in

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut, Kenali Tanamannya!

Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut – Sudah menjadi hal umum dan diketahui oleh banyak orang bahwa tanaman lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mulai membiasakan diri untuk menggunakan lidah buaya terutama untuk kecantikan.

Dari sekian banyak manfaat lidah buaya, salah satunya adalah manfaat lidah buaya untuk rambut. Ada baiknya, sebelum membahas berbagai macam manfaat lidah buaya, kita mengetahui lebih dulu apa itu tanaman lidah buaya.

Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman berduri yang digunakan untuk pengobatan berbagai jenis masalah kesehatan sejak ribuan tahun lalu. Tanaman ini dapat tumbuh liar di iklim tropis, semi tropis, dan gersang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lidah buaya adalah tumbuhan dengan daun berdaging tebal.

Dari daunnya itu lahir berbagai manfaat untuk tubuh manusia. Memiliki tekstur yang kenyal seperti gel, lidah buaya pun memiliki sejumlah kandungan yang sangat baik untuk rambut dan kulit. Banyak yang didapat manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, tanaman ini memiliki zat antioksidan, enzim, serta vitamin A dan C.

Selain itu, lidah buaya juga bisa dijadikan soothing gel. Soothing gel jadi salah satu skincare Korea yang digandrungi kaum hawa. Bahkan, beberapa tahun belakangan sempat viral dan selalu sold out. Salah satunya shooting gel berbahan aloe vera yang kaya manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Menggunakan soothing gel ini sangat simpel.

Banyak yang merasa tak kerepotan bila menggunakan skincare ini karena punya banyak manfaat. Soothing gel tidak diuji pada hewan, dan tidak mengandung bahan hewani, dan hanya mengandung 92% California Aloe Vera extract, Soothing gel aloe vera telah menjadi trend setter dan menjadi skincare favorit banyak orang. Angka penjualan yang telah melebihi 100 juta jar di seluruh dunia.

Dijelaskan lebih lanjut, aloe vera memiliki banyak manfaat yang dapat membantu untuk memperoleh kulit yang sehat. Mungkin inilah yang menjadikan gel lidah buaya satu paling best-seller di 2021.

Aloe vera terbukti membantu mengurangi efek anti penuaan dan pengencangan kulit. Selain itu, juga dapat menenangkan dan melembabkan kulit sensitif dan atau teriritasi. Fungsinya sama sebagai pelembab, base makeup, gel styling untuk rambut bahkan hingga sebagai olesan ketika kulit terbakar matahari (sunburn).

Penggunaan lidah buaya ternyata aman jika dipakai secara langsung. Tak hanya sebagai obat dan produk kecantikan, lidah buaya juga mampu mengatasi berbagai masalah rambut, misalnya kerontokan.

Manfaat Lidah Buaya

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Oleh sebab itu, kamu bisa menemukan berbagai macam produk kecantikan wajah, rambut, atau kulit.

Tanaman yang satu ini memiliki kandungan vitamin dan mineral dari vitamin B hingga antioksidan yang bagus untuk perawatan kulitmu. Lidah buaya baik digunakan untuk segala kategori umur dan dapat dikonsumsi atau diolah dirumah.

Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh, kecantikan kulit dan rambut yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Krim untuk Kelopak Mata

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut
tribunnews.com

Buat yang suka begadang, pasti akan muncul lingkaran hitam dan itu tidak dapat dihindari. Karenanya, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya dengan vitamin E dan itu akan membantu mengurangi lingkaran hitam secara nyata sambil juga mengatasi kantung mata.

2. Merawat Rambut Keriting

Manfaat Lidah Buaya
theasianparent

Jika rambut keriting adalah masalah yang Anda hadapi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampur gel lidah buaya dengan minyak kelapa dan biarkan di rambut Anda selama 30 menit. Bilas dengan cara biasa dan lihat perbedaannya pada rambut Anda.

3. Mengatasi Jerawat

Lidah buaya dipenuhi dengan sifat antibakteri yang membantu mengurangi jerawat. Ini adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk mengatasi jerawat di rumah.

4. Membantu Pertumbuhan Rambut

Dipenuhi dengan enzim alami, lidah buaya menjaga kulit kepala tetap bersih dan meresap jauh ke dalam folikel rambut. Ini pada gilirannya, berfungsi sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Folikel yang tidak aktif dan mati juga dapat dihidupkan kembali dengan kebaikan lidah buaya.

5. Menghilangkan Noda di Wajah

Pigmentasi adalah ketika kulit Anda memiliki bercak-bercak hitam di seluruh wajah karena kandungan melanin yang berlebihan.

Menggunakan lidah buaya setiap hari sebelum tidur tidak hanya akan meratakan warna kulit tetapi juga membantu mengurangi bekas jerawat.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Fakta bahwa lidah buaya sangat bermanfaat untuk luka bakar, luka sayat, dan cedera lainnya. Lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan luka. Tanaman ini juga membantu mempercepat reproduksi sel kulit sebanyak delapan kali. Lidah buaya juga dikenal dapat menembus epidermis yaitu lapisan luar kulit lebih cepat daripada air.

7. Melawan Penuaan Kulit

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut
pixabay.com

Gel lidah buaya mengandung vitamin C dan E, beta-karoten yang melimpah. Maka dari itu, gel lidah buaya memiliki sifat anti-penuaan. Tanaman ini juga mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Manfaat lainnya juga membantu menghilangkan noda kulit, mengurangi garis usia, membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit.

8. Turunkan Gula Darah

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut
hellosehat

Dengan mengonsumsi 2 sendok gel lidah buaya setiap hari dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Meski begitu, pengidap diabetes harus berhati-hati saat mengkonsumsi lidah buaya bersama dengan obat penurun glukosa. Hal ini karena jus bersama dengan obat diabetes bisa menurunkan jumlah glukosa ke tingkat yang terlalu rendah dan berbahaya.

9. Mengatasi Kondisi Kulit

Memiliki kandungan yang berperan sebagai anti-inflamasi, sehingga lidah buaya juga mampu memberikan efek menenangkan serta mengurangi peradangan atau rasa gatal pada kulit.

10. Mengobati Luka Bakar

Seperti yang telah dijelaskan, lidah buaya yang memiliki sifat menenangkan, melembabkan, dan mendinginkan ini juga mampu mengobati luka bakar atau sengatan matahari.

Untuk menambah pengetahuan seputar luka bakar, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik!

11. Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Menghidrasi kaki Anda Untuk tumit kering dan pecah-pecah, oleskan gel di kaki Anda dan pijat. Anda juga bisa memakai kaus kaki semalaman untuk kaki super lembut di pagi hari.

12. Membantu Meredakan Sengatan Matahari

Gel lidah buaya memiliki sifat mendinginkan dan anti-inflamasi. Ini adalah salah satu solusi paling alami untuk kulit yang terbakar sinar matahari.

Dengan mengoleskan gel ini dapat memberikan lapisan pelindung untuk kulit dan membantu mempertahankan kelembaban. Lidah buaya kaya antioksidan dan mineral yang meningkatkan proses penyembuhan.

13. Penghapus Makeup Alami

Jika Anda mencari pembersih riasan alami, lidah buaya dapat membantu Anda. Untuk membersihkan liner dan eye shadow yang sulit dihilangkan, usapkan gel lidah buaya.

14. Menjaga Kesehatan Mulut

Penelitian dari Pediatric Dentistry menemukan bahwa orang yang menggunakan pasta gigi lidah buaya mengalami peningkatan kesehatan mulut tanpa efek samping.

15. Menjaga Pencernaan

Lidah buaya juga bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori, yang ditemukan di saluran pencernaan, yang merupakan penyebab umum dari tukak lambung. Lidah buaya juga mampu menyembuhkan dan menenangkan penyakit perut.

16. Melembabkan Kulit

Indonesia memiliki iklim tropis dengan cuaca ekstrim yang seringkali memberi pengaruh pada kesehatan kulit, terutama kulit kering. Lidang buaya yang dapat tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis karena dapat menampung banyak mineral.

Selain kandungan mineral yang mampu melembabkan kulit, kandungan lidah buaya lainnya yang mengatasi kekeringan kulit adalah vitamin A, C, enzim, dan antioksidan. Selain melembabkan, lidah buaya juga memiliki khasiat untuk menangkal penuaan dini.

Kandungan kolagen dan elastin pada lidah buaya, mampu menyamarkan garis keriput, kulit kendur pada area kantung mata, bahkan mengontrol jerawat yang meradang. Penggunaan lidah buaya jelas memberikan manfaat bagi setiap wanita yang selalu memiliki masalah umum mengenai penuaan dan kelembaban.

Pengaplikasian lidah buaya tentunya berbeda dalam setiap pemakaian, untuk bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan lainnya dapat dioleskan secara merata. Namun, untuk bagian wajah, dapat diaplikasikan menjadi masker. Pemakaian masker lidah buaya akan lebih efektif mengatasi jerawat jika di aplikasikan pada pagi dan malam hari begitupun untuk kulit iritasi.

Perawatan Kecantikan Kulit
Perawatan Kecantikan Kulit

17. Sebagai Detoksifikasi

Pada tubuh manusia faktanya banyak ditemukan racun maupun zat berbahaya. Zat tersebut dapat berasal dari kontaminasi lingkungan sekitar, dari lalu lintas perjalanan, paparan sinar matahari langsung, dan masih banyak lagi.

Jika tidak segera dibersihkan debu atau kotoran dari polusi dapat merusak kulit, menimbulkan iritasi atau jerawat pada wajah. Sebagai media detoksifikasi alami, penggunaan aloe vera bermanfaat untuk mengeluarkan dan membersihkan racun-racun tersebut.

Paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat memecah kolagen dan merusak serat elastin pada lapisan kulit paling dalam atau dermis yang dapat menyebabkan kulit memerah, melepuh, atau terasa perih saat disentuh. Sensasi dingin dari lidah buaya dapat memulihkan kulit yang terbakar akibat sinar ultraviolet.

Gel dari lidah buaya merangsang produksi kolagen yang berfungsi sebagai penangkal penuaan dini dan ruam pada kulit. Tidak hanya untuk tubuh dan wajah, oleskan lidah buaya pada bibirmu untuk mendapatkan sensasi yang menenangkan dan mengatasi pecah-pecah pada bibir.

18. Mengurangi Stretch Mark

Stretch mark atau striae merupakan kondisi dimana pada kulit timbul garis garis putih menjuntai yang biasanya ditemukan pada bagian tubuh perut, payudara, pinggul, bokong, atau paha.

Stretch mark sering dijumpai pada ibu hamil atau pada orang yang mengalami kenaikan atau penurunan berat badan berlebih. Sayangnya, stretch mark juga dapat diakibatkan oleh faktor genetik. Pada faktor genetik, peregangan kulit yang terjadi dan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang memproduksi kelenjar adrenal yang melemahkan fiber elastin pada kulit. Penyembuhan atau penyamaran stretch mark dapat diatasi dengan kandungan aloe vera yang dapat ditemukan pada lidah buaya.

19. Mencerahkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kulit. Oleh karena itu, bahan ini seringkali ditemukan pada produk kecantikan mulai dari sabun, hand body, hand gel, atau masker. Pengolahan lidah buaya di rumah terbilang mudah dilakukan dan tidak memakan waktu atau energi yang banyak.

Membuat masker dari lidah buaya dapat dilakukan dengan mencampurkannya dengan lemon dan mengoleskannya selama 10-15 menit untuk mencerahkan wajah. Lidah buaya yang mengandung aloin menguntungkan karena zat tersebut berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit menjadi gelap.

Bahan alami seperti buah-buahan atau lidah buaya tentunya baik dikonsumsi untuk tubuh, tentunya dengan kadar konsumsi dan pemakaian yang benar. Itulah manfaat lidah buaya untuk kulit. Jadi, apakah kamu akan menggunakan lidah buaya untuk kecantikan atau membeli produk kecantikan yang mengandung lidah buaya? Alangkah baiknya, sebelum memilih produk kecantikan, pastikan untuk memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya.

Intensif Budidaya Lidah Buaya : SPM
Intensif Budidaya Lidah Buaya : SPM

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut
pixabay.com

1. Mengurangi Kerontokan Rambut

Seperti yang sudah disebutkan tadi, lidah buaya mampu mengurangi kerontokan rambut. Hal ini berkat kandungan yang ada pada lidah buaya yaitu vitamin B12 dan asam folat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin A, C, dan E yang berkontribusi untuk mempercepat regenerasi sel sekaligus menyehatkan sel-sel rambut.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kerontokan rambut hanyalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala hingga ujung rambut secara merata, kemudian diamkan selama satu jam lalu bilaslah dan keramas dengan menggunakan sampo seperti biasa. Anda bisa melakukan perawatan ini di rumah sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu, secara rutin agar rambut rontok bisa berkurang.

2. Mengurangi Rasa Gatal di Kulit Kepala

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang lainnya adalah mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Rasa gatal di kulit kepala ini bisa timbul akibat dermatitis seboroik atau biasa dikenal sebagai ketombe.

Dermatitis seboroik ini merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat kulit kepala yang meradang dan mengelupas sehingga muncul ketombe. Namun, kamu tak perlu khawatir, sebab masalah ini bisa kamu atasi dengan menggunakan lidah buaya karena kandungan asam lemak yang ada pada lidah buaya ini memiliki sifat anti-inflamasi guna meredakan rasa gatal pada kulit kepala.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya mentah dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Untuk membantu menjaga kelembapan rambut, kamu bisa mengoleskan beberapa tetes minyak jarak sambil memijatnya dengan lembut. Diamkan gel lidah buaya sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Mengontrol Minyak di Rambut

Lidah buaya juga mampu mengontrol minyak pada rambut. Pasalnya, rambut berminyak terjadi akibat produksi minyak yang berlebih di kulit kepala serta sisa-sisa produk perawatan rambut yang kamu pakai.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan lidah buaya dengan cara mengoleskannya secara merata dari kulit kepala hingga ke ujung rambut, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Selain mengurangi minyak, lidah buaya juga akan membuat rambutmu menjadi semakin sehat dan lembut.

4. Memperkuat Helaian Rambut

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang berkontribusi untuk regenerasi sel-sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan lebih berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini mampu menjaga helai-helai dari rambutmu agar tidak mudah patah.

5. Mengatasi Rambut Kering

Tidak hanya mengontrol rambut yang berminyak saja, bagi kamu yang memiliki tipe rambut kering juga bisa memanfaatkan lidah buaya. Sebab, lidah buaya termasuk dalam pelembab alami yang dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi lebih lembab, sehingga mencegah dari masalah rambut yang kering.

Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala hingga batang rambutmu secara merata, kemudian bungkus rambutmu dengan handuk hangat dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu, setelah dirasa cukup kamu bisa membuka bungkus rambut tersebut dan mencucinya dengan menggunakan sampo khusus rambut rontok.

6. Mengatasi Rambut Bercabang

Kandungan enzim proteolitik pada lidah buaya terbukti dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kepala, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Hal ini berarti bahwa lidah buaya juga dipercaya untuk memperbaiki ujung rambut yang bercabang.

7. Membuat Rambut Tampak Lebih Berkilau

Pasti semua wanita mendambakan rambut yang sehat dan berkilau, salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut secara rutin. Tidak hanya membuat rambut tampak berkilau, lidah buaya juga mampu mempertahankan kesehatan rambutmu.

Demikian pembahasan tentang tanaman lidah buaya hingga manfaat lidah buaya untuk rambut. Semua pembahasan di atas semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan Grameds terhadap lidah buaya.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar lidah buaya, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda