in

Mudah! Simak Cara Membuat Google Drive

Cara membuat Google Drive – Di era yang semakin canggih ini, banyak orang ingin cepat dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya, salah satunya banyak orang yang menggunakan fitur google drive untuk menyimpan serta berbagi ke pengguna lain.

Google drive sendiri adalah salah satu media penyimpanan online atau daring, yang mana fungsinya dapat menyimpan maupun membagikan berbagai macam file dengan mudah, praktis, serta aman tentunya.

Google Drive memiliki banyak fitur yang membuat bekerja dengan file lebih mudah dan cepat dari sebelumnya. Dengan menggunakan Google Drive, maka kamu bisa melakukan banyak hal, seperti melakukan pengeditan dokumen secara bersamaan dan waktu yang sama, memberikan komentar terhadap suatu dokumen, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, tampilan dan cara kerja dari Google Drive ini hampir sama dengan Google Photos dan juga Gmail. Dengan Google Drive ini, kamu bisa membuat folder baru yang kemudian dipindahkan ke folder lainnya. Oleh sebab itu, dalam satu akun Google Drive, kamu bisa membuat beberapa folder.

Dokumen yang sudah dibuat bisa diedit secara langsung dan juga bisa diunduh terlebih dahulu Jika diedit secara langsung, maka kamu membutuhkan jaringan internet, dan barulah bisa mengedit isi dokumen tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Google Drive hingga cara membuatnya. Jadi, tunggu apalagi tetap simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Google Drive

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, google drive ini adalah salah satu media penyimpanan online yang dikembangkan oleh platform google itu sendiri, yang mana fitur-fitur di dalamnya sangat efisien dan praktis bagi penggunanya.

Google Drive adalah layanan penyimpanan online atau daring dan gratis, yang dikembangkan oleh platform Google. Layanan storage ini diluncurkan sekitar April 2012 dan dapat digunakan untuk umum pada 28 Mei 2012.

Karena manfaat dari google drive ini sangat banyak, maka tak heran jika platform satu ini banyak diminati berbagai kalangan, umum, pekerja kantoran, bisnis, maupun mahasiswa. Kamu juga bisa menyimpan berbagai file seperti dokumen, foto, hingga video dengan aman di google drive ini.

Pernahkah kita, ketika misalnya sedang melakukan presentasi atau hal lainnya, tiba-tiba file yang ingin kita gunakan untuk presentasi  tidak terbawa, entah itu masih tertinggal di komputer ataupun laptop.

Atau mungkin kita pernah kehilangan file-file penting yang tersimpan di laptop atau smartphone kita karena rusak atau lain hal. Misalnya foto kenangan masa kecil, file tugas sekolah atau bahkan file skripsi sehingga menyebabkan kita harus menyusun ulang skripsi, pasti akan sangat melelahkan.

Layanan google drive ini juga dapat kamu gunakan secara gratis tanpa harus membayar biaya apapun lho…

Akan tetapi, Google Drive juga menyediakan layanan berbayar bagi penggunanya untuk dapat menikmati fitur yang lebih luas lagi tentunya.

Dengan layanan gratis yang diberikan oleh Google Drive ini, kamu hanya bisa menyimpan berbagai macam file sampai 15 GB saja. Sedangkan dengan layanan yang berbayar, kamu bisa menyimpan file atau dokumen hingga 100 GB atau sampai 2 TB.

Manfaat Menggunakan Google Drive

Setelah mengetahui tentang Google Drive, maka pada pembahasan ini, kita akan membahas tentang manfaat menggunakan Google Drive. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan Google Drive yang perlu kamu tahu.

1. Media Penyimpanan dan Berbagi File

Aplikasi google drive ini memang jadi salah satu media penyimpanan yang lengkap dan aman, kamu bisa menyimpan file atau dokumen penting, foto, bahkan video di google drive ini.

Selain itu, google drive juga bisa berbagi file dengan ukuran besar, kamu juga bisa membagikan file dan mengundang pengguna lain untuk melihat, berkomentar, atau mengedit file yang kamu pilih.

2. Backup atau Mencadangkan Data

Aplikasi google drive ini secara otomatis akan tersinkron dengan layanan google lainnya, seperti Gmail, Hangouts, Google Contacts, Google Photos, dan masih banyak lagi, bahkan sekarang WhatsApp pun memungkinkan penggunanya untuk membackup seluruh data di akunnya di Google Drive ini.

Jadi, jika perangkat komputer atau smartphone kamu rusak dan harus direset ulang, maka di google drive ini kamu bisa membackup semua data dan file dengan aman tanpa harus menggunakan flashdisk.

3. Media Menyimpan Link dan History

Fitur lain yang jarang banyak orang tahu adalah adanya fitur menyimpan link tertentu di Google Drive. Jika biasanya kamu melakukan copy paste sebuah link yang diinginkan di aplikasi catatan, baik di smartphone maupun di komputer. Tapi, kali ini kamu dapat menggunakan layanan dari Google Drive ini.

Google Drive juga berfungsi untuk menyimpan link sebuah situs untuk dibaca kemudian hari. Jadi, kamu tak perlu repot lagi untuk mengcopy pastenya di dalam suatu catatan. Hal ini karena Google Drive bisa menyimpan beberapa link penting.

4. Mencadangkan Chat WhatsApp

Saat ini, bisa dibilang kalau WhatsApp adalah aplikasi kirim pesan yang sangat penting, baik dalam percakapan sehari-hari atau dalam dunia kerja. Banyak pesan atau chat yang ada di dalam aplikasi ini, bahan ada juga beberapa chat penting.

Meski begitu, berkat kehadiran Google Drive tak perlu khawatir lagi karena chat-chat tersebut bisa tersimpan secara otomatis di Google Drive dan pastinya akan tersimpan dengan aman. Dengan begitu, tidak perlu cemas kalau chat akan terhapus.

Oleh sebab itu, tidak salah lagi kalau Google Drive bisa dibilang menjadi media penyimpanan yang disukai oleh banyak orang. Google Drive memiliki berbagai fungsi yang bisa digunakan baik untuk urusan personal, pekerjaan, bahkan menyimpan file bisnis.

Google drive juga dapat digunakan sebagai  file cadangan untuk komputer, laptop dan smartphone kamu. Layanan yang satu ini juga bisa digunakan sebagai backup akun Whatsapp kamu. Ini berarti kamu dapat mencadangkan obrolan dan media WhatsApp ke akun Google Drive kamu. Jadi tentu saja jika kamu mengganti ponsel atau ponsel kamu rusak, secara otomatis akan  ditransfer dan dicadangkan melalui Google Drive sehingga kamu tidak akan kehilangan riwayat obrolan atau media Whatsapp lainnya.

5. Punya Fitur OCR

Google drive juga punya fitur yang namanya Optical character recognition (OCR) yang merupakan fitur yang berfungsi untuk mengenali sebuah kata atau ekspresi pada file yang di-scan dan disimpan di Google Drive. Misalnya saja jika kamu ingin mencari nama sebuah kota pada sebuah halaman majalah yang kamu scan dan disimpan dalam Drive.

6. Fitur Obrolan atau Berkomentar

Tak hanya mengakses file, kamu juga bisa terhubung dengan orang lain lewat obrolan langsung dalam spreadaheet, documents, dan slides. Kamu juga bisa berkomentar pada file atau gambar yang dibagikan.

7. Mentranslate File

Adanya kerjasama antara Google Drive dengan Google Translate, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menerjemahkan file dan menggantinya menjadi bahasa lainnya sesuai kebutuhan. Setelah membuka dokumen, lalu klik tools dan pilihlah bahasa sesuai dengan kebutuhan kamu dalam penerjemahan file.

8. Mengubah PDF Menjadi Teks Biasa

Terkadang, ada juga beberapa file yang memang tidak bisa diedit atau bahkan, akses dari PDF sangat terbatas. Namun, kamu bisa membuka file PDF dengan Google Drive yang kemudian dibagikan kepada orang lain. Kamu bisa mengubah file PDF menjadi Docs biasanya terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah buka dokumen tersebut di Google Drive. Untuk mengubah dokumen dari PDF ke teks biasa ini, kamu hanya perlu klik “Open With Google Docs”. Dengan begitu, file pun akan berubah secara otomatis.

Bahkan, setelah selesai mengedit dan membutuhkan salinannya, kamu tinggal menyimpan dokumen dalam bentuk file word.

Untuk menguasai Google Docs dan mengolah dokumen secara mudah dan cepat bisa baca buku dibawah ini.

9. Praktis Dalam Penggunaan

Jika sudah menggunakan google drive maka semua pekerjaan atau tugas akan terasa lebih mudah, dan juga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Misalnya kita akan melakukan presentasi, lalu laptop kita ketinggalan akhirnya kita tidak bisa presentasi.

Tapi apabila data sudah di simpan di Google Drive,  kita tidak perlu khawatir, kita bisa meminjam laptop teman dan buka akun kita langsung kita bisa presentasi di manapu dan kapanpun. Selama di tempat dimana kita akan presentasi terhubung ke Internet.

10. Update Progress Harian

Kepadatan dalam bekerja atau ada beberapa tugas, proyek atau kerja sama, sehingga terkadang memang dibutuhkan untuk membuat laporan harian yang sudah disesuaikan dengan periode tertentu.

Oleh sebab itu, ketika kamu menggunakan Google Drive, maka kamu akan dengan mudah membuat laporan yang sesuai dengan progres harian. Bahkan, kamu bisa membuat laporan yang sesuai dengan jadwal.

Jika suatu laporan sudah dibuat dengan matang, maka kamu bisa melakukan rapat atau koordinasi dengan tim secara tepat dan cepat. Dengan begitu, pekerjaan pun akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Pada dasarnya, Google Drive bisa digunakan di berbagai macam perangkat dan bisa juga digunakan di mana saja selama ada jaringan internet. Dikarenakan Google Drive banyak sekali manfaatnya, maka aplikasi yang satu ini bisa digunakan oleh para karyawan hingga anak-anak yang masih menempuh pendidikan.

Itulah beberapa manfaat ketika kita menggunakan Google Drive. Dengan beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, ada baiknya kamu lebih selektif dalam mengunggah file atau dokumen. Hal ini perlu dilakukan agar penyimpanan di Google Drive tidak terbuang sia-sia.

Setelah mengetahui manfaat menggunakan Google Drive, sudah ada berapa file atau dokumen yang kamu simpan di Google Drive?

Cara Membuat Google Drive dan Mengunggah File

Membuat Google Drive bisa menjadi solusi yang jitu buat kamu yang ingin menyimpan file dengan aman. Alternatif ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file berupa dokumen, foto, hingga video di internet, tepatnya akun Google Drive.

Penyimpanan yang ada pada Google Drive bukan tanpa alasan karena memiliki akun bisa memberikan izin kepada siapapun untuk mengedit dokumen. Caranya dengan membagikan dokumen (link) kepada email tujuan.

Tidak hanya aman, tetapi penyimpanan Google Drive bisa dibilang cukup praktis. Hal ini karena dengan Google Drive, kamu sudah tidak perlu menggunakan flashdisk untuk menyimpan suatu dokumen, foto, atau file. Jika kamu ingin mengaksesnya, maka kamu hanya perlu login ke Google Drive saja.

Selain itu, kamu tidak perlu takut kalau dokumen yang disimpan di Google Drive terkena virus. Hal ini karena Google Drive sudah dilindungi oleh antivirus, sehingga dokumen yang kamu simpan akan tetap aman dalam waktu yang cukup lama.

Namun, bagi sebagian orang terutama pemula mungkin saja belum mengetahui cara membuat akun Google Drive dan juga cara mengunggah file, dokumen, atau beberapa foto. Jangan khawatir, karena di bawah ini akan dijelaskan keduanya.

  1. Buka browser kamu, baik itu dari komputer, laptop maupun di smartphone. Lalu, kamu bisa ketik accounts.google.com/signin, kemudian akan muncul sign in, kamu bisa memulai login. Setelah itu, barulah siapkan file yang akan diunggah.
  2. Setelah kamu masuk pada laman web PC atau laptop atau smartphone. Barulah kamu bisa memulai login dengan menggunakan akun GMail yang kamu punya. Pastikan juga kalau kamu memiliki akun GMail.
  3. Jika kamu belum punya akun Gmail, maka kamu harus membuat akun dulu. Adapun cara membuat akun GMail, kamu hanya perlu klik “Sign Up” atau “Buat Akun”. Setelah itu, akan tinggal isi data-data yang diperlukan.
  4. Bila kamu sudah masuk ke dalam inbox, kemudian carilah gambar titik enam yang membentuk persegi di kanan layar kamu.
  5. Jika kamu sudah menemukan gambar tersebut, kamu tinggal klik gambar atau logo tersebut.
  6. Setelah sudah kamu klik, maka akan terlihat tampilan menu drop down yang isinya berupa berbagai macam aplikasi dari Google yang bisa dipergunakan.
  7. Jika sudah siap, kamu bisa klik pada logo segitiga atau lambang dari google drive, yang bertuliskan Drive.
  8. Bila sudah kamu klik logo google drive tersebut, maka kamu akan dibawa ke laman atau ke menu awal dari Google Drive.
  9. Jika kamu sudah di menu awal google drive, maka barulah kamu bisa menggunakan Google Drive untuk mengunggah dokumen. Caranya dengan klik logo “+” yang ada di pi pojok kiri atas (pc atau laptop). Klik “Upload” atau “Unggah”.
  10.  Setelah itu, file yang kamu unggah akan muncul di Google Drive.

Penutup

Pada dasarnya, Google Drive merupakan aplikasi yang sudah diketahui oleh banyak orang, bisa jadi kamu salah satunya. Demikian pembahasan Google Drive, semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu sekaligus bisa menambah wawasan kamu.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang Google Drive, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Veronika Novi

Sumber:

  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/cara-membuat-google-drive-dan-mengunggah-file-dengan-mudah-1w3XnSLpJhv
  • https://qwords.com/blog/manfaat-google-drive/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy