in

15 Kota di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan

15 Kota di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan – Momen liburan menjadi momen yang paling ditunggu oleh hampir semua orang. Liburan menjadi salah satu cara bagi sebagian besar orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, bahkan bisa juga dengan pasangan, istilahnya sekarang adalah quality time atau healing. Selain itu, banyak orang juga menggunakan liburan sebagai salah satu cara melepas penat dari rutinitas harian, seperti bekerja, sekolah, dan lain sebagainya.

Negara Indonesia sendiri memiliki banyak kota yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bentang alam negara Indonesia dari Sabang hingga Merauke menawarkan berbagai suguhan keindahan yang luar biasa. Tidak hanya bentang alamnya, banyak kota di Indonesia dikenal dari kekayaan budayanya.

Jadi, apabila teman-teman ingin liburan dengan mengunjungi kota-kota di Indonesia. Artikel ini sangat cocok bagi Kamu, berikut ini adalah beberapa kota di Indonesia yang wajib dikunjungi ketika liburan. Dengan mengunjungi kota-kota di Indonesia, tentu selain dana liburan menjadi lebih hemat. Kamu juga bisa mengenal berbagai kekayaan alam dan budaya negara Indonesia, sehingga dapat semakin menumbuhkan rasa cinta dan bangga kepada Indonesia.

Nah, kota di Indonesia yang wajib dikunjungi, yaitu:

1. Ubud

Kota di Indonesia yang wajib dikunjungi yang pertama adalah Kota Ubud, Bali. Membicarakan kota yang indah, kota-kota di pulau dewata Bali menyimpan pesona yang sangat luar biasa untuk dikunjungi, salah satunya adalah Ubud. Ubud sendiri adalah sebuah kota yang menyajikan nuansa pedesaan yang masih kental. Tidak hanya itu, Ubud juga masih memiliki panorama alam sawah yang sangat indah.

Ubud juga dikenal sebagai sentra budaya dan seni dari Bali. Oleh karena itu, pada saat Kamu mengunjungi Kota Ubud, salah satu agenda wajib adalah menengok berbagai karya dari para seniman kontemporer dari Ubud. Hal yang tak kalah menarik untuk dilakukan di Kota ini yaitu, seperti menikmati keindahan dari festival Ubud hingga berolahraga Yoga bersama keluarga atau saudara agar mendapatkan perasaan yang lebih tenang dan bahagia.

Sebagai salah satu kota di Bali, Ubud memiliki perbedaan dengan Kuta. Ubud sendiri adalah kawasan pelestarian Hindu yang sangat berwarna dan sangat tenang. Tetunya tempat ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin melepas penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

2. Yogyakarta

Kota di Indonesia yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Yogyakarta. Yogyakarta sudah sejak lama dikenal sebagai kota dengan suasana keraton dan nuansa Jawa yang sangat kuat. Yogyakarta hampir selalu menjadi pilihan utama bagi banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah Jawa.

Pilihan destinasi di Yogyakarta juga bisa dibilang sangat banyak, mulai dari objek wisata candi hingga wisata alam pantai. Tentu tidak hanya warisan budaya dan alam yang luar biasa, Yogyakarta juga memiliki banyak situs budaya dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Hal itu ditambah lagi dengan keragaman kuliner yang nikmat, seni jalanan, penduduk yang ramah, hingga hasil kerajinan tangan khas warga Yogyakarta.

Nah, bagi Kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Yogyakarta, salah satu pilihan yang patut untuk dicoba adalah menikmati pesona Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Beruntungnya, kedua situs warisan dunia ini terletak di daerah sekitar Yogyakarta.

3. Bandung

Kota di Indonesia yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Bandung. Akhir-akhir ini, kota ini menjadi salah satu kota favorit bagi wisatawan domestik. Kota yang dikenal dengan julukan Kota Kembang ini menyediakan berbagai destinasi wisata alam sekaligus wisata kuliner. Kekayaan kuliner Bandung tentu sudah Kita tahu semua, ada banyak sekali kuliner khas Bandung, misalnya seperti siomay, batagor, cilok, cimol, cireng dan lain sebagainya.

Ketika berada di Bandung, destinasi wisata terfavorit yang wajib untuk Kamu kunjungi adalah Farmhouse Lembang. Di sini, Kamu bisa melihat sekaligus berinteraksi dengan berbagai jenis hewan ternak yang lucu dan imut. Tidak hanya itu, Lembang juga menyediakan berbagai spot foto yang menarik, mulai dari taman bunga, bangunan bergaya eropa, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Kota Bandung juga menyediakan berbagai tempat yang sangat cocok untuk para petualang alam bebas. Tempat favorit para pecinta petualangan alam tersebut adalah The Lodge Maribaya.

Eits, tidak hanya dua tempat itu saja. Sebagai salah satu Kota tertua di Indonesia, Kota Bandung memiliki kekayaan sejarah dan budaya. Maka tak heran ada banyak sekali bangunan bersejarah, mulai dari museum, gedung, maupun monumen.

4. Manado

Kemudian, kota di Indonesia yang wajib dikunjungi adalah Manado. Kota Manado telah lama dikenal luas hingga dunia internasional berkat situs diving-nya yaitu Bunaken. Maka tak heran apabila Kota Manado merupakan salah satu kota terindah yang ada di negara Indonesia.

Apabila dilihat dari sejarah, di masa kolonial Belanda, Kota Manado awalnya adalh kota banteng. Hal itu dikarenakan letak geografis Manado yang dekat dengan wilayah Filipina. Sebagai salah satu kota penting di zaman sebelum kemerdekaan, Manado memiliki tradisi dan budaya suku Minahasa yang masih dilestarikan dengan baik hingga sekarang.

Selain Bunaken, Manado juga masih menyimpan destinasi menarik lainnya, mulai dari pantai-pantai yang indah, Danau Tondano, hingga pasar eksotis di Tomohon. Perlu diketahui bahwa mayoritas penduduk Manado mayoritas beragama Nasrani, jadi tak heran apabila nanti Kamu banyak menemukan sajian babi atau anjing di rumah makan setempat.

5. Malang

Kota di Indonesia yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Malang. Kota Malang dikenal dengan pesona alamnya yang luar biasa. Letak geografisnya sebagai dataran tinggi menjadi pilihan alternatif bagi para wisatawan nasional maupun internasional.

Tidak hanya sekarang saja, Malang sudah menjadi kota yang sangat menarik sejak zaman kolonialisme Belanda. Ditambah pengelolaan wisata alam seperti perkebunan apel, pembibitan bunga anggrek, hingga spot alam lainnya, kini membuat Malang menjadi salah satu kota terindah di Indonesia.

Selain itu, ada banyak objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Museum Angkut, Eco Green Park, Jawa Timur Park hingga Batu Night Spectacular. Daerah yang menyajikan daya tarik tersendiri adalah Batu. Apabila Kamu mengunjungi Batu, Kamu dapat mencoba menikmati keindahan alamnya menggunakan paralayang. Tempat ini menjadi lokasi kompetisi paralayang untuk tingkat nasional dan internasional.

6. Solo

Kota berikutnya yang wajib Kamu kunjungi adalah Solo. Solo sendiri adalah ‘Rumah’ bagi Keraton Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Solo. Secara umum, kota Solo bisa dikatakan hampir sama dengan Kota Yogyakarta. Perbedaannya, Solo memiliki luas wilayah yang lebih kecil dibandingkan Daerah Istimewa Yogyakarta. Alasan yang membuat Solo layak untuk dikunjungi sesungguhnya adalah kearifan lokal dan adat istiadatnya yang masih dilestarikan hingga sekarang.

Kota kelahiran Presiden Republik Indonesia ke-7 Joko Widodo ini merupakan salah satu daerah penghasil batik yang sangat terkenal di Indonesia. Batik khas Solo telah menjadi salah satu penggerak wisata sekaligus perekonomian bagi masyarakat Solo. Ketika mengunjungi kota ini Kamu akan banyak menemukan masyarakat dengan tutur kata yang santun dan lembut, sehingga membuat nyaman para wisatawan.

7. Batam

Kota di Indonesia yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Batam. Batam sendiri merupakan daerah yang dikenal sebagai jalur pelayaran yang dekat dengan Singapura dan Malaysia. Hal ini tentu membuat Batam memiliki wilayah industri yang sangat maju. Sebagai kota yang menjadi surga dari para pembelanja, Kota Batam juga menyimpan banyak destinasi yang menarik untuk didatangi, mulai dari wisata alam, hiburan, edukasi, hingga kulinernya.

Pada saat Kamu mengunjungi Batam, salah satu hal yang wajib untuk Kamu coba adalah melewati Jembatan Barelang. Jembatan ini merupakan landmark Kota Batam yang diprakarsai langsung oleh Presiden Indonesia ke-4, B. J. Habibie. Setelah Kamu melintasi jembatan tersebut, Kamu bisa mencoba untuk mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Batang yakni tempat bekas rumah pengungsian warga Vietnam atau Ex-Camp Vietnam. Tak lupa, Batam juga memiliki spot foto layaknya Hollywood di Amerika, di Bukit Clara Batam Center Kamu bisa selfie di depan tulisan ‘Welcome to Batam’.

8. Padang

Kota selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Padang. Padang sendiri merupakan ibu kota provinsi Sumatera Barat. Yang mana, daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal bagi wisatawan lokal maupun turis mancanegara. Membicarakan kota Padang, tentu tidak bisa dilepaskan dari kenikmatan kulinernya, masakan khas padang seperti rendang sudah dikenal luas di berbagai penjuru dunia.

Selain surganya kuliner, Padang juga menyimpan banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, yaitu seperti Jembatan dan Taman Siti Nurbaya. Tetapi, bagi Kamu yang wisata sekaligus menambah pengetahuan, Kamu dapat mengunjungi Museum Adityawarman. Di museum tersebut, Kamu bisa menemukan beragam koleksi bersejarah tentang budaya Minangkabau.

Nah, bagi Kamu yang suka dengan wisata alam, tentu patut mencoba berbagai wisata alam di Kota Padang. Padang memiliki sejumlah pantai-pantai indah, seperti Pantai Padang, Caroline, Nirwana, Air Terjun Lubuak Tampuruang dan masih banyak lagi.

9. Makassar

Kota di Indonesia yang wajib Kamu datangi selanjutnya adalah Makassar. Kota ini terkenal dengan julukan Ujung Pandang. Makassar atau dikenal juga dengan julukan Ujung Pandang, julukan ini merupakan nama Kota Makassar sebelum akhirnya diubah pada tahun 2000. Makassar sendiri termasuk ke dalam 10 kota dengan destinasi terbaik di Indonesia.

Perlu Kamu ketahui, hampir setiap sudut dari Kota Makassar menyimpan banyak sekali keindahan dan keunikannya masing-masing. Destinasi wisata yang disajikan di Makassar pun beragam, mulai dari tempat wisata yang berskala nasional hingga nasional. Maka tak heran, apabila banyak orang sudah mengenal Makassar.

Selain itu, Kota Makassar juga memiliki letak geografis yang sangat potensial. Alhasil, hampir setiap saat ada orang yang datang ke Kota ini, baik untuk liburan maupun urusan pekerjaan, dan lain sebagainya. Salah satu tujuan wisata alam terfavorit di Makassar, yakni Pulau Gusung. Di Pulau Gusung, Kamu dapat menikmati pesona pantai pasir putih dan laut birunya.

10. Balikpapan

Kota di Indonesia yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Balikpapan. Kota Balikpapan merupakan kota dengan wilayah paling luas di pulau Kalimantan. Dengan wilayahnya yang luas, Balikpapan menjadi kota yang nyaman dan bersih. Tak ayal, Kota ini memborong sekitar 18 penghargaan Adipura berkat ketertiban lingkungan dan kebersihannya.

Pada tahun 2015, Balikpapan juga pernah menyandang sebagai sebagai The World’s Most Lovable City. Penghargaan ini untuk dikarenakan jaminan kenyamanan yang diberikan Balikpapan kepada para wisatawannya. Nah, bagi Kamu yang ingin berkunjung ke Balikpapan, Kamu dapat mencoba wisata alam di pantai eksotis. Selain itu, Kamu juga bisa mencicipi kuliner pinggir sungai khas balikpapan.

11. Lombok

Kota yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Lombok. Kota yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat ini menawarkan pesona laut yang sangat indah. Destinasi pertama yang wajib Kamu kunjungi ketika berada di Lombok adalah air terjun di tengah hutan, Sendang Gile Waterfall.

Tidak hanya itu, Lombok juga memiliki pantai Nambung. Pantai ini memiliki air terjun mini dari bebatuan di atasnya. Tak kalah mempesona, Gili Kondo juga memiliki pantai yang bersih dengan air laut yang sangat jernih.

12. Raja Ampat

Kota di Indonesia yang wajib dikunjungi ini berikutnya adalah kota dari provinsi Papua Barat, Raja Ampat. Hampir semua orang pasti mengenal Raja Ampat. Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata skala internasional yang dimiliki Indonesia. Layaknya film dengan resort terbaiknya, Raja Ampat dijamin mampu memberikan pengalaman terindah dalam hidupmu.

13. Ende

Kota di Indonesia yang wajib Kamu kunjungi berikutnya adalah Kota Ende. Kota Ende merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer dari Pulau Flores, tepatnya Nusa tenggara Timur. Beberapa tempat terkenal dari Kota Ende, yakni Danau Kelimutu, Gunung Kelimutu, hingga Taman Nasional Kelimutu. Untuk keindahan alam, Ende memberikan pengalaman yang sangat mengesankan.

14. Bogor

Bogor menjadi kota yang wajib dikunjungi berikutnya, kota ini memiliki lokasi yang dekat dengan daerah ibu kota Indonesia. Tak heran apabila Bogor menjadi salah satu destinasi terdekat bagi para penduduk Kota Jakarta. Meskipun begitu, ada banyak sekali tempat menarik dari Bogor yang perlu untuk Kamu coba, misalnya seperti taman safari, kebun raya Bogor, hingga berbagai spot kuliner yang tersebar di daerah Bogor. Bogor juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, mulai dari memetik buah beri, berkunjung ke kebun teh, hingga mencoba olahraga paralayang.

15. Jakarta

Kota di Indonesia yang wajib dikunjungi adalah Jakarta. Jakarta sendiri adalah kota dengan segudang cerita. Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Jakarta adalah kota yang kaya akan keragaman budaya sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan.

Walaupun Jakarta identik dengan macet dan penduduk yang padat. Namun, kota yang sebelumnya bernama Batavia ini memiliki banyak sekali objek wisata yang lengkap dan menarik, mulai dari sejarah, budaya, wisata alam, hingga berbagai jenis kulinernya. Semua objek wisata yang ada di Jakarta pun tidak terlalu jauh, tentunya hal ini dapat membuat perjalananmu menjadi lebih efisien.

Tempat pertama yang wajib dikunjungi ketika Kamu berada di Jakarta adalah Monumen Nasional atau Monas. Apabila di Paris ada Menara Eiffel, maka di Jakarta juga memiliki menara yang menjulang tinggi ke langit, yakni Monas. Namun, bagi Kamu yang ingin berlibur sekaligus menambah pengetahuan, Kamu dapat mendatangi beberapa tempat bersejarah seperti kota tua atau berbagai museum yang ada di seluruh Jakarta. Selain itu, Jakarta juga memiliki Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. TMII menjadi objek wisata yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburanmu bersama keluarga tercinta.

Tidak hanya itu, dibalik kota yang megah dan modern, Jakarta masih menyimpan destinasi alam yang sangat menarik, yakni Pulau Seribu dan Ancol Taman Impian. Pulau Seribu dan Ancol dapat menjadi pilihan bagi Kamu dan keluarga untuk berlibur. Hal ini dikarenakan kedua wisata ini sangat cocok segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, muda-mudi, bahkan juga orang tua.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Emka Umam