in , ,

Perbedaan Google Meet dan Zoom Meeting, Mana Yang Lebih Baik?

Perbandingan Google Meet dan Zoom – Aplikasi Google Meet adalah sebuah aplikasi video conference atau disebut sebagai meeting online. Aplikasi ini merupakan salah satu produk buatan Google sebagai layanan komunikasi video yang telah dikembangkan oleh Google.

Aplikasi Google Meet merupakan salah satu aplikasi terbaru dimana versi sebelumnya adalah Google Chat dan Google Hangouts. Aplikasi ini dinilai lebih kuat dibandingkan dengan Google Hangout versi sebelumnya, karena Google Meet dapat diakses di aplikasi Android dan iOS serta dapat diakses menggunakan aplikasi web.

Secara umum Google Meet digunakan bagi orang atau kelompok yang sedang terjun di dunia bisnis. Namun, bagi yang tidak terjun di dunia bisnis dapat menggunakan juga, terutama untuk proses pembelajaran daring. Penggunaan Google Meet ini sangat mudah sehingga fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi ini juga tersedia gratis, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya

Sementara itu, aplikasi Zoom adalah layanan video conference dimana pengguna dapat melakukan obrolan daring dengan memanfaatkan teknologi cloud computer serta keamanan 256-bit TLS encryption.

Adanya Zoom, pengguna dapat saling terhubung, meeting, webinar, chatting hingga melakukan diskusi dalam sebuah Channel. Aplikasi ini juga menjadi alternatif untuk belajar dan bekerja dari jarak jauh baik organisasi maupun lembaga.

Di masa pandemi sekarang ini, banyak kegiatan yang dilakukan secara online. Sehingga banyak aplikasi online yang mengalami peningkatan fantastis. Zoom merupakan aplikasi komunikasi yang menggunakan video dan dapat digunakan di berbagai perangkat.

Aplikasi ini digunakan untuk melakukan tatap muka jarak jauh dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Pengguna Zoom dapat melangsungkan meeting, chatting, webinar hingga diskusi skala besar melalui Zoom Meeting ini.

Begitu juga dengan kegiatan proses belajar para pelajar dan kegiatan perkuliahan yang memanfaatkan Zoom Meeting sebagai fasiltas pengajaran, melalui fitur-fitur yang dimiliki baik untuk presentasi, ujian hingga menjelaskan materi. Platform online ini mempunyai kualitas video serta audio setingkat HD atau High Definition. Keamanan yang diperketat menggunakan end to-end encryption dan pelindungan kata sandi yang aman

Selain itu, adanya fitur rekaman dan transkip. Pengguna dapat langsung menyimpan rekaman meeting. Jadi, bagi peserta yang tidak dapat bergabung dalam meeting tetap bisa melihat hasilnya atau agenda sebelumnya. Nah, jadi tidak ada yang ketinggalan informasi ‘bukan?

Google Meet dan Zoom adalah salah satu apliasi video yang cukup popular. Meskipun fungsinya sama tetapi ada beberapa perbedaan diantara keduanya

https://www.pexels.com/

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Kelebihan Google Meet :

1. User Interface yang menarik

Aplikasi ini mempunyai tampilan antar muka yang menarik, unik serta fungsional. Google Meet juga memiliki ukuran yang ringan sehingga penggunaan akan menjadi lebih cepat serta efisien pengelolaan aplikasinya.

Aplikasi ini unik dan fungsional dengan ukuran ringan serta cepat dan mengedepankan pengelolaan yang efisien sehingga mudah dilakukan.

Sering disebut user friendly karena aplikasi ini sangat mudah digunakan apalagi jika seorang pemula yang baru menggunakan aplikasi Google Meet tidak akan merasa kesulitan.

2. Memberikan kemudahan bagi para pekerja

Aplikasi ini sangat membantu para pekerja atau karyawan, terutama yang sedang terjun di dunia bisnis atau usaha, tentunya akan mempermudah serta memperlancar pekerjaan.

Selain itu, aplikasi ini dapat membantu para pekerja serta karyawan untuk tetap melakukan rapat dimana mereka berada menggunakan video call.

3. Terintegrasi dengan Google Calender

Aplikasi ini terintegrasi dengan Google Calender, sehingga dapat mengetahui agenda secara cepat dan detail. Pengguna juga dapat melakukan panggilan rapat dengan satu kali klik.

4. Dapat diakses di semua platform

Aplikasi ini dapat digunakan dan diakses menggunakan PC atau desktop ataupun perangkat seluler dengan sistem android atau iOS. Selain itu, link aplikasi ini juga dapat diakses kapan pun dan dimana pun.

5. Terdapat fitur teks langsung

Saat sedang melakukan percakapan online, aplikasi Google Meet nantinya dapat memunculkan teks percakapan di layar.

tombol beli buku

Kekurangan Google Meet :

1. Pilihan paket berbayar

Aplikasi ini tersedia gratis namun hanya mampu melakukan panggilan video sebanyak 30 peserta. Jadi, apabila melakukan video call dengan jumlah lebih dari 30 peserta, maka pengguna harus membeli paketnya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Paket yang ditawarkan mulai Rp 94.446 perbulan dan dapat mengundang hingga 100 orang peserta untuk bergabung.

2. Tidak dapat mengubah layar background

Aplikasi Google Meet belum bisa mengubah background dengan latar belakang virtual untuk mengatur gambar ataupun video sesuai dengan keinginan saat rapat berlangsung.

Google Meet ini juga belum mempunyai fitur Touch Up My Appearance yang merupakan fitur untuk manghaluskan kulit supaya tampilan peserta terlihat lebih baik saat melakukan video call.

3. Internet harus stabil

Melalui adanya layanan video conference, maka Google Meet juga membutuhkan jaringan internet yang stabil supaya video yang ditampilkan dapat berkualitas bagus.

tombol beli buku

Fitur – Fitur Google Meet 

Banyak fitur yang tersedia di Google Meet, antara lain sebagai berikut :

1. Mute mikrofon, menyematkan video dan mengirimkan pertanyaan

Fitur ini untuk mengetahui cara mematikan mikrofon ataupun video. Hal ini saat membuat suasana Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ menjadi kondusif, apalagi jika guru sedang menjelaskan.

Untuk mematikan video atau mikrofon cukup klik kedua ikon tersebut yang berada di sebelah kiri bawah tampilan utama Google Meet hingga berubah menjadi merah.

Apabila ingin menanyakan sesuatu kepada guru, maka bisa klik ikon “chat” yang berada di toolbar pojok kanan bawah tampilan utama Google Meet.

2. Memburamkan latar belakang video

Fitur ini berguna saat siswa diwajibkan menyalakan video tetapi lokasinya sedang terlihat tidak kondusif atau tidak rapi.

Untuk memburamkan latar belakang klik ikon “tiga titik” yang berada di tengah bawah tampilan utama Google Meet dan pilih Change Background. Kemudian pilih opsi Blue Your Background di jendela pop-up yang muncul.

3. Menggunakan papan tulis dan presentasi materi

Fitur ini memunculkan papan tulis virtual untuk menulis ataupun memeragakan sesuai di atas papan tulis. Present merupakan fitur untuk mempresentasikan layar computer atau sebuah materi yang berbentuk presentasi powerpoint, makalah, gambar dan lain sebagainya.

4. Menghemat kuota

Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ biasanya memakan kuota internet tidak sedikit. Namun dengan adanya Google Meet, dapat menghemat pemakaian data sehingga kondisi kantong tetap aman

Untuk menghemat kuota cukup klik ikon “tiga titik” yang terletak di tengah bawah tampilan utama Google Meet. Kemudian pilih opsi “Setting” dan klik ikon video di jendela pop-up yang muncul.

Selain fitur diatas, ada beberapa fitur lain yang dapat diandalkan dari Google Meet yaitu :

  • Dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 orang bagi pengguna G Suite Business dan 260 orang per meeting untuk pengguna yang membeli G Suite Enterprise.
  • Memiliki kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau melalui aplikasi yang telah di install oleh pengguna smartphone Android maupun iOS.
  • Mempunyai kemampuan melakukan rapat online dengan nomor dial-in.
  • Apabila pengguna edisi G Suite Enterprise menggunakan nomor dial-in, maka kata sandi atau password pengguna akan terlindungi.
  • Integrasi dengan Google Calender guna melakukan panggilan rapat dapat diklik satu kali.
  • Berbagi layar yang menyajikan dokumen, presentasi ataupun spreadsheet.
  • Panggilan terenkripsi di antara semua pengguna.
  • Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya Al.

 

tombol beli buku

Kelebihan dan Kekurangan aplikasi Zoom Meeting

https://www.pexels.com/

Kelebihan Zoom Meeting :

1. Mempunyai kualitas yang bagus

Zoom mempunyai kualitas baik audio maupun video yang bagus serta mumpuni. Selain itu, zoom meting juga dapat menampung sekitar 1000 peserta dengan 49 video yang terpampang di layar.

2. Mempunyai fitur untuk merekam video

Aplikasi ini dapat merekam aktivitas kita selama menggunakan Zoom meeting. Saat kita sedang melakukan video conference otomatis akan terekam dan tersimpan dalam akun cloud.

3. Terdapat fitur jadwal

Fitur dalam aplikasi zoom meeting adalah fitur penjadwalan yang sekaligus dapat digunakan sebagai pengingat. Hal tersebut tentu saja berguna supaya dapat melakukan penjadwalan pertemuan-pertemuan dalam zoom yang akan datang.

4. Menyediakan obrolan tim

Aplikasi zoom menyediakan fitur obrolan langsung atau fitur chat yang dapat dimanfaatkan tim untuk mengobrol, berbagi file dan berbagi arsip sesama anggota.

Kekurangan Zoom Meeting :

1. Boros internet

Zoom meeting mempunya kualitas audio dan video yang baik, tetapi dampak negatifnya yaitu harus banyak mengeluarkan paket data. Semakin bagus kualitas video, maka semakin boros pula data internet yang digunakan.

2. Enkripsi data dipertanyakan

Aplikasi zoom masih menggunakan TSL (Transport Layer Security) yang rentan terhadap penyadapan serta pencurian informasi, sehingga akan banyak kemungkinan terjadinya kebocoran data.

3. Ancaman komputer zombie

Pengguna Zoom juga berisiko terjadinya komputer zombie karena aplikasi ini menjadi jembatan antara hacker dengan komputer pengguna untuk menginstall malware.

tombol beli buku

Fitur di Aplikasi Zoom

Banyak fitur yang tersedia pada aplikasi Zoom, diantaranya :

  • Video dan Audio HD

Tidak perlu khawatir akan kualitas gambar dan suara yang dihasilkan apabila menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi Zoom telah didukung oleh kualitas High Definition atau HD.

  • Alat Kolaborasi Bawaan

Pengguna dapat berbagi layar secara bersama-sama serta ikut menulis catatan penting dari hasil rapat untuk pertemuan yang lebih interaktif dengan alat kolaborasi bawaan.

  • Keamanan

Adanya fitur end-to-end encryption yang digunakan seluruh peserta rapat melalui aplikasi Zoom membuat keamanan para pengguna tidak perlu diragukan lagi. Keamanan tambahan juga diperoleh dari kata sandi.

  • Rekaman dan Transkip

Peserta rapat dapat merekam rapat dan menyimpan hasil diperangkat masing-masing.

  • Fitur penjadwalan

Aplikasi ini menggunakan penjadwalan terhadap video conference yang akan dilakukan melalui akun Outlook, Gmail dan iCal yang dimiliki.

  • Obrolan Tim

Akan lebih mudah jika dapat mengobrol dengan tim. Selain itu juga dapat menemukan riwayat percakapan, berbagi file dan data dapat tersimpan selama 10 tahun. Fitur ini juga memudahkan peserta melakukan panggilan grup.

tombol beli buku

Tips Menjaga Keamanan Zoom Meeting:

  1. Selalu perbarui aplikasi zoom baik di PC maupun HP.
  2. Jangan samakan password Zoom dengan password yang lain.
  3. Gunakan antivirus berbayar untuk komputer.
  4. Perhatikan baik-baik website resmi Zoom yaitu zoom.us
  5. Jangan nyalakan kamera atau microfon apabila tidak sedang diperlukan.
  6. Menunjukkan mengenai lokasi saat mengikuti meeting.

Yang Harus Dilakukan Ketika Menggunakan Aplikasi video Conference,

  • Selalu lakukan pembaruan aplikasi zoom baik di smartphone, komputer maupun laptop.
  • Bedakan password untuk akun zoom, jangan samakan dengan akun lain.
  • Apabila menggunakan laptop atau computer maka gunakan antivirus yang berbayar.
  • Perhatikan nama website resmi dari Zoom yaitu zoom.us, selain itu jangan dibuka.
  • Menyalakan kamera dan mikrofon saat dibutuhkan saja.
  • Metikan lokasi ketika sedang mengikuti meeting, bila perlu menggunakan fitur Virtual Background.

tombol beli buku

Perbedaan Aplikasi Google Meet dan Aplikasi Zoom

Berikut ini perbedaan aplikasi Google Meet dan Zoom sebagai berikut :

1. Ukuran dari Konferensi Video

Secara umum, Google Meet dinilai lebih cocok untuk melakukan rapat dalam waktu cepat. Sedangkan Zoom lebih ditujukan untuk mengadakan dengan jumlah yang lebih banyak.

Google Meet mendukung jumlah peserta hingga 250 peserta, sementara Zoom digunakan kurang lebih 500 peserta. Namun, keduanya sangat memudahkan para pengguna untuk membuat ruang meeting secara online.

2. Tampilan yang Mudah “Ditemukan”

Google Meet mempunyai penampilan antar muka yang cukup berantakan dibandingkan dengan Zoom. Para pengguna pemula mungkin akan merasa kebingungan menemukan fitur tersebut. Jika menggunakan smartphone dengan ukuran yang lebih kecil, maka fitur akan sulit ditemukan.

Sedangkan pada aplikasi Zoom, maka tatap muka akan lebih mudah untuk ditemukan. Aplikasi Zoom sendiri mempunyai fitur dengan tatap muka yang sederhana dan mudah mengingat lokasi fitur tatap muka.

3. Kemampuan Durasi Waktu Merekam

Durasi pada Google Meet akan lebih panjang dibandingkan dengan Zoom. Aplikasi Google Meet menyediakan waktu konferensi video hingga 60 menit, tetapi aplikasi Zoom hanya 40 menit saja.

Kemampuan melakukan konferensi video merupakan gratis karena sudah disediakan. Tetapi apabila menggunakan aplikasi berbayar, maka durasi akan lebih lama. Google Meet hanya menyediakan beragam fitur tersebut selama beberapa bulan saja, apabila periode gratis sudah habis, maka diharuskan untuk membayar.

Selanjutnya, dalam aplikasi Google Meet apabila hendak mengakses semua fitur yang ada di Google Meet secara bebas maka harus mulai berlangganan G Suite. 

Namun dalam aplikasi Zoom akan tetap menyediakan fitur merekam dalam bentuk video maupun audio secara gratis.

4. Perbedaan Fitur dari Masing Masing Aplikasi

Aplikasi Zoom dapat mencegah beberapa orang untuk berbicara pada saat yang sama. Contohnya dalam hal pertemuan, akan banyak pertanyaan yang diajukan. Maka nantinya, host dapat memanfaatkan fitur Zoom serta memberikan kesempatan bertanya kepada peserta lain.

Aplikasi Zoom dinilai mempunyai banyak fitur unggulan di dalamnya. Aplikasi ini sangat memungkinkan apabila ingin mengganti latar gambar ataupun video agar lebih menarik dan unik.

Berbeda dengan Google Meet yang tidak mempunyai fitur seperti menghaluskan kulit, membuat terlihat cantik dan rapi, sehingga dapat disebut bahwa aplikasi ini lebih mengunggulkan kesederhanaan.

Meskipun keduanya berbeda, tetapi Baik Google Meet dan Zoom tetap mempunyai keunggulan fitur yang dapat memudahkan para penggunanya. Apabila ingin menggunakan aplikasi video konferensi dengan jumlah banyak maka lebih baik menggunakan Zoom.

tombol beli buku

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian, manfaat dan perbedaan Google Meet dan Zoom Meeting. Meskipun keduanya memiliki perbedaan fitur, tetapi jika melihat dari segi manfaat, keduanya tetap berperan besar dalam proses meeting hingga pembelajaran, terutama pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Penulis: Rosyda Fauziyah

Baca Juga:

  1. Tips Belajar Daring
  2. Apa Itu Hybrid Learning?
  3. Cara Menggunakan Zoom Meeting
  4. Siapa Penemu Google?
  5. Rekomendasi Buku Rumus Matematika Anak Sekolah
  6. Koleksi Kata-Kata Motivasi Belajar

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum