Matematika

Memahami Pengertian, Ciri, Rumus, dan Sifat Jajar Genjang

Sifat Jajar Genjang
Written by Ananda

Sifat Jajar Genjang – Dalam mata pelajaran matematika tentunya kita tak asing dengan bangun jajar genjang. Bahkan, jajar genjang juga bisa dibilang jika menjadi salah satu bangun yang kerap dibahas dalam pembelajaran matematika.

Namun, mungkin dahulu Anda hanya mendapatkan ilmu mengenai jejar genjang hanya Sebagian kecil saja. Nah, dalam artikel ini sudah tersedia penjelasan mengenai bangun jajar genjang secara lebih lengkap.

Tentunya bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu matematika khususnya tentang jajar genjang. Tentunya pembahasan yang ada di dalam artikel ini akan sangat membantu. Mulai dari pengertian, sifat jajar genjang hingga rumus dari jajar genjang akan dibahas secara lebih lengkap di sini.

Pengertian Jajar Genjang

Jajar genjang merupakan bangun datar dua dimensi yang jika dilihat dari bentuknya hampir seperti segi empat yang memiliki dua rusuk sejajar serta saling berhadapan. Lalu, jajar genjang juga bisa diartikan sebagai segi empat yang dibentuk oleh dua pasang garis sejajar dengan sudut yang tidak 90 derajat atau tidak siku-siku.

Selain itu, jajar genjang juga tak memiliki sumbu simetri dan hal inilah yang menjadikannya berbeda dari bangun datar persegi. Dimana pada dasarnya bangun datar persegi memiliki empat sumbu simetri.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan jika jajar genjang adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk dari dua pasang rusuk serta masing-masing memiliki panjang yang sama serta saling berhadapan.

Sifat Jajar Genjang

kumparan.com

Setelah mengetahui bagaimana pengertian dari bangun jajar genjang. Hal berikutnya yang akan kita bahas bersama adalah sifat jajar genjang. Jika dilihat berdasarkan gambar di atas, bisa ditarik kesimpulan jika jajar genjang memiliki beberapa sifat. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa sifat yang dimiliki oleh bangun jajar genjang.

Sifat Jajar Genjang

1. Memiliki Sisi Sejajar dengan Panjang yang Sama

Pada gambar jajar genjang seperti di atas bisa dilihat jika sisi yang sejajar memiliki panjang yang sama. Coba Anda perhatikan jika ada dua sisi yang sama pada jajar genjang tersebut yaitu sisi AB akan sama dengan sisi DB lalu untuk sisi AD akan sama dengan sisi BC.

2. Sudut yang Berhadapan Sama Besar

Dilihat gambar di atas bisa ditarik kesimpulan jika bangun jajar genjang memiliki sudut yang saling berhadapan. Dimana sudut A akan berhadapan dengan sudut C, lalu sudut B akan berhadapan dengan sudut D. Selain itu, ada setiap sudut yang berhadapan akan memiliki besaran sudut yang sama. Misalnya sudut A akan memiliki besaran sudut yang sama dengan besaran sudut C.

3. Memiliki Sudut yang Saling Berpelurus

Coba kita perhatikan baik-baik gambar di atas, yang mana sudut yang berdekatan pada jajar genjang akan membentuk suatu sudut dengan jumlah 180 derajat. Itu artinya aka nada dua sudut yang saling berdekatan serta saling berpelurus. Pada gambar di atas juga bisa dilihat jika sudut A ditambah dengan sudut B akan menghasilkan sudut dengan besaran 180 derajat. Hal tersebut juga berlaku untuk sudut C dengan sudut D.

4. Memiliki Diagonal Pembagi

Secara umum bangun jajar genjang akan memiliki diagonal yang dapat membagi bangun datar tersebut menjadi dua bagian namun dengan besar yang sama. Diagonal yang dimaksud di sini bisa ditunjukkan dari adanya garis AC dan BD seperti yang ada pada gambar di atas.

5. Adanya Diagonal yang Saling Berpotongan

Diagonal pada jajar genjang tak hanya bisa membagi bangun datar tersebut, tetapi juga akan mengalami kondisi saling berpotongan pada area tengah-tengah bangun datar jajar genjang.

6. Memiliki Jumlah Sudut 360 Derajat

Setiap sudut yang ada di bangun datar jajar genjang tidak akan membentuk sudut 90 derajat. Itu artinya sudut dari bangun datar jajar genjang bukanlah sudut siku-siku. Dimana jumlah dari besaran sudut bangun datar jajar genjang adalah sebesar 360 derajat.

7. Tidak Memiliki Sumbu Simetri

Bangun jajar genjang adalah sebuah bangun datar yang tak memiliki sumbu simetri dan hanya memiliki dua sumbu putar.

Nah itulah beberapa sifat yang dimiliki oleh bangun datar jajar genjang. Dimana setiap sifat yang dimilikinya akan menjadikan bangun jajar genjang berbeda dengan bangun datar lainnya.

Sifat Jajar Genjang

Ciri Bangun Datar Jajar Genjang

Setelah kita mengetahui bagaimana sifat jajar genjang. Materi selanjutnya yang akan kita pelajari bersama adalah ciri dari bangun datar jajar genjang. Setiap bentuk bangun datar akan memiliki ciri yang berbeda-beda antara satu sama lain. Adanya ciri tersebut akan semakin mempermudah kita untuk mengenal setiap benda bangun datar dengan lebih mudah.

Jajar genjang merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari dua pasang rusuk yang masing-masing memiliki panjang yang sama dengan kondisi sejajar dengan pasangannya. Selain itu, bangun datar jajar genjang juga memiliki dua pasang sudut yang masing-masing memiliki besar yang sama serta setiap sudut juga akan saling berhadapan.

Jajar genjang dengan empat rusuk yang sama panjang akan berubah menjadi bangun belah ketupat. Dimana untuk ciri-ciri dari jajar genjang lainnya adalah memiliki dua garis diagonal, dua pasang sudut sama besar serta terdiri dari dua sudut lancip dan juga sudut tumpul.

Nah untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa ciri yang dimiliki oleh bangun datar jajar genjang.

  1. Bangun datar jajar genjang memiliki empat sisi serta empat simpul.
  2. Bangun datar jajar genjang akan memiliki dua pasang sisi dengan posisi sejajar dengan kondisi sama.
  3. Sudut dari bangun datar jajar genjang relatifnya sama.
  4. Bangun datar jajar genjang akan memiliki dua sudut tumpul dan dua sudut lancip.
  5. Bangun datar jajar genjang memiliki dua diagonal dengan kondisi panjang yang berbeda.
  6. Bangun datar jajar genjang tidak memiliki simetri lipat.
  7. Bangun datar jajar genjang hanya memiliki simetri rotasi sekunder.

Nah itulah rangkuman ciri yang dimiliki oleh bangun datar jajar genjang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika dengan adanya ciri tersebut akan menjadikan bangun datar jajar genjang berbeda dengan bangun datar lainnya.

Rumus Jajar Genjang

Setelah memahami bagaimana sifat dan ciri yang dimiliki oleh bangun datar jajar genjang. Berikutnya kita akan belajar tentang rumus dari bangun datar jajar genjang. Secara umum rumus dari jajar genjang adalah rumus keliling dan rumus luas. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah dua rumus yang dimiliki oleh bangun datar jajar genjang.

Sifat Jajar Genjang

Rumus Keliling Jajar Genjang

Keliling bangun datar jajar genjang bisa dihitung dengan menjumlahkan seluruh sisi yang ada di dalam jajar genjang tersebut. Dimana rumus tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.

Keliling = sisi AB + sisi BC + sisi CD + sisi AD

Rumus Luas Jajar Genjang

Berikutnya ada rumus luas jajar genjang yang bisa dihitung dengan cara mengalikan bagian alas dengan tinggi dari suatu bangun datar tersebut. Untuk bisa mendapatkan tinggi jajar genjang bisa ditarik garis lurus dari posisi atas ke posisi bawah pada salah satu sudut yang ada di bagian atas bangun datar jajar genjang. Dimana rumus luas bangun datar jajar genjang bisa dituliskan sebagai berikut ini.

Luas = alas x tinggi

Penerapan Jajar Genjang dalam Kehidupan Sehari-hari

Layaknya bangun datar lainnya, bangun datar jajar genjang juga kerap diterapkan dalam berbagai macam bentuk benda yang ada di sekitar kita. Namun mungkin kita tak begitu memahami jika benda-benda tersebut telah mengadopsi bangun datar jajar genjang. Nah, agar Anda semakin paham apa saja bentuk benda yang telah mengadopsi bentuk bangun datar jajar genjang, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Ubin

Ubin adalah contoh yang pertama dari sebuah benda yang mengadopsi bentuk jajar genjang. Ubin yang tersedia di pasaran saat ini memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran. Beberapa bentuk atau desain ubin yang paling populer di pasaran adalah persegi panjang, persegi, belah ketupat dan jajar genjang.

Ubin sendiri digunakan untuk keperluan mempercantik bagian dinding dan juga bagian lantai. Coba Anda lihat ubin lantai atau dinding rumah pribadi siapa tau sudah mengadopsi bentuk bangun datar jajar genjang.

2. Bangunan

Tak bisa dipungkiri di zaman yang sudah modern seperti saat ini banyak bangunan yang mengadopsi berbagai macam bentuk bangun datar. Salah satunya adalah bangunan yang mengadopsi bentuk bangun datar jajar genjang seperti Gedung perkantoran Dockland yang terletak di Hamburg.

Mengadopsi bentuk bangun datar seperti jajar genjang akan menjadikan bangunan terlihat menarik serta unik. Tak jarang juga para arsitek akan menggabungkan beberapa bangun datar sekaligus. Nah mungkin beberapa bangunan di sekitar Anda juga sudah ada yang memiliki bentuk seperti bangun datar jajar genjang? Coba mulai perhatikan di sekeliling Anda saat ini.

3. Atap

Contoh yang ketiga adalah atap. Coba kita amati Kembali bagaimana tampilan samping dari bagian atap pelana, atap gubuk atau atap Gudang sebuah rumah, yang mana biasanya akan memiliki sisi empat bidang geometris dan dua dimensi yang terdiri dari dua pasang sisi sejajar dengan kondisi sama panjang. Hal tersebut bisa menjadikan atap adalah contoh paling mudah sebagai benda dengan bentuk jajar genjang yang ada di sekitar lingkungan kita.

4. Kertas Kerajinan

Kertas kerajinan yang biasa kita gunakan kebanyakan akan memiliki bentuk serta ukuran yang berbeda-beda. Salah satu bentuk yang paling umum dan mudah untuk ditemukan adalah bentuk bangun datar jajar genjang. Tentunya untuk kertas kerajinan ini juga sangat mudah untuk Anda temukan di sekitar.

5. Meja Tulis

Meja tulis atau meja biasa kebanyakan akan memiliki bentuk persegi panjang maupun bentuk persegi, yang mana sebuah meja persegi panjang akan memiliki dua pasang sisi sejajar yang sama panjang. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu benda yang memiliki bentuk jajar genjang.

6. Penghapus

Berikutnya ada penghapus yang kerap juga mengadopsi berbagai macam bentuk. Mulai dari lingkaran, persegi, persegi panjang hingga bentuk bangun datar jajar genjang. Tentunya Anda juga sudah tak asing dengan berbagai macam bentuk penghapus yang begitu unik. Nah coba perhatikan kembali apakah bentuk penghapus yang Anda miliki memiliki bentuk seperti bangun datar jajar genjang.

7. Panel Surya

Apakah Anda tahu jika panel surya yang ada di sekitar kita juga memiliki bentuk jajar genjang. Biasanya panel surya akan diproduksi dalam dua bentuk bangun datar yang cukup populer yaitu bentuk bangun persegi panjang dan juga bentuk bangun datar genjang.

Panel surya dengan bentuk jajar genjang biasanya memang lebih banyak disukai semua kalangan. Hal ini tak lain karena panel surya dengan bentuk jajar genjang akan lebih mudah dipasang pada bagian sisi atap Gudang rumah. Tak heran jika panel surya dengan bentuk bangun datar jajar genjang akan semakin mudah kita temukan daripada panel surya dengan bentuk lainnya.

8. Anak Tangga

Coba kita amati kembali bagian anak tangga yang ada di sekitar kita. Jika kita lihat dengan cermat, maka kita akan menemukan bentuk jajar genjang pada bagian anak tangga tersebut.

9. Desain yang Ada Pada Cardigan

Cardigan dan sweater biasanya memiliki desain yang menggabungkan gambar geometris yang berbeda. Salah satu gambar geometris yang paling mudah ditemukan pada produk seperti kaos kaki dan rajut pada pakaian wol adalah bentuk bangun datar jajar genjang.

10. Struktur yang Ada Pada Papan Fret Gitar

Ketika kita lebih detail melihat bagian fretboard pada alat musik gitar, kita akan lebih mudah menemukan titik penanda tertentu pada fret nomor 3, 5, 7, 9, 12, 15, 17, 19, 21, dan 24, yang mana terkadang titik penanda akan diganti dengan bar. Batang-batang tersebut biasanya akan mengadopsi bentuk jajar genjang.

Nah, itulah beberapa contoh benda dalam lingkungan kita yang kerap mengadopsi bentuk bangun datar jajar genjang yang mungkin salah satu benda tersebut juga pernah Anda temukan di sekitar.

Jenis Bangun Datar Lain Lengkap Dengan Cirinya

Setelah kita mempelajari bersama tentang seluk beluk bangun datar jajar genjang. Tentunya kita juga akan semakin mudah memahami bangun datar jajar genjang. Dalam matematika, bangun datar tak hanya sebatas jajar genjang saja.

Namun, masih ada beberapa bangun datar lain yang juga memiliki ciri tersendiri sehingga menjadikannya berbeda dengan bangun datar lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya apa saja bangun datar selain jajar genjang, berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar yang terdiri dari semua titik dalam bidang serta dengan jarak tertentu dari titik pusat. Dimana semua titik yang ada di dalam lingkaran akan memiliki jarak yang sama. Jarak tersebut akan dinamakan dengan r atau radius yang biasanya kita kenal dengan istilah jari-jari. Bangun datar lingkaran tersusun atas kurva dan bukan dari garis lurus. Hal ini menjadikan lingkaran berbeda dengan poligon serta juga bukan masuk ke dalam jenis polygon.

2. Persegi

Berikutnya ada bangun persegi yang biasa juga disebut sebagai bujur sangkar. Bangun persegi juga masuk ke dalam bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari empat rusuk serta memiliki sisi sama panjang.

3. Persegi panjang

Persegi panjang terbentuk dari dua panjang sama sisi dengan panjang dan juga sejajar dengan pasanganya. Pada persegi panjang memiliki empat sudut siku-siku yang sisinya saling berhadapan.

4. Segitiga

Segitiga adalah bentuk banunan poligun yang memiliki tiga ujung serta tiga simpul. Dimana segitiga juga termasuk ke dalam salah satu bentuk dasar yang ada di dalam geometri. Ada tiga jenis segitiga yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki dan segitiga sembarang, yang mana ketiga jenis segitiga tersebut memiliki panjang sisi serta sudut yang berbeda.

5. Segi Lima

Segi lima kerap kita kenal dengan istilah pentagon yang memiliki lima sisi sama dan juga sisi tersebut akan saling berhubungan.

6. Trapesium

Trapesium merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari empat buah rusuk. Dimana dua rusuk dari trapesium akan saling sejajar namun tak memiliki panjang yang sama. Ada tiga jenis trapesium yaitutrapesium sembarang, trapesium sama kaki dan juga trapezium siku-siku.

7. Belah Ketupat

Terakhir ada belah ketupat yang terbentuk dari empat buah segitiga siku-siku. Dimana semua sisi dari belah ketupat akan memiliki panjang yang sama.

Nah itulah rangkuman dari bangun datar jajar genjang serta beberapa bangun datar lainnya. Setelah membaca artikel ini sampai habis, semoga kamu tidak bingung lagi dalam menghitung rumus luas dan keliling jajar genjang.

Jika kamu ingin mencari buku tentang matematika untuk anak yang masih sekolah, maka bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Hendrik Nuryanto

BACA JUGA:

  1. Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Datar 
  2. Rumus Luas Layang-Layang Serta 7 Bangun Datar Lainnya
  3. Cara Menentukan Sumbu Simetri Bangun Datar
  4. Rumus Keliling Persegi: Soal, Pembahasan, dan Sifat-Sifat 
  5. Segitiga: Rumus, Jenis, Teorema, dan Phytagoras 
  6. Rumus Segitiga dan Contoh Soalnya 
  7. Ciri-Ciri Balok dan Contoh Soal Disertai Pembahasannya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien