosis.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bunga melati juga sangat baik dikonsumsi bagi Grameds yang hendak menurunkan berat badan, lho. Kandungan EGCG, yakni asam galat dan epigallocatechin yang ada di dalam daunnya dapat mencegah penambahan berat badan dengan cara mempercepat metabolisme. Kandungan tersebut juga mampu membersihkan racun berbahaya dari dalam tubuh sekaligus membantu membakar kelebihan lemak menjadi lebih cepat.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Bunga melati juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan fungsi otak. Kandungan antioksidan yang kuat serta polifenol yang ada di dalam bunga tersebut dapat meningkatkan kegiatan otak dan membantu sekresi neurotransmiter yang bisa meningkatkan suasana hati seperti dopamin dan serotonin.

Manfaat dari bunga melati untuk otak lainnya ialah meningkatkan kapasitas memori, ketenangan, konsentrasi, fokus, serta kewaspadaan individu. Maka dari itu, bunga melati juga dapat dianggap sebagai penguat otak serta sangat bermanfaat untuk mengobati kondisi psikotik. Contohnya seperti insomnia, depresi, dan penyakit lainnya seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

5. Membantu Mengelola Diabetes

Sifat hipoglikemik yang ada di dalam bunga melati memiliki peranan penting untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Berkat adanya kandungan katekin bioaktif, bunga melati mampu mengaktifkan insulin yang diproduksi oleh sel pankreas.

Mengonsumsi teh bunga melati dengan teratur juga secara signifikan mampu mengurangi pemecahan pati yang menjadi glukosa, pada gilirannya menurunkan insulin dan kadar gula darah puasa.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Saat bunga melati sudah diolah menjadi teh, terdapat senyawa yang mampu menambah manfaat dan khasiatnya yang disebut sebagai katekin.

Katekin merupakan senyawa polifenol yang bisa membantu melindungi gigi dari kerusakan seperti gigi berlubang dan masalah bau mulut. Cara kerjanya ialah dengan membunuh bakteri sebagai pembentuk plak.

7. Mencegah Kerusakan Sel

Bunga melati yang diolah sebagai teh maupun obat herbal mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Senyawa polifenol memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan sel.

Termasuk pada teh melati yang dipadukan dengan teh hijau. Senyawa EGCG terbukti mempunyai efek anti-inflamasi dan mampu menurunkan lipid darah.

8. Meredakan Stres

Minyak esensial, terutama yang berbahan dasar dari bunga, baik bunga melati maupun bunga sedap malam memiliki aroma yang lembut serta menyegarkan, sehingga kerap kali digunakan sebagai pengharum aromaterapi. Aroma bunga melati disebut bisa meredakan stres, membuat Grameds menjadi lebih rileks, serta mengurangi rasa cemas.

Untuk memperoleh manfaat bunga melati yang satu ini, Grameds bisa menaruh maupun meneteskan minyak aromaterapi dari bunga melati ke dalam diffuser yang berguna untuk melembapkan serta mengharumkan ruangan.

Itulah 8 manfaat bunga melati yang baik untuk kesehatan. Tak sekadar dapat diolah untuk menjadi teh herbal, sekarang ini bunga melati juga sudah kerap dipakai ke dalam berbagai macam hidangan, seperti puding, kue, permen, dan lain sebagainya.

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bila hendak mengonsumsi minuman herbal apapun dengan tujuan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Manfaat Bunga Melati Untuk Kecantikan

manfaat bunga melati
https://www.anveya.com/

Bunga melati melambangkan kemurnian serta kesucian, dan mempunyai kaitan yang erat dengan berbagai tradisi dari berbagai suku di Indonesia. Di antaranya dipakai sebagai hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan, terutama bagi suku Sunda dan Jawa.

Meski kerap kali dikaitkan dengan berbagai hal mistik, bunga melati dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Terlebih lagi untuk perawatan kecantikan secara alami, salah satunya ialah dapat melembapkan kulit. Bunga melati banyak dijadikan sebagai olahan untuk berbagai produk seperti aromaterapi dan lotion.

Supaya bisa mengetahui manfaat lainnya, berikut ini telah dirangkum mengenai 10 manfaat bunga melati untuk kecantikan, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Mencegah Penuaan Dini

Bunga melati diyakini bisa mengurangi kerutan halus yang ada di wajah dan membuat kulit menjadi tampak lebih sehat dan awet muda. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan cara mengoleskan beberapa minyak dari bahan dasar bunga melati ke area wajah dan leher setiap malam dengan rutin.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Bagi Grameds yang mengalami permasalahan di rambut seperti rambut rontok dan kebotakan, maka bunga melati bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat digunakan untuk merawat rambut.

Caranya cukup mudah. Siapkan hingga 14 bunga melati, 2 daun panda wangi, 6 daun urang aring, 6 daun mangkokan, 1 cangkir minyak kelapa, 10 gr kemiri, 2 buah bunga mawar, 50 ml minyak wijen, dan 4 liter air putih.

Lalu, haluskan semua bahan serta rebus ramuan dengan api kecil kurang lebih hingga 20 menit. Berikutnya, dinginkan ramuan tersebut dan oleskan pada area kulit kepala sembari dipijat-pijat secara merata. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari sebelum mandi.

3. Mengobati Jerawat

Bagi kaum hawa, munculnya jerawat pada wajah membuat kesal serta mengurangi rasa percaya diri. Salah satu perawatan kulit yang bisa mengobati jerawat, yakni dengan memakai masker wajah dari bahan dasar bunga melati.

Manfaat bunga melati untuk mengatasi jerawat sebenernya mudah untuk digunakan. Cukup dengan membuatnya sebagai masker wajah.

Cara untuk membuat masker wajah dengan bunga melati cukup mudah, yaitu dengan membersihkan bunga melati, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu, oleskan masker bunga melati pada wajah berjerawat. Tunggu dalam 10-15 menit, lalu bersihkan menggunakanair hangat. Lakukan hal ini dengan rutin untuk memperolehkan hasil maksimal.

4. Melembapkan Kulit

Manfaat bunga melati yang berikutnya ialah mampu untuk melembapkan kulit. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya memiliki fungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang.

Tidak hanya itu, bunga melati juga bisa membuka pori-pori yang sudah tertutup, lalu melembapkannya, serta membuatnya menjadi lebih sehat. Cukup dengan memakai lotion atau masker bunga melati untuk membantu iritasi dan perawatan kulit kering. Hal ini tentunya akan bagus bagi paea penderita eksim.

5. Antiseptik Alami

Kandungan benzil benzoat dan asam benzoat bisa digunakan sebagai antiseptik alami. Senyawa tersebut mampu membunuh dan menghambat bakteri serta jamur. Oleh karena itu, bila Grameds sedang memiliki luka, maka bunga melati juga bisa mempercepat dan mengurangi kemungkinan infeksi.

6. Menghaluskan Kulit

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit dengan memanfaatkan bahan bunga melati. Salah satunya untuk dijadikan sebagai lulur. Lulur bunga melati diyakini mampu menghaluskan kulit tubuh.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan bunga melati dan dicampur dengan menggunakan minyak zaitun.

Setelah itu, oleskan pada tubuh dan digosok supaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan perawatan ini dalam dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala

Masalah yang kerap dialami oleh kulit kepala, yakni adanya ketombe. Hal tersebut menjadikan kulit kepala berminyak dan terasa gatal. Ekstrak melati bisa dimanfaatkan untuk menjaga kelembapan di kulit kepala. Selain itu, ekstrak melati juga bisa menjaga kulit kepala untuk tetap terhidrasi serta mencegah rambut menjadi berketombe.

8. Bantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian dari setiap orang, khususnya bagi kaum hawa. Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat membantu untuk menurunkan berat badan, yakni bunga melati. Dengan kombinasi dari ekstrak bunga melati dan teh hijau, ramuan ini efektif untuk menurunkan berat badan.

Alasannya ialah kombinasi dari bunga melati dengan teh hijau mempunyai banyak kandungan antioksidan dan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bisa bekerja secara efektif dalam tubuh sebagai proses pembakaran lemak.

9. Mencegah Bau Badan

Wangi bunga melati yang khas sering kali dijadikan sebagai campuran untuk berbagai produk kecantikan. Salah satunya untuk dijadikan sebagai parfum alami. Hal ini baik digunakan dengan tujuan untuk mencegah bau badan yang tidak sedap.

10. Melawan Bau Mulut.

Kandungan polifenol yang ada di dalam teh melati bisa membantu melawan bau mulut. Selain itu, senyawa polifenol tersebut juga memiliki sifat antioksidan. Dipercaya mampu menetralkan bakteri pembentuk plak seperti Streptococcus mutans.

Teh melati dibuat dengan cara mencampurkan teh hijau dengan daun melati. Minum maupun berkumur dengan menggunakan teh melati maka Grameds akan terhindar dari bau mulut.

Aturan Pemakaian Produk Berbahan Bunga Melati

Pada dasarnya, bunga melati yang diolah untuk dijadikan sebagai teh tergolong aman dan sehat untuk dikonsumsi. Meski demikian, teh bunga melati memiliki kandungan kafein yang mungkin bisa menyebabkan efek samping, seperti insomnia dan sakit perut.

Maka dari itu, Grameds wajib membatasi dan hanya mengonsumsi teh bunga melati sebanyak 1–3 cangkir untuk satu hari. Bila Grameds hendak memakai minyak esensial bunga melati untuk mandi maupun aromaterapi, jangan lupa untuk mengencerkan minyak tersebut terlebih dulu menggunakan carrier oil sebelum digunakan di kulit.

Kendati demikian , berbagai manfaat bunga melati tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Jika Grameds mengalami gejala efek samping usai mengonsumsi teh bunga melati maupun memakai produk yang memiliki kandungan bunga melati, jangan ragu untuk pergi ke dokter supaya penanganan yang tepat bisa dilakukan.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien