in ,

Cara Mengetik 10 Jari Lengkap dan Maksimalkan Waktu Bekerja-Mu!

Sumber: Pexels

Cara mengetik 10 jari – Kebutuhan informasi yang serba cepat dalam dunia digital mungkin menjadi salah satu alasan kenapa setiap orang harus bisa memiliki kemampuan untuk mengetik cepat. Bahkan, dalam dunia kerja juga diperlukan kemampuan mengetik cepat dari setiap individu yang ada lho.

Tak heran kenapa saat ini banyak proses rekrutmen yang menyediakan tes mengetik dalam jangkauan waktu tertentu untuk mengetahui tingkat kecepatan mengetik dari setiap calon karyawan. Agar bisa memiliki kecepatan mengetik di atas rata-rata kalian bisa mencoba menggunakan metode mengetik 10 jari.

Saat ini, sudah banyak orang menerapkan metode mengetik 10 jari. Hal ini tak lain karena metode ini dinilai begitu efektif untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam mengetik suatu dokumen.
Tak perlu bingung jika kalian belum tahu cara mengetik 10 jari. Sebab, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mengetik 10 jari yang mudah untuk diterapkan.

https://www.gramedia.com/products/conf-step-by-step-microsoft-excel-2010?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Teknik Dasar Mengetik 10 Jari

Sama seperti namanya, mengetik 10 jari memang benar-benar harus menggunakan 10 jari di atas papan keyboard. Pada sebuah papan keyboard terdapat beberapa kunci yang bisa dijadikan acuan peletakan jari.

Jari kiri ditempatkan pada kunci A,S,D dan F. Sedangkan untuk jari kanan akan diletakkan pada kunci J, K, L dan titik koma. Sementara itu, kedua jempol akan diposisikan pada bilah spasi. Dengan metode ini, kalian bisa menemukan posisi kunci tanpa perlu melihat papan keyboard.

Lalu, untuk jari telunjuk akan diletakkan pada tombol F dan J, yang mana pada tombol tersebut terdapat tonolan kecil. Adanya tonjolan kecil pada tombol F dan J ini akan membantu kalian untuk mempermudah meletakkan jari telunjuk di bilah kunci.

Hal ini tak lain juga karena setiap jari memiliki tugas masing-masing untuk bisa menekan bilah-bilah lain yang sudah ditentukan sebelumnya. Nah, agar kalian semakin mudah untuk mempelajari cara mengetik 10 jari, berikut adalah posisi untuk jari tangan kanan maupun tangan kiri.

Posisi Jari Tangan Kanan

Dibawah ini merupakan posisi peletakkan posisi jari tangan kanan yang bisa kalian terapkan ketika ingin mengetik menggunakan 10 jari.

Telunjuk

Jari telunjuk pada tangan kanan akan diletakkan pada tombol huruf J, H, U, Y, M, N, 7 dan 8.

Tengah

Jari tengah memiliki tugas untuk menekan huruf K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 9.

Jari Manis

Jari manis tangan kanan akan diletakkan pada huruf L, O, 0, dan titik (.).

Kelingking

Jari kelingking tangan kanan diletakkan pada tombol keyboard yang ada di sebelah kanan selain yang telah disebutkan pada penjelasan sebelumnya yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku { } / [ } , garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen), alt serta Shift dan Ctrl kanan.

Jempol

Jari jempol akan difokuskan pada spasi. Khusus untuk jari jempol akan digunakan jika salah satu dari jari kiri terakhir kali menekan tombol lainnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa prinsip kerja dari jempol tangan kanan akan dibuat bersilang dengan jempol pada tangan kiri.

Posisi Jari Tangan Kiri

Di bawah ini merupakan peletakkan posisi jari tangan kiri ketika kalian ingin menerapkan teknik mengetik 10 jari.

Telunjuk

Jari telunjuk tangan kiri memiliki fungsi untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 6 dan 5.

Tengah

Jari tengah tangan kiri akan digunakan untuk huruf D, E, C, dan angka 4.

Manis

Jari manis tangan kiri akan digunakan untuk huruf S, W, X, dan 3.

Kelingking

Sedangkan kelingking tangan kiri akan diletakkan pada huruf A, Q, Z, 1, 2, Alt dan selain yang disebutkan pada penjelasan sebelumnya, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.

Jempol

Lalu untuk jempol akan diletakan pada tombol spasi. Jika jari tangan kanan yang terakhir menekan tombol,, maka jempol kiri akan digunakan untuk menekan tombol spasi. Dengan kata lain, fungsinya tetap silang seperti pada penjelasan sebelumnya.

Cara Mengetik 10 Jari Bagi Para Pemula

cara mengetik 10 jari
Sumber: Pixabay

Tak hanya mengetahui peletakkan jari kedua tangan di atas papan keyboard saja. Kalian juga wajib tahu apa saja dan bagaimana cara atau tips yang diperlukan untuk melatih tangan mengetik 10 jari. Berikut ini adalah beberapa tips mudah mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah.

1. Fokus Pada Penempatan Jari

Tips pertama untuk bisa mengetik 10 jari dengan cepat adalah fokus terhadap penempatan jari. Teknik ini bisa kalian gunakan untuk meningkatkan kecepatan serta akurasi dalam proses mengetik. Selain itu, posisi tangan dan penempatan jari juga harus bisa tepat jika memang kalian ingin memulai meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.

2. Mencoba Untuk Tidak Melihat Keyboard

Tips yang berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah mencoba untuk tidak melihat papan keyboard ketika mengetik. Hal ini pada awalnya mungkin akan menimbulkan banyak kesalahan. Namun, seiring berjalannya waktu,, kalian bisa lebih mudah untuk meningkatkan kecepatan, akurasi pengetikan serta keterampilan mengetik pribadi.

3. Terus Berlatih

Setelah bisa memulai dengan mengetik tanpa melihat papan keyboard serta peletakan jari sudah benar pada posisinya. Langkah berikutnya adalah kalian hanya tinggal berlatih secara terus-menerus. Akan terasa percuma jika kalian sudah memiliki pondasi mengetik 10 jari jika tidak diimbangi dengan latihan yang rutin.

Pada dasarnya, rutinitas mengetik sebagian besar bergantung pada memori otot. Selain itu, otot-otot tersebut juga memerlukan waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan teknik baru.

Tentunya, semakin banyak kalian berlatih, maka kemampuan, kecepatan, ketrampilan serta akurasi mengetik 10 jari juga akan semakin handal. Jadi, jangan pernah ragu untuk berlatih, Grameds.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengetik adalah postur duduk. Dimana pada saat duduk ketika ingin mengetik usahakan punggung lurus serta bagian kaki sedikit terpisah dan telapak kaki rata dengan tanah.

Selain itu, pergelangan tangan juga harus diposisikan sedemikian rupa agar jari-jari bisa menutupi papan keyboard. Lalu, posisi kepala sedikit dimiringkan agar kalian bisa melihat layar dengan benar.

5. Pelajari Tombol Shortcut

Pada sistem operasi windows biasanya ada tombol-tombol tertentu yang ketika dikombinasikan akan menjadi jalan pintas dalam melakukan aktivitas apapun terutama ketika menggunakan papan keyboard. Akan lebih baik, jika kalian juga mulai mempelajari, mempraktekkan dan menghafalkan setiap tombol shortcut yang ada. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kalian yang ingin lebih cepat.

6. Belajar Melalui Aplikasi

Saat ini, ada beberapa aplikasi yang secara khusus bisa kalian jadikan metode belajar mengetik cepat. Tentunya kalian bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mempercepat proses mengetik.

7. Tetapkan Tujuan Pribadi

Selanjutnya, tentukan tujuan, baik itu jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Berlatih mengetik lebih cepat setiap hari memang memungkinkan bagi kalian untuk bisa lebih maju. Akan tetapi, bagaimana kalian akan tahu kemajuan apa yang didapatkan setelah berlatih mengetik lebih cepat selama satu minggu atau lebih. Tentunya, kalian perlu menetapkan tujuan yang lebih realistis, tetapi juga menantang.

Sebelum melakukan sesi latihan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan utamanya. Selain itu, tentukan juga beberapa sasaran sekunder. Kalian bisa menentukan tujuan utama, yaitu untuk menekan tombol apa saja pada bagian baris atas, sebanyak 20 kali secara berturut-turut serta tanpa perlu melihat papan keyboard.

Ketika kalian sudah bisa mencapai sasaran, maka kalian bisa menilai dengan baik kemajuan apa saja yang didapatkan setiap minggunya. Saran terakhir, tentunya menjadi lebih kreatif dalam menetapkan tujuan akhir, kalian bisa mencoba untuk mengurusnya sesulit mungkin walaupun pada saat itu juga membutuhkan suatu kerja ekstra.

Itulah beberapa cara mengetik 10 jari yang bisa kalian terapkan secara pribadi. Setelah mengetahui cara mengetik 10 jari dengan cepat, apakah Grameds mulai tertarik untuk mencobanya?

Kumpulan Tombol Shortcut

cara mengetik 10 jari
Sumber: Pixabay

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika ada beberapa tombol shortcut yang bisa digunakan. Sampai saat ini, keberadaan tombol shortcut memang bisa membantu sekali ketika digunakan. Bahkan, banyak orang yang sudah terbiasa menggunakan tombol shortcut untuk mempersingkat waktu dan lebih menghemat tenaga.

Tentunya, jika kalian ingin lebih cepat dalam mengetik cepat, maka kalian wajib banget untuk mengetahui, mempelajari, mempraktikkan serta menghafalkan setiap shortcut yang ada. Di bawah ini adalah beberapa shortcut yang bisa kalian gunakan.

  1. Ctrl + C = Copy
  2. Ctrl + X = Cut
  3. Ctrl + V = Paste
  4. Ctrl + Z = Undo
  5. Ctrl + S = Save
  6. Ctrl + F = Pencarian kata
  7. Ctrl + A = Highlight semuanya
  8. Shift + Panah Kanan atau Kiri = Highlight huruf di sebelahnya
  9. Ctrl + Shift + Panah Kanan atau Kiri = Highlight kata di sebelahnya
  10. Ctrl + Panah Kanan atau Kiri = Memindahkan kursor ke kata di sebelahnya tanpa highlight
  11. Home = Menuju ke awal baris
  12. End = Menuju ke akhir baris
  13. Page Up = Scroll up
  14. Page Down = Scroll down
  15. Alt + Tab = Berpindah ke jendela selanjutnya
  16. Alt + Shift + Tab = Berpindah ke jendela sebelumnya
  17. Alt + F4 = Menutup jendela yang sedang dibuka

Tombol Shortcut Saat Memakai Browser

Lalu, masih ada lagi beberapa tombol shortcut yang bisa kalian coba ketika menggunakan browser. Di bawah ini adalah beberapa shortcut yang bisa kalian pelajari dan coba ketika menggunakan browser.

  1. Ctrl + Tab = Berpindah ke tab selanjutnya
  2. Ctrl + Shift + Tab = Berpindah ke tab sebelumnya
  3. Ctrl + T = Membuka tab baruCtrl + W = Menutup tab yang sedang dibuka
  4. Ctrl + Shift + T = Membuka tab yang baru saja ditutup
  5. Ctrl + R = Merefresh halaman
  6. Ctrl + N = Membuka jendela browser yang baru
  7. Backspace = Kembali ke halaman sebelumnya
  8. Shift + Backspace = Maju ke halaman setelahnya

Itulah beberapa tombol shortcut yang bisa kalian coba secara pribadi dan tentunya akan sangat membantu dalam proses pengetikan dokumen apapun.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Belajar Mengetik 10 Jari dengan Cepat

Setelah mengetahui cara mengetik 10 jari dengan cepat serta beberapa tombol shortcut. Berikutnya, kalian bisa banget mencoba untuk melakukan latihan mengetik dengan bantuan sebuah aplikasi. Beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantu kalian dalam proses pengetikan adalah sebagai berikut ini.

1. Typing.com

Typing.com merupakan aplikasi yang bisa kalian gunakan sebagai media berlatih mengetik 10 jari. Namun, sebelum itu perlu diketahui juga jika dalam menggunakan typing.com harus tetap tersambung dengan layanan internet.

Banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh typing.com. Mulai dari fitur gratis yang bisa diakses secara bebas dan fitur berbayar yang hanya bisa diakses oleh mereka yang berlangganan typing.com.

2. Slimekids.com

Berikutnya aplikasi slimekids.com yang juga bisa kalian gunakan untuk belajar mengetik cepat. Aplikasi ini memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi anak-anak bisa benget nih. Kalian bisa menggunakan website slimekids.

Tak hanya memberikan dukungan fitur untuk belajar mengetik, tetapi website slimekids juga memberikan layanan games yang mudah dipahami oleh anak-anak, sehingga anak-anak tidak akan cepat bosan ketika belajar mengetik cepat. Dengan begitu, baik orang dewasa atau anak-anak bisa mencoba menggunakan slimekids.com.

3. Ultrakey.com

Ultrakey.com juga bisa dijadikan sebagai media berlatih mengetik bagi anak-anak. Namun, perlu diketahui bahwa ultrakey.com hanya memberikan fitur belajar mengetik tanpa ada dukungan layanan gim.

Dengan begitu, anak akan lebih fokus dalam belajar mengetik dan tentunya kemampuan mengetik yang dimiliki oleh sang anak juga bisa lebih mudah meningkat seiring berjalannya waktu.

4. Typingtutor-online.com

Terakhir, ada situs typingtutor-online.com yang juga bisa kalian jadikan media andalan dalam proses belajar mengetik 10 jari. Pada dasarnya, pada typingtutor-online.com tidak akan memberikan pejelasan petunjuk jari secara langsung.

Dimana nantinya petunjuk tentang peletakan jari dan tips lainnya akan diarahkan ke link lainnya. Ketika kalian memutuskan menggunakan typingtutor-online.com sebagai media berlatih, tentunya kalian akan lebih banyak menemukan kejutan di dalamnya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi atau website yang bisa kalian gunakan untuk belajar mengetik 10 jari. Tidak ada salahnya lho jika kalian memang ingin belajar mengetik 10 jari dengan bantuan aplikasi atau website tertentu. Lalu,tertarik untuk mencoba situs-situs belajar mengetik 10 jari yang telah disebutkan di atas?

Manfaat Memiliki Kemampuan Mengetik 10 Jari

 

Setelah mengetahui seluruh hal yang mendukung peningkatan kemampuan mengetik 10 jari. Pembahasan terakhir yang akan kita pelajari bersama adalah manfaat dari memiliki kemampuan mengetik 10 jari.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika memiliki kemampuan mengetik 10 jari.

1. Pekerjaan Bisa Selesai Lebih Cepat

Manfaat yang pertama tentunya adalah pekerjaan yang bisa lebih cepat terselesaikan. Dimana ketika kalian memiliki kemampuan mengetik 10 jari, maka gerakan jarimu ketika mengetik juga akan lebih cepat.

Hal ini tak lain karena setiap jari sudah memiliki area ketikannya tersendiri. Dengan kata lain, mengetik 10 jari bisa terhindari dari adanya jari yang tumpang tindih dan tentunya waktu yang dibutuhkan juga lebih efisien.

2. Lebih Cepat Beristirahat

Ketika pekerjaan cepat selesai tentunya kalian juga akan semakin cepat beristirahat. Tak heran jika saat ini banyak orang mulai memilih mengetik dengan kemampuan 10 jari karena memang waktu yang dibutuhkan lebih efisien dan badan juga bisa lebih cepat beristirahat.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Tak bisa dipungkiri ketika kita sudah memiliki kemampuan mengetik 10 jari, biasanya kita akan lebih fokus. Dimana nantinya mata kita memiliki titik fokus terhadap layar komputer maupun laptop ketika 10 jari sedang sibuk mengetik, sehingga apabila ada kesalahan dalam penulisan akan cepat diperbaiki.

4. Melatih Daya Pikir

Siapa sangka memiliki kemampuan mengetik 10 jari adalah salah satu metode untuk menguatkan daya pikir. Dimana nantinya pikiran kalian akan menghafalkan tata letak huruf maupun simbol yang ada di papan keyboard.

https://www.gramedia.com/products/conf-tips-microsoft-word-untuk-perkantoran?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah rangkuman tentang cara mengetik 10 jari yang bisa kalian terapkan secara pribadi. Bagi Grameds yang ingin belajar tentang komputer, maka bisa mencari dan mendapatkan bukunya di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi