in

10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

Air terjun tertinggi di Indonesia – Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang begitu banyak, Indonesia dikaruniai dengan pesona wisata alam yang terbentang di seantero negeri mulai dari tanah Aceh hingga tanah Papua. Tak heran Indonesia memang tepat untuk dijadikan sebagai salah satu negara yang menyajikan destinasi wisata alam yang sangat memesona dan terkenal di seluruh dunia. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi ketika ingin menikmati perjalanan wisata di Indonesia adalah mencoba wisata air terjun.

Wisata alam yang ada di Indonesia menjadi salah satu pilihan spot tempat yang menjanjikan untuk disambangi. Terlebih, Indonesia cukup terkenal dengan berbagai panorama alamnya seperti pantai, perbukitan, dan pegunungan yang menyuguhkan keindahan alam yang memanjakan mata. Selain pantai dan gunung, Indonesia juga memiliki destinasi wisata populer di beberapa wilayahnya salah satunya wisata air terjun.

Ada berbagai macam pilihan air terjun tertinggi di Indonesia yang dapat menjadi salah satu pilihan tujuan liburan Anda. Di mana, Anda dapat merasakan air segar yang mengalir langsung dari pegunungan atau mencoba bermain di sekitar air terjun, sehingga dapat menikmati masa-masa liburan.

Selain itu, panorama alam di sekitar air terjun juga bisa sejenak mengalihkan Anda dari suasana kota yang penat. Bahkan, begitu Anda memasuki wilayah dimana lokasi air terjun, maka Anda akan merasa lebih dekat dengan alam yang indah di Indonesia.

10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

1.Air Terjun Sigura-Gura (250 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Air terjun Sigura-gura menjadi salah satu keindahan alam berupa air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun tersebut memiliki ketinggian hampir 250 meter. Air terjun Sigura-gura berlokasi 250 kilometer dari pusat provinsi Sumatera Utara yaitu, kota Medan. Daerah air terjun ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah setempat dan penduduk lokal sebagai pembangkit listrik tenaga air, alias PLTA. Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota Medan, maka Anda pasti akan menemukan generator PLTA Sigura-gura untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat sekitar.

Air terjun ini merupakan air dari Danau Toba yang mengalir melalui Sungai Asahan. Aliran itu akan berakhir di Selat Malaka. Nah, jika Anda ingin mengisi libur lebaran, Anda bisa mengunjungi tempat ini, karena mengunjungi tempat wisata alam seringkali menjadi pilihan favorit keluarga untuk berlibur.

Biasanya, wisata paling populer melibatkan jalur air, jika dari Medan dimungkinkan untuk mencapai Ponot dengan jarak sekitar 250 km. Rute lain juga dapat ditempuh melalui jalan perkotaan dari Siantar, Parapat, Balige dan Porsea menuju Kabupaten Toba.

2. Air Terjun Madakaripura (200 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Datang berkunjung ke Jawa Timur, ada air terjun bernama Air Terjun Madakaripura dengan ketinggian hampir 200 meter. Dengan ketinggian yang hampir mencapai 200 meter, menjadikan air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Hal yang membuat Air Terjun Madakaripura menjadi beda adalah letaknya di ujung lembah sempit yang dikelilingi tebing curam. Tidak hanya air terjun tertinggi di Indonesia, Madakaripura juga disebut Air Terjun Abadi karena debit airnya yang melimpah.

Perjalanan menuju air terjun ini sangat indah dan eye catching karena dikelilingi dengan pemandangan pohon-pohon tinggi, udara segar dan juga sungai-sungai yang melintas. Sepatu atau sandal hiking yang kokoh dan tahan air sangat direkomendasikan untuk perjalanan ini. Perjalanan berlangsung sekitar 1 jam saat udara cukup dingin. Jadi, berganti pakaian, memakai jas hujan atau payung adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan.

Kemudian, Anda harus berjalan sedikit lebih jauh untuk dapat menikmati air terjun utama. Anda masih harus mendaki tebing yang agak licin dan sempit. Namun, lagi-lagi, semua rasa lelah itu akan terbayarkan saat melihat air terjun utama yang memiliki dinding melingkar, sehingga serasa berada di dalam botol. Sungguh menawan!

3. Air Terjun Nokan Nayan (180 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Terletak di Kalimantan Barat terdapat air terjun Nokan Nayan setinggi 180 meter. Debitnya begitu besar dan membuat air terjun tertinggi berikutnya di Indonesia. Bahkan air terjun ini dapat menciptakan kabut yang tinggi.

Di balik keindahan Nokan Kayan, beredar mitos bahwa air terjun ini dihuni oleh makhluk astral. Inilah sebabnya mengapa daerah ini sering dijadikan tempat untuk melakukan ritual magis. Ada juga pantangan yang harus dipatuhi jika berkunjung ke kawasan tersebut.

Air terjun Nokan Nayan tidak hanya tentang keindahan alam saja, tetapi juga tentang legenda sejarah yang misterius. Orang percaya bahwa Air Terjun Nokan Nayan adalah desa makhluk astral. Air Terjun Nokan Nayan juga digunakan oleh masyarakat sebagai tempat untuk melakukan beberapa ritual adat, sehingga ada pantangan-pantangan tertentu yang tidak boleh dilanggar.

4. Air Terjun Lembah Harau (150 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Keempat, air terjun tertinggi di Indonesia adalah Air Terjun Lembah Harau dengan ketinggian 150 meter. Air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan dan menjadi spot wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Sumatera Barat. Air Terjun Lembah Harau terletak di kota Payakumbuh, Sumatera Barat, sekitar 138 km dari kota Padang dan 7 km dari kota Bukittinggi.

Hal yang menarik, di kawasan wisata air terjun tertinggi di Indonesia ini, pengunjung tidak hanya bisa melihat air terjunnya tapi juga mendaki gunungnya lho! Bagi Anda yang masih pemula, disarankan untuk menyewa pemandu lokal agar keselamatan Anda lebih terjaga. Air terjun ini memiliki 7 tingkat, setiap tingkat memiliki keindahan tersendiri.

Saat ini belum banyak wisatawan yang menjelajahi air terjun ini sampai dengan kantai ke-7. Selain itu, bisa dikatakan bahwa wisata ini sangat menarik.

Jika ingin explore air terjun ini, setidaknya membutuhkan waktu hingga 2 hari 1 malam untuk mengeksplorasi keindahan alamnya. Air terjun ini berada di kawasan lembah Harau dan yang terpenting Anda harus datang di musim hujan agar air terjun semakin deras dan semakin menawan dipandang. Namun, saat musim kemarau, beberapa air terjun mengalami kekeringan.

5. Air Terjun Batang Kapas (133 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Air terjun ini terletak di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, dengan ketinggian mencapai 133 meter. Karena ketinggiannya, air terjun ini dianggap sebagai air terjun tertinggi di Sumatera dan tertinggi kelima di Indonesia.

Untuk sampai ke destinasi wisata air terjun tertinggi di Indonesia ini, Anda harus bekerja keras, harus melalui jalan terjal sepanjang puluhan kilometer. Sempurna untuk para petualang!

Untuk mengunjungi Air Terjun Batang Kapas, pengunjung dapat menggunakan mobil atau motor. Dari kota Pekanbaru, Anda dapat mencapai desa pelipatan kain, waktu tempuh 2 jam atau 71 km (jalan aspal), kemudian perjalanan dilanjutkan ke desa Lubuk Bigau. Beberapa desa akan dilintasi, antara lain desa Sentul, Tanjung Karang, Desa Deras Tajak dan Desa Batu Sasak.

Waktu tempuh dari desa Lipat Kain ke desa Lubuk Bigau adalah 6 km atau jam, tergantung kondisi cuaca, jika hujan waktu tempuh yang dibutuhkan bisa mencapai 6 sampai 9 jam, jadi di beberapa tempat sepanjang perjalanan. Kondisi jalan masih berlumpur dan terjal. Setelah sampai di Desa Lubuk Bigau, sisa jarak menuju air terjun Batang Kapas diperkirakan sampai 5 km.

Pengunjung atau wisatawan dapat menggunakan jasa ojek yang disediakan oleh masyarakat desa setempat dengan waktu tempuh 15 menit kemudian mendaki melalui hutan belantara dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Setelah tiga jam berjalan, kami tiba di air terjun setinggi 150 meter. Pemandangan bebatuan besar di bawah air terjun yang menumpuk, ditumbuhi berbagai tanaman.

Di bawah air terjun ini, penduduk lokal menyarankan wisatawan untuk tidak menggunakannya sebagai tempat bermalam karena takut diganggu oleh binatang buas. Selain itu, dikatakan bahwa raja hutan, harimau dan beruang Sumatera akan selalu menghuni daerah ini.

6. Air Terjun Sipiso-Piso (120 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Tempat wisata tertinggi kedua di Indonesia terletak di Sumatera Utara tepatnya di Desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo yaitu Air Terjun Sipiso-piso. Nama Sipiso-Piso sendiri berasal dari nama gunung yang terletak di timur laut air terjun Sipiso-Piso. Gunung yang juga dikenal sebagai Gunung Sipiso Piso ini memiliki ketinggian sekitar 1.860 meter di atas permukaan laut.

Salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter, terletak di sekitar bibir Danau Toba dan meluncur dengan sangat cepat. Karena kecepatannya, maka seluncuran air membentuk garis vertikal yang sempurna dan termasuk dalam jenis air terjun terjun.

Air Terjun Sipiso Piso atau Sipiso-piso adalah sebuah air terjun yang terletak di desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air terjun Sipiso Piso memiliki ketinggian hingga 120 meter dan jatuh membentuk garis vertikal yang sempurna.

Air Terjun Sipiso Piso terletak di tepi kawah raksasa Danau Toba dan terbentuk di aliran Sungai Raja Nabolon yang merupakan salah satu sungai yang memasok air ke Danau Toba. Air Terjun Sipiso Piso terletak di ketinggian sekitar 1.300 mdpl.

Salah satu potensi lokasi air terjun Sipiso-Piso adalah pertanian dan penghijauan. Ternyata, potensi air terjun Sipiso-Piso menjadi nilai tambah bagi masyarakat sekitar, khususnya ekonomi pariwisata. Selain itu, air terjun Sipiso-Piso penting untuk keberlanjutan industri pertanian dan perkebunan rakyat.

7. Air Terjun Tumpak Sewu (110-120 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu yang informasi ketinggiannya masih simpang siur. Ada yang bilang 110 meter, 120 meter, bahkan sampai 180 meter. Namun, ketinggian air terjun yang paling umum diterima adalah 120 meter.

Tumpak Sewu atau Air Terjun Coban Sewu adalah air terjun bertingkat. Bentuknya yang unik dan langka membuatnya dikenal sebagai “Niagaranya Indonesia”. Lokasi air terjun tertinggi di Indonesia ini berada di perbatasan Malang-Lumajang Jawa Timur dan memiliki formasi unik berupa aliran air yang terlihat seperti tirai. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki mata air alami dari Gunung Semeru. Nama Tumpak Sewu berarti air terjun yang bisa mencapai ribuan.

Meskipun diberi nama “sewu’ atau seribu, tetapi tidak berarti bahwa itu benar-benar mencapai seribu. Dengan kata lain, air terjun ini merupakan gabungan dari banyak air terjun yang ada, sehingga terlihat sangat menarik. Oleh sebab itu, tidak mengherankan, jika air tampak mengembang, seperti tirai berlapis-lapis. Airnya mengalir dan jatuh di lembah terjal yang memanjang hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut atau sekitar 120 meter.

8. Air Terjun Kabut Pelangi (110 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Ketinggian Air Terjun Kabut Pelangi hingga 110 meter membuatnya masuk dalam daftar air terjun tertinggi di Indonesia. Terletak di kaki Gunung Semeru, air terjun ini memiliki pesona yang sangat istimewa.

Kabut Pelangi sebagai nama air terjun ini bukan tanpa alasan, jika Anda memilih waktu yang tepat, Anda dapat melihat keindahan pelangi di bawah air yang jatuh. Pelangi muncul karena membiasnya air terjun saat bertemu sinar matahari. Keindahan air terjun Kabut Pelangi dibantu oleh suasananya yang indah saat berada di tengah hutan belantara.

Air terjun tertinggi di Indonesia ini juga berada di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di desa Pronojiwo, kecamatan Pronojiwo, Lumajang.
Meskipun bisa memunculkan pelangi saat berada di sana, tetapi pelangi tidak selalu hadir. Jadi, buat kamu yang ada disana dan tidak menemukan pelangi, jangan sedih. Karena bisa dibilang pemandangan dari air terjun Kabut Pelangi benar-benar menawan walaupun tanpa melihat pelangi.

9. Air Terjun Penimbungan (110 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Di urutan selanjutnya ada Air Terjun Penimbungan dengan ketinggian mencapai 110 meter. Air terjun ini berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), lebih tepatnya di kaki Gunung Rinjani.

Kalau Anda menanjak Rinjani dengan memilih jalur pendakian Torean, Anda dapat merasakan indahnya pemandangan dari salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ini. Panorama keindahan dari air terjun ini menjadi pemikat sendiri bagi para pendaki untuk melepas rasa penatnya.

Aliran Air Terjun Penimbungan bersumber dari Segara Anak, yaitu danau yang berada di tepat di tengah bekas letusan Gunung Rinjani. Debit air dari air terjun tertinggi di Indonesia ini sangat deras dengan warna hijau bumi yang bikin adem. Saking kencang debitnya, bahkan bisa menimbulkan kabut di bawahnya.

10. Air Terjun Sedudo (105 meter)

Air terjun tertinggi di Indonesia

Spot air terjun tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah air terjun Sedudo dengan ketinggiannya yang hampir sekitar 105 meter. Air terjun ini selain cantik juga dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat mandi para makhluk astral dari dunia magis. Mitos tersebut berdasar kisah pada zaman Kerajaan Majapahit, di mana Air Terjun Sedudo adalah kawasan yang disucikan dan bukan sembarang orang yang bisa berkunjung ke air terjun ini.

Pada setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo digunakan untuk upacara ritual yaitu permandian patung pada saat ritual Parna Prahista, setelah itu sisa airnya dipercikkan untuk diterima oleh keluarga, semoga diberikan kedamaian dan kesejahteraan. Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Nganjuk rutin melakukan ritual mandi sedudo setiap 1 Suro.

Tradisi yang tak kalah pentingnya adalah Jamasan Pusaka, biasanya dilakukan di kantor desa Ngliman. Jamasan Pusaka dibuat dengan mencuci pusaka seperti keris, tombak dan pusaka lainnya dari kerajaan Majapahit.

Oleh sebab itu, ada beberapa aturan yang harus ditaati saat kamu mendatangi ke tempat wisata air terjun paling tinggi di Indonesia ini, seperti:

  • Dilarang berbuat tidak senonoh
  • Dilarang membawa pulang barang yang ditemukan di area air terjun.
  • Dilarang membuang sampah tidak pada tempatnya
  • Dilarang mengucap umpatan

Kesimpulan

Jadi, ulasan di atas adalah pembahasan mengenai daftar objek wisata air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Dengan melihat dan mengunjungi alam yang ada di Indonesia membuat kita bersyukur betapa indahnya kekayaan alam yang ada di indonesia. Lalu, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu air terjun yang telah disebutkan di atas?

https://www.gramedia.com/products/explore-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mengetahui mengenai wisata air terjun di yang ada di Indonesia , kamu bisa mempelajarinya dengan membaca referensi-referensi yang ada di internet maupun buku yang hanya bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Pandu Akram

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi