in

20 Tips Mengisi Waktu Luang agar Lebih Produktif

Tips Mengisi Waktu Luang agar Lebih Produktif – Apakah kalian orang yang tergolong sibuk dengan rutinitas sehari-hari? Saat ini sulit rasanya untuk mendapatkan waktu luang. Waktu terkuras begitu saja, mulai dari pekerjaan hingga berbagai janji temu lainnya. Seringkali kita lupa bagaimana rasanya bebas dan mengambil nafas. Jika mendapatkan kesempatan untuk bebas dan bernafas sejenak, tak lama telepon mulai berdering atau e-mail mulai mengalir masuk.

Saat ini menjadi sibuk adalah hal yang normal dan jika kamu memiliki waktu luang, itu tidak akan bertahan lama. Waktu luang itu seketika akan terisi sebelum kamu menyadarinya. Kini dunia dipenuhi dengan orang-orang yang berpikir bahwa memiliki waktu luang adalah hal yang buruk dan setiap saat harus diisi dengan sesuatu hal yang bermanfaat. Seiring berjalannya waktu kita mendapati diri semakin sibuk, tetapi kehilangan produktivitas.

Banyak orang berpikir, “Bukankah jika saya sibuk itu berarti produktif? Jawabannya belum tentu. Kamu bisa saja sibuk tanpa menjadi produktif. Kamu bisa saja menghabiskan waktu sepanjang hari tanpa melakukan hal yang penting.

Meluangkan waktu satu hari hanya untuk fokus pada diri sendiri dan keluarga adalah cara terbaik meluangkan waktu dan melakukan beberapa hal kecil yang produktif. Dengan begitu, Grameds bisa membangun kedekatan dengan anggota keluarga. Jadi, Grameds bisa memasuki hari baru dengan semangat baru yang berenergi.

Daripada menggunakan waktu luang hanya untuk bersantai di sofa sepanjang hari, kamu bisa mengisinya dengan beberapa hal kecil yang bermanfaat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Grameds lakukan untuk mengisi waktu luang kamu agar tidak terlalu sibuk, tetapi tetap menjaga produktivitas.

Ada beragam aktivitas yang dapat membuat Grameds lebih produktif, lebih bahagia, dan lebih sehat. Tidak ada yang salah dengan bersantai di sofa sepanjang hari. Namun, jika kamu memiliki waktu luang yang cukup, ada baiknya menggunakan waktu tersebut untuk melakukan sesuatu yang produktif.

Berikut ini 20 hal produktif yang dapat mengisi waktu luang kamu.

1. Baca Buku

Jika kamu memiliki waktu 5 menit atau satu jam, ambilah buku yang bagus dan luangkan waktu untuk membacanya. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk mengisi waktu luang kamu dengan cara yang produktif. Apabila semua anggota keluarga Grameds memiliki sedikit waktu luang dan hanya digunakan untuk duduk sambil menonton TV, tantang mereka untuk memilih buku dan menghabiskan waktu untuk membacanya.

Tidak yakin bahwa membaca itu produktif?

Sering mendengar “buku adalah jendela dunia”? Perumpamaan tersebut memang terkesan klise, tapi bukan sekadar isapan jempol saja.

Faktanya, membaca memiliki segudang manfaat, di antaranya membaca dapat membantu kamu mengurangi rasa stres, merangsang otak, memberikan pengetahuan, meningkatkan memori, membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, menciptakan keterampilan menulis yang lebih baik, dan tentu saja menawarkan hiburan gratis saat kamu melakukannya.

2. Menata rumah

Grameds bisa memanfaatkan waktu luang untuk membersihkan bagian-bagian kecil di rumah demi mewujudkan rumah yang nyaman dan rapi. Menata rumah di waktu senggang tidak terasa melelahkan jika dibandingkan dengan merapikan rumah yang sudah direncanakan.

banner-promo-gramedia

Untuk mengisi waktu luang, Grameds bisa mencoba tips yang satu ini. Mencicil tugas rumah akan sedikit mengurangi beban kamu sekaligus menciptakan rumah yang bersih dan rapi.

Saat memiliki waktu luang, Grameds bisa memfokuskan perhatian untuk membersihkan dan merapikan objek-objek kecil, baik di ruang tamu, kamar tidur, dan dapur.

Jika waktu yang kamu miliki tidak banyak, setel pengatur waktu dan buat itu menjadi tantangan bagi seluruh anggota keluarga. Kamu bisa membuat sebuah peraturan. Saat pengatur waktu berbunyi, orang yang menata ruang paling bersih dan rapi akan menjadi pemenangnya.

Baca juga :

3. Membuat kerajinan tangan

Ilustrasi Merajut (sumber: Freepik.com)

Ambil kuas,origami, pensil, jarum jahit, benang rajut, dan luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai. Jika kamu adalah orang yang hobi membuat kerajinan tangan, tak asing bila mendengar Do It Yourself atau yang kerap disingkat DIY, bukan? Membuat kerajinan tangan kini mulai banyak diminati. Beragam bentuk kerajinan tangan bisa dipraktikkan dengan cara sederhana sambil mengisi waktu luang kamu di rumah.

Grameds bisa membuat kerajinan tangan dengan teknik menjahit untuk menghasilkan barang berupa tas, dompet, hingga kantong belanja.

Kemudian merajut bisa membantumu mengisi waktu luang untuk menghasilkan kerajinan tangan, seperti sweater, syal, gantungan kunci, bando, dan sebagainya. Menarik, bukan? Selain itu, Grameds bisa mencoba teknik melipat kertas origami ala Jepang untuk membuat beragam kreasi kerajinan tangan yang dapat menghiasi kamar.

4. Mengambil kursus online

Jika Grameds ingin meningkatkan pengetahuan di bidang tertentu, tetapi tidak ingin keluar rumah untuk melakukannya, tips yang satu ini cocok untuk kamu. Lakukanlah pencarian kursus online tentang topik tertentu yang ingin kamu pelajari lebih lanjut.

5. Olahraga

Ilustrasi Yoga (sumber: Thehouseofyoga.com)

Sedikit apapun waktu yang kamu luangkan untuk berolahraga, akan memberikan efek positif pada kesehatan.

Tips yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang kamu. Dengan berolahraga, Grameds akan jauh lebih berenergi, sehat, dan siap menghadapi sisa hari, daripada duduk di sofa sambil menonton TV dan akhirnya merasa lesu sepanjang hari. Tidak hanya membuatmu lebih produktif dalam mengisi waktu luang, tetapi kamu akan menuai beragam manfaat dari berolahraga.

Beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan lewat olahraga ialah tetap bugar, merasa lebih bahagia, meningkatkan energi, tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari, meningkatkan kesehatan otak, dan menjaga kesehatan kulit.

6. Clean up your inbox

Gunakan waktu luang ini untuk memeriksa kotak masuk pada e-mail kamu. Grameds bisa membuat folder dan mengurutkan semua e-mail ke dalam folder yang sesuai. Lalu Grameds bisa berhenti berlangganan e-mail apa pun yang tidak ingin kamu terima lagi. Melakukan ini bisa membantumu menciptakan sedikit keteraturan dalam akun e-mail.

7. Merencanakan minum kopi bersama teman lama

Ada berbagai cara untuk menikmati waktu luang, mulai dari beristirahat, berolahraga, hingga memasak. Untuk mengisi waktu luang tidak perlu mahal tetapi lebih kepada kegiatan yang bisa dinikmati, bermakna, dan tetap menghasilkan energi positif. Setiap orang punya caranya sendiri untuk mengisi waktu luang.

Pergi menikmati kopi bisa menjadi salah satu tips untuk mengisi waktu luang. Belakangan ini tren coffee shop meningkat karena kamu bisa menikmati aroma dan rasa kopi yang berbeda untuk membantumu merasa rileks dari segala rutinitas. Buatlah janji temu bersama teman lama untuk mengisi waktu luang sekaligus menjalin tali persahabatan.

banner-promo-gramedia

8. Goal setting, merumuskan target tujuan hidup

Banyak orang yang merasa tidak memiliki tujuan hidup. Tips yang satu ini bisa menjadi ide untuk mengisi waktu luang kamu. Langkah pertama, Grameds perlu memikirkan apa yang ingin dicapai dan berkomitmen untuk mencapainya. Tips goal setting bisa membantumu menentukan kemana arah tujuan hidup ini akan dibawa.

9. Membuat scrapbook simpel

Scrapbook menjadi salah satu kerajinan tangan yang banyak dilirik anak muda. Kerajinan tangan ini menghadirkan berbagai macam gambar dan tulisan dengan penataan yang eye cathcy. Grameds bisa mengisi waktu luang dengan tips yang satu ini.

Saat ini beragam tutorial cara membuat scrapbook tersedia di Youtube dan dapat membantumu membuat scrapbook yang terkesan eksklusif dan handmade. Grameds bisa segera membuat scarpbook simpel dan sederhana di rumah untuk mengisi waktu luang sekaligus mengasah kreativitas.

10. Pelajari hobi baru

Mungkin kamu selalu ingin belajar merajut dan tidak pernah punya waktu untuk itu? Belajar menari, atau mungkin ingin belajar permainan kartu dan mencoba trik baru?

Gunakan waktu luang ini untuk mencoba hobi yang baru, meskipun itu adalah sesuatu hal yang mungkin tidak akan pernah kamu coba lagi setelah hari ini. Lanjutkan dan lakukanlah satu hal yang selalu ingin kamu coba.

11. Berkebun

Banyak orang yang mulai menekuni hal ini untuk mengisi waktu luangnya. Berkebun bisa menjadi salah satu ide untuk mengisi waktu luang sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan dan juga bermanfaat.

Beragam manfaat dari berkebun ialah mengurangi stres sekaligus menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk memanggil seorang ahli. Selain itu, berkebun juga dapat menciptakan lingkungan yang sehat.

Baca juga : Budidaya Tanaman Pangan

12. Menonton film dokumenter

Grameds bisa mengisi waktu luang dengan menonton film dokumenter. Film dokumenter merupakan sebuah film yang berusaha mendokumentasikan kejadian nyata. Biasanya film dengan genre ini mengambil perjalanan seorang tokoh atau kritik sosial.

Film dokumenter kerap menggunakan cara-cara kreatif untuk menyajikan atau menampilkan kejadian nyata. Kegiatan menonton film dokumenter tak hanya untuk hiburan tetapi juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Baca juga :

13. Memasak

Setiap orang tentu memiliki hobi yang berbeda-beda. Tak hanya berguna untuk mengisi waktu luang, hobi yang kamu kuasai pasti memiliki beragam manfaat lainnya. Dengan memasak, kamu bisa terus mengembangkan dan mengetahui manfaaatnya.

Tips yang satu ini membantumu mengisi waktu luang dengan cara yang produktif sekaligus mendapatkan sajian yang lezat untuk dinikmati. Manfaat lainnya ialah kamu bisa meningkatkan kreativitas untuk membuat sajian yang lezat dan menarik.

14. Membuat blog

Memulai sebuah blog, baik sebagai hobi atau bertujuan mendapatkan penghasilan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengisi waktu luang kamu menjadi produktif. Jika Grameds memiliki hobi menulis atau ingin belajar menulis, tips yang satu ini bisa menjadi langkah awal yang baik. Siapa tahu hal ini bisa membuatmu lebih kreatif atau bahkan menjadi penulis yang sesungguhnya.



15. Mengatur ulang jadwal rutin

Meskipun tidak sama menyenangkan dengan membuat rencara liburan, tips yang satu ini bisa membantumu mengatur ulang jadwal. Grameds bisa mengatur ulang jadwal kunjungan, baik kunjungan ke dokter, ke salon, dan konsultasi dengan konselor. Grameds bisa mengatur ulang jadwal rutin selama beberapa bulan ke depan untuk mengisi waktu luang.

16. Mengatur keuangan

Salah satu kegiatan yang produktif untuk mengisi waktu luang kamu adalah mengatur ulang rencana keuangan. Tips ini bisa membantu Grameds untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin perlu diperbaiki dari keuangan kamu selama ini.

17. Membangun jaringan

Demi menapaki karier yang lebih baik lagi, Grameds bisa membagun jaringan di mana saja sesuai dengan kebutuhan. Jejaring sosial tak hanya membuatmu memiliki banyak kenalan, tetapi juga membuka kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan peluang baru atau sekadar menjalani hobi baru.

18. Merawat diri

Memiliki waktu luang dapat menjadi kesempatan yang baik untuk kamu memanjakan diri. Pekerjaan yang menguras tenaga tentu akan mengurangi waktu istirahat kamu. Jika memiliki waktu luang, istirahatlah yang cukup untuk memulihkan fisik yang lelah. Atau Grameds juga bisa merawat diri, seperti dipijat atau pergi ke salon langganan. Tips memanjakan diri yang satu ini bisa menjadi cara kamu mengisi waktu luang yang menyenangkan.

19. Ikut kegiatan sosial

Manfaat kegiatan yang satu ini tak hanya membantumu mengisi waktu luang, tetapi bisa belajar memberi dan melayani orang-orang yang kurang beruntung. Manfaat lainnya dari mengikuti kegiatan sosial adalah hati akan gembira ketika melihat orang-orang yang kamu bantu tersenyum bahagia. Kebaikan sekecil apa pun yang Grameds lakukan dapat mengubah hidup orang lain. Yang tak kalah penting, hidup kamu akan terasa lebih bermakna saat berbagi kebaikan dengan sesama.

20. Menikmati pemandangan alam

Jika kamu memiliki waktu luang di akhir pekan atau hari libur nasional, gunakan waktu luang itu untuk berlibur. Grameds bisa pergi jalan-jalan ke luar kota untuk menikmati pemandangan alam di sana. Menikmati keindahan alam dapat membantumu lebih rileks dan mensyukuri kehidupan yang sedang dijalani.

Baca juga :

Demikian 20 tips mengisi waktu luang. Ayo kita gunakan waktu luang yang kita miliki untuk hal-hal yang bermanfaat. Baca buku misalnya, jangan lupa belinya di Gramedia.com.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila