in

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri Agar Hidup Lebih Menyenangkan

Pixabay.com/geralt

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri – Apakah Grameds sudah yakin menjadi diri sendiri saat ini? Dalam praktiknya, masih banyak orang yang belum benar-benar diri sendiri. Mengapa demikian? Kita kadang cenderung belum nyaman dengan diri kita sendiri, mulai dari apapun, seperti pemikiran, situasi dan kondisi, serta hal lainnya dalam diri kita.

Hal inilah yang bisa membuat kita jadi kurang percaya diri dengan segala sesuatu yang kita punya, termasuk kekurangan diri. Itulah sebabnya Grameds perlu melakukan cara menjadi diri sendiri dan percaya diri agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan menyenangkan. Atau mungkin Grameds sedang dalam situasi yang sangat rendah diri dan tidak percaya pada diri sendiri atas apa yang harus dilakukan?

Maka simak informasi bagaimana cara menjadi diri sendiri dan percaya diri berikut ini agar kamu bisa hidup lebih damai dan bahagia.

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri
Pexels.com

Grameds bisa lebih percaya diri dengan diri kamu yang apa adanya. Berikut ini beberapa cara menjadi diri sendiri dan percaya diri yang bisa Grameds terapkan.

1. Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Jika Grameds hanya meniru seseorang, mengapa kamu bisa terus melakukannya? Salah satu alasan kamu menjadi orang lain adalah karena tidak merasa bahagia dengan kehidupan yang sedang kamu jalani saat ini. Hal ini juga dapat disertai dengan perasaan malu dan ketenaran bahwa kamu tidak ingin terlihat rentan terhadap orang lain.

[algolia_carousel]

Tidak masuk akal untuk malu dengan kehidupan yang kamu jalani sekarang. Mungkin kamu bercermin untuk melihat berapa banyak kegembiraan yang kamu miliki dalam hidup. Jika kamu tidak dapat mengevaluasi hidup sebagaimana adanya, bagaimana orang lain dapat mengevaluasi kamu?

Karena itu, terimalah hidup kamu apa adanya, terima apa yang kurang, dan syukuri segala manfaatnya. Percayalah, ada kebahagiaan dan ketenangan di hadapanmu saat kamu bisa menerima dirimu apa adanya.

2. Meluangkan Waktu Mengenal Diri Sendiri

Terkadang kita sibuk memikirkan orang itu dan bagaimana menjadi mereka, dan bahkan lupa untuk mengetahui siapa diri kita sebenarnya. Sangat menyenangkan menjadi orang lain, tetapi kamu mungkin juga menjadi orang yang spesial. kamu tidak akan kalah dengan seseorang yang selalu meniru.

Luangkan beberapa waktu untuk mencari tahu siapa diri kamu dan bagaimana dirimu, apa pencapaian dan tujuan yang kamu miliki, apa yang kamu lewatkan, perjuangkan, dan korbankan. Teruslah melihat diri sendiri sampai kamu tahu siapa kamu sebenarnya. Disaat kamu sibuk berusaha menjadi orang lain, mungkin ada orang lain yang ingin menjadi dirimu yang sekarang.

3. Abaikan Semua Pendapat Buruk Orang Lain tentang Dirimu

Alasan lain yang masuk akal ingin menjadi orang lain adalah karena kamu selalu peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang kamu. Jadi mulai sekarang, berhentilah mengkhawatirkan dan memperdulikan orang lain yang memikirkan dan memikirkanmu. Berhenti mengkhawatirkan hal-hal yang tidak penting dan ceritakan kepada orang lain tentang dirimu, jangan biarkan mereka mengendalikan hidupmu.

Grameds juga bisa membaca buku berjudul Better Me: Sebuah Seni untuk Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri agar bisa lebih mudah menjalani kehidupan seperti adanya dirimu dan menjadi lebih baik lagi sesuai karaktermu. Klik link di bawah ini untuk mendapatkan bukunya.

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

4. Terima Pendapat Orang yang Peduli

Terkadang kamu tidak selalu harus mengabaikan pendapat orang lain tentang diri kamu. Secara khusus, itu bukan pendapat dari seseorang yang sudah kamu kenal, seperti keluarga, teman, atau kenalan. Orang-orang yang berharga ini biasanya tidak memiliki pendapat tentang kamu yang membuat kamu putus asa.

Sebaliknya, pendapat mereka adalah saran untuk membangun dan meningkatkan kamu.

Oleh karena itu, untuk keuntungan kamu sendiri, kamu harus mendengarkan dan menerima semua penilaian orang-orang terdekat kamu. Lebih baik mengasah diri dengan penilaian yang membangun daripada penilaian orang yang ingin mengalahkan atau iri padamu.

5. Memperhatikan Perkembangan Diri

Memperhatikan perkembangan diri adalah hal baik karena jika kamu mengabaikan perkembangan sosial, kamu akan ketinggalan kereta. Tetapi kamu tidak harus selalu mengikuti perkembangan orang lain. Saya khawatir itu hanya akan meningkatkan pujian seseorang. Salah satu alasan kamu ingin menjadi orang lain adalah karena kamu terlalu menginginkan orang itu.

6. Tidak Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti diri kamu sendiri, jika kamu memiliki kelemahan, secara alami kamu juga memiliki kelebihan. Tapi terkadang kamu justru lebih fokus pada kelemahan diri dan mengabaikan kekuatan atau kelebihanmu.

Salah satu alasan kamu tidak bisa bahagia adalah karena kamu sering membandingkan hidup kamu dengan kehidupan orang lain. kamu tidak akan berpikir membandingkan sesuatu dengan orang lain hanya akan menyebabkan kekecewaan.

7. Fokus pada Tujuan

Untuk tujuan hidup kamu akan sangat berarti, maka dalam hidup ini kita perlu memiliki tujuan hidup. Kita tentu memiliki tujuan untuk apa hidup, namun terkadang ada sesuatu yang perlu kamu putar balik, dengan kata lain tidak sesuai dengan tujuan awal kamu.

Salah satu alasan kamu tidak setuju dengan tujuan akhir adalah pengaruh orang lain. Ketika kamu melihat orang lain berhasil dengan cara kamu sendiri, kamu dapat meniru apa yang mereka lakukan untuk membantu kamu sukses.

Kamu tidak harus mengikuti jalan orang lain. kamu juga memiliki cara dan strategi sendiri untuk mencapai tujuan dan semua harapan dan impian kamu. Percayalah, jika kamu berhasil dan sukses dengan cara kamu sendiri, kesuksesan kamu jauh lebih berarti daripada jika kamu mengikuti jalan orang lain.

Klik link di bawah ini untuk membaca buku Sebuah Panduan Menjadi Diri Sendiri yang akan membantumu fokus pada tujuan yang ingin kamu capai.

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

8. Fokus pada Kebahagiaan Dirimu

Alasan berikutnya kamu benar-benar ingin menjadi orang lain adalah karena kamu mencari kebahagiaan baru. Tidak apa-apa untuk mencari kesenangan dan kebahagiaan baru, tetapi jangan pernah melupakan keberuntungan yang kamu miliki.

Cari tahu apa yang bisa membuat kamu bahagia lagi, ketika kamu terakhir tertawa bahagia, dan bagaimana kesulitan masa lalu kamu ingin bahagia. Jika kamu sudah mengetahuinya, jangan pernah meninggalkan kebahagiaan itu atau melupakannya sama sekali.

9. Sampaikan Kekuranganmu pada Orang Lain dengan Baik

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kamu perlu tahu bagaimana membuat orang menerima siapa kamu dan bagaimana menghindari kekhawatiran tentang kekuatan dan kelemahan kamu. Selalu tunjukkan kekuatan kamu kepada orang lain.

Bahkan jika seseorang yang benar-benar teman sejati maka akan menerima kamu dengan mudah kamu. Orang itu tidak peduli siapa kamu dan bagaimana kamu sebenarnya. Tetapi jika kamu benar-benar khawatir tentang pendapat orang lain tentang kekurangan kamu, kamu dapat mulai menunjukkannya dengan baik.

[algolia_carousel page=2]

10. Tunjukan Jika kamu Sudah Lebih Baik

Jika kamu memiliki masa lalu yang buruk, kamu dapat membuktikan bahwa kamu berbeda dari masa lalu. kamu tidak lagi menempel pada masa lalu. Karena sekarang kamu sangat antusias dengan masa depan. Banyak dari masa lalu yang kamu miliki. Seperti dulu, kamu meniru orang, tapi sekarang kamu bisa tampil apa adanya. Percayalah bahwa ada seseorang yang menyukai dan menerima dirimu apa adanya.

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

Cara Menjadi Lebih Percaya Diri

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri
Kompas.com

Cara menjadi diri sendiri dan percaya diri di atas bisa Grameds terapkan agar bisa hidup lebih menyenangkan dengan cara berikut ini agar semakin percaya diri dan mencintai diri sendiri.

1. Bersyukur Setiap Waktu

Mendapatkan kepercayaan diri bisa dimulai dengan membiasakan diri untuk bersyukur. Mulailah hari kamu dengan berterima kasih atas segalanya seperti kesehatan, makanan, dan kehidupan yang kamu jalani saat ini.

Percaya atau tidak, jika kita selalu bisa bersyukur, rasa percaya diri tumbuh dengan sendirinya. Saat kamu terbiasa mensyukuri segalanya, kamu akan lebih mencintai diri sendiri.

2. Mengenali Kelebihan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki kekuatan atau kelebihan dan bakatnya masing-masing. kamu perlu menemukan kelebihan tersebut dan fokus untuk mengembangkannya. Kualitas diri yang bukan tentang membual tentang diri sendiri, tetapi tentang membuat diri kamu percaya pada nilai kualitas tersebut. Misalnya, kamu suka menyanyi dan tahu bahwa suara kamu enak untuk didengarkan.

Pertajam bakat dan kelebihanmu tersebut dan biarkan orang lain melihatnya. Jika kamu manfaatnya kelebihan dan bakat tersebut maka bisa jadi membantu orang lain. Hal ini jelas akan menambah rasa percaya diri kamu. Luangkan beberapa waktu untuk melihat kembali kelebihan dan bakatmu ini.

Percayalah, jika kamu mengetahui kebaikan atau nilai positif dirimu sendiri, kamu dapat menghargai diri sendiri dan akan mempengaruhi kepercayaan diri kamu jadi lebih tinggi.

3. Fokus pada Hal Positif

Rasa percaya diri tentu tidak datang dari isi pikiran tentang hal-hal negatif. Sebaliknya, jika kamu terus berpikir positif, kamu akan lebih percaya diri dan menikmati aktivitas sehari-hari. Pikiran positif mempengaruhi suasana hati. Jadi, jika kamu selalu berpikir positif, kamu bisa melakukan apa saja tanpa beban.

Jika kita bisa mengisi pikiran kita dengan hal-hal positif, maka akan terlihat lebih segar. Bersikaplah optimis dan jangan pesimis atau negatif. Bicaralah dengan kata-kata “Aku bisa!” atau “Semuanya akan baik-baik saja.” Hal kecil seperti itu akan berdampak besar bagi kamu.

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

4. Olahraga Secara Teratur

Sekilas, tampaknya tidak ada hubungan antara olahraga dan rahasia kepercayaan diri yang tinggi. Tetapi olahraga adalah cara yang bagus untuk mencintai diri sendiri. Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan jika kita sering merasa minder karena kelebihan berat badan.

Jika kamu masih kesulitan berolahraga pada saat ini, mulailah berolahraga secara teratur. Pilih jenis olahraga yang kamu sukai sehingga kamu dapat melakukannya dengan senang hati. Tubuh yang sehat dengan berat badan ideal secara alami dapat meningkatkan rasa percaya diri.

5. Jaga Postur Tubuh yang Tegak

Teknik sederhana untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan mempertahankan postur tegak. Berdiri tegak adalah cara untuk memproyeksikan diri kamu untuk tetap percaya diri. Jaga agar tubuh kamu tetap tegak untuk memperluas aura kepercayaan diri kamu.

Jangan berdiri tegak dan tundukkan kepalamu. Postur tubuh ini ini menciptakan aura keberanian dan pengendalian diri. Ini bisa sulit jika sebelumnya kamu mengambil posisi sedikit membungkuk. Namun, jaga agar punggung tetap lurus dan biasakan melihat lurus ke depan.

6. Mengikuti Komunitas Sesuai Minat

Kepercayaan diri dapat tumbuh karena pengaruh orang-orang di sekitar kamu. Ketika kamu bergaul dengan orang-orang yang percaya diri, energi positif mereka akan digosokkan kepada kamu. Oleh karena itu, mengikuti komunitas sangat penting untuk membangun kepercayaan diri.

Semakin banyak komunitas yang kita ikuti, semakin luas relasi kita. Kini, kebiasaan bertemu orang baru bisa jadi cara menjadi diri sendiri dan percaya diri. Latihan ini membangun kepercayaan diri untuk berinteraksi dengan orang lain, karena kamu terbiasa bermain di depan banyak orang.

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

7. Memaksimalkan Kebersihan dan Penampilan Diri yang Lebih Baik

Mencintai diri sendiri bukan berarti egois untuk menyombongkan kelebihan diri atau untuk menyenangkan diri sendiri. Arti dari kepercayaan diri adalah menjaga penampilan dan kebersihan sebagai tanda bahwa kamu menghargai diri sendiri. Penampilan yang baik berpengaruh kuat dalam meningkatkan rasa percaya diri.

Misalnya, jika kamu tampil gaya dan terawat, maka seseorang bisa saja memuji kamu. Pujian itu akan memotivasi kamu untuk lebih percaya diri. Perawatan tubuh serta. Jika tubuh kamu berkeringat atau berbau tidak sedap, kamu tentu tidak bisa lega. Jadi, jagalah kebersihan diri kamu sepenuhnya agar kamu bisa percaya diri saat perlu berinteraksi dengan orang lain.

8. Memiliki Target dan Impian

Setiap orang perlu memiliki tujuan atau pencapaian dalam hidup. Cita-cita atau impian ini akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang bahwa ia akan tetap optimis untuk mencapainya nanti. Sekarang, jika kamu tidak memiliki tujuan atau impian apapun dalam hidup kamu saat ini, pikirkan sedikit tentang apa yang kamu inginkan tetapi tidak pernah tercapai.

Motivasi keinginan kamu untuk tetap percaya diri dan optimis untuk mencapainya. Tujuan dan impian datang dari diri kita sendiri. Misalnya, kamu ingin menurunkan berat badan agar lebih ideal. Nah, tujuan ini bisa membangun rasa percaya diri dan meyakinkan kamu untuk mencapai keinginan kamu.

9. Menjaga Diri Sendiri

Kompleks inferioritas seseorang dapat meniru orang lain dan mencari identitas diri. Ketika kamu belajar mencintai diri sendiri, kamu harus menjadi diri sendiri. Ingatlah bahwa kamu berharga dan kamu harus mencintai diri sendiri sebelum kamu mencintai orang lain atau orang-orang di sekitar kamu.

Yakinlah bahwa kamu asli dan tidak dapat dibandingkan dengan orang lain. Terlepas dari pemikiran orang lain, kamu harus terus tampil seperti diri kamu sendiri. Jika kamu menjadi diri sendiri dan tidak meniru identitas orang lain, kepercayaan diri kamu pasti akan meningkat seiring waktu.

Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

10. Abaikan Hal yang Bisa Mengurangi Rasa Percaya Diri

Tidak peduli seberapa baik kamu, tetap akan ada pembenci yang mencoba menjatuhkanmu. Dari body shaming hingga kritik terhadap pakaian, ada banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk merendahkan kamu. Komentar seperti itu biasa bahkan sering dianggap candaan, tapi mungkin bisa mengecilkan hati mereka yang dikritik.

Jika kamu ingin meningkatkan rasa percaya diri kamu, abaikan semua hal yang dapat mengurangi rasa percaya diri kamu. kamu tidak perlu mendengar komentar negatif dari orang lain. Teruslah mencintai diri sendiri dan percaya bahwa kamu tidak seperti yang kamu katakan.

Nah, itulah beberapa cara menjadi diri sendiri dan percaya diri yang bisa Grameds lakukan, jika ingin hidup lebih damai dan menyenangkan. Apakah Ada cara menjadi diri sendiri dan percaya diri di atas yang sudah kamu lakukan? Self love atau mencintai diri sendiri bisa jadi hal yang tidak mudah dilakukan oleh sebagian orang karena beberapa masalah dan kapasitasnya.

Kamu bisa membaca banyak referensi buku Gramedia terkait cara menjadi diri sendiri dan percaya diri di www.gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Selamat belajar, #SahabatTanpabatas!

Penulis: Lala

BACA JUGA:

  1. Pengertian Percaya Diri, Manfaat Percaya Diri & Contoh
  2. 19 Cara Meningkatkan Percaya Diri agar Berani Tampil Beda
  3. 7 Ciri-Ciri Orang yang Percaya Diri
  4. Arti, Faktor, dan Cara Meningkatkan Self Esteem
  5. Self Awareness: Kesadaran Diri dalam Memahami Kemampuan Diri
  6. Memahami Sikap Percaya Diri dan Berbagai Contoh Sikap Percaya Diri 
  7. Pengertian Konsep Diri, Komponen & Karakteristik Self Concept 
  8. Arti Insecure, Penyebab Insecure & Cara Mengatasinya
  9. Pengertian Self Love, Quotes Self Love & Cara Mencintai Diri Sendiri

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda