in

Beda iPhone 11 dan 12: Mana yang Lebih Baik di Antara Adik-Kakak Ini?

Sumber: unsplash.com

Beda iPhone 11 dan 12 – Tak lama setelah iPhone 13 dan iOS 15 rilis tahun 2021 kemarin, iphone 12, 11, dan ser-seri sebelumnya jadi incaran banyak orang karena harganya sudah tak semahal dulu. Namun tentu saja, memilih iPhone tidak semudah itu. Apalagi masa pakai smartphone ini bisa mencapai 5 tahun.

Pertanyaan “mana yang lebih baik antara seri ini dan itu?” menjadi penting untuk dijawab. Bukan apa-apa, dengan harga yang menurun, perbedaan spesifikasi dan performa harus benar-benar diperhatikan. Terutama buat kamu yang budget-nya terbatas.

Jika diurutkan berdasarkan waktu rilis, iPhone 11 dan 12 jadi pilihan utama karena masih tergolong “baru”. Lagipula kalau dibandingkan, perbedaan harga antara dua seri ini dengan iPhone 13 cukup jauh.

Nah, buat Grameds yang masih kesulitan menentukan pilihan, dalam artikel ini kamu akan menemukan apa saja perbedaan antara iPhone 11 dan 12 secara detail. Mulai dari bodi, performa, plus minus-nya, dan yang lainnya. Simak sampai habis, ya!

Spesifikasi iPhone 11 dan 12

Tidak ada data resmi yang bisa menunjukkan angka penjualan iPhone di Indonesia. Namun jika melirik jumlah barang yang dijual di marketplace, media sosial, atau forum-forum jual beli, iPhone 11 dan 12 masih diminati oleh banyak orang. Dan diantara mereka, banyak yang bertanya apakah iPhone 12 merupakan peningkatan dari iphone 11?

Untuk menemukan jawabannya, mari lihat tabel perbandingan spesifikasi antara iPhone 11 dan 12 berdasarkan situs resmi Apple Indonesia di bawah ini:

beda iphone 11 dan 12

beda iphone 11 dan 12

Beda iPhone 11 dan 12

beda iphone 11 dan 12
Sumber: unsplash.com

Berdasarkan tabel perbandingan di atas, setidaknya ada lima perbedaan utama antara iPhone 11 dan 12, yaitu: prosesor. desain, kamera, memori internal, dan konektivitas. Di luar itu, masih ada beberapa perbedaan kecil yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membuat keputusan.

Prosesor

Perbedaan utama antara iPhone 11 dan 12 ada pada bagian prosesornya. Di iPhone 11, Apple menggunakan prosesor A13 Bionic ditambah Neural Engine 3rd generation. Setelah kehadiran iPhone 12 dan 13, prosesor ini tidak bisa dibilang sebagai prosesor terbaik dari Apple, namun bukan berarti tidak bisa bekerja dengan baik.

Setelah dua tahun dari pertama kali diluncurkan, iPhone 11 masih bisa Grameds gunakan dengan baik untuk berbagai keperluan. Mulai dari fotografi, edit-edit dokumen, videografi, hingga main game. Apalagi Apple sendiri memastikan smartphone ini masih akan mendapatkan dukungan pembaruan perangkat lunak.

Sementara itu, untuk iPhone 12 Apple memilih prosesor A14 Bionic yang pada saat rilis disebut sebagai “prosesor smartphone paling cepat yang pernah ada”. Bahkan menurut Tom’s Guide, chip ini dapat bekerja seefisien MacBook Pro.

Lebih menariknya lagi, A14 Bionic punya performa 15% lebih cepat dan 30% lebih hemat daripada A13 Bionic. Pihak Apple sendiri mengklaim bahwa GPU dan CPU iPhone 12 50% lebih besar daripada iPhone 11.

Tak hanya itu, A14 Bionic di iPhone 12 juga dilengkapi dengan Neural Engine 16 yang kinerjanya 80% lebih baik daripada iPhone seri sebelumnya. Kalau Grameds ingin tahu lebih jauh tentang kinerja smartphone, sebaiknya baca buku Best Multiplatform Apps For Smartphone yang ditulis oleh Wahana Komputer.

https://www.gramedia.com/products/best-multiplatform-apps-for-smartphone?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Desain

Di bagian layar, Apple memberikan layar berukuran 6,1 inci pada iPhone 11 dan 12. Meski demikian, iPhone 12 punya keunggulan lebih dari segi ukuran yang lebih kecil, lebih ringan, dan lebih tipis. Ditambah lagi bezelnya lebih kecil dibanding iPhone 11.

Di bagian belakangnya, dua smartphone ini sama-sama memiliki pinggiran aluminium mate dengan lapisan yang mengkilap. Lalu, untuk dimensinya bisa Grameds lihat lebih lengkap di bawah ini:

beda iphone 11 dan 12

Kemudian, untuk bagian tampilannya, bodi iPhone 11 cenderung bulat dengan tepi yang melengkung, sementara iPhone 12 cenderung datang seperti iPhone 4 dan 5 yang membuatnya lebih nyaman saat digenggam.

Dua smartphone ini mempunyai daya tahan pada percikan debu. Berdasarkan situs resmi Apple Indonesia, keduanya mampu bertahan sampai 30 menit dalam kedalaman maksimal 6 meter.

Namun, yang paling menarik dari bagian desain ini terletak pada bagian kameranya. Ketika iPhone 11 rilis 2 tahun 2019 lalu, desain “boba” pada kameranya sempat viral dan mengundang berbagai tanggapan dari penggemarnya. Nah, pihak Apple masih menggunakan desain ini pada iPhone 12.

Untuk warna, keduanya sama-sama punya enam warna pilihan dengan rincian sebagai berikut:

beda iphone 11 dan 12

By the way, Grameds pasti tahu Steve Jobs–sosok penting dibalik kesuksesan Apple dan iPhone–bukan? Nah, ternyata dia memulai perjalanan hidupnya sebagai seorang pemuda putus sekolah yang mengawali perusahaan di sebuah garasi kecil. Lalu, bagaimana ia dapat memberi pengaruh besar bagi dunia dalam bidang teknologi digital? Temukan jawabannya dalam buku Steve Jobs Sang Legenda Teknologi Dunia yang ditulis oleh Muhammad Vito Andolini.

https://www.gramedia.com/products/steve-jobs-sang-legenda-teknologi-dunia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/steve-jobs-sang-legenda-teknologi-dunia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kamera

Salah satu keunggulan smartphone iPhone dibanding Android adalah kualitas kameranya. Banyak orang berpendapat, kamera iPhone bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus dibanding Android. Lalu bagaimana dengan iPhone 11 dan 12?

Menurut situs DxOmark, kualitas kamera iPhone 11 memiliki nilai skor 109 poin dan merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Sedangkan kakaknya, iPhone 12, mendapatkan skor 122.

Well, terlepas dari skor tersebut, sebenarnya hardware yang sedikit berbeda. Meskipun memang dari resolusi keduanya sama-sama memiliki resolusi 12 MP untuk kamera wide dan ultra-wide. Keduanya juga sudah dibekali fitur night mode dan potrait mode.

Perbedaannya terletak pada bukaan kamera di mana iPhone 12 memiliki bukaan f/1.6 sedangkan iPhone 11 f/1.8. Artinya, saat Grameds menggunakan kamera, cahaya yang ditangkap oleh kamera iPhone 12 lebih banyak, sehingga kualitas gambarnya lebih bagus. Kemudian ketika mengambil gambar atau video pada cahaya yang rendah, hasilnya jadi lebih jelas.

Pihak Apple sendiri mengklaim bahwa iPhone 12 bisa menangkap cahaya 27% lebih baik dibandingkan adiknya iPhone 11. Lalu, dengan dukungan prosesor A14 Bionic serta Neural Engine 16, kamu bisa menggunakan mode malam di lensa ultra wide.

Perbedaan lainnya terletak pada fitur Smart HDR 3 baru yang menurut Apple sudah menggunakan sistem terbaru sehingga dapat menyesuaikan kontras, saturasi, tekstur, dan white balance pada foto sehingga hasilnya terlihat lebih alami.

Memori Internal

Perbedaan iPhone 11 dan 12 berikutnya terletak pada memori internal. IPhone 11 hadir dengan dua varian memori internal yaitu 64GB dan 128GB sedangkan kakaknya iPhone 12 memiliki 3 varian yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB.

Untuk RAM, Apple sendiri tidak pernah menyebutkan angka pastinya. Akan tetapi, berdasarkan testimoni orang-orang yang sudah menggunakan iPhone dan Android, manajemen RAM iPhone lebih baik dari Android. Meskipun RAM-nya tidak sebesar Android tapi iPhone bisa digunakan untuk multitasking dengan lebih lancar.

Beralih ke daya tahan baterai, Apple mengatakan bahwa kedua smartphone ini mempunyai spesifikasi baterai yang sama persis, yaitu:

  • Mampu bertahan sampai 17 jam untuk pemutaran video
  • Untuk streaming keduanya bisa digunakan hingga 10 jam
  • Sedangkan untuk mendengarkan musik, daya tahannya dapat mencapai waktu 65 jam.

Masalah charging alias pengisian baterai, keduanya sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang mampu mengisi 50% baterai hanya dalam waktu 30 menit saja. Bedanya, iPhone 12 sudah support wireless charging 15W ketika menggunakan charger MagSafe Apple.

Konektivitas

Saat dirilis tahun 2020 kemarin iPhone 12 merupakan iPhone pertama yang mendukung konektivitas 5G dan bisa digunakan di seluruh dunia. Di Amerika Serikat sendiri, smartphone ini bisa digunakan untuk jaringan sub-6Hz 5G dan mmWave 5G.

Di Indonesia sendiri, jaringan 5G baru tersedia di kota-kota besar dan itupun belum semuanya. Jadi mungkin hal ini bisa dipertimbangkan lagi jika Grameds lebih sering beraktivitas di kota yang sudah terjangkau jaringan 5G.

Sebab biar bagaimanapun, tanpa jaringan 5G, kamu hanya bisa menggunakan jaringan 4G LTE saja. Sementara iPhone 11 masih belum mendukung jaringan 5G yang artinya bisa kamu gunakan di semua kota karena jaringan 4G LTE sendiri sudah cukup merata.

Perbedaan Lainnya

Nah selain perbedaan yang sudah disebutkan di lima bagian tadi, masih ada beberapa inovasi yang Apple berikan pada iPhone 12, diantaranya:

  1. Layar iPhone 12 sudah dilengkapi dengan teknologi Super Retina XDR OLED display
  2. Dari ukuran, 11% lebih tipis dan 16% lebih ringan dibanding iPhone 11
  3. Bezel iPhone 12 dipangkas sedikit sehingga rasio layarnya jadi lebih besar

Mana yang Lebih Baik antara iPhone 11 dan 12?

beda iphone 11 dan 12
Sumber: unsplash.com

Untuk menjawab pertanyaan di atas, ada dua pertimbangan yang perlu Grameds pikirkan di luar spesifikasi. Yaitu soal kebutuhan dan yang budget. Sebab, secanggih apapun teknologinya, smartphone tetaplah gawai atau peralatan yang mendukung kehidupan sehari-hari manusia.

Idealnya, gawai harus mempermudah aktivitas kamu dan harganya sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jangan sampai kamu membeli gawai atau smartphone hanya karena gengsi.

Beberapa profesi seperti konten kreator atau admin media sosial sangat bergantung pada kemampuan gawai, tapi bagi kamu yang pekerjaannya lebih banyak dilakukan di laptop, smartphone mungkin bukan hal yang utama.

Grameds termasuk yang mana? Kalau kamu bekerja sebagai konten kreator, khususnya Youtube, coba baca buku Why? Content Creator karangan Yearim dang, deh! Buku ini menyediakan tips untuk jadi kreator konten secara lengkap!

https://www.gramedia.com/products/why-content-creator-kreator-konten?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah sebabnya sebelum memutuskan membeli smartphone baru, sebaiknya pikirkan baik-baik apa saja kegiatan kamu yang akan dipermudah nantinya. Setelah itu baru lihat budget yang kamu miliki.

Nah bicara soal budget, harga iPhone 11 dan 12 sekarang sudah mengalami penurunan sejak pertama kali diluncurkan. Melansir dari situs iBox Indonesia, iPhone 11 varian 64GB sekarang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp7.999.000. Lalu untuk varian 128GB harganya Rp9.249.000.

Sementara itu, iPhone 12 varian 64GB harganya Rp11.999.000; varian 128GB Rp12.999.000; dan varian 256GB harganya Rp14.999.000. Kalau mau lebih murah, Grameds bisa berselancar di marketplace, sosial media, maupun forum jual beli untuk mencari iPhone 11 dan 12 bekas.

Dari spesifikasi iPhone 12 memiliki beberapa peningkatan jika dibandingkan dengan adiknya, iPhone 11. khususnya dari segi desain, kamera, dan konektivitas. Sisanya tidak terlalu berbeda secara performa.

Jadi, kalau Grameds punya budget lebih, sebaiknya pilih iPhone 12 yang lebih baru dan pastinya bisa dipakai lebih lama. Akan tetapi, jika budget kamu tidak terlalu banyak, sebaiknya pilih iPhone 11. Terutama jika iPhone 11 sudah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu, atau kamu bisa menunggu sampai tahun depan agar harga iPhone 12 lebih murah lagi.

Dari uraian perbedaan antara iPhone 11 dan 12 di atas, kira-kira kamu lebih memilih yang mana? Choose wisely, ya! Semoga semua informasi yang kamu baca di sini bisa membantu kamu memilih mana yang terbaik. Sekian dulu artikel kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Jika ingin mencari buku mengenai teknologi, kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang

Baca juga:

Written by M. Hardi