in

15 Langkah Cerdas Menjadi Orang Kaya Raya

15 Langkah Cerdas Menjadi Orang Kaya – Setiap orang memiliki mimpi tentang memenangkan lotre dan menjadi kaya dalam semalam. Beberapa orang mencoba berinvestasi untuk menjadi kaya dan beberapa orang lainnya mencoba peruntungan sukses sebagai pengusaha.

Orang yang memiliki cukup uang ingin membeli rumah yang mewah, mobil keluaran terbaru, dan liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Tetapi tidak banyak yang tahu apa arti kaya yang sesungguhnya dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi kaya.

Menjadi kaya lebih dari sekadar nominal uang yang kamu miliki. Tolak ukur kekayaan seseorang dapat terlihat dari mindset orang itu sendiri. Dalam arti, kamu bisa menjadi kaya tetapi tetap merasa miskin, dan sebaliknya.

Grameds dapat mendefinisikan “kaya” dengan cara yang berbeda-beda. Ada banyak orang yang mendefinisikan kaya dengan memiliki banyak uang. Bagi mereka, kaya setara dengan menjadi jutawan.

Tetapi kaya juga dapat didefinisikan dengan segala pencapaian untuk bisa hidup tanpa perlu mengkhawatirkan perkara uang. Kamu tidak perlu memiliki rumah mewah untuk dianggap kaya.

Setiap orang bisa menjadi kaya selama mampu melakukan apa yang diinginkan dengan bebas dan selalu merasa cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika kamu ingin menjadi sangat kaya, kamu harus berani melakukan perubahan yang besar.

Mayoritas orang di dunia ini tentu menginginkan hidup yang nyaman dan stabilitas finansial. Meskipun tujuan akhirnya jelas, sulit untuk mengetahui dari mana kamu harus memulai perjalanan untuk menjadi kaya.

Sebelum kamu memulainya, penting untuk mengetahui bahwa menjadi kaya membutuhkan waktu dan usaha. Ada beberapa cara instan untuk menjadi kaya dalam sekejap mata. Tetapi itu semua butuh keberuntungan ekstra untuk menggapainya.

Dalam banyak kasus, menjadi kaya butuh melibatkan banyak waktu, kerja keras, dan tentunya kesabaran. Ada banyak hal yang terbukti benar dapat membantumu menjadi orang kaya. Tetapi kuncinya adalah terus-menerus berusaha dan menjaga konsistensi dalam bekerja keras untuk meraih tujuan hidup yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, siapapun bisa meraih kekayaan asal mau bekerja, berusaha, dan pantang menyerah. Ingat tak ada yang mustahil dalam dunia ini. Roda kehidupan terus berputar dan semua bisa terjadi. Siapa tahu nasib baik berpihak padamu dan kamu bisa menjadi jutawan bahkan miliarder tajir melintir di usia muda.

Ada begitu banyak cara menjadi kaya jika kamu mau meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Uang memang bukan segalanya, tetapi segala sesuatunya membutuhkan uang. Tak bisa dipungkiri jika menjadi kaya dapat membuat hidupmu jauh lebih mudah. Itulah alasan mengapa banyak orang ingin tahu bagaimana resep menjadi kaya.

Arti Kaya Menurut Para Ahli

Sebelum melangkah lebih jauh, Grameds perlu mengetahui definisi kaya yang sesungguhnya. Perlu diketahui bahwa menjadi kaya bukanlah akhir dari pencapaian seseorang, melainkan titik baru yang akan terus bergerak dalam hidup. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, definisi “kaya” bagi tiap orang tentu berbeda-beda. Bagaimana definisi kaya menurut para ahli? Simak ulasan berikut ini.

1. Definisi kaya menurut Robert T Kiyosaki

Menurut Robert, definisi kaya ialah memiliki passive income atau pendapatan lain seseorang di samping pendapatan utama. Jadi, tanpa bekerja sekalipun ia tetap memiliki pundi-pundi uang yang terus mengalir dan tetap bisa menjalani kehidupan dengan standar yang layak.

Passive income ini biasanya memiliki nilai yang lebih besar daripada biaya hidup sehari-hari. Bagaimana dengan contoh passive income? Contoh passive income biasanya berupa saham dan reksadana.

2. Definisi kaya dalam Islam

Agama Islam menganjurkan umatnya menjadi orang yang kaya raya. Dalam artian materi yang didapatkan berasal dari sumber yang jelas dan tentunya halal. Rasulullah SAW berpendapat bahwa tolak ukur kekayaan tidak hanya dinilai dengan harta saja, melainkan dengan hal hakiki seperti kayanya jiwa.

Definisi kaya bagi Rasulullah SAW berbeda dari kebanyakan orang kaya lain, yakni kekayaan tidak hanya berwujud uang atau benda, melainkan kaya hati dan bermental kaya. Mental kaya yang dimaksud adalah seseorang tidak pernah berhenti mengembangkan diri dan belajar. Jadi, mereka dapat menemui segala kemungkinan-kemungkinan terbaik dengan mudah melalui pelajaran hidup.

3. Definisi kaya menurut Anthony Robbins

Definisi kekayaan menurut Anthony sedikit berbeda. Anthony membaginya menjadi dua, yakni financial freedom dan financial security. Pertama, financial freedom adalah kondisi keuangan dimana kamu memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dan pengeluaran setiap bulannya. Kedua, financial security adalah kondisi keuangan seseorang dimana ia memiliki investasi cukup banyak dan relatif aman. Alhasil dia dapat mencukupi kebutuhan pribadi tanpa harus bekerja lagi.

tombol beli buku

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

4. Definisi kaya menurut Matthew Hamilton

Sebagai seorang CEO Hamilton Capital ia berpendapat bahwa arti kaya yang sesungguhnya adalah kondisi seseorang ketika telah memiliki sumber daya keuangan yang cukup untuk berhenti bekerja kapan pun.

5. Definisi kaya menurut Dan Routh

Dan Routh CFP Old Peak Finance mengatakan bahwa kekayaan sejati sama halnya dengan seberapa banyak kebebasan waktu yang dimiliki oleh seseorang.

15 Cara Cerdas Menjadi Orang Kaya

Begitu banyak orang sudah mengusahakan berbagai cara untuk bisa mendapatkan kekayaan yang diinginkan, tetapi tidak banyak orang yang berhasil. Jika kamu termasuk orang yang sudah banyak berusaha dan belum juga membuahkan hasil, mungkin kamu butuh melakukan beberapa perubahan. Berikut ini adalah beberapa langkah cerdas yang akan mengantarkan kamu menjadi kaya.

1. Disiplin mengatur keuangan

Untuk mencapai tujuan menjadi orang kaya, Grameds perlu mencari dan mengumpulkan uang. Oleh karena itu, pengaturan keuangan harus dilakukan dengan baik dan benar. Tak hanya menabung, Grameds juga harus disiplin mencatat setiap pengeluaran. Hal itu perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan penting.

2. Berani mengambil risiko

Jika ingin melakukan sebuah perubahan dalam hidup, tentu kamu harus berani mengambil risiko yang sekiranya diperlukan. Berani mengambil risiko bisa menjadi langkah awal untuk kamu mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Beberapa contoh berani mengambil risiko adalah melakukan strategi baru dalam tim, berani memulai usaha baru, dan lain sebagainya.

3. Belajar investasi

Melakukan investasi dinilai menjanjikan keuntungan yang besar. Investasi menjadi kegiatan dalam penanaman modal yang nantinya akan mendapatkan keuntungan di masa depan. Keuntungan ini bisa mengacu pada kondisi finansial yang berkembang dan stabil untuk kamu.

Seiring berjalannya waktu, sebuah perusahaan akan berkembang dan diiringi oleh kenaikan harga saham perusahaan tersebut. Saat harga saham sudah berada di puncaknya, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menjual saham dengan harga yang lebih tinggi daripada harga pembelian.

Jika kamu hanya mengandalkan bekerja dan mengumpulkan uang tabungan itu semua belum cukup untuk membuatmu menjadi kaya. Sebaiknya uang yang kamu dapatkan juga diinvestasikan agar memberikan imbal hasil yang lebih besar. Bagi Grameds yang khawatir masalah investasi tidak halal, kamu bisa memilih investasi halal reksadana syariah.

4. Tidak takut mencoba hal baru

Grameds tidak perlu takut untuk mencoba hal baru. Jika takut, kamu tidak akan bisa keluar dari zona nyaman. Alhasil mungkin kamu tetap aman dan sukses, tetapi apakah bisa menjadi kaya jika kamu hanya menjalani hidup yang itu-itu saja? Jadi, tidak perlu takut untuk mencoba hal baru.

5. Bertanggung jawab atas keputusan

Ketika kamu sudah berani mengambil risiko, artinya akan ada keputusan yang dibuat. Apa pun keputusan yang kamu buat pasti akan ada konsekuensinya. Keputusan tersebut tentu harus didampingi dengan tanggung jawab. Jika kamu mengambil keputusan didampingi dengan tanggung jawab, kamu tidak akan menyesal atas hasil apa pun yang akan muncul dari keputusan tersebut.

6. Jangan hanya berorientasi pada uang

Perlu diingat bahwa orientasi untuk menjadi kaya tak hanya mengandalkan uang, tetapi juga ilmu. Jika Grameds memiliki ilmu yang bermanfaat, segala kemudahan akan datang. Pekerjaan dan keuangan kamu akan lancar. Lalu hidup juga akan lebih teratur untuk dijalani.

tombol beli buku

7. Tidak mudah puas

Untuk menjadi orang kaya tidak boleh mudah puas dengan apa yang sudah dicapai. Jiwa usaha dan perjuangan biasanya akan terus mendorong kamu untuk mendapatkan hasil lebih dari apa yang sudah ditargetkan sebelumnya.

8. Berkomitmen dan fokus

Jika Grameds ingin menjadi kaya, tentukan beberapa hal yang akan menjadi sebuah tujuan. Selain itu, Grameds juga harus berkomitmen untuk mewujudkannya. Karena kekayaan tidak akan muncul dalam waktu sekejap mata, tetapi membutuhkan proses yang akan menjadi pembelajaran berharga seumur hidup kamu. Jadi, penting untuk berkomitmen, fokus, dan menghargai setiap proses usaha yang kamu lakukan.

9. Membangun relasi

Menjadi kaya tidak mungkin didapatkan jika kamu melakukannya seorang diri. Menjadi kaya tentu membutuhkan banyak uluran tangan dari orang lain. Pasti kamu membutuhkan bayak orang yang akan membantumu meraih kehidupan yang nyaman, baik dari segi bisnis maupun personal. Jadi, bangunlah relasi yang baik untuk mengantarkan kamu menjadi kaya.

10. Pintar melihat peluang

Perkembangan zaman yang semakin canggih akan menimbulkan banyak peluang baru yang dapat menambah saldo rekening tabunganmu. Oleh karena itu, kamu harus pintar melihat peluang baru, seperti mengunggah sebuah video di Youtube, membuka usaha menjadi reseller, atau bermain game penghasil uang.

11. Hidup sederhana

Meskipun Grameds sudah giat mencari uang, hal itu akan sia-sia jika kamu masih boros. Perlu diingat, Grameds tidak boleh mengikuti gaya hidup yang tinggi kalau masih merasa penghasilan yang kamu dapatkan pas-pasan.

Daripada uang yang kamu dapatkan habis untuk kesenangan semata, lebih baik uang tersebut kamu alihkan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat, seperti investasi dan menabung.

12. Bijak Berutang

Tidak ada yang salah dengan meminjam uang untuk menyambung hidup. Yang salah adalah ketika kamu berutang tanpa memikirkan rencana yang matang dan hanya untuk memenuhi hal yang sebenarnya tidak penting.

Godaan kerap datang untuk berutang padahal barang yang kamu inginkan bukanlah kebutuhan. Bukan hanya itu, jika kamu salah satu pengguna kartu kredit dan menggunakan kartu itu dengan seenaknya, kamu perlu mewaspadai hal tersebut.

Saat tagihan membengkak dan keuangan tidak stabil, segala upaya yang telah kamu lakukan untuk menjadi kaya akan sia-sia. Jadi, langkah bijak berutang dapat menjadi salah satu cara untuk mengantarkan kamu menjadi kaya.

13. Berdonasi

Selain bijak berutang, kamu juga perlu melakukan donasi. Berdonasi mungkin terdengar menghambur-hamburkan uang, tetapi dibalik itu semua membantu sesama akan membuat kepuasan tersendiri di hati kamu.

Dengan berdonasi kamu bisa membantu menyelamatkan hidup orang lain. Langkah ini juga kerap dilakukan oleh banyak miliarder di dunia untuk berperan besar dalam kemajuan bangsa dan negara. Faktanya, berdonasi tidak membuatnya jatuh miskin dan harta yang mereka miliki terus bertambah.

14. Alokasi dana masa depan

Selain berdonasi, ada hal yang tak kalah penting untuk menjadi kaya, yakni mengalokasi dana masa depan. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan menabung dan membeli aset masa depan, seperti membeli sebidang tanah atau rumah. Uang yang kamu hasilkan tidak akan sia-sia jika dialokasikan ke dana masa depan.

tombol beli buku

15. Kerja sampingan

Salah satu langkah cerdas untuk menjadi kaya adalah mengambil pekerjaan sampingan. Saat kamu memiliki pekerjaan sampingan, kamu akan menambah sumber penghasilan dan pundi-pundi kekayaan. Grameds bisa memanfaatkan masa muda untuk terus mengembangkan jumlah kekayaan.

Baca juga artikel terkait “Pengertian Saham” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila