in

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Masa Kini

Cara Mendapatkan Uang di Internet – Grameds, Tak asing lagi bagi kita untuk mengenal sosial media di mana sosial media adalah sebuah platform yang dapat digunakan untuk bersosialisasi dan bertukar pesan satu sama lain secara daring (online). Kemampuan media sosial tentunya menjadikan sebagian aspek menjadi mudah dan tak terbatas.

Seperti dalam pengertiannya, media sosial merupakan sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain yang mana dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Media sosial mampu menghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, baik batasan ruang maupun waktu. Dengan adanya media sosial manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain di manapun dan kapanpun mereka berada tak peduli untuk memikirkan seberapa jauh jarak yang mereka punya atau tidak peduli waktu siang dan malam.

Media sosial sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan sosial di mana seseorang yang mulanya dari kalangan “kecil” dengan kemampuan media sosial seseorang tersebut dapat dimungkinkan menjadi besar di media sosial, begitupun sebaliknya seseorang yang ternyata dari kalangan “besar” juga dapat terlihat “kecil” di media sosial.

Keberadaan media sosial melesat dan sering dimanfaatkan secara besar oleh berbagai kalangan. Media sosial memiliki peran yang seolah-olah sudah melekat di kehidupan sosial. Tentunya media sosial juga memiliki kekurangan dan kelebihan tergantung pada siapa yang menggunakannya. Tentunya untuk kebutuhan yang menyangkut hal positif, kita dapat memanfaatkan media sosial untuk kebutuhan seperti media pemasaran, dagang, mencari relasi, memperluas pertemanan, membantu sesama, dan sejenisnya.

Namun, jika kita melihat hal negatifnya, media sosial juga memiliki kekurangan yang mana akan merugikan jika kita menggunakannya secara tidak baik seperti menyebabkan kecanduan, menjadikan sulit bergaul di dunia nyata.

Tentunya bagi mereka yang cakap dalam menggunakan media sosial mereka akan memanfaatkan media sosial untuk mempermudah hidupnya, seperti halnya untuk memudahkan mereka belajar, mencari kerja, menggali informasi, mencari tugas, memperbanyak relasi, mengembangkan kemampuan, berbelanja, dan sejenisnya.

Dengan memanfaatkan media sosial kita juga dapat menghasilkan keuntungan. Selain itu di era sekarang ini banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan uang melalui media sosial. Bagi kamu yang masih kebingungan untuk mencari pekerjaan atau ingin menghasilkan uang tetapi masih belum jelas arahnya, kamu dapat memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan uang secara individu.

Sebagaimana mencari pekerjaan di dunia nyata, untuk menghasilkan uang secara mandiri lewat media sosial juga memerlukan tantangan yang tidak terbilang mudah. Di manapun tentunya untuk menghasilkan uang juga memerlukan kesabaran, ketekunan, dan menciptakan kreativitas.

Cara Mendapatkan Uang di Internet Masa Kini

Tetapi hal tersebut tentunya bukan menjadi penghalang untuk terus dapat menghasilkan uang secara mandiri lewat internet maupun media sosial. Dengan begitu berikut cara-cara untuk menghasilkan uang melalui internet maupun media sosial.

1. Membuka Toko Online

membuat toko online

Meskipun sekarang ini banyak sekali masyarakat yang berjualan di media sosial, tak perlu risau atau merasa ciut dengan hal tersebut. Dengan prinsip yang sudah ada bahwa rezeki tidak akan tertukar, kamu bisa menjual apapun yang ingin kamu jual dan mendirikan tokomu sendiri secara online.

Jika kamu berbisnis melalui toko online, potensi penghasilan yang didapat melalui berjualan di toko online yakni dari 3 juta hingga 30 juta rupiah per bulan. Kamu dapat menjual apa saja sesuai dengan kemampuan dan keinginan yang kamu punya. Awal yang dibutuhkan dari sebuah bisnis tentunya adalah keberanian untuk melakukannya.

Dengan berbisnis melalui toko online kamu dapat menggunakan sistem pre-order untuk pelayanannya. Selain itu, dengan memiliki toko online sendiri, kamu cukup memasang foto produk yang hendak kamu jual dan hanya tinggal menunggu pembeli yang berminat dengan produk yang kamu jual.

Jika kamu sebagai pemula dan masih kebingungan untuk mencari bagaimana tutorial membuka toko online, kamu dapat menggunakan langkah-langkah yang banyak ditawarkan di internet seperti salah satunya dengan mengikuti penjelasannya kamu akan diarahkan bagaimana dan syarat apa saja yang dibutuhkan untuk dapat mendirikan toko online.

2. Menjadi Blogger

blogger

Tentunya tak asing bagi kita apa itu sebuah Blog. Menjadi blogger brati menjadi seseorang yang menulis di media sebuah Blog. Penghasilan yang didapat melalui pekerjaan online ini cukup menjanjikan. Dimana kamu dapat menghasilkan ratusan dollar perbulan jika memang tekun dan konsisten dalam menjalaninya.

Langkah awal untuk menjadi blogger tentunya adalah membuat Blog. Harus buat dimana? Ada beberapa pilihan platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog, yaitu :

  • Blogger.com
  • WordPress.com
  • Self Hosting (Beli hosting & domain sendiri)

Gramedia menyarankan untuk kamu membuat blog di Blogger.com, setelah kamu bisa dan menguasai. Kamu bisa mengupgrade dirimu dengan membuat website di self Hosting dan beli domain, itu akan terlihat lebih profesional dan keren.

Kemudian kamu dapat menulis berbagai macam jenis tulisan atau artikel dengan berbagai topik atau tujuan. Untuk dapat menghasilkan uang dengan menjadi blogger, tentunya harus memiliki kemauan untuk berproses.

Dimulai dari menentukan topik yang akan kamu kembangkan untuk tulisan, menulis artikel secara konsisten, belajar mengembangkan konten di Blogmu melalui promosi konten, dan mempelajari SEO untuk meningkatkan performance websitemu di google..

Cara apa saja sih yang bisa dipakai untuk menghasilkan uang di internet melalui blog / website? Berikut beberapa diantaranya :

  • Adsense dan Platform PPC (pay per click) lainnya
  • Buka space iklan
  • Review produk (influencer)
  • Affiliate Marketing
  • Content Placement
  • Jualan produk sendiri / buat jasa

Tentunya dalam proses tersebut untuk menghasilkan penghasilan yang cukup besar dapat menerapkan prinsip-prinsip kedisiplinan dan kecakapan dalam mengembangkan konten-konten yang kamu bangun di Blogmu.

 

3. Adsense di Website & YouTube

youtuber
Sumber foto header: Unsplash

Bagi kamu yang sedang belajar untuk menghasilkan uang dengan menjadi seorang blogger atau vlogger, kamu dapat menggunakan Adsense untuk blog atau YouTube kamu. Dengan menggunakan AdSense untuk sebuah blog kamu memiliki potensi penghasilan dari 300 ribu hingga jutaan rupiah setiap hari.

Perlu kamu ketahui, bahwa Adsense adalah jaringan periklanan milik Google yang mungkin jadi nomor 1 di dunia. Orang yang beriklan senang karena efektif buat bisnis, yang menjadi publisher pun senang karena bayarannya cukup tinggi.

Untuk mendapatkan adsense tentunya kamu harus mendaftar terlebih dahulu di Google Adsense. Pada umumnya, untuk menghasilkan uang melalui Adsense bukanlah suatu hal yang rumit. Langkah awal yang kamu lakukan untuk menggunakan Adsense ini adalah memiliki website atau YouTube yang rame. Rame berarti banyak pengunjungnya atau yang melihat website / video kita.

Cara kerjanya cukup simple, kamu harus menampilkan iklan adsense di websitemu. Dan ketika visitor melihat dan mengeklik iklan tersebut maka kamu akan mendapatkan bayaran dari situ. Jadi semakin banyak visitors yang masuk ke website, maka semakin besar pula pendapatan yang akan kamu terima.

Dari setiap klik tersebut, akan diakumulasikan setiap bulannya. Ketika mencapari Rp 1,3 juta, kamu akan menerima pembayaran yang akan dikirimkan ke rekeningmu.

4. Influencer

influencer



Influencer salah satu profesi yang sekarang cukup ngehits. Gimana tidak, pekerjaannya yang mereview produk tapi bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan banyak. Udah dikasih produk gatis, tapi masih dibayar. Gimana, enak kan jadi influencer? Tapi ya itu untuk menjadi influencer tidak mudah, karena kita harus membangun massa yang akan menjadi pengikut kita.

Tanpa adanya fans atau follower ya tidak akan ada brand yang tertarik bekerjasama dengan kita. Untuk bisa menjadi influencer kamu bisa memanfaatkan berbagai platform di bawah ini :

a. Influencer di Instagram & Tiktok

Platform pertama adalah di Instagram. Kamu bisa menjadi influencer di Instagram apabila memiliki followers minimal 10.000 dengan segmen yang lebih spesifik. Misalnya, kamu adalah wanita cantik dan kamu sering membuat konten tentang make up.

Otomatis yang memfollow kamu adalah mereka yang suka dengan make up tertarik dengan kecantikanmu. Para brand make up mungkin tertarik bekerja sama dengan kamu, harapannya follower kamu yang jumlahnya ribuat itu mau menggunakan produk yang sama dengan yang kamu review.

b. Influencer di Facebook / Twitter

Selain di Instagram dan tiktok, kamu juga bisa menjadi selebgram sekaligus influencer di Facebook. Hanya saja agak sedikit berbeda, di Facebook kamu harus memiliki fanspage atau group untuk menampung fansmu.

Kamu juga bisa mengkombinasikan antara satu sosial media dengan sosial media yang lain.

c. Influencer di YouTube

Platform yang menjadi sarang influencer selanjutnya adalah YouTube. Platform yang basis kontennya video ini memang jadi makanan sehari-hari setiap orang, maka tidak heran apabila peluang bisnis sebagai YouTube sangat besar.

Kamu tidak harus memiliki sucbriber jutaan untuk menjadi influencer. Dengan subcriber 10 ribu saja, jika niche bener-bener unik maka akan banyak brand yang tertarik denganmu.

d. Influencer di Blog

Dengan potensi penghasilan 500 ribu hingga satu juta rupiah untuk setiap tulisan kamu bisa, lho membuat tulisan di Blog atau website dengan dibayar oleh perusahaan besar. Dengan dimulai membuat tulisan review berbayar atau Paid Reviewer setiap tulisan yang kamu tampilan di Blog atau website dapat menghasilkan uang.

Pada umumnya isi postingan berupa ulasan-ulasan objektif mengenai suatu produk atau jasa dari perusahaan besar. Perhitungan uang yang digunakan umumnya menggunakan sistem PPP (Pay-Per-Post) yakni mengenai jumlah ulasan oleh blogger mengenai suatu produk atau jasa.

Perusahaan atau Advertiser nantinya akan membayar berdasarkan jumlah artikel yang ditulis oleh blogger. Selain itu, juga ada yang menggunakan sistem PPA (Pay-Per-Action) di mana Advertiser atau perusahaan akan membayar berdasarkan jumlah Action yang didapat oleh Advertiser dari hasil ulasan blogger. Maksud dari Action ini adalah berupa feedback yang berupa isian form yang diisi oleh pembaca, jumlah unduhan brosur perusahaan, dan sales order.

 

5. Menghasilkan Uang dari Tweet Berbayar



Jika kamu pengguna Twitter, kamu bisa, lho memanfaatkan twitter sebagai ladang cuanmu. Potensi penghasilan yang didapatkan untuk pekerjaan ini terbilang cukup yaitu dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Mungkin bagi kamu yang asing dengan hal ini akan terbilang aneh dan terkesan tidak mungkin untuk menghasilkan uang lewat media sosial Twitter. Gambaran pekerjaan ini pada tahap awal tentunya harus memiliki Twitter terlebih dahulu.

Kemudian kamu bisa menghasilkan uang dan mengalirkan uang di rekening melalui setiap tweet yang kamu posting. Istilahnya yaitu menjadi Buzzer Twitter. Dalam pengertiannya, Buzzer Twitter merupakan kegiatan mempromosikan suatu brand atau perusahaan secara viral melalui akun Twitter.

Untuk seorang Buzzer ini sendiri terdiri dari sejumlah pemilik akun yang mendaftarkan diri dengan perusahaan Buzzer. Pada umumnya jumlah Buzzer bisa ribuan hingga puluhan ribu dalam satu perusahaan. Para Buzzer ini mendapat kompensasi berupa uang untuk setiap tweet buzzer yang diposting di setiap akun Twitter mereka masing-masing.

Pendapatan yang dihasilkan melalui menjadi Buzzer ini cukup besar. Kabarnya, akun milik Agnes Monica yang memiliki jumlah followers hampir 9 jutaan, di mana satu kali tweet promosinya dapat bernilai sampai 20 juta rupiah. Namun, untuk kamu yang belum terkenal dan belum memiliki banyak followers kamu tetap bisa untuk menjadi Buzzer. Terdapat beberapa perusahaan salah satunya seperti www.goviral.com yang dapat menjadi tempat untuk menghasilkan uang sebagai Buzzer di Twitter.

6. Affiliate Marketer

Mungkin bagi kamu yang masih pemula mempelajari bagaimana cara menghasilkan uang melalui internet akan terlihat asing dengan istilah affiliate marketer. Dengan potensi penghasilan dari ratusan ribu sampai 40 juta setiap bulannya, kamu tentu bisa menghasilkan uang lewat affiliate marketer ini.

Tentunya dengan semakin banyak mempromosikan beragam produk, akan semakin besar pula penghasilan yang kamu dapatkan. Di mana sekarang ini internet juga telah meperkenalkan metode-metode baru untuk memasarkan sebuah produk dan menghasilkan uang.

Saat ini juga banyak sekali model pemasaran online yang memungkinkan kamu untuk dapat menghasilkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit meskipun kamu tidak memiliki produk dan tidak memiliki bisnis. Kamu dapat menggunakan metode pemasaran affiliate marketing ini untuk menghasilkan uang.

Secara pengertian sederhananya, affiliate marketing adalah sebuah teknik pemasaran di mana kamu dapat membantu untuk menjualkan produk orang lain secara online. Tentunya sebagai imbalannya, kamu akan mendapat komisi uang untuk setiap produk yang berhasil kamu jual.

Penggunaan sistem affiliate marketing ini pertama dilakukan pada tahun 1994. Perusahaan pertama yang mempopulerkan sistem affiliate marketing sebagai salah satu teknik pemasaran yang memanfaatkan internet adalah Amazon. Di mana khalayak juga menyambut secara baik teknik ini dan akhirnya membantu melambungkan bisnis Amazon hingga seperti saat ini.

Berawal dari Amazon, affiliate marketing pun berkembang pesat di kemudiannya. Saat ini, penjualan produk yang menggunakan sistem affiliate marketing juga semakin beragam. Seperti dari mulai produk digital eBook, tiket online, buku, dan peralatan elektronik.

Terdapat laporan dari Marketing Sherpa pada tahun 2006 bahwa nilai total pendapatan affiliate marketer dari seluruh dunia dan dari berbagai jenis transaksi mencapai nilai US$ 6.5 miliar atau setara Rp 65 triliun.

7. Menjadi Penulis dan Menciptakan E-Book

menulis daftar pustaka

Dengan potensi penghasilan dari 1 juta hingga 100 juta setiap bulan kamu dapat menghasilkan uang melalui penjualan E-Book. Dapat membayangkan bagaimana saat-saat awal penulis seperti Raditya Dika dan Andrea Hirata sebelum terkenal? Mereka mengajukan draft buku hasil karangan mereka ke berbagai penerbit.

Tentunya tak semudah itu dan tak jarang mendapatkan penolakan. Uang yang mereka dapatkan tersebut dapat mengalir setelah draft tersebut diterbitkan. Namun, waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar.

Berbeda dari zaman digital sekarang ini yang mulai muncul budaya membaca buku digital atau E-Book. Di mana kelebihan dari E-Book ini yaitu tidak adanya biaya cetak dan juga biaya distribusi.

Selain itu memudahkan untuk tidak perlu menunggu karena ketika kamu membeli sebuah E-Book kamu hanya tinggal menunggu beberapa jam setelah mentransfer pembayaran dan E-Book pun akan langsung dikirim melalui email.

8. Jasa Penulisan Content Website

bahagia di tempat kerja

Jika kamu memiliki hobi menulis, pekerjaan ini cocok buat kamu atau jika kamu ingin tulisanmu bermanfaat untuk orang lain, kamu dapat menghasilkan uang di internet melalui cara ini.

Gambaran pekerjaan ini yaitu cukup membuka jasa untuk membuat tulisan di website atau Blog milik seseorang. Tak sedikit bagi mereka menganggap pekerjaan menjadi penulis content ini adalah pekerjaan yang mudah. Namun kenyataannya membuat tulisan secara konsisten di sebuah website atau Blog adalah pekerjaan yang tidak semudah itu.

Memerlukan kemampuan yang cakap, kreatifitas, dan juga kecepatan untuk menyelesaikan tulisan. Dari hal tersebut, itulah mengapa banyak orang yang membutuhkan penulis yang mempunyai fokus untuk membuat content website.

Untuk kamu yang berminat menjadi penulis konten ini terdapat cara mudah untuk mendapatkan infonya. Terdapat situs yang dapat menjadi referensi untuk mereka yang berminat bekerja sebagai penulis content yaitu kamu dapat menemukannya di www.freelancer.co.id. Di situs tersebut memberikan jutaan pekerjaan yang tersedia salah satunya kamu dapat menemukan penulis content.

9. Membuka Jasa SEO

Dengan potensi yang dihasilkan dari 5 juta hingga 35 juta setiap bulan tentunya dengan konsisten dan cakap, kamu bisa menghasilkan uang melalui membuka jasa SEO. Mungkin bagi sebagian orang yang asing dengan SEO akan bertanya-tanya bagaimana gambaran jenis jasa ini.

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah bentuk apresiasi atau cara untuk mengoptimalkan situs web agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, khususnya pada organic research, di mana pencarian organik tersebut dilakukan oleh user atau saat memasukkan keyword pada browser dan search engine di Google.

Sistem SEO berfokus pada pencarian kata kunci yang berbeda dengan SEM yang berfokus pada media iklan yang disediakan oleh Google. Jasa SEO saat ini memiliki banyak peminat karena adanya pertumbuhan bisnis dan pemasaran online yang pesat. Pada umumnya, penyedia jasa ini di Indonesia mematok tarif 1 juta hingga 7 juta rupiah untuk optimasi satu kata kunci saja.

10. Jasa Sosial Media

social media paling populer di Indonesia

Jasa untuk menangani akun sosial media orang lain ini terdengar aneh dan tak terbiasa di kalangan kita. Namun, pekerjaan ini dapat menghasilkan potensi pendapatan dari ratusan ribu hingga 10 juta rupiah setiap bulan. Adanya jasa ini muncul dikarenakan pada kenyataannya untuk mengelola sebuah akun sosial media seperti Facebook dan Twitter ternyata tidak semudah yang kita bayangkan.

Terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan dan sukar diganggu seperti pebisnis, pemimpin perusahaan besar, atau seorang artis. Kondisi kesibukan tersebut membuka peluang munculnya jasa pengelolaan akun oleh pihak lain.

Tarif yang ditetapkan untuk jasa ini umumnya berkisar antara 200 ribu sampai 1 juta rupiah untuk satu akunnya. Jika mendapat lebih dari satu akun misalnya 10 akun, tentunya kamu dapat memperoleh pendapatan hingga 10 juta rupiah setiap bulannya.

Bagaimana? Menarik bukan? Pekerjaan ini bisa kamu lakukan di rumah saja dengan bermodalkan internet. Tidak ada persyaratan khusus untuk menjalankan bisnis ini. Yang kamu butuhkan hanya tekad untuk belajar mempelajari dunia digital. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk menemani kamu selama Pandemi.

Baca juga artikel “Cara Mendapatkan Uang di Internet” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad