in

Arti Crazy Rich: Mengenal yang Kaya Sungguhan dan Pura-Pura Kaya

unsplash.com

Arti Crazy Rich – Crazy rich ialah orang-orang dengan kekayaan berlimpah yang mempunyai berbagai bisnis, rumah, juga mobil mewah, serta sering memamerkan gaya hidup khas kalangan kelas atas.

Biasanya istilah crazy rich diikuti dengan daerah asal orang tersebut. Contohnya penyebutan crazy rich Surabaya, crazy rich Medan, crazy rich Malang, atau crazy rich Bali.

Dengan harta yang cukup melimpah, kehidupan keluarga orang terkaya akan menjadi pusat perhatian. Beberapa dari mereka juga dekat dengan kalangan sosialita dan artis. Crazy rich menjadi gambaran kehidupan konglomerat atau orang kaya yang berasal dari lokasi tertentu dan jarang terekspos oleh publik.

Namun, beberapa ahli dan perencana keuangan mengatakan bahwa bergelimang harta atau mengenakan barang-barang mewah bukan jaminan seseorang benar-benar seorang crazy rich.

Dengan demikian, arti kaya sesungguhnya bukan dari apa yang ditampilkan atau dipamerkan oleh seseorang, tapi dari kebebasan waktu dan finansial. Seseorang bisa menampilkan diri sebagai individu yang bergelimang harta meski kondisi kesehatan finansialnya tengah merintih dan tidak mempunyai kekayaan bersih sama sekali

Sudah menjadi umum, sosok yang kaya raya akan digambarkan sebagai sosok yang bagi orang lain luar biasa, mewah, hebat, dan mempunyai interaksi sosial dengan kaum elitis. Barang-barang yang digunakan pun tergolong bermerek dan mahal. Dengan gambaran gaya hidup demikian, membuat banyak orang memiliki impian menjadi orang yang kaya raya.

Bagi generasi milenial, gaya hidup kekinian menjadi bagian dari kehidupan, bahkan representasi identitasnya. Apa yang ditampilkan crazy rich di media sosial dan dunia maya membuat banyak anak-anak mudah membangun dan berupaya mewujudkan impiannya. Namun, kadang ada saja yang nekat menerabas batas norma sosial bahkan menerabas batasan hukum hanya demi mengikuti gaya hidup seperti itu.

Karakteristik dan Arti Crazy Rich Sungguhan dan yang Pura-Pura Kaya

Arti Crazy Rich
kompas.com

Sebenarnya kita bisa mengetahui perbedaan antara kondisi pura-pura kaya dan orang kaya beneran. Nah, berikut ini kebiasaan orang ‘kaya sungguhan’ yang tidak ada salahnya untuk kita ketahui.

1. Tidak tertarik membahas kekayaan

Orang kaya sungguhan ialah tipe orang yang tidak tertarik membahas kekayaan mereka serta akan bersikap lebih santai. Kebanyakan dari mereka tidak mempunyai minat yang besar untuk membahas hal-hal tersebut. Sebaliknya, orang yang hanya berpura-pura kaya akan selalu bersemangat dan melebih-lebihkan kekayaannya kepada orang lain di sekitar.

2. Menabung merupakan suatu kewajiban bukan pilihan

Salah satu orang terkaya di dunia menyatakan bahwa sepertiga dari penghasilan seseorang seharusnya dialokasikan untuk menabung. Oleh sebab itu, menabung bagi orang yang bahkan sudah mempunyai banyak aset merupakan hal yang sangat penting.

Berbeda dengan orang yang hanya berpura-pura kaya, mereka justru lebih senang menghamburkan uangnya untuk hal-hal yang bersifat konsumtif ketimbang ditabung. Orang dengan tipe seperti ini saat menghadapi suatu kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi atau darurat, cenderung kebingungan karena uangnya sudah habis terpakai.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Fokus pada investasi bukan sekedar konsumsi

Orang bertipe ini akan lebih fokus mengalihkan kekayaannya untuk investasi atau mengembangkan sayap bisnisnya. Misalnya, pengusaha A sebagai pemiliki suatu perusahaan membuka bisnis baru di bidang B. Mereka akan terus memutar otak untuk mengembangkan pundi-pundi kekayaannya dengan berinvestasi di berbagai bidang dibanding hanya sekedar menghabiskan untuk kebutuhan konsumtif.

4. Mempunyai strategi berhemat dari setiap pengeluaran

Orang kaya sungguhan mempunyai strategi dalam memanfaatkan pengeluarannya. Tidak semata-mata mempunyai uang banyak lalu bebas membeli barang tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Mereka akan menunggu hingga saat yang tepat untuk membeli barang tersebut, hingga tiba saatnya mereka sudah mempunyai cukup uang untuk mendapatkan berbagai barang yang dibutukan tanpa membebani kondisi keuangannya. Sedangkan orang yang pura-pura kaya akan langsung membelanjakan uangnya tanpa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung.

5. Mempunyai passive income dari asetnya

Hal ini merupakan strategi yang umumnya dipakai orang kaya sungguhan untuk meningkatkan nilai kekayaannya. Mereka bukan orang dengan karakter mengejar jabatan dan gaji pada suatu perusahaan karena mereka umumnya tipe orang yang mempunyai hasrat dapat memegang jabatan tertinggi pada perusahaannya sendiri. Mereka merasa perlu terus meningkatkan apa yang sudah dicapainya saat ini dengan mengembangkan usahanya serta terus belajar meningkatkan kemampuan dalam memupuk penghasilan.

Berbeda dengan orang yang hanya berpura-pura kaya, kelemahan mereka cenderung mudah puas dengan gaji atau penghasilan yang diterima dan menggunakan uangnya semata-mata untuk keinginan saat ini dan tidak berpikir jangka panjang

Ingin jadi Crazy Rich? Bisa Coba Lakukan Ini

Arti Crazy Rich
unsplash.com

Jika Grameds memiliki impian menjadi crazy rich, maka kamu perlu melakukan beberapa usaha untuk mewujudkannya. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Grameds lakukan supaya bisa memiliki kekayaan seperti crazy rich.

1. Bisnis online

Zaman sekarang, semua serba online. Pengusaha yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi akan ketinggalan atau tertindas. Dengan menggunakan perangkat gadget, akses internet bisnis online sudah dapat dijalankan. Apalagi ditambah dengan adanya strategi marketing, maka bisnis akan berkembang lebih pesat.

Contoh bisnis online lainnya yaitu blogging atau menulis. Dengan tulisan yang menarik, mudah dibaca, tema yang dekat dengan kehidupan masyarakat akan mempunyai jumlah pembaca setia yang banyak. Apabila sudah menjadi blogger terkenal, laman tulisan akan dipenuhi dengan iklan. Selain itu, akan mendapatkan tawaran membuat artikel dari perusahaan dengan tema tertentu bahkan bisa diundang ke acara seminar maupun pelatihan blog.

Tidak hanya menjadi blogger, jualan online mulai dari makanan, minuman, fashion, alat elektronik, perabotan rumah tangga dan lain sebagainya pun bisa Grameds lakukan. Usaha ini juga termasuk membuka lapak online atau toko online di sejumlah e-commerce, membuat website sendiri, maupun berjualan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, juga TikTok.

2. Bisnis di bidang industri kreatif

Industri kreatif makin naik daun. Para YouTuber, selebgramatau influencer saat ini mampu memberi pengaruh yang luar biasa bagi pengikutnya hanya dengan memberikan kekuatannya yaitu konten.

Kenyataan ini juga memberi gambaran bahwa bisnis di bidang industri memang harus konsisten dengan membuat konten-konten yang menarik. Akan tetapi, profesi ini juga mempunyai tanggung jawab moral, yaitu saat membuat konten, bukan soal menarik atau tidak saja yang perlu dipertimbangkan, tapi konten juga harus edukatif dan bermanfaat.

Semakin banyak follower dan subscriber, maka semakin banyak tawaran iklan dengan tarif yang beragam. Apabila sudah terkenal/ punya nama, untuk sekali posting, para influencer dapat mengantongi sampai ratusan juta rupiah.

3. Bisnis makanan dan minuman

Secara umum, bisnis makanan dan minuman sudah dijalani banyak orang. Sebab, semua orang membutuhkan makan dan minum. Bisnis ini tidak pernah sepi sehingga sangat cocok untuk pemula maupun yang sudah ahli sekalipun.

Bisnis makanan dapat berupa makanan berat atau makanan ringan, makanan sehat, makanan cepat saji, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan produk minuman, bisa berupa es kopi kekinian, minuman boba, thai tea, atau es jeruk peras. Cukup banyak pilihan untuk bisnis makanan dan minuman.

Kunci utama pada bisnis ini adalah rasa. Jadi, jangan main-main dengan rasa. Meskipun harga makanan dan minuman yang ditawarkan murah, maka jangan melupakan kualitas rasa. Apabila rasa makanan yang dijual enak, maka secara otomatis testimoni ini aka menyebar dari mulut ke mulut sehingga pelanggan akan bertambah banyak. Namun apabila sudah kecewa dengan rasa, besar kemungkinan konsumen tidak akan kembali membeli makanan tersebut.

4. Bisnis waralaba atau franchise

Bisnis waralaba atau franchise biasa disebut juga dengan konsep kemitraan. Jika ingin menjalankan bisnis ini, kita dapat membeli franchise ini kepada franchisor atau pemilik merek dalam bentuk paket kemitraan. Harga franchise ini juga beragam, mulai dari jutaan rupiah sampai miliaran rupiah.

Dengan harga paket kemitraan tersebut, kita sudah mendapatkan segala perlengkapan bisnis maupun usaha yang dibutuhkan, termasuk panduan usaha. Jadi, kita tinggal menjalankan saja, tidak memikirkan konsep bisnis yang akan dijalankan.

Apabila bisnis franchise ini dijalankan dengan tepat, maka akan menghasilkan keuntungan yang besar. Misalnya KFC, Indomaret, Alfamart, Kebab Baba Rafi, dan warablaba lain yang tidak hanya di bidang makanan dan minuman.

5. Bisnis berbasis sumber daya alam

Indonesia kaya raya akan sumber daya alamnya, seperti batu bara, kelapa sawit, buah dan sayuran, ikan, benih lobster, dan sebagainya. Kekayaan alam ini bisa kita manfaatkan sebagai modal menjalankan bisnis. Banyak crazy rich yang berasal dari pengusaha tambang batu bara, nikel, timah, serta perkebunan kelapa sawit.

Tentu saja mengelola bisnis tersebut bukan hanya membutuhkan modal yang besar, tetapi juga harus memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan eksplorasi, eksploitasi, dan lain sebagainya. Usaha ini juga harus mempunyai izin dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

6. Mulai berbisnis

Tentu saja berbisnis merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk memupuk kekayaan. Karena, bisnis mempunyai jenis yang beragam sehingga dapat memilih bisnis apa yang akan dijalankan sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. Beragam bisnis yang dijalankan dapat berupa usaha pakaian, makanan, perlengkapan ibadah, aksesori handphone, keperluan hobi hingga sembako.

Namun, bisnis tetap saja mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kekurangan tersebut seperti merancang pola dan sistem kerja yang akan dijalankan hingga membutuhkan modal yang tidak sedikit.

7. Menjadi seorang marketer

Menjadi seorang marketer mungkin pilihan yang tidak mudah, tapi cara ini akan membawa pertumbuhan yang pesat apabila serius menekuni profesi ini. Kita bisa melakukan promosi barang dengan menjadi agen properti, agen asuransi, hingga agen multilevel marketing (MLM).

Seorang marketer mempunyai keunggulan dalam bekerja dengan sistem yang sudah ada dan tinggal mengikuti pola yang diinstruksikan. Akan tetapi, kekurangan dari marketer yaitu harus menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan banyak orang, yang mungkin saja ini menjadi aktivitas melelahkan bagi sebagian orang.

8. Menjadi trader

Saat ini banyak opsi untuk menjadi trader, mulai dari mata uang asing alias forex, aset kripto, dan lain sebagainya. Kelebihan trader ialah tidak dibatasi oleh waktu dan dapat memulai aktivitas sebagai trader dengan modal yang lebih minim dibandingkan berbisnis. Tetapi, meski dengan modal minim, keuntungan yang bisa didapatkan bisa saja lebih besar dari yang dibayangkan.

Arti Crazy Rich

Profil Crazy Rich Indonesia

Negara kita telah memiliki beberapa tokoh yang digadang-gadang sebagai crazy rich Indonesia. Setiap hari sosok dan aktivitasnya bisa kita lihat di mana-mana, mulai dari media sosial hingga televisi dan media massa. Berikut profil empat crazy rich Indonesia yang mendapatkan cukup banyak perhatian publik.

1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Pasangan artis ini mendapat julukan “Sultan Andara” karena kesuksesannya. Sumber kekayaan bersama sebagai artis dimiliki karena kegigihannya dalam meniti karier.

Raffi Ahmad bersama sang istri Nagita Slavina pun melebarkan sayap ke sejumlah bisnis melalui Rans Entertainment. Raffi Ahmad bahkan menjadi pemilik klub sepak bola Rans Cilegon FC. Tidak mengherankan apabila Raffi Ahmad disebut sebagai salah satu crazy rich Indonesia.

2. Ahmad Sahroni

Ahmad Sahroni politikus yang mendapatkan julukan crazy rich Tanjung Priok karena gaya hidupnya yang mewah. Baru-baru ini ia memamerkan sejumlah koleksi mobil mewahnya yang dihargai miliaran hingga triliunan. Ahmad Sahroni merupakan seorang pengusaha sekaligus anggota DPR RI. Berkat jabatan dan bisnis yang dirintis, Sahroni semakin sukses dan hidup bergelimang harta. Ahmad Sahroni tercatat mempunyai harta Rp. 227 Miliar pada Desember 2020

3. Juragan 99

Juragan 99 atau alias Gilang Widya Prama salah satu yang masuk dalam jajaran crazy rich Indonesia. Gilang dan Shandy sukses membangun gurita bisnis di berbagai sektor, mulai dari bisnis kecantikan MS Glow hingga bisnis transportasi. Meski muncul pemberitaan kurang baik mengenai sumber kekayaan dan gaya hidupnya, tapi banyak orang tetap mengenal mereka sebagai crazy rich.

4. Tom Liwafa

Tom Liwafa merupakan pelopor crazy rich Surabaya. Ia bersama teman-temannya sering membuat konten video dengan membagikan rezeki ke orang-orang yang membutuhkan. Dengan membagikan sedekah, Tom juga sering membuat video komedi untuk mempertontonkan kekayaan yang dimilikinya.

Sifat-Sifat Orang Kaya Sungguhan

Arti Crazy Rich
unsplash.com

Di tengah terpaan beragam informasi, kita perlu memilah dan memilih sumber belajar dan panutan, agar hidup ini tak sekadar berlebihan dalam harta. Kita pun harus bisa mencontoh sifat-sifat positif orang kaya sungguhan seperti berikut ini.

1. Kaya sejati adalah kaya hati

Jumlah kekayaan harus berbanding lurus dengan jumlah amal, zakat, serta infak. Semakin besar pendapatan, maka harus semakin besar juga sedekahnya.

2. Kaya adalah rasa tidak butuh

Apabila belum berhasil, tidak akan menyerah, tidak menyalahkan, dan tidak menjadi pengemis. Justru akan berusaha tidak bergantung dari pertolongan orang lain.

3. Kaya itu relatif

Sekaya apapun, maka jangan sombong karena akan ada saat di mana kita membutuhkan orang lain yang lebih dari kita.

4. Miskin absolut

Sekaya apapun orang lain, kita jangan iri, dengki, maupun hasad. Mungkin orang lain memang memiliki harta lebih, tetapi kita tidak boleh terpesona akan harta orang lain, apalagi menginginkan yang bukan milik kita.

Arti Crazy Rich

Sifat Baik Lainnya untuk Jadi ‘Kaya’

Selain itu, ada beberapa cara yang dapat membantu kita agar bisa kaya tanpa harus mempunyai banyak uang.

1. Belajar menerima diri sendiri

Hidup akan terasa sulit saat menjadikan uang sebagai prioritas utama. Karena sesungguhnya orang bisa dengan mudahnya menjadi kaya sekaligus bangkrut pada keesokan harinya. Maka belajarlah untuk tetap bahagia dengan apa pun yang kita miliki.

2. Jadilah sosok yang ramah

Apabila tetap menjadi sosok yang ramah bahkan dalam keadaan sulit sekalipun, maka kita akan membuat orang lain bahagia.

3. Menjadi dermawan

Kedermawaan muncul dari hati. Apabila kita memberi sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas dan kita merasa bahagia akan hal itu, maka itulah arti kaya yang sebenarnya

4. Menjadi diri sendiri

Kita harus tetap menjadi diri sendiri untuk menjadi kaya dalam hidup. Tidak ada yang lebih hebat apabila kita mampu mengerti apa yang harus dilakukan.

5. Lakukan apa yang disukai

Jika kita melakukan apa yang kita sukai tanpa beban, maka kebaikan akan mengalir di kehidupan kita.

6. Jadilah kreatif

Menjadi sosok yang kreatif dapat membantu pengaturan keuangan. Sehingga hal tersebut akan bisa menghemat pengeluaran kita.

7. Bangun hubungan

Kekayaan yang sesungguhnya ialah ketika kita mampu membangun sebuah hubungan baik dengan orang lain dan tidak merugikan orang lain.

Dengan demikian, arti kaya sesungguhnya bukan dari apa yang ditampilkan atau dipamerkan oleh seseorang. Melainkan dari kebebasan waktu dan finansial. Seseorang dapat menampilkan diri sebagai individu yang bergelimang harta meskipun kondisi kesehatan finansial tengah merintih dan tidak mempunyai kekayaan bersih sama sekali.

Arti Crazy Rich

Demikian gambaran mengenai sosok yang disebut crazy rich. Apakah Grameds ingin menjadi crazy rich juga? Tentu saja memiliki kondisi finansial yang baik dapat mempermudah kehidupan, tapi kekayaan hati dan pikiran juga penting untuk dimiliki ya, Grameds. Jika Grameds masih membutuhkan referensi terkait sosok-sosok yang tergolong crazy rich, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Rosyda

BACA JUGA:

  1. Top 10 Orang Terkaya di Indonesia dan Fakta Uniknya
  2. Mari Belajar Hidup Sederhana dari Orang-Orang Terkaya di Dunia
  3. 10 Orang Terkaya di Dunia yang Memotivasi
  4. 7 Youtuber Terkaya di Dunia, Siapa Dia?
  5. 15 Langkah Cerdas Menjadi Orang Kaya Raya
  6. Aset Kekayaan Bill Gates dan Kunci Sukses Meraihnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.