in

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Yang Bisa Kamu Coba!

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog – Pada masa kini, banyak sekali orang yang sedang mencari cara untuk mendapatkan uang dari blog. Meskipun memerlukan waktu, tetapi prosesnya tak terlalu sulit dan ada banyak cara untuk melakukannya. Dalam artikel berikut ini, kami akan menunjukkan kepada Grameds bagaimana cara menghasilkan uang dari blog.

(Image by Tumisu from Pixabay)

Langkah Awal Membuat Blog

Sebelum Grameds ke inti dari pembahasan belajar cara mendapatkan uang dari blog, Grameds perlu menyelesaikan beberapa langkah.

1. Pilih Tema

Memmemilikii sebuah tema berarti bahwa blog Grameds akan berfokus pada minat tertentu daripada beberapa topik. Grameds mungkin bertanya-tanya mengapa langkah ini dibutuhkan. Apakah orang akan berkunjung ke blog Grameds melalui mesin pencari atau menemukannya karena minat bersama, mereka tetap di blog Grameds untuk konten.

Jadi tidak perlu coba-coba menulis mengenai berbagai hal berbeda, karena hanya akan memberi pengaruh buruk terhadap trafik Grameds.

Dengan menjadi konsisten, pengunjung akan mengetahui hal apa yang bisa didapatkan dan akan terus mengunjungi situs Grameds. Mereka bahkan akan cenderung untuk membagikan posting Grameds ke media sosial mereka – yang mana akan menambah dorongan untuk trafik Grameds!

Jika Grameds masih belum yakin mengenai tema mana yang paling cocok, tips ini mungkin membantu:

  1. Pilih tema yang Grameds sukai sebagai inspirasi menulis – Grameds tidak akan kehabisan ide ketika menuliskan tentang hal yang Grameds
  2. Kenali audiens Grameds dengan baik – mengatur tone dan diksi yang cocok akan membantu Grameds agar terlihat lebih menarik bagi pembaca
  3. Pastikan ada pasar yang cukup besar untuk tema Grameds – pilih salah satu tema yang dicari oleh kebanyakan orang sehingga blog Grameds bisa bertahan dalam jangka panjang

Tema yang tepat dapat menghasilkan uang dari blog dengan lebih cepat.

2. Pilih Nama Domain

Selain tema, nama domain juga akan menentukan identitas blog Grameds.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Cara paling efektif untuk register dan membeli domain terbaik ialah dengan memastikan bahwa namanya sesuai dengan tema yang Grameds pilih. Misalnya, jika Grameds membuat blog tentang trave;, Grameds pastinya akan memilih nama yang bisa menjelaskan isi blog Grameds secara keseluruhan seperti www.mydailytravel.com.

Selain itu, nama domain dengan keyword yang paling banyak dicari akan membantu meningkatkan peringkat blog Grameds di mesin pencari.

Luangkan waktu untuk memilih nama domain. Jika merasa bingung, cobalah untuk meggunakan generator nama domain untuk mencari referensi. Grameds pun tak harus mengombinasikannya dengan ekstensi premium. Grameds dapat memulainya dengan menggunakan ekstensi domain murah, seperti .xyz atau .online.

3. Buat Blog

Setelah Grameds memantapkan pilihan tema dan nama domain, sekarang saatnya untuk membuat blog.

Grameds memerlukan dua hal utama untuk mrnghasilkan uang dari blog: web hosting dan platform blogging.

Ada beberapa jenis hosting yang dapat dipilih. Apabila Grameds baru saja membuat blog, disarankan untuk menggunakan shared hosting. Shared hosting merupakan hosting terbaik dan yang paling ramah untuk pemula. Ditambah lagi, Grameds akan mendapatkan domain gratis apabila Grameds membelinya untuk jangka waktu 12 bulan.

Apabila belum memiliki biaya untuk berlangganan hosting, Grameds dapat memanfaatkan hosting gratis di Hostinger untuk mulai membuat blog.

Mengenai platform blogging apa yang harus Grameds gunakan, WordPress adalah jawaban yang paling tepat. WordPress adalah CMS (Sistem Manajemen Konten) paling populer yang lumayan sulit untuk dipelajari tetapi menawarkan fungsionalitas yang begitu luas.

4. Buat Konten yang Menarik

Sekarang setelah Grameds mengerti mengenai cara membuat blog, langkah berikutnya adalah mengisinya dengan berbagai konten yang menarik. Agar pembaca tetap merasa terlibat, Grameds harus menjaga kualitas serta kuantitas posting blog.

Hal tersebut memang agak rumit. Itu sebabnya kami mempunyai daftar apa yang dapat Grameds lakukan agar berhasil membuat konten yang menarik.

  1. Cari inspirasi – cari tahu tentang artikel seperti apa yang berhasil dari sisi pesaing Grameds dan cobalah untuk membuat posting dengan wawasan yang lebih baik
  2. Cari tahu format mana yang paling berhasil – misalnya, cobalah membuat posting seperti “Cara Melakukan Sesuatu dalam X Menit”. Melibatkan judul dan konten yang terstruktur dengan baik sangat lah penting.
  3. Susun struktur tulisan Grameds dengan benar – jangan membuat kesalahan tata bahasa, sejajarkan subtitle dan paragraf Grameds, jangan menulis kalimat yang panjang, dan sebagainya
  4. Gunakan alat bantu visual yang menyenangkan – gambar dan video yang indah dapat dengan mudah menarik lebih banyak pembaca
  5. Selalu mengoreksi – melihat lagi tulisan Grameds atau mencari bantuan lain untuk mencari kesalahan apa pun

5. Libatkan Pembaca Blog

Pada akhirnya, pembaca lah yang memutuskan apakah blog Grameds layak untuk dikunjungi.

Maka, ada sebuah hal yang harus Grameds perhatikan, yaitu membuat pembaca Grameds merasa dianggap.

Pertama, buat mereka lebih aktif dengan menambahkan ‘call-to-action‘ ke dalam postingan Grameds. Misalnya, ajak lah pengunjung Grameds untuk memberikan komentar. Langkah ini akan memberi Grameds kesempatan untuk terlibat dengan pengunjung blog dengan cara membalas komentar mereka – atau menyelesaikan masalah yang mereka miliki.

Cara lain untuk menarik perhatian pengunjung adalah dengan membuat artikel opini. Beberapa pembaca Grameds mungkin tidak setuju dengan pandangan Grameds, tetapi dengan begitu pintu diskusi akan terbuka – membuka peluang luas untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

6. Mendapatkan Trafik

Semakin banyak trafik yang Grameds miliki, semakin cepat pula Grameds bisa menghasilkan uang dari blog. Banyak blogger di luar sana yang telah melakukan berbagai metode dalam menarik lebih banyak pembaca. Ikuti metode ini untuk mendapatkan lebih banyak trafik sehingga Grameds bisa mulai mendapatkan uang dengan sesegera mungkin.

1. SEO untuk Mendulang Trafik Organik

Apa itu SEO? Search Engine Optimization adalah praktik yang digunakan untuk membuat situs web Grameds muncul pada bagian atas halaman hasil mesin pencari.

Google mempunyai algoritme sendiri yang mengatur situs mana yang pantas berada di urutan teratas dalam daftar. Meskipun tak ada yang tahu bagaimana cara kerjanya, ada beberapa faktor yang bisa membantu Grameds untuk berada di peringkat yang lebih baik.

  1. Kinerja situs – seberapa cepat loading situs Grameds, apakah gambar Grameds dioptimalkan dengan benar, dll
  2. Kualitas konten – panjang artikel Grameds, panjang setiap kalimat dan paragraf, dll
  3. Distribusi kata kunci – kepadatan kata kunci Grameds, apakah Grameds menggunakan kata kunci yang paling dicari, dll
  4. Struktur situs – memiliki situs yang terstruktur dengan baik dapat membantu crawler menemukan semua informasi di blog Grameds, terutama jika Grameds memiliki sitemap
  5. Link – ketika ada banyak situs relevan yang memuat link blog Grameds, mesin pencari akan menganggapnya sebagai pertGrameds baik dan akan meningkatkan peringkat Grameds

2. Iklan Berbayar

Jika cara SEO tak memberi Grameds peningkatan trafik yang diperlukan, cobalah untuk membayarnya. Dengan menggunakan iklan berbayar, Grameds bisa menjalankan kampanye PPC (bayar per klik) yang menghasilkan banyak pengunjung ke blog Grameds!

Jadi, bagaimana cara kerjanya? Yah, ini mirip dengan iklan yang Grameds lihat di TV tetapi ada sedikit perbedaan. Alih-alih membayar di depan, Grameds hanya membayar ketika seseorang mengklik iklan Grameds.

Apa yang lebih baik, tidak ada rintangan – temukan layanan iklan, daftar, dan mulai beriklan!

Berikut adalah beberapa layanan iklan populer yang dapat Grameds pilih.

  1. Google Ads – selain dari peringkat SEO blog Grameds, Grameds dapat meningkatkan peringkat di Google dengan segera melalui program iklan ini
  2. Iklan Berbayar Facebook – dengan begitu banyak orang di Facebook hari ini, Grameds dapat mengubah media sosial yang terkenal menjadi sumber trafik Grameds
  3. Bing Ads – mengapa harus puas terpaku dengan satu mesin pencarisaja? Buat blog Grameds muncul di Bing, Yahoo!, sekaligus AOL!
  4. BlogAds – layanan iklan ini memungkinkan Grameds menargetkan audiens target tertentu dan menampilkan iklan Grameds di beragam jaringan (blog dan situs web)

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Setelah Grameds mendapatkan trafik yang cukup, saatnya mencoba cara mendapatkan uang dari internet melalui blog!

https://review.bukalapak.com/

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Inilah beberapa cara terbaik!

1. Google AdSense

Sebelumnya, kami menyebutkan membayar iklan untuk mendapatkan trafik – sekarang, sebaliknya. Menempatkan iklan di blog Grameds adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blog.

Google AdSense adalah program PPC (pay-per-click) yang mengharuskan Grameds untuk mrnampilkan iklan di halaman situs. Ini adalah salah satu metode yang paling fleksibel karena Google menangani hampir semua hal terkait pengiklanan: iklan mana yang akan ditampilkan, proses penagihan, dll. Grameds pun dapat menyesuaikan jenis iklan yang sesuai dengan blog Grameds.

Berikut ini adalah langkah-langkah memasang iklan di blog Grameds sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari blog.

Darfatarkan akun di Google AdSense. Isi informasi Grameds (URL Grameds, alamat billing, dll)

Masukkan kode verifikasi. Letakkan di antara <head> dan </head> dari setiap halaman yang Grameds inginkan untuk menampilkan iklan. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menginstal plugin Ad Inserter. Buka Setting >> Ad Inserter dan klik pada simbol General Setting, buka tab Header, dan paste kode di sana

Tunggu hingga akun Grameds disetujui. Proses pendaftaran mungkin cepat, tetapi Google butuh hingga tiga hari untuk memverifikasi akun Grameds.

Mulai buat iklan Grameds. Setelah akun Grameds diverifikasi, Grameds akan memiliki akses ke dashboard Adsense. Buka My Ads >> New ad unit dan kustomisasikan iklan Grameds – nama, ukuran, dan jenis iklan.

Salin-tempel kode iklan Grameds ke blog Grameds. Grameds dapat melakukannya secara manual dengan menavigasi ke Appearance >> Widgets dan menambahkan Custom HTML. Tempatkan widget ke bagian mana saja dan tempel kode Grameds di sana. Atau, Grameds dapat menggunakan plugin Ad Inserter untuk itu. Pastikan untuk menempatkan iklan Grameds di tempat audiens Grameds dapat melihatnya segera.

Sekarang iklan akan muncul di blog Grameds, saatnya menunggu agar mendapatkan cukup klik. Cepat atau lambat, Grameds akan mencapai jumlah minimum (100 USD) dan Grameds akan dibayar pada akhir bulan.

Keuntungan:

  • Prosesnya mudah
  • Tidak diperlukan langkah lebih lanjut setelah pengaturan

Kerugian:

  • Kustomisasi dan penempatan yang buruk dapat mengurangi trafik Grameds
  • Butuh beberapa saat bagi blog baru untuk menerima pembayaran

2. Konten yang Disponsori

Apabila blog Grameds memiliki banyak trafik, akan ada sponsor yang ingin berbisnis dengan Grameds. Ini adalah cara yang fantastis untuk menghasilkan uang dari blogging.

Pada dasarnya, Grameds dibayar oleh sponsor Grameds (mis. Perusahaan) untuk menerbitkan artikel. Apa untungnya bagi perusahaan tersebut? Jenis-jenis artikel dirancang untuk membantu perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan – baik dalam bentuk ulasan, pengumuman produk baru, penjualan, dll.

Jadi, siapa yang akan menulis artikel? Itu tergantung pada persetujuan Grameds dengan sponsor Grameds. Jika mereka ingin membuat Grameds bertanggung jawab atas pembuatan konten, Grameds mungkin ingin menagih lebih banyak untuk mereka.

Mari kita lihat langkah-langkah ini untuk menggunakan konten yang disponsori untuk menghasilkan uang dari blogging.

Buat laporan analisis di blog Grameds. Jika Grameds mengharapkan perusahaan membayar Grameds, maka mereka akan mengharapkan hasil. Tunjukkan pada mereka seberapa baik kinerja blog Grameds – penghitungan tampilan halaman, rasio pentalan, dll.

Tawarkan layanan Grameds ke bisnis lokal. Untuk pemula, kami sarankan Grameds membangun portofolio sebelum menawarkannya ke perusahaan besar. Atau, Grameds dapat menemukan pelanggan potensial di situs-situs pasar sponsor seperti Cooperatize dan Tomoson. Pastikan untuk mencocokkan sponsor dengan tema Grameds.

Negosiasikan harga Grameds. Grameds dapat menggunakan laporan untuk menentukan biaya Grameds. Juga, berdasarkan angka pada tingkat keahlian Grameds, jumlah usaha yang dilakukan untuk menyempurnakan desain blog Grameds, dan apakah Grameds bertanggung jawab atas pembuatan konten atau tidak.

Publikasikan pos yang disponsori. Jika Grameds berada di Amerika, undang-undang mengharuskan Grameds untuk menyatakan bahwa Grameds menulis sponsored post. Pastikan juga untuk mencocokkan tone dan gaya artikel dengan milik Grameds.

Nah, semakin banyak Grameds melakukan ini, semakin cepat Grameds dapat mengambil perusahaan yang bersedia membayar lebih banyak. Meskipun, Grameds mungkin ingin menunggu sebelum menerbitkan posting bersponsor yang lain – berlebihan dapat mengurangi trafik Grameds. Konten bersponsor adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang cukup diminati.

Kelebihan:

  • Ini adalah iklan yang lebih alami daripada AdSense
  • Grameds bisa mendapatkan kredibilitas di sepanjang jalan

Kekurangan:

  • Pos yang disponsori berturut-turut dapat mengusir pengunjung Grameds
  • Memutuskan harga bisa sulit

3. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog terpopuler.

Metode ini sangat mirip dengan sponsored comtemt. Grameds hanya perlu menulis artikel yang akan menguntungkan bisnis mitra Grameds.

Namun, ada sedikit perbedaan – alih-alih biaya yang dinegosiasikan, Grameds dibayar melalui jumlah klik atau penjualan yang dilakukan melalui link afiliasi.

Berikut ini adalah cara melakukannya:

  1. Pilih program afiliasi. Ada banyak program populer seperti ShareASale, eBay Partners, Shopify Affiliate Program, dan lain sebagainya. Plus, Grameds juga dapat mempertimbangkan Program Afiliasi Hostinger di mana Grameds bisa mendapatkan 60% komisi untuk setiap penjualan.
  2. Arahkan pembaca Grameds untuk mengklik link afiliasi Grameds. Tulis ulasan yang meyakinkan tentang suatu produk atau jasa. Semakin banyak klik yang Grameds peroleh, semakin banyak yang akan Grameds Selain itu, pastikan untuk transparan – katakan bahwa ini adalah pos afiliasi. Kepercayaan memainkan peran penting dalam pemasaran afiliasi.
  3. Kembangkan buletin email Grameds. Grameds dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dengan secara pribadi mengirimkan konten ke kotak masuk mereka. Ini adalah solusi efektif untuk mendapatkan banyak klik.
  4. Prioritaskan audiens Grameds. Jika memungkinkan, Grameds harus mencoba produk secara langsung. Jika Grameds tidak menyukainya, audiens Grameds mungkin juga tidak. Membanggakan produk-produk berkualitas buruk akan merusak reputasi blog Grameds.
  5. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah memastikan lini produk sesuai dengan tema Grameds untuk menjaga merek Grameds tetap utuh. Juga, ada plugin yang berguna yang dapat membuat seluruh proses menjadi mudah seperti ThristyAffiliates dan AffiliateWP.

Kelebihan:

  • Harga tetap untuk komisi
  • Banyak program pemasaran afiliasi yang tersedia

Kekurangan:

  • Audiens Grameds tidak dijamin mengklik atau membeli
  • Sulit untuk menumbuhkan basis pelanggan

Baca juga :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah