in

10 Danau Terbesar di Dunia

Danau Terbesar di Dunia – Danau merupakan suatu wadah air yang tercipta alami karena hasil aktivitas gempa tektonik, vulkanik, atau juga glasial. Selain itu, danau juga bisa terjadi karena aktivitas manusia secara sengaja maupun tidak disengaja hingga menciptakan banyak danau di bumi. Danau hasil ciptaan manusia bisa disebut sebagai danau buatan, bukan alami.

Danau memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup di bumi, antara lain sebagai sumber air, habitat untuk para makhluk hidup di dalam danau dan hewan lain di sekitarnya, pengendali bencana alam, pembangkit listrik, dan juga sarana irigasi. Karena memiliki banyak fungsi maka danau yang ada di bumi ini sebaiknya dijaga dengan baik agar selalu bermanfaat bagi makhluk hidup.

Danau tentu memiliki luas dan kedalaman yang lebih besar daripada kolam. Ada banyak sekali danau yang terbentuk di bumi. Beberapa danau berada di daerah pegunungan, dan sisanya berada di ketinggian dekat permukaan laut. Danau juga dapat berupa air tawar dan juga air asin. Makhluk hidup di dalam danau pun menyesuaikan jenis air yang ada di danau tersebut.

Luas setiap danau berbeda-beda, hal ini tergantung aktivitas alami yang pernah terjadi di suatu daerah yang menimbulkan terciptanya danau. Beberapa danau di dunia memiliki bentuk yang besar, hal tersebut yang akan menjadi topik artikel kali ini. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja danau terbesar di dunia, mari simak ulasan berikut.

beli sekarang

[algolia_carousel]

Inilah ebook liputan perjalanan Tempo menjelajahi 45 danau alami di kepulauan Indonesia. Kita diundang untuk mengunjungi penggalan keindahan alam bumi Indonesia seraya mengenali budaya masyarakat setempat. Dilengkapi informasi transportasi, tips perjalanan, serta rekomendasi aktivitas melancong, buku ini dapat membantu Anda dalam merencanakan tamasya.

1. Danau Kaspia

danau kaspia

Danau Kaspia sering disebut sebagai laut kaspia, tetapi sebenarnya tetaplah danau. Danau ini disebut laut karena danau ini sangat luas hingga masuk ke beberapa wilayah negara meliputi, Iran, Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan, dan Azerbaijan. Air yang ada di danau kaspia ini kebanyakan dialirkan dari Sungai Volga, Ural, Terek, dan juga Kura.

Danau yang sangat besar ini memiliki luas sekitar 371.000 Km persegi sehingga sanggup menampung air sampai 78.200 Km kubik. Yang menarik adalah volume air yang dapat ditampung Danau Kaspia setara dengan 3,5 kali lipat dibanding gabungan dari lima danau terbesar di dunia. Kemudian, titik terdalam pada danau ini mencapai 1.025 M dan masuk pada urutan ketiga danau terdalam di dunia. Selain itu, Danau Kaspia memiliki panjang 1.119 Km dengan rata-rata kedalaman 211 M.

Danau Kaspia merupakan salah satu danau yang termasuk danau oseanik di antara danau lain yang masuk ke dalam kategori danau kontinental. Danau ini disebut sebagai danau oseanik karena tidak semua perairan wilayah danau ini berada di atas kerak benua, namun sebagian besar berada di cekungan oseanik.

Danau ini telah ada selama 5,5 juta tahun yang lalu. Lalu, danau ini juga terbagi menjadi tiga bagian, masing-masing bagian memiliki perbedaan kedalaman. Kedalaman paling dangkal ada pada bagian Danau Kaspia Utara, kemudian disusul oleh Danau Kaspia Tengah, hingga yang terdalam adalah Danau Kaspia Selatan.

2. Danau Superior

danau superior

Danau Superior merupakan danau yang berada di dua wilayah negara, yaitu di Amerika dan Kanada. Danau Superior yang ada di wilayah Kanada terdapat di Ontario, sedangkan bagian Amerika berada di Minnesota, Michigan, dan Wisconsin.

Danau Superior merupakan danau dengan air tawar terbesar di dunia, serta menjadi danau terbesar voluemnya dengan urutan ketiga di dunia. Jika diurutkan secara keseluruhan, Danau Kaspia adalah danau terbesar di dunia, namun danau tersebut berisi air asin, sedangkan Danau Superior berisi air tawar.

Danau yang disebut sebagai danau air tawar terbesar di dunia ini memiliku luas total 82.414 Km persegi, dengan panjang 560 Km, serta lebar maksimal 257 Km. Danau ini juga memiliki kedalaman rata-rata 149 M dan kedalaman maksimal 406 M serta memiliki ketinggian permukaan 180 M. Dengan kedalaman seperti itu, Danau Superior mampu menampung air sebanyak 12.232 Km kubik, dan juga memiliki panjang wilayah 4.393 Km, sudah dihitung dengan pulau-pulau di tengahnya.

Pulau-pulau yang ada di tengah Danau Superior meliputi, Royale Island salah satu pulau terbesar di danau ini, Apostle Island, dan Slate Island. Kemudian, di sekitar danau ini juga ada beberapa pemukiman penduduk meliputi, Duluth, Minnesota, Superior, Wisconsin, Thunder Bay, Ontario, Michigan, Sault St. Marie, dan Marquette.

3. Danau Victoria

danau victoria

Danau Victoria merupakan danau terbesar ketiga yang memiliki luas total 69.485 Km persegi. Danau seluas itu mencakup tiga wilayah negara yang meliputi, Tanzania sekitar 49% dari wilayah danau, Uganda sekitar 45%, dan Kenya sekitar 6% merupakan wilayah Danau Victoria.

Danau ini memiliki 64 pulau di sekitarnya, sebagian besar pulau-pulau tersebut berada di wilayah Uganda serta beberapa pulau lain berada di wilayah Kenya. Danau Vicoria termasuk ke dalam danau tropis yang memiliki air tawar. Danau ini dapat menampung volume air hingga 2.760 Km kubik. Danau ini dapat dikatakan relatif dangkal karena memiliki kedalaman rata-rata sekitar 40 M dan kedalaman maksimal sekitar 84 M.

Danau ini terkenal karena keberagaman satwanya, seperti ikan Cichlid. Danau ini juga memiliki satwa lain di dalamnya yang meliputi, kuda nil, buaya, berang-berang, kura-kura, dan lain sebagainya.

4. Danau Huron

danau huron

Danau Huron terletak di perbatasan antara Kanada dan Amerika. Lebih tepatnya danau ini berada di wilayah Ontario, Kanada, dan Michigan, Amerika. Danau Huron termasuk ke dalam danau terbesar di dunia yang berada di urutan keempat. Luas Danau Huron sekitar 59.596 Km persegi dengan kedalaman mencapai 230 M. Danau ini memiliki panjang garis pantai 2.980 km dengan sebagian besar wilayah danau berada di Ontario, Kanada.

Danau ini juga memiliki panjang sekitar 331 Km dengan lebar 295 Km. Penyebab adanya danau ini terjadi karena pergeseran dari gletser. Lalu, sumber air utama yang didapatkan oleh danau ini berasal dari Selat Mackinac dan Sungai Saint Mary.

5. Danau Michigan

danau michigan

Danau Michigan terletak di daerah Michigan, Amerika Serikat. Danau ini termasuk ke dalam danau terbesar di dunia pada urutan kelima. Danau terbesar kelima ini memiliki luas sekitar 58.061 Km persegi. Karena danau ini sangat luas maka wilayahnya meliputi beberapa negara bagian seperti, Wisconsin, Illinois, Indiana, dan Michigan. Danau ini juga memiliki panjang sekitar 494 Km dan lebar 190 Km serta panjang garis luar sekitar 2.575 Km.

Danau ini terbentuk karena pergerakan glasial dan juga terhubung dengan laut serta kanal buatan yang meliputi, Saint Lawrence dan Great Lakes. Danau ini juga menyatu dengan Danau Huron pada bagian cekungan di sebelah timur.

Danau Michigan terkenal dengan pelabuhannya yang cukup besar dengan nama Pelabuhan Chicago. Danau ini pun memiliki banyak pantai dan juga pulau di sekitarnya. Lalu, danau ini juga memiliki taman nasional yang dijadikan sebagai tempat rekreasi. Spesies ikan yang hidup di danau ini berupa ikan salmon, smelt, whitefish, dan juga walleye.

6. Danau Tanganyika

danau tanganyika

[algolia_carousel page=2]

Danau Tanganyika adalah salah satu danau besar yang ada di dataran tinggi Afrika. Danau ini termasuk ke dalam danau terbesar di dunia pada urutan keenam. Bahkan danau ini juga menjadi danau air tawar terpanjang di dunia. Sumber air yang diterima oleh danau ini berasal dari Sungai Ruzizi, Kalamboo, dan Malagarai.

Danay Tanganyika memiliki luas sekitar 32.893 Km persegi dengan kedalaman rata-rata 570 M dan titik kedalaman maskimalnya sekitar 1.470 di bawah laut. Seperti dengan danau pada umumnya, danau ini juga terbentuk karena aktivitas tektonik yang membentuk cekungan besar yang kemudian terisi air.

Telah diperkirakan bahwa danau ini merupakan danau air tawar terdalam kedua dan terbesar di dunia pada sisi volumenya yang mampu menampung banyak air. Cekungan yang dimiliki Danau Tanganyika juga membentang luas yang meliputi wilayah Burundi, Tanzania, Zambia, dan Republik Demokratik Kongo.

7. Danau Baikal

danau baikal

Danau Baikal ini terletak di belahan bumi bagian utara, tepatnya berada di beberapa wilayah yang meliputi di perbatasan Mongolia, Siberia Selatan Rusia, di antara negara-negara Republik Rusia, Buryat, dan Oblast Irkutsk. Danau Baikal juga disebut sebagai Nature’s Lake atau danau rift, yang artinya danau ini terbentuk karena gerakan-gerakan pada zona aktivitas pecahan tektonik.

Danau Baikal termasuk ke dalam danau terbesar di dunia pada urutan ketujuh. Hal tersebut terbukti dengan luas yang dimiliki oleh danau ini sekitar 31.500 Km persegi dan memiliki kedalaman rata-rata sekitar 744,4 M serta titik kedalaman maksimal sekitar 1.642 M. Danau jenis rift biasanya lebih dalam dari danau lainnya karena keretakan dataran terbentuk karena adanya gerakan tektonik yang berisi air.

Danau Baikal adalah danau air tawar tanpa es yang terbesar di dunia, bahkan danau ini juga berisi 20% air tawar dari total air tawar yang ada di dunia. Danau ini juga dianggap danau yang paling jernih daripada danau lain di dunia.

Danau ini dijuluki sebagai “Galapagos Rusia”. Hal tersebut dikarenakan danau ini jauh dari jangkauan manusia dan danau ini memiliki umur yang cukup tua. Karena jauh dari manusia, danau ini memiliki fauna tawar yang beragam dan langka di dunia. Selain itu sumber arus yang didapat oleh Danau Baikal berasal dari Sungai Barguzin, Selenge, Upper Angara.

8. Danau Great Bear

danau great bear

Danau Great Bear berada di wilayah utara dari Fort Smith, Inuvik tenggara, barat laut Kanada, dan di atas Lingkaran Arktik. Danau ini awalnya ditemukan oleh seorang pedagang dari North West Company pada tahun 1800 dan dinamakan Great Bear sesuai dengan beruang yang tinggal di sekitar danau.

Danau Great Bear merupakan danau terbesar di dunia pada urutan kedelapan. Bahkan danau ini juga sebagai danau terbesar keempat di Amerika Utara. Danau ini berbentuk tidak teratur serta banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya. Luas danau ini sekitar 31.080 Km persegi, serta memiliki panjang 320 Km dengan lebar 40 – 175 Km, dan memiliki kedalaman maskimal sekitar 413 M.

Danau ini memiliki air yang jernih dan juga ikan, terutama ikan Trout berbintik. Terdapat juga pemukiman di daerah Teluk Echo dan Samwill di pantai timmur dan pos perdagangan Fort Franklin di sebelah barat yang disebut dengan pemukiman utama danau. Selain itu, terdapat juga Sungai Great Bear dengan panjang 113 Km yang membuat aliran air ke arah rawa-rawa Sungai Mackenzie, sehingga membentuk transportasi yang penting selama empat bulan tanpa es yang menutupi jalur.

9. Danau Malawi

Danau Malawi adalah danau yang terletak di Afrika. Danau ini memiliki sebuta

danau malawi

n yang berbeda di dua wilayah. Pada wilayah Mozambik danau ini disebut Lago Niassa, sedangkan di Tanzania disebut Danau Nyasa. Wilayah Tanzania, Mozambik, dan Malawi termasuk daerah dari wilayah Danau Malawai. Danau Malawi merupakan danau yang letaknya paling selatan pada sistem “East African Rift Lake”.

Danau Malawi juga masuk ke dalam danau terbesar di dunia pada urutan kesembilan serta danau terbesar ketiga di Benua Afrika. Danau ini memiliki luas total sekitar 30.044 Km persegi dan memiliki panjang sekitar 579 Km. Kedalaman rata-rata pada danau ini sekitar 292 M, sedangkan kedalaman maksimalnya sekitar 706 M.

Danau ini awalnya terbentuk di ketinggian 500 M di atas permukaan laut yang disebabkan oleh pemisahan lempeng tektonik. Arus masuk danau ini melalui Sungai Ruhuhu, dan memiliki arus utama dari Sungai Shire di sebelah selatan.

Danau ini disebut sebagai danau meromik karena permukaan dan lapisan air di dalam danau tidak tercampur. Hal itu juga membuat danau ini memiliki beragam spesies ikan terbanyak di dunia. Bahkan hampir 1.000 ikan Cichlid dapat ditemukan di dalam Danau Malawi.

10. Danau Great Slave

Great Slave Lake

Danau Great Slave terletak di bagian selatan dari Northwest Teritories, Kanada, dekat dengan perbatasan Alberta. Danau ini menjadi danau terbesar di dunia pada urutan ke-10 dan juga menjadi danau terbesar kelima di Amerika Utara yang memiliki luas sekitar 28.930 Km persegi. Danau ini juga memiliki panjang sekitar 500 Km dan lebar 50 – 225 Km yang memiliki garis pantai melekuk-lekuk karena teluk-teluk besar.

Perairan danau ini sangat jernih dan dalam. Kedalaman maskimum di danau ini mencapai 600 M. Danau ini juga dialiri air oleh beberapa sungai seperti, jalur utama melalui Sungai Slave dari selatan, lalu mengalir ke barat ke Sungai Mackenzie, dan bermuara di Samudera Arktik.

Awalnya, danau ini ditemukan dan dikunjungi oleh penjelajah dari Inggris yang bernama Samuel Hearne pada tahun 1771. Lalu, didirikan pos perdagangan pada tahun 1786 dan 1815 di dekat Sungai Slave, namun Samuel tidak survei seluruh area sampai awal tahun 1920-an.

Basis dari desa Hay River memiliki perangkap yang berpusat di Sungai Slave yang awalnya menjadi tempat untuk menambang biji emas dan biji lainnya pada tahun 1990-an. Lalu, tempat tersebut sudah menjadi sektor penangkapan ikan, khususnya ikan Trout dan Putih.

Dalam hal pariwisata juga sangat penting karena danau ini menghubungkan Sungai Slave dengan Sungai Mackenzie yang bebas es selama empat bulan saja. Namun, pada saat sungai membeku, hal tersebut akan menjadi jalan raya es yang menghubungkan ibu kota teritorial Yellowknife yang ada di pantai utara dengan komunitas yang ada di wilayah tersebut.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Grameds, itulah paparan mengenai 10 danau terbesar di dunia. Danau-danau tersebut memiliki luas dan keberagaman fauna di dalamnya. Lalu, danau mana yang kalian sukai dan ingin kalian kunjungi?

Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak mengenai danau-danau yang ada di dunia, kalian bisa membeli dan membaca buku yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telahh menyediakan buku-buku yang berguna untuk kalian. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Melalui cerita-cerita ini, penulis berharap anak-anak dapat belajar tentang nilai-nilai kebaikan sekaligus meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ebook dengan cerita berjudul Kisah Danau Toba merupakan cerita yang berasal dari Sumatra Utara.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq