in

Kumpulan Doa Pagi Katolik untuk Memulai Semangat Hari-Mu!

Sumber: Pexels

Doa pagi Katolik – Melalui doa, kita dapat berkomunikasi dengan Tuhan. Penting bagi kita untuk memiliki rutinitas berdoa setiap hari. Baik saat memulai aktivitas di pagi hari, saat beraktivitas hingga selesai beraktivitas dan kembali tidur di malam hari. Kita bisa memulai rutinitas doa pagi dengan memulainya dengan doa syukur kepada Tuhan, karena bisa kembali menikmati pagi hari setelah beristirahat malam tadi.

Dengan berdoa pagi hari bisa menjadi bekal atau persiapan diri sebelum menghadapi berbagai aktivitas di sepanjang hari. Dengan berdoa kita memohon bimbingan Tuhan dan Roh Kudus agar tetap selalu diberkati dan dilancarkan seluruh kegiatan yang akan dijalankan serta selalu terjaga dalam lindungan-Nya.

Doa pagi tidak sulit untuk dilakukan, Grameds bisa melakukannya dengan spontan atau membaca buku kumpulan doa atau membacanya dari Puji Syukur. Jika grameds masih bingung untuk berdoa pagi berikut adalah kumpulan doa pagi katolik yang bisa Grameds doakan setiap pagi.

Kumpulan Doa Kerahiman Ilahi: 42 Intensi Doa Bagi Sesama

https://www.gramedia.com/products/kumpulan-doa-kerahiman-ilahi-42-intensi-doa-bagi-sesama?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kumpulan-doa-kerahiman-ilahi-42-intensi-doa-bagi-sesama?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Manfaat Doa Pagi

doa pagi Katolik
Sumber: Pixabay

Melakukan doa pagi sebelum memulai aktivitas dapat memberikan beberapa manfaat. Berikut ini beberapa manfaat doa pagi, antara lain:

1. Memperoleh Kekuatan dari Allah

Efesus 3 14 -16 , 20 “Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, yang daripada-Nya semua turunan yang di dalam surga dan diatas bumi menerima nama-NYA. Aku berdoa supaya ia,menurut kekayaan kemuliaan-NYA, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh roh-NYA di dalam batinmu, Bagi Dialah yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau fikirkan …..”.

2. Memperoleh Pengetahuan dari Allah

Timotius 2 : 1-4 “Pertama – tama aku menasihatkan : Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja- raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tentram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah Juru selamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan dan kebenaran “.

3. Memperoleh Pengampunan dari Allah

Kisah Para Rasul 8:22 “Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan , supaya ia mengampuni niat hatimu ini “.

4. Memperoleh Kedamaian dari Allah

Filipus 4 :6 -7 “Janganlah hendaknya kamu khawatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus”.

Itulah beberapa manfaat dari melakukan doa pagi, Grameds.

Kumpulan Doa Pagi

doa pagi Katolik
Sumber: Pixabay

Doa Pagi (1)

Ya Allah, Bapa sumber segala kerahiman.
Pada awal hari baru ini aku menghaturkan puji dan syukur kepadaMu atas perlindunganMu sepanjang malam tadi.
Aku bersyukur atas hari baru yang membawa kesegaran dan membangkitkan semangat baru bagi hidupku.
Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan mengamalkan kasih sepanjang hari ini.
Bimbinglah aku sepanjang hari ini ;
arahkanlah pikiran dan budiku, jangan sampai akal merancang pikiran benci dan dendam, tindakan marah dan cemburu, keinginan jahat dan mementingkan diri.
Jagalah lidah dan bibirku,
jangan sampai terucap kata yang menyakitkan hati,
kata yang kejam menusuk rasa,
kata yang tidak benar, kata yang menghina.
Tuntunlah tingkah laku dan perbuatanku,
supaya sepanjang hari ini aku bekerja sebaik baiknya,
tidak pernah jemu menolong sesama,
selalu ramah dan tahu terima kasih, menghayati iman dan mengamalkannya dengan sekuat tenagaku. mengamalkannya dengan sekuat tenagaku.
Semua ini kami sampaikan kepadaMu,
dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Doa Pagi (2)

Allah, Bapa kami yang ada di dalam surga, kami berterima kasih kepada-Mu karena hari yang baru ini.
Berilah kami iman yang hidup, harapan yang kuat dan cinta yang ikhlas.
Kami akan berusaha sungguh-sungguh agar segala pikiran, perkataan yang akan kamu ucapkan pada hari ini, dengan segala perbuatanku berkenan kepadaMu.
Dan bimbinglah kami dengan terang Roh Kudus-Mu agar kamu semakin serupa dengan Yesus Kristus, PutraMu.
Berkatilah keluarga kami dan semua orang yang akan kami jumpai hari ini.
Berkatilah pula persaudaraan kamu dengan mereka, agar menunjukkan kebaikan, seperti engkau baik hati bagi semua orang.
Semoga teladan Santa Perawan Maria dalam kesetiaan kepadaMu dan keprihatinannya terhadap sesama menjadi semangat hidup kamu pada hari ini.
Ini semua kamu mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Doa Pagi (3)

Ya Allah, Bapa yang maha baik, terimakasih atas perlindunganMu sepanjang malam tadi.
Terima Kasih pula karena Yesus yang Kau utus menjadi sahabat anak-anak; Dia selalu menemani aku.
Terimakasih juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing aku.
Semoga hari ini aku setia mendengarkan bisikanNya.
Bapa, berkatilah orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku dan teman-temanku.
Bantulah juga mereka yang bersusah hati, sakit dan menderita.
Semoga mereka merasakan penghiburan dariMu.
Aku mohon bimbinganMu, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugas-tugasku dengan baik; rajin membantu di rumah dan ramah kepada teman-teman.
Ya Bapa, utuslah santo/santa perlindungku, para malaikat pelindung dan Bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Ini semua aku mohon dengan pengantaraan Yesus, Tuhanku. Amin.

Doa Pagi Penuh Syukur

Terima kasih Tuhan, untuk pagi dan hari yang baru ini. Terima kasih pula untuk malam yang telah kulewati. Dimana aku boleh mengalami perlindungan-perlindungan-Mu dalam tidurku. Sertailah dan berkatilah hari ini, pekerjaanku, keluargaku, sahabat-sahabatku dan semua kejadian serta orang yang akan kujumpai hari ini. Supaya pada malam hari nanti apabila aku menutup hari ini, aku patut melambungkan puji dan syukur kepada-Mu, Tuhan yang Maha kasih. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Doa untuk Berangkat Sekolah

Tuhan Allah, Terimakasih atas berkat pagi ini sehingga kami bisa menjalankan aktivitas kami kembali. Sebentar kami akan pergi berangkat ke sekolah, kami membawa sekolah kami ke dalam tangan-Mu yang perkasa. Semoga Engkau memberkati para pembelajar, guru, dan staf yang bekerja di sini sehingga proses pembelajaran, untuk menemukan betapa hebatnya Engkau, terjadi dengan lancar.

Semoga Engkau, Tuhan Yang Maha Esa, menjadikan sekolah kami sebagai tempat penemuan besar, petualangan, dan juga tempat di mana kami semua belajar untuk mencintai sekaligus mencintai untuk belajar. Bantu kami untuk menghormati, menghargai, dan memperlakukan satu sama lain sebagai saudara dan saudari. Kami berdoa ini melalui Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat kami. Amin.

Doa Pagi Katolik Sebelum Bekerja

Ya Allah, Bapa yang maha baik, terima kasih atas perlindunganMu sepanjang malam kemarin. Terima kasih juga sudah menemani dan membimbingku. Sebentar lagi aku akan pergi bekerja. Tuhan, bimbinglah aku agar dapat bekerja dengan semangat dan kasih. Bimbinglah aku, ya Bapa, supaya hari ini aku dapat berlaku sopan dan melaksanakan tugasku dengan baik. Utuslah Santo-Santa pelindung, para malaikat pelindung, dan bunda Maria sendiri supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Doa Persembahan Pagi untuk Hati Kudus Yesus

Yesus, melalui Hati Maria yang Tak Bernoda, aku mempersembahkan kepadaMu doa, karya, kegembiraan dan penderitaanku hari ini untuk semua niat Hati Kudus-Mu, dalam persatuan dengan Kurban Kudus Misa di seluruh dunia, sebagai silih atas kematianku. dosa, untuk niat semua rekan kita, dan khususnya untuk niat Bapa Suci kita untuk bulan ini.

Doa Pagi Mohon Perlindungan Allah

Allah Bapa Sang Pencipta manusia dan alam semesta ini, Aku ucapkan syukur kepada-Mu, karena boleh bangun di pagi hari ini. Aku mohon bimbingan-Mu sepanjang hari ini. Bimbinglah agar aku dapat bekerja dalam semangat kasih-Mu dengan rajin, dan jujur. Buat aku agar tidak mudah putus asa dalam menjumpai segala kesulitan. Jagalah aku dari segala marabahaya dan dari rencana jahat terhadapku. Aku persatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama-Mu dalam persatuan roh kudus kini dan sepanjang masa. Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Doa Pagi Memohon Keselamatan

Selamat pagi Tuhan.Terima kasih atas kasih karuniaMu yang telah Kau berikan kepadaku dari malam aku tidur hingga pagi hari ini. Aku bersyukur untuk nafas baru yang boleh aku terima. Berkati dan lindungi aktivitasku sepanjang hari ini. Berkati pula orang tua, sanak saudara, sahabat dan semua orang yang aku kasihi dalam menjalankan aktivitas mereka selama hari ini hingga istirahat lagi malam nanti. Dan ampunilah untuk segala dosa yang telah kami perbuat. Doa yang kurang sempurna ini saya serahkan kepada-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Doa Pagi Meminta Bimbingan Tuhan

Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindunganMu sepanjang malam tadi. Terimakasih ya Tuhan Yesus karena kau selalu mau menjadi sahabatku. Juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing hidupku. Sebelum beraktivitas, aku mohonkan bimbingan-Mu sepanjang hari. Berkatilah pula orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku, dan teman-temanku sepanjang hari. Dan berikanlah penghiburan bagi yang bersusah hati, sakit dan menderita. Bimbinglah aku, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugasku dengan baik. Utuslah Santo-Santa pelindung, para malaikat pelindung, dan bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Doa Pagi Katolik Saat Bangun Tidur

Tuhan yang kudus, yang berada di luar pemahaman kami: atas firman-Mu, terang muncul dari kegelapan. Dalam rahmat-Mu, Engkau memberi kami istirahat melalui tidur sepanjang malam, dan membangkitkan kami untuk memuliakan kebaikan-Mu dan untuk mempersembahkan permohonan kami kepada-Mu.

Sekarang, dalam kasih-Mu yang lembut, terimalah kami yang memujiMu dan bersyukur kepada-Mu dengan sepenuh hati kami. Berikan kami semua permintaan kami, jika itu mengarah pada keselamatan; beri kami rahmat untuk menyatakan bahwa kami adalah anak-anak terang dan siang, dan pewaris upah abadi-Mu.

Dalam limpahan rahmat-Mu, ya Tuhan, ingatlah semua umat-Mu; semua yang hadir yang berdoa bersama kami; semua saudara kami di darat, di laut, atau di udara, di setiap tempat di wilayah kekuasaan-Mu, yang menyerukan cinta-Mu bagi umat manusia.
Atas semuanya, curahkan belas kasihan-Mu yang besar, agar kami, yang diselamatkan dalam tubuh dan jiwa, dapat bertekun tanpa henti; dan agar, dalam keyakinan kami, kami dapat memuji Nama-Mu yang mulia dan terberkati, Bapa, Putra, dan Roh Kudus, selalu, sekarang dan selama-lamanya. Amin.

Doa Keluarga Katolik 1: Membangun Keluarga Harmonis dan Bahagia dalam Kasih dan Sukacita

https://www.gramedia.com/products/doa-keluarga-katolik-1-membangun-keluarga-harmonis-dan-bahagia-dalam-kasih-dan-sukacita-injil?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/doa-keluarga-katolik-1-membangun-keluarga-harmonis-dan-bahagia-dalam-kasih-dan-sukacita-injil?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jam untuk Doa Pagi

Doa pagi sebenarnya boleh dilakukan pada pukul berapa saja, namun mengutip dari St. John Catholic Church. Biasanya doa pagi bisa dilakukan mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 pagi. Waktu itu biasanya dikatakan ideal untuk berdoa karena lebih hening. Karena untuk beberapa orang berdoa dalam keadaan hening akan lebih mudah berkomunikasi dengan Tuhan. Kamu juga bisa berdoa disaat kamu bangun tidur pagi hari. Selain berdoa, kamu juga bisa sekalian mendengarkan firman Tuhan atau membaca alkitab pagi hari.

Doa Angelus

Selain berdoa pribadi, kamu juga bisa berdoa angelus atau doa malaikat Tuhan. Doa Angelus biasa didaraskan sebanyak tiga kali pada pukul 06.00 pagi, 12.00 siang dan 18.00 malam.

Dalam doa malaikat Tuhan, tujuan dari doa di pagi hari adalah menghormati kebangkitan Kristus yang telah bangkit dan bersama Kristus kita memulai dari dengan semangat kebangkitan. Tujuan dari doa di siang hari adalah menghormati sengsara Kristus saat di tengah pekerjaan kita yang berat, agar kita senantiasa ingat Kristus yang telah berkorban bagi kita. Tujuan dari doa di sore hari adalah menghormati inkarnasi Allah menjadi manusia. Terlebih saat kita ingin beristirahat, agar selalu ingat bahwa Allah selalu tinggal serta kita. berikut adalah doa angelus yang bisa kamu doakan :

P : Maria diberi kabar oleh Malaikat Tuhan
U : Maka ia mengandung dari Roh Kudus
(Salam Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu, terpujilah engkau diantara wanita, dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Santa Maria, bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati. Amin.)
P : Aku ini hamba Tuhan
U : Terjadilah padaku menurut perkataanMu
(Salam Maria…)
P : Sabda telah menjadi daging
U : Dan tinggal diantara kita
(Salam Maria…)
P : Doakanlah kami Ya Santa Bunda Allah
U : Supaya kami dapat menikmati janji Kristus
(Marilah kita berdoa)
Ya Tuhan, karena kabar Malaikat kami mengetahui, bahwa Yesus Kristus, PuteraMu, menjadi manusia; kami mohon curahkanlah rahmatMu ke dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salibNya kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia oleh Kristus Tuhan Kami. Amin.

Penutup

Memulai aktivitas di pagi hari bisa membuat hari-hari menjadi lebih semangat. Bukan hanya semangat saja, tetapi dengan berdoa, bisa membuat seseorang diberi kemudahan dalam menjalani berbagai macam aktivitas.

Nah Grameds, itulah doa pagi yang bisa kamu doakan setiap pagi. Jangan lupa untuk berdoa setiap pagi sebelum melakukan aktivitas sehingga kita senantiasa dalam perlindungan Tuhan dalam setiap kegiatan kita.

Doa Keluarga Katolik 2: Doa Mukjizat Keluarga bersama Bunda Maria

https://www.gramedia.com/products/doa-keluarga-katolik-2-doa-mukjizat-keluarga-bersama-bunda-maria?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/doa-keluarga-katolik-2-doa-mukjizat-keluarga-bersama-bunda-maria?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jika Grameds ingin mencari tahu lebih banyak tentang doa-doa katolik dan buku-buku mengenai iman katolik, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi