in

9 Crazy Rich Indonesia yang Masuk Daftar Orang Terkaya Di Dunia!

Sumber: bisnis-cdn.com

Crazy rich Indonesia – Jika mendengar istilah crazy rich seringkali dikaitkan dengan mereka yang memiliki harta yang cukup banyak atau bisa dibilang sebagai orang kaya. Para orang kaya itu biasa disebut juga dengan nama konglomerat. Di setiap negara pasti ada orang-orang kayanya masing-masing. Begitu juga dengan negara Indonesia yang memiliki orang-orang kaya dan cukup berperan dalam perekonomian Indonesia.

Namun, terkadang ada beberapa orang yang belum mengetahui daftar orang kaya Indonesia. Bagi kamu yang belum mengetahui daftar orang kaya Indonesia, jangan khawatir. Pada artikel ini kita akan membahas tentang crazy rich Indonesia menurut Forbes. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Crazy Rich Indonesia

1. R Budi Hartono

crazy rich Indonesia
Sumber: id.wikipedia.org

Robert Budi Hartono atau nama aslinya adalah Oei Hwie Tjhong merupakan salah satu seorang pengusaha Indonesia. dan keturunan Tionghoa-Indonesia Ia lahir pada tanggal 28 April 1941 dan ia merupakan anak kedua dari Oei Wie Gwan (pendiri perusahaan Djarum). Ia memiliki kakak yang bernama Michael Bambang Hartono atau Oei Hwie Siang.

Kekayaan yang dimiliki oleh Robert Budi Hartono pada tahun 2021 menurut Forbes mencapai US$ 20.5 miliar. Dari kekayaan yang dimilikinya itu membuat Robert Budi Hartono menduduki peringkat 54 sebagai orang terkaya di dunia dan orang terkaya no 1 di Indonesia.

Bukan hanya Djarum saja, tetapi Robert Budi Hartono merupakan pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Bahkan, mereka berdua (bersama kakaknya) lewat Farindo Holding Ltd bersama-sama menguasai 51% saham BCA.

Selain bank BCA dan Djarum, Robert Budi Hartono dan kakaknya juga mempunyai perkebunan kelapa sawit di wilayah Kalimantan Barat. Luas perkebunan sawit itu kurang lebih 65.000 hektar yang sudah ada sejak 2008 lalu.

Bahkan, ia juga memiliki bisnis di bidang properti, seperti menjadi pemilik Grand Indonesia. Selain itu, ia juga memiliki perusahaan elektronik yang di mana salah satunya Polytron yang sudah beroperasi selama 30 tahun lebih dan berada di bawah bendera Djarum Group. Perusahaan Polytron tersebut kini sudah memproduksi smartphone setelah sebelumnya hanya memproduksi AC saja, kulkas, produk video dan audio, hingga dispenser.

2. Michael Bambang Hartono

crazy rich Indonesia
Sumber: id.wikipedia.org

Urutan kedua dari daftar crazy rich Indonesia adalah Michael Bambang Hartono dan ia merupakan adik dari Robert Budi Hartono. Forbes mencatat bahwa kekayaan yang dimiliki oleh Michael Hartono ini diperkirakan mencari 20,4 miliar dolar AS atau jika dirupiahkan sekitar 291,72 triliun rupiah. Michael Bambang Hartono berada di peringkat ke-72 sebagai orang terkaya di dunia.

Michael Bambang Hartono lahir pada tanggal 2 Oktober 1939 dan ia merupakan salah satu pemilik usaha Djarum. Bahkan, kretek atau rokok Djarum ini sudah diperdagangkan di luar negeri, seperti Amerika Serikat. Bahkan, Djarum berhasil mengalahkan rokok Sampoerna dan Gudang Garam di Amerika Selatan.

3. Chairul Tanjung

crazy rich Indonesia
Sumber: id.wikipedia.org

Urutan crazy rich Indonesia selanjutnya adalah Prof. Chairul Tanjung, M.B.A. Ia lahir pada tanggal 18 Juni 1962 dan ia merupakan seorang pengusaha. Kemudian, pada tanggal 19 Mei 2014 sampai 20 Oktober 2014, ia menjabat sebagai Menko Perekonomian yang pada saat itu menggantikan Hatta Rajasa.

Namanya semakin dikenal oleh banyak orang karena keberhasilannya dalam memimpin CT Corp. Pada awal kariernya, ia memulai bisnisnya saat sedang menempuh kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia. Bahkan, ia pernah mengalami jatuh bangun hingga akhirnya bangkit dan berhasil dengan kesuksesannya.

Sampai saat ini, CT Corp sudah membawahi beberapa anak perusahaan yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti Bank Mega, TCT Global Resources, dan Trans Corp. Kemudian, Chairul Tanjung menjadi direksi di beberapa perusahaan, seperti Pariarti Shindutama, CT Corp, dan Rekan Investama.

Chairul Tanjung yang menjadi pemilik CT Corp ini berada di urutan ketiga sebagai crazy rich Indonesia. Kekayaan yang dimiliki oleh Chairul Tanjung diperkirakan mencapai 7,8 miliar dolar AS atau 111,54 triliun rupiah.

4. Sri Prakash Lohia

crazy rich Indonesia
Sumber: id.wikipedia.org

Urutan keempat yang merupakan orang terkaya di Indonesia adalah Sri Prakash Lohia. Ia lahir pada tanggal 11 Juli 1952. Ia merupakan pendiri sekaligus ketua Indorama Corporation yang termasuk sebagai perusahaan petrokimia dan tekstil. Meski ia lahir di India, tetapi sebagian besar hidupnya dihabiskan di Indonesia sejak tahun 1974.

Sebelum menduduki posisi keempat, Sri Prakash Lohia pernah berada di peringkat ketiga sebelum akhirnya posisinya digeser oleh Chairul Tanjung. Total kekayaan yang dimiliki oleh Sri Prakash Lohia ini diperkirakan mencapai 6,3 miliar dolar AS atau jika dirupiahkan mencapai 90 triliun rupiah.

5. Prajogo Pangestu

crazy rich Indonesia
Sumber: money.kompas.com

Peringkat crazy rich Indonesia yang kelima adalah Prajogo Pangestu yang lahir pada tanggal 13 Mei 1944. Ia merupakan salah satu pengusaha asal Indonesia yang namanya sudah dikenal oleh banyak orang. Salah satu perusahaannya yang terbesar sebelum era krisis ekonomi 1997 adalah Taipan Perkayuan.

Bisnis yang dimulai oleh Prajogo Pangestu ini dimulai sekitar akhir tahun 70-an yang di mana pada saat itu masih di bawah perusahaan Djajanti Timber Group dan akhirnya membentuk Barito Pacific. Beberapa laporan mencatat bahwa ia pernah memperoleh konsesi hutan sebesar 6 juta hektar lebih.

Meskipun operasi pemotongan kayu yang dimilikinya lebih kecil dari sebelumnya, tetapi kekayaan dari Prajogo Pangestu masih cukup banyak dan tersimpan di Tri Polyta Indonesia, Tbk yang merupakan produsen dari polypropylene terbesar di Indonesia. Kemudian, pada tanggal 13 Agustus 2019, ia diberikan anugerah Bintang Jasa Utama oleh Presiden Joko Widodo.

Pemilik PT Tri Polyta Indonesia Tbk, Prajogo Pangestu ini berada di urutan kelima sebagai orang terkaya atau crazy rich Indonesia. Dengan perusahaan produk bahan kimia terbesar di Indonesia, Sementara itu, Prajogo Pangestu berhasil berada di peringkat 471 orang terkaya dunia versi Forbes real time billionaires 2022. Adapun total kekayaan yang dimiliki oleh Prajogo Pangestu mencapai 5,3 miliar dolar AS atau 75,79 triliun rupiah.

6. Low Tuck Kwong

crazy rich Indonesia
Sumber: money.kompas.com

Posisi crazy rich Indonesia yang keenam adalah pengusaha yang bernama Low Tuck Kwong. Total kekayaan yang dimiliki oleh dirinya diperkirakan mencapai 4,1 miliar Dolar AS atau mencapai 58,63 triliun rupiah.

Nama Low Tuck Kwong ini sendiri sudah tidak asing lagi dikalangan daftar orang terkaya di Indonesia. Meskipun ia lahir di Singapura, tetapi ia sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak tahun 1992.

Low Tuck Fung lahir pada tanggal 17 April 1948. Sebelum memulai bisnisnya, ia bekerja di perusahaan konstruksi milik ayahnya, yaitu David Low Yi Ngo. Kemudian, pada tahun 1972, ia memutuskan untuk pindah ke Indonesia, dan satu tahun kemudian ia mendirikan PT Jaya Sumpiles Indonesia (JSI) yang bergerak di bidang konstruksi.

Lalu, JSI mulai mengembangkan bisnisnya ke penambangan batu bara dan juga menjadi kontraktor tambang terkemuka. Pada tahun 1992, ia berganti kewarganegaraannya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Di tahun 1997, ia membeli tambang batu bara pertamanya lewat PT Gunungbayan Pratamacoal. Lalu, di tahun 1998 lewat PT Dermaga Perkasa Pratama, ia mulai mengoperasikan suatu terminal batu bara di Balikpapan. Versi majalah Forbes, lewat pertambangan batu baranya (Bayan Resources), Low Tuck Kwong menjadi orang salah satu orang terkaya di Indonesia.

7. Theodore P Rachmat

crazy rich Indonesia
Sumber: dataindonesia.id

Theodore Permadi Rachmat atau Oei Giok Eng, lahir pada tanggal 5 Desember 1943. Ia lebih dikenal dengan nama TP Rachmat dan merupakan salah satu pengusaha terkaya di Indonesia. Pada awalnya, ia dikenal sebagai pimpinan dari perusahaan Grup Astra yang di mana perusahaan tersebut didirikan oleh pamannya, yaitu William Soeryadjaya atau Tjia Kian-Liong.

Theodore Permadi Rachmat memulai kariernya sebagai sales Astra pada tahun 1968, yang kemudian setelah lulus menjadi sales, sebagai karyawan ke-15. Lalu, pada tahun 1972, ia juga dipercaya untuk mengelola United Tractors yang merupakan anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang alat berat hingga tahun 2005.

Setelah bekerja di Astra, kemudian ia mulai mendirikan perusahaannya sendiri, yakni Triputra Group yang di mana perusahaan tersebut bergerak di bidang olahan karet, batu bara, perdagangan, agribisnis, dealership motor hingga logistik, dan manufakturing. Tidak hanya itu, ia juga membesarkan perusahaan tambang batu bara bersama Edwin Soeryadjaya (saudara sepupunya) di Kalimantan, melalui PT Adaro Energy.

Menurut majalah Forbes, Theodore Permadi Rachmat merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dan ia berada di posisi ketujuh dengan kekayaan yang dimilikinya sekitar 3,2 miliar dolar AS atau 45,76 triliun rupiah. Tidak hanya itu, ia juga memperoleh penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Jokowi tahun 2019.

8. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

crazy rich Indonesia
Sumber: biografiku.com

Eddy Kusnadi Sariaatmadja lahir pada tanggal 23 Agustus 1953 dan merupakan seorang pengusaha dan filantropi asal Indonesia. Selain itu, ia merupakan pemilik dari Elang Mahkota Teknologi dan juga sebagai pemegang saham pada beberapa perusahaan rintisan seperti Bukalapak serta Dana.

Eddy Kusnadi Sariaatmadja sendiri merupakan putra pertama dari Mohamad Soeboeb Sariaatmadja yang merupakan seorang pengusaha asal Sunda. Sementaa itu, ibunya berasal dari Palembang.
Eddy Kusnadi Sariaatmadja menyelesaikan pendidikan sarjananya di jurusan Civil Engineering, University of New South Wales, Australia pada tahun 1978. Kemudian, Eddy Kusnadi Sariaatmadja mendapatkan gelar Master pada bidang Engineering Science di Universitas yang sama pada tahun 1980.

Semua keberhasilannya di bidang teknologi membawa ia menjadi pengusaha yang cukup sukses di bidang teknologi, terutama di industri media. Ia juga menempatkan dirinya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dan kekayaan yang dimilikinya diperkirakan mencapai 3 miliar dolar AS atau sekitar 42,9 triliun rupiah.

9. Martua Sitorus

crazy rich Indonesia
Sumber: id.wikipedia.org

Nama Martua Sitorus kemudian masuk di urutan terakhir 9 besar daftar crazy rich Indonesia terbaru 2022. Founder Wilmar yang kemudian tersandung kasus dalam mafia minyak goreng itu menjadi pendatang baru di daftar 10 besar crazy rich Indonesia. Martua Sitorus juga tercatat memiliki kekayaan total senilai 2,7 miliar dolar AS atau sebanyak 38,61 triliun rupiah.

Demikian 9 daftar crazy rich Indonesia terbaru 2022 yang nyata dengan kekayaan yang sangat tajir melintir. Sebagai catatan, daftar ini sendiri bersifat real time, sehingga sangat mungkin untuk dapat berubah setiap saat. Semoga ulasan ini bermanfaat ya!

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku agar bisa menjadi pribadi yang sukses, maka bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Buku-Buku Terkait

Jurus Miliarder – Cara yang Sudah Terbukti untuk Menjadi Super Kaya

https://www.gramedia.com/products/jurus-miliarder-cara-yang-sudah-terbukti-untuk-menjadi-super-kaya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jurus-miliarder-cara-yang-sudah-terbukti-untuk-menjadi-super-kaya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Grant Cardone adalah pebisnis otodidak yang— tanpa uang, tanpa koneksi, dan tanpa gelar akademik—mendirikan dan menjalankan beberapa perusahaan yang penjualannya mencapai hampir $100 juta per tahun serta sejumlah perusahaan realestat senilai kurang lebih setengah miliar dolar, dan memiliki kekayaan bersih sembilan digit.

Cardone telah menulis lima buku terlaris New York Times, dan mengadakan lebih dari selusin program dan webinar bisnis yang sama larisnya. Dia terpilih sebagai salah satu dari 5 CEO terkemuka di dunia dan dianggap sebagai salah seorang yang paling berpengaruh dalam media sosial saat ini. Di samping komitmennya pada kewirausahaan dan keluarga, dia sangat aktif dalam berbagai aktivitas filantropis yang tahun lalu mengumpulkan lebih dari $100 juta untuk kegiatan amal.

Mindset Kaya Agen Asuransi: Jurus Anti Gagal Agen Asuransi Menjadi Kaya

https://www.gramedia.com/products/conf-mindset-kaya-agen-asuransi-jurus-anti-gagal-agen-asuransi-menjadi-kaya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Agen asuransi yang ingin mengubah hidupnya menjadi lebih baik dari sebelumnya, ia perlu memiliki mindset kaya. Buku ini akan mengungkap kekayaan potensi di dalam diri kita, yang disebut mindset kaya dan bagaimana mengubahnya menjadi perilaku yang mendukung penjualan asuransi, dalam rangka menciptakan kehidupan yang lebih bernilai.

Dalam buku Mindset Kaya ini, diungkap sembilan jenis kekayaan: Kaya Keyakinan, Kaya Nilai-Nilai, Kaya Identitas, Kaya Pendapat, Kaya Harapan, Kaya Keputusan, Kaya Sikap, Kaya Kebiasaan, dan Kaya Pola Pemikiran. Yang lebih menarik, buku ini juga dilengkapi tinjauan model bisnis agen asuransi, menanamkan mental entrepreneur, serta 27 jurus dahsyat yang praktis untuk membantu agen dalam menjual asuransi jiwa dengan berhasil.

Nak, Belajarlah tentang Uang

https://www.gramedia.com/products/nak-belajarlah-tentang-uang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/nak-belajarlah-tentang-uang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Belajar tentang uang dan ekonomi sama dengan mempelajari dasar kehidupan. Jangan menjalani kehidupan yang mengharuskanmu bergantung pada orang lain karena tidak memiliki uang. Tapi, kendalikanlah hidupmu secara mandhi. Semoga kehidupanmu bisa berdiri tegak di atas dasar pembukaan yang kokoh.—Kutipan dari Bab “Nak, Pernikahan adalah Perjanjian Menyangkut Ekonomi”

Buku adalah sajian terhangat yang bisa Ayah berikan. Buku ini berisi ketulusan hati Ayah, dengan cara mengeluarkan segala yang ada di hati Ayah sejak lama. Ayah dan ibumu lungga sekarang selalu berusaha memberikan hidangan terhangat untukmu. Demi menyajikan hidangan hangat tersebut, dengan rela kami hidup sederhana. Tetapi, hidangan tersebut hanya ada ketika karma, masih bersama orang tuamu. Ini alasan kenapa Ayah menyuruhku untuk belajar tentang ekonomi sendiri.—Kutipan dan Bab “Tetaplah Buka Matamu di Malam Hari”

50 Rahasia Mengelola Uang

https://www.gramedia.com/products/conf-50-rahasia-mengelola-uang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-50-rahasia-mengelola-uang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kunci meraih keberhasilan dan kesuksesan hidup ternyata adalah adanya tujuan hidup. Selayaknya setiap orang memiliki tujuan hidup dan salah satu tujuan itu adalah tujuan keuangan. Bisa mencukupi kebutuhan keuangan untuk membiayai hidup adalah kebanyakan tujuan keuangan yang dimiliki orang. Hanya saja. tujuan keuangan itu bersifat relatif dan bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Namun. intinya. tujuan keuangan adalah alat untuk mencapai tujuan hidup. Tujuan keuangan itu sendiri merupakan perjalanan. Mulai dari tujuan yang bersifat jangka pendek. jangka menengah dan jangka panjang. Tujuan keuangan yang hendak dicapai melalui suatu perencanaan keuangan tentu saja mesti realistis. bisa dicapai. namun menantang.

Dalam buku ini dipaparkan paling tidak ada 50 rahasia yang bisa Anda gunakan:

  1. Bagaimana memahami uang.
  2. Bagaimana merencanakan keuangan.
  3. Bagaimana menempatkan uang dalam investasi.
  4. Bagaimana mengelola utang piutang.
  5. Bagaimana mengatur anggaran khusus. Namun. Sekali

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi